Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup, apakah itu yang sedang ingin kamu buat hari ini? Apakah kamu lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan pertama kali? Sudah tahu belum cara membuat daftar riwayat hidup yang unik dan berbeda biar dilirik perusahaan impian kamu?

Pengertian Daftar Riwayat Hidup atau CV

Tapi sebelum membahas kesana, penting juga buat tahu  apa sih pengertian daftar riwayat hidup itu.? Atau yang lebih dikenal dengan CV atau Curriculum Vitae, daftar riwayat hidup merupakan paparan atau dokumen yang menggambarkan pribadi kamu. Dengan kata lain saat membaca daftar riwayat hidup kamu, maka para pembuka lowongan pekerjaan bakal melihat diri kamu di dalamnya.

Atau dengan kata lain, kamu memberikan informasi sejarah hidup kamu agar diketahui perusahaan tempat kamu melamar. Ingat, buat seunik dan sebagus mungkin ya, soalnya CV ini merupakan salah satu bagian penting yang bisa saja menjadi tolak ukur kamu dipanggil wawancara atau bahkan diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Kamu mesti bisa mempromosikan diri kamu melalui paparan singkat daftar riwayat hidup itu. Tapi ingat mesti sesuai dengan fakta kenyataan yang ada ya, jangan melebih-lebihkan.

Pengertian Menurut Para Ahli

Menurut Merriam-Webster daftar riwayat hidup atau CV merupakan laporan singkat mengenai kualifikasi dan karir kamu yang disiapkan buat melamar posisi tertentu dalam perusahaan atau instansi atau organisasi.

Sementara Cambridge Dictionary menyatakan daftar riwayat hidup atau Cv adalah deskripsi singkat yang tertulis mengenai pendidikan, kualifikasi, minat pribadi, serta pekerjaan kamu sebelumnya yang dikirim saat mencoba melamar kerja.

Dan pengertian terakhir adalah menurut Balance Careers yang mengatakan bahwa daftar riwayat hidup atau Cv merupakan dokumen yang dipakai buat bikin daftar kualifikasi kamu demi melamar kerja.

Daftar riwayat hidup memiliki beberapa ciri yang mesti kamu perhatikan agar bisa membuatnya menjadi unik dan menarik minat. Bahasa yang digunakan sebaiknya formal disertai dengan desain yang unik dan menarik tapi tidak terlalu berlebihan.

Selain itu juga berisi informasi diri pribadi kamu yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Dan tentu saja diketik rapi ya.

Bagian-bagian Dalam CV Yang Harus Tercantum

Lalu apa saja bagian-bagian CV yang mesti tercantum? Paling tidak ada tujuh bagian lho, yaitu

  • Informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor ponsel, alamat email, dan informasi lainnya. Bagian ini sangat penting lho, kamu tidak mau kan perekrut sulit menghubungi kamu buat mengabarkan kabar baik?
  • Deskripsi diri, paling tidak tulis dua atau empat kalimat yang mendeskripsikan diri kamu. Buat seringkas serta seunik mungkin ya, biar bisa menarik minat para perekrut hingga memutuskan memanggil kamu buat wawancara serta pada akhirnya menerima kamu menjadi karyawan.
  • Pendidikan serta pelatihan, cantumkan semua pendidikan dan pelatihan yang pernah kamu ikuti, entah itu pendidikan formal maupun non formal. Tapi yang berkaitan dengan posisi yang dilamar ya.
  • Pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya. Mulai dari pekerjaan pertama yang pernah kamu lakukan hingga pekerjaan terakhir atau terbaru.
  • Keterampilan atau keahlian tambahan, terutama yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya seperti keterampilan komputer, desain, ataupun penguasaan bahasa asing.
  • Prestasi yang pernah kamu capai, ini bisa menjadi nilai plus yang diperhitungkan perekrut lho.
  • Referensi, paling tidak dua orang yang mengenal kamu dengan baik. Bisa rekan kerja di perusahaan sebelumnya, atau atasan kamu.

Cara Membuat CV

Sudah tahu kan bagian-bagian apa saja yang mesti tercantum dalam daftar riwayat hidup? Itu penting lho buat tahu cara membuat daftar riwayat hidup atau CV yang baik dan unik.

  • Tuliskan data personal kamu

Pertama-tama yang mesti dilakukan adalah menulis data pribadi kamu, yaitu nama lengkap, nomor ponsel, alamat email, alamat rumah, agama, serta status pernikahan.

Dan juga berbagai informasi pribadi lainnya sesuai dengan yang perlu diketahui perekrut.

  • Riwayat pendidikan formal

Urutkan mulai dari pendidikan formal paling awal hingga paling akhir ya kalau kamu tulis sub judulnya riwayat pendidikan. Soalnya riwayat itu menandakan kronologi pendidikan. Tapi kalau kamu cuma cantumkan pendidikan saja sebagai sub judul, kamu bisa mengurutkannya mulai dari jenjang terakhir hingga paling awal. Jangan lupa cantumkan tahun jenjang pendidikan masing-masing.

  • Riwayat pendidikan non formal

Bagian ini tidak wajib mesti kamu cantumkan ya, tapi kalau ada bisa ditambahkan. Buat menambah nilai kamu di mata perekrut. Apalagi kalau pendidikan non formalnya berhubungan dengan posisi yang dilamar. Misalnya kursus bahasa asing, kelas desain, seminar-seminar, dan sebagainya.

  • Pengalaman organisasi

Kalau kamu belum memiliki pengalaman kerja, ada baiknya kamu cantumkan pengalaman organisasi saat kamu mengikuti pendidikan, entah itu di sekolah maupun universitas. Tuliskan lengkap dengan nama organisasi beserta jabatan kamu saat itu ya.

  • Prestasi yang pernah diraih

Jangan lupa cantumkan prestasi-prestasi apa saja yang pernah kamu capai, baik itu di bidang pendidikan, pekerjaan, atau lainnya.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Benar

Selanjutnya yang penting kamu ketahui adalah tips membuat CV agar dilirik para perekrut perusahaan idaman kamu. Tentu kamu tujuan membuat daftar riwayat hidup agar diterima bukan?

Nah, berikut beberapa tipsnya:

  • Buatlah CV kamu semenarik dan seunik mungkin

Jangan tiru 100% dari berbagai contoh CV yang ada, namun kamu buat sesuai dengan diri kamu. Yang mencerminkan kepribadian kamu, biar perekrut bisa melihat diri kamu saat membaca CV kamu. Buatlah sekreatif mungkin, berbeda dari kebanyakan CV lainnya.

  • Buatlah CV dengan singkat tidak bertele-tele

Kamu jangan bertele-tele dalam menyusun CV, tidak perlu memasukkan informasi yang tidak perlu diketahui perekrut. CV yang baik bukan yang panjang seperti karangan indah kok, tapi yang singkat, padat, informatif, serta jelas. Kamu tidak mau perekrut kamu merasa bosan saat membacanya bukan?

  • Cantumkan informasi yang valid

Ingat ya, jangan mengarang indah saat membuat CV kamu. Cantumkan informasi yang valid sesuai kenyataan yang ada. Entah itu nilai IPK, riwayat pendidikan, pekerjaan, training maupun data pribadi kamu. Jangan coba buat memanipulasi data kamu, tapi selalu jujur dalam tiap kesempatan.

  • Selalu cek ulang, jangan sampai ada salah ketik

Ini penting buat menghindari kesalahan, kamu tentu tidak mau dianggap tidak teliti bahkan sebelum kamu diterima menjadi karyawan bukan? Soalnya kesan pertama itu penting lho, termasuk saat melamar pekerjaan.

  • Sertakan pas foto terbaru

Jangan pernah malas buat bikin pas foto sebelum melamar pekerjaan. Jangan pakai pas foto zaman dulu yang menurutmu paling bagus. Soalnya bisa membuat perekrut kamu bingung dan ragu lho.

Riwayat hidup sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu berdasarkan urutan kronologis dan keterampilan. Kalau berdasar urutan kronologis, maka yang diutamakan adalah pengalaman kerja sesuai urutan kronologis. Jenis ini lebih disukai beberapa perusahaan, soalnya format susunan berdasar pengalaman kerja yang terbaru.

Sementara riwayat hidup berdasarkan keterampilan berfungsi buat meyakinkan perekrut kalau kamu punya keterampilan sesuai yang dibutuhkan posisi yang dilamar. Jenis ini lebih cocok buat kamu yang baru lulus atau baru mau mulai mencoba bekerja di bidang atau posisi berbeda dari sebelumnya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup / CV

Bagaimana? Paparan di atas membantu kamu membuat CV yang baik dan unik? Atau kamu masih perlu melihat beberapa contoh dulu?

Jangan kuatir, di bawah ini tercantum beberapa CV, dari yang memiliki format standar hingga unik. Tapi ingat, jangan tiru 100% ya, berikan beberapa sentuhan pribadi kamu biar lebih unik dan menarik minat perekrut.

Contoh CV 1

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV
Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV

Contoh CV 2

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV
Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV

Contoh CV 3

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV
Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV

Nah, sudah lihat kan berbagai contoh CV atau daftar riwayat hidup di atas? Ada yang menarik minat kamu? Segera buat CV seunik mungkin yang menggambarkan pribadi dan pesona kamu ya.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment