Cek Penyebab Dan Cara Mengembalikan Sinyal Indosat yang Hilang Di Sini

Tidak sedikit jumlah pengguna operator seluler ini di Indonesia. Beberapa daerah bahkan mengandalkan operator seluler ini sebab mampu digunakan dengan sinyal yang kuat. Meskipun demikian pencarian cara mengembalikan sinyal Indosat yang hilang tetap banyak dan bahkan terus bertambah.

Sudah memiliki sinyal yang kuat rupanya tidak menutup kemungkinan bagi jaringan operator seluler untuk tiba-tiba hilang. Sinyal dari Indosat tidak terkecuali. Masalah ini memang cukup wajar. Lantas, bagaimana cara mengembalikan sinyal Indosat yang hilang? Simak ulasan berikut ini:

Sebab Sinyal Indosat Hilang

Masalah sinyal hilang bukanlah masalah yang baru. Sejak jaringan internet ditemukan bahkan hingga perkembangannya di masa sekarang, sinyal operator seluler masih bisa hilang. Ini dikarenakan banyaknya faktor yang bisa menyebabkan hal ini. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kerusakan pada perangkat. Jika perangkat yang digunakan mengalami kerusakan, bisa saja perangkat menjadi kesusahan atau bahkan tidak mampu menangkap sinyal dengan baik.
  • Kerusakan pada Simcard. Perhatikan apakah belum lama pengguna melepaskan sim card pada hp. Simcard yang dipasang kurang pas akan membuat sinyal pada hp tidak muncul.
  • Faktor cuaca. Kondisi cuaca di sekitar dapat mempengaruhi sinyal operator seluler.
  • Mati listrik. Aliran listrik yang mati akan mematikan tower telekomunikasi, wajar saja jika sinyal menjadi lambat atau hilang saat mati listrik.

Cara Mengembalikan Sinyal Yang Hilang

Ada banyak cara untuk mengembalikan sinyal yang hilang. Tentu saja cara ini mungkin tidak semua bekerja pada nomor Indosat pengguna. Pilihlah cara yang tepat atau coba cara lain jika cara sebelumnya tidak berhasil. Berikut beberapa cara mengembalikan sinyal Indosat yang hilang selengkapnya:

1. Refresh Jaringan

Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan melakukan penyegaran jaringan. Ini bisa dilakukan baik dengan refresh mode pesawat maupun restart hp. Untuk penyegaran jaringan dengan mode pesawat, nyalakan mode pesawat terlebih dahulu. Biarkan mode ini aktif untuk beberapa saat kemudian matikan kembali.

Baca Juga  Cari Tahu Aplikasi Edit Video Filter Aesthetic Terbaik

Selain menggunakan refresh mode pesawat, bisa juga dengan melakukan restart hp. Matikan hp selama beberapa saat agar semua aktivitas di hp berhenti. Kemudian, nyalakan kembali agar semua fitur dan jaringan memulai kembali.

2. Ubah Setelan APN

Apabila cara di atas tidak berhasil, coba lakukan perubahan setelan APN. Biasanya APN yang tidak sengaja diubah dapat membuat sinyal Indosat hilang. Masukkan nama APN dengan APN INDOSAT DEFAULT. Kemudian masukkan nama APN dengan ISAT WAP.

Lengkapi bagian APN Akses dengan indosat gprs dan kolom username serta password dengan indosat. Untuk setelan APN untuk koneksi 4G, atur nama APN dengan INDOSAT dan masukkan APN Akses dengan internet. Kosongkan kolom sisanya.

3. Bersihkan Cache

Sinyal hilang juga bisa dipengaruhi oleh cache. Meskipun ukurannya kecil, jika dibiarkan cache akan menumpuk dan membuat sistem hp tidak dapat bekerja dengan normal. Bersihkan cache pada RAM maupun ruang penyimpanan hp. Kemudian, restart hp dan biarkan jaringan sinyal memulai kembali.

4. Tes Konfigurasi

Selain cara diatas, tes konfigurasi juga bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal Indosat yang hilang. Buka fitur tombol panggilan dan masukkan kode *#*#4636#*#* dan tekan panggil. Lanjutkan dengan memilih Informasi hp kemudian pilih jaringan LTE Only atau 3G Only.

5. Hubungi Call Center

Terakhir, coba hubungi layanan call center Indosat pada 021 30003000. Bisa jadi ada kondisi kerusakan pada tower atau kondisi cuaca yang membuat sinyal hilang. Menghubungi layanan call center akan memberikan informasi lebih lanjut terkait kondisi sinyal dari pusat.

Demikian ulasan terkait cara mengembalikan sinyal Indosat yang hilang ini. Semoga informasi di atas dapat membantu menemukan solusi sinyal yang hilang.

Baca Juga  Solusi Tepat Saat Upload Video Di Google Drive Tidak Bisa Dibuka

Leave a Comment