Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Begini Cara Ganti Password Wifi ID dengan Cepat dan Mudah

cara ganti password wifi id

Semakin hari kebutuhan internet semakin meningkat seiring perkembangan teknologi yang mengharuskan banyak hal dikoneksikan pada internet untuk dapat dijalankan.

Agar tidak boros kuota, banyak rumah yang mulai memasang wifi salah satunya Wifi ID. Baik pada rumah maupun perkantoran, Wifi ID yang cenderung bersifat publik perlu lebih diproteksi dengan cara ganti password Wifi ID secara berkala.

Bagi pengguna Wifi ID tentu sudah tidak asing lagi dengan WMS atau Wifi Managed Service dimana sistem inilah yang bisa menyambungkan perangkat pada wifi dengan 3 macam SSID. Salah satu dari 3 SSID wifi tersebut adalah SSID publik yakni Wifi ID. Untuk mengubah password Wifi ID agar lebih terproteksi berikut langkah selengkapnya :

Ketahui Terlebih Dahulu Password dan Username WMS Pengguna

Ada banyak kasus dimana ketika WMS telah terpasang, wifi yang berjalan tidak dilengkapi dengan password sehingga dengan mudah digunakan orang lain yang terkoneksi. Tentunya hal ini sangat merugikan pengguna ketika WMS Wifi ID yang dipasang dimanfaatkan orang sembarangan.

Ada pula kasus Wifi ID yang sudah dilengkapi password namun setting passwordnya terlalu mudah sehingga rentan dibobol.

Terkait hal ini pengguna tidak bisa mengubah password Wifi ID melalui IP address namun, cara ganti password Wifi ID harus melalui akun WMS ketika mendaftar dulu.

Beberapa pengguna mungkin langsung diberikan password dan username oleh teknisi ketika pemasangan WMS sukses. Ada pula yang perlu menghubungi pihak teknisinya untuk mendapatkan username dan password akun WMS tersebut.

Sebelum menghubungi teknisi, cek terlebih dulu akun email pengguna karena bisa saja email yang masuk terbaca sebagai spam atau belum muncul di kotak masuk. Jika benar tidak ada, silakan hubungi teknisi untuk mendapatkan kode dari akun WMS.

Pihak teknisi akan mengirimkan email dari noreply@wifi.id yang berisikan password dan username akun WMS pengguna.

Mengganti Password Wifi ID setelah Akun WMS dapat Diakses

Pada email yang dikirimkan oleh pihak pemasang WMS, selain username dan password pengguna akan menemukan sebuah link yang mengarah ke laman WMS Customer. Maka, di sanalah tempat mengubah password Wifi ID dapat dilakukan. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah di bawah ini :

  • Klik link pada email noreply@wifi.id yang sudah didapatkan atau pengguna bisa masuk ke browser dan ketikkan wifi.id/customer/ pada kolom url dan tekan enter. Kedua opsi tersebut sama-sama mengantarkan pengguna ke laman WMS Customer.
  • Tunggu hingga load berhenti dan pengguna diharuskan untuk memasukkan username dan password yang diperoleh dari email tadi untuk bisa login. Pastikan password yang dimasukkan benar dan tekan “Sign in”.
  • Jika kode yang dimasukkan tepat, pengguna akan masuk ke laman beranda dari WMS Customer yang berisikan informasi nama pelanggan, alamat SSID dan lain-lain terkait Wifi ID yang digunakan.
  • Untuk mengganti kode password, tekan pada tombol biru bertuliskan “Edit” yang terletak pada kolom paling kanan. Tombol tersebut akan mengarahkan pengguna pada laman baru dimana pengguna bisa mengubah banyak hal diantaranya password dan username.
  • Karena hanya akan mengubah password, klik bullet “Password” lalu isikan kolom password dengan kode sandi yang baru.
  • Pastikan mengikuti arahan dari sistem yang mana kode yang ditulis maksimal 16 karakter.
  • Akhiri proses dengan menekan tombol “Simpan”. Dengan ini password Wifi ID pengguna sukses diubah.

Cara ganti password Wifi ID terbilang mudah ketika pengguna sudah mendapatkan password dan username dari akun WMS Customer milik pengguna.

Adanya password yang lebih kuat dari sebelumnya, kemungkinan pembobolan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dapat diminimalisir. Demi keamanan gantilah password secara berkala setidaknya sebulan sekali.

Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *