Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Kenapa Google Meet Keluar Sendiri? Temukan Jawabannya Disini!

Kenapa Google Meet Keluar Sendiri? Mungkin pertanyaan ini sering muncul bagi sebagian orang. Mengingat sekarang ini Google Meet sedang banyak digunakan. Tentu karena memiliki banyak kelebihan dibanding aplikasi pertemuan lain. Salah satunya seperti penyimpanan unduhan yang kecil dan interface yang mudah digunakan.

Selain kelebihan tersebut, Google Meet memang sangat mudah diakses sekarang ini. Bahkan pengguna tidak perlu mengunduh aplikasinya di Play Store. Cukup dengan mengakses Gmail. Caranya pilih rapat di bagian halaman, maka secara otomatis pengguna dapat membuat jadwal dan memulai rapat.

Penyebab Kenapa Google Meet Keluar Sendiri

Meskipun dapat diakses tanpa aplikasi khusus, Google meet tetap akan keluar sendiri jika terjadi masalah. Dan hal tersebut sudah pasti sangat mengganggu. Terlebih lagi saat mengikuti agenda rapat yang sangat penting.

Sebenarnya timbul masalah keluar sendiri bisa dialami oleh semua aplikasi di dalam ponsel. Beberapa faktor di bawah bisa menjadi pemicunya:

1. RAM Perangkat Penuh

Dimana fungsi RAM digunakan untuk menjalankan aplikasi, sehingga ketika digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi secara bersamaan memorinya akan berkurang. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan salah satu atau semua aplikasi akan keluar sendiri. Oleh karenanya, apabila perangkat RAM terlalu kecil untuk kebutuhan besar sebaiknya ganti.

2. Bug Pada Aplikasi

Hal ini memang sering terjadi karena disebabkan error pada aplikasi. Pengguna tidak perlu cemas jika terjadi bug. Karena artikel ini akan memberikan penjelasan langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya.

3. Aplikasi Belum Di-upgrade

Pihak developer biasanya sering melakukan pembaruan pada beberapa fitur platform yang dibuatnya. Salah satu aplikasi yang sering minta diupdate yaitu aplikasi sosial media, seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Apabila aplikasi yang digunakan sudah terlalu lama, maka perlu melakukan pembaruan supaya dapat berjalan dengan baik.

4. Cache Sampah Yang Menumpuk

Alasan kenapa aplikasi Google Meet keluar sendiri bisa jadi karena file sampah di dalamnya sudah sangat menumpuk. Karena tanpa pengguna sadari bahwa setiap aplikasi akan menyimpan beberapa data ke memori eksternal. Cache yang menumpuk tersebut akhirnya menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan baik dan terasa berat.

Cara Mengatasi Aplikasi Google Meet Keluar Sendiri

Tidak perlu khawatir apabila pengguna mengalami masalah di atas. Pengguna bisa mengatasi penyebab aplikasi keluar sendiri dengan mudah. Caranya dengan langkah di bawah!

1. Hapus Cache Aplikasi

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah dengan menghapus file sampah pada aplikasi. Agar masalah aplikasi lambat, error dan keluar sendiri dapat teratasi. Langkah membersihkan cache yang menumpuk juga akan membuat aplikasi berjalan stabil. Dan disarankan pengguna ponsel untuk rutin menghapus sampah yang ada. Caranya dengan,

  • Masuk ke menu pengaturan perangkat.
  • Gulir terus ke bawah, lalu klik ‘Kelola aplikasi’.
  • Kemudian cari aplikasi Google Meet dan klik untuk masuk ke menu pembersihan.
  • Tekan pilihan ‘Hapus data’.
  • Setelah itu, ‘bersihkan cache’ dan selesai.

2. Lakukan Pembaruan Aplikasi

Seperti yang tadi dijelaskan bahwa aplikasi versi lama tentu tidak akan bekerja dengan baik. Apabila pengguna tidak mengaktifkan pembaruan otomatis dengan alasan menghemat data. Oleh karenanya perlu melakukan update secara manual. Adapun langkahnya sebagai berikut!

  • Masuk ke aplikasi Play Store.
  • Klik profil untuk masuk ke menu pembaruan atau bisa melakukan penelusuran di bar pencarian.
  • Apabila memilih opsi profil, klik ‘kelola aplikasi dan perangkat’.
  • Pilih ‘kelola’, lalu ‘update tersedia’.
  • Temukan aplikasi yang ingin di update. Biasanya akan muncul paling atas.
  • Klik update dan tunggu sampai terinstall.

Itulah beberapa penyebab kenapa aplikasi Google Meet keluar sendiri. Sebetulnya masih banyak langkah lain yang bisa dipilih. Salah satunya melakukan restart pada perangkat.

Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Begini Cara Reset Printer Canon G2010, Gampang Banget!

Untuk menjalankan cara reset printer canon g2010 sebenarnya cukup mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, masih banyak pengguna printer yang kebingungan saat akan...
Sulaiman
2 min read

Cobalah Berbagai Filter Instagram Khusus IPhone Berikut Ini Yang…

Filter instagram khusus iPhone berarti yang hanya bisa diakses lewat perangkat iOS. Namun, ada juga yang ada di instagram melalui android. Meskipun hasilnya tidak...
Sulaiman
2 min read

6 Penyebab Sinyal WiFi Lemah Padahal Dekat Dan Solusinya

Ada banyak penyebab yang membuat sinyal wifi lemah padahal dekat. Masalah sinyal yang lemah tentu akan mengganggu kegiatan saat sedang menggunakan wifi. Tak perlu...
Sulaiman
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.