Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Kekurangan Google Classroom yang Perlu Diketahui

Dimana sekarang ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran online dengan nyaman. Salah satunya menggunakan Google Classroom. Meskipun memiliki banyak kelemahan, namun terdapat juga kekurangan Google Classroom saat diterapkan. Adapun berikut, penjelasannya:

Tentang Google Classroom

GC atau kepanjangan dari Google Classroom merupakan salah satu layanan Google sebagai media pembelajaran. Dimana, antara siswa dengan guru dapat berinteraksi lewat Google Classroom.

Guru dapat memberikan materinya lewat kelas yang telah dibuat pada Classroom.Kemudian, antara siswa dan guru juga dapat berkomunikasi di dalam kelas maupun pribadi lewat fitur chat yang bisa dipilih.

Pembelajaran secara online, membuat banyak Pendidikan yang menggunakan Google Classroom untuk mempermudah pembelajaran. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa digunakan, salah satunya adanya fitur tugas.

Guru dapat memberikan tugas kepada para siswa, dengan tenggang waktu yang dapat ditentukan sendiri. Kemudian, siswa dapat mengirimkan jawabannya dengan mudah sebelum tenggang waktu yang sudah ditentukan tersebut. Tentu hal tersebut sangat membantu, sebab siswa juga bisa memanage tugas dengan baik.

Kekurangan Google Classroom

Penggunaan Google Classroom yang semakin banyak, tidak lantas platform tersebut tidak memiliki kekurangan. Pasalnya, meskipun memiliki berbagai keunggulan yang bisa didapatkan, penggunaan Google Classroom ini juga memiliki kekurangan.

Hal itu, juga membuat masih ada yang tidak menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran. Adapun, berikut beberapa kekurangannya:

1. Memiliki Tampilan yang Kurang Menarik

Google Classroom dibuat untuk mempermudah dan menunjang pembelajaran. Dimana, fitur yang ada telah disetting untuk dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan sesuai kegiatan pembelajaran.

 Dalam google Classroom hanya seputar pemberian materi, tugas dan penilaian. Namun, tentunya di sebagian orang tampilan tersebut terkadang membosankan. Hal ini, karena tidak hal yang menarik.

Baca Juga  Apakah Facebook Disadap? Cek Dengan Cara Melihat History Facebook

2. Kesulitan dalam Melakukan Penilaian pada versi Mobile

Google Classroom ini dapat digunakan, pada mobile Phone, maupun PC. Namun, tentunya antara PC dan mobile Phone memiliki tampilan yang berbeda. Dimana, dalam versi Mobile sulit untuk memberikan penilaian terhadap soal. Hal itu, menjadi kekurangan dari Google Classroom yang kerap terjadi para Guru, ketika akan memberikan penilaian.

Apabila menggunakan PC, untuk melakukan penilaian dapat dilakukan dengan mudah dan langsung. Namun, ketika menggunakan versi mobile seseorang akan memerlukan aplikasi tambahan. Seseorang harus mengunduh lebih dulu aplikasi Google Form, hal itu pun hanya untuk pilihan ganda saja.

3. Memiliki Integritas yang Terbatas

Kekurangan Google Classroom yang selanjutnya adalah integritas yang dimiliki terbatas. Meskipun, 1 akun Google dapat digunakan untuk semua akun Google. Misalnya Google Drive, YouTube, Google Form, Blog dan yang lainnya, tetapi tidak terintegrasi dengan penuh.

Contoh saja, ketika membuat soal di Google Classroom hanya dapat terintegrasi dengan Google Form. Hal itu pun hanya ada di tampilan Mobile. Kemudian, untuk aplikasi lainnya belum tersedia.

4. Bergantung Kepada Kapasitas Google Drive

Google Classroom memiliki sambungan dengan Google Drive. Dimana, apapun file yang terkirim pada Google Classroom, maka akan tersimpan pula di Google Drive. Namun, pihak Google sendiri membatasi kapasitas penyimpanan yang ada di Google Drive.

Kapasitas yang tersedia yakni sebesar 15 GB saja. Kemudian, jika ternyata memory penuh, maka pengguna akan gagal mengunduh file yang ada di Google Classroom. Pengguna harus mengupdatenya kepada fitur premium, supaya dapat membagikan, menerima file dengan leluasa.

Itulah tadi, mengenai kekurangan Google Classroom saat diterapkan. Meskipun, memiliki kekurangan-kekurangan yang ada, Google Classroom memiliki kontribusi dalam memudahkan pembelajaran online. Tentunya, terdapat hal positif yang dapat dimanfaatkan dari platform ini.

Baca Juga  Berbagai Cara Mengetahui Kabel Positif dan Negatif pada USB

Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

5 Cara Merusak Sinyal HP Orang Lain Tanpa Ketahuan…

Tentu menyebalkan jika berkumpul dengan teman-teman tapi semua malah bermain ponsel sendiri. Belum lagi jaringan WiFi semakin lemot karena banyak perangkat yang tersambung. Untuk...
Sulaiman
2 min read

5 Rekomendasi Aplikasi Baterai Tahan 2 Hari Paling Ampuh

Semakin lama usia pemakaian HP tentu saja akan semakin tua dan rentan baterainya. Biasanya baterai menjadi lebih boros dan lama saat diisi dayanya. Kini,...
Sulaiman
1 min read

Cek Penyebab Dan Cara Mengembalikan Sinyal Indosat yang Hilang…

Tidak sedikit jumlah pengguna operator seluler ini di Indonesia. Beberapa daerah bahkan mengandalkan operator seluler ini sebab mampu digunakan dengan sinyal yang kuat. Meskipun...
Sulaiman
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *