Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja – Bagi Anda yang hendak melamar pekerjaan pada sebuah kantor, perusahaan, pabrik, bank atau yang lainnya maka diharuskan bagi Anda untuk membuat surat lamaran ini. Lantas apa pengertian , Bagai mana cara membuatnya dan Seperti apa contohnya? mari kita simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Surat lamaran kerja, merupakan sebuah surat yang dibuat untuk keperluan permohonan agar bisa bergabung atau bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi atau jabatan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan penyedia lowongan kerja tersebut.

Surat lamaran kerja tidak boleh dibuat sembarangan. Surat lamaran kerja harus dibuat secara baik dan benar dan wajib memenuhi kriteria standar surat secara umum. Surat lamaran kerja harus dibuat secara meyakinkan untuk keperluan melamar pekerjaan. Bagi Anda yang belum pernah membuat surat lamaran kerja, berikut cara membuat surat lamaran kerja dan contohnya yang harus Anda tahu!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat surat untuk melamar sebuah pekerjaan, Anda harus memahami format penulisan surat yang baik seperti apa. Adapun format penulisan surat untuk melamar kerja yang baik dan tepat sebagai berikut :

  • Tanggal dan tempat penulisan surat
  • Nama perusahaan tempat Anda melamar dan alamat lengkap perusahaan tempat Anda melamar kerja
  • Salam pembuka atau salam hormat
  • Tulislah kata pengantar surat yang baik dan tata bahasanya sesuai EYD
  • Lengkapi biodata diri Anda selengkap mungkin dan sejujurnya
  • Cantumkan pengalaman kerja atau keahlian yang Anda punya didalam surat tersebut
  • Sampaikan kalimat penutup dan salam

Selain format yang harus baik dan tepat, Anda juga perlu memperhatikan segi bahasa yang Anda sampaikan didalam surat untuk melamar kerja tersebut. Dengan bahasa yang baik maka HRD akan mempertimbangkan memperkerjakan Anda dalam perusahaan mereka karena bahasa juga sangat menentukan berbagai aspek dalam diri seseorang.

Semakin baik tingkat kualitas dari bahasa yang disampaikan seseorang, maka itu artinya kualitas diri orang yang bersangkutan juga semakin baik. Jika Anda dianggap sebagai orang atau pelamar dengan kualitas diri yang baik maka itu artinya kesempatan Anda untuk diterima kerja akan sangat besar.

Agar surat Anda tidak keliru, dalam membuat surat lamaran untuk bekerja di sebuah perusahaan, terdapat beberapa tips yang Anda harus terapkan dalam membuat surat untuk melamar kerja diantaranya :

  • Tulislah surat lamaran kerja dengan bahasa yang tepat dan susunan kalimatnya sesuai EYD
  • Jangan menulis surat untuk melamar kerja dengan bahasa yang disingkat – singkat
  • Tulis surat dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak berbelit – belit
  • Tulis surat melamar kerja dengan disertai berbagai data pendukung yang diperlukan oleh sebuah perusahaan
  • Lampirkan juga sertifikat pendukung dalam surat lamaran Anda agar Anda nantinya mendapat nilai plus dan potensi diterima di perusahaan tempat Anda melamar kerja juga sangat besar

Contoh Surat Lamaran Kerja

Sebagai contoh surat lamaran kerja untuk Anda, berikut kami sampaikan contoh surat untuk melamar kerja di bank BRI. Jika Anda ingin melamar kerja di perusahaan lain atau di bank lain, maka Anda bisa menyesuaikan saja penulisannya dengan kebutuhan Anda melamar kerja. Pada contoh berikut ini, Anda akan melamar kerja untuk posisi teller di Bank BRI.

Contoh surat Lamran Kerja di Bank Bri

Medan, 5 Juni 2020

Hal : lamaran pekerjaan

Yth. Pimpinan PT Bank Rakyat Indonesia

Cabang Batu, Malang

Jalan Jendral Sudirman Nomor 31

Kabupaten Malang

Dengan hormat,

Berkaitan dengan informasi lowongan kerja di Bank BRI yang disampaikan melalui website lowongan kerja resmi bank BRI, dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai teller di PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk yang bapak/ ibu pimpin.

Berikut saya lampirkan data diri saya :

Nama : Ridho Ilahi

Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 1 Maret 1994

Pendidikan terakhir : S1 Akuntansi

Alamat : Jl Raya Keputih nomor 152, Keputih, Surabaya

Untuk memenuhi kelengkapan surat lamaran kerja yang saya ajukan, bersama surat ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae)
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Fotocopy Transkrip Nilai
  4. Fotocopy Sertifikat Komputer dan Bahasa Inggris
  5. Fotocopy KTP
  6. Pas foto 4 x 6
  7. Surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya diberi kesempatan untuk bergabung menjadi bagian dari PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Atas perhatian bapak/ ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Ridho Ilahi

Dari contoh diatas, kita bisa simpulkan bahwa syarat surat lamaran kerja harus tegas, lugas, jelas, tidak berbelit – belit dan tidak menimbulkan salah tafsir. Penggunaan dan penempatan bahasanya juga harus tepat dan wajib menggunakan kata – kata atau kalimat baku dalam penataannya.

Anda bisa membuat surat lamaran kerja sesuai dengan jabatan yang Anda inginkan dan ditujukan untuk perusahaan tempat Anda ingin tuju untuk melamar kerja. Jadi nanti contoh diatas bisa Anda sesuaikan tidak harus untuk PT Bank Rakyat Indonesia.

Lampirkan semua kebutuhan didalam surat lamaran kerja tersebut. Seperti contoh, beberapa lampiran yang dibutuhkan diantaranya curriculum vitae, fotocopy ijazah dan transkrip nilai, fotocopy KTP, pas foto 4 x6, dan surat pengalaman kerja. Jika memang diperlukan Anda bisa lampirkan surat kesehatan dan beberapa surat pendukung lainnya.

Semoga informasi yang kami bagikan diatas tentang cara membuat surat lamaran kerja beserta contohnya menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment