Contoh Teks Prosedur

Pengertian teks prosedur adalah teks yang berisi tata cara, langkah-langkah, maupun tahapan untuk melakukan suatu hal secara berurutan agar tercapai hal yang diinginkan, misalnya cara membuat makanan, mengoperasikan suatu alat tertentu, cara melakukan sesuatu, dan lainnya.

Teks prosedur sendiri dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol. Tentunya ketiga kelompok teks prosedur memiliki ciri-ciri yang berbeda pula. Namun, secara struktural ketiganya memiliki persamaan mendasar, yaitu tujuan, material, dan langkah-langkah.

Secara umum, teks prosedur kompleks bersifat fleksibel karena tidak memiliki batasan-batasan yang baku, yang artinya cukup dengan membahas langkah-langkah atau cara melakukan sesuatu secara bertahap untuk melakukan suatu hal tertentu.

Berikut kami sajikan mengenai contoh-contoh teks prosedur kompleks agar lebih mudah memahami materi teks prosedur.

Daftar isi

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Kerajinan Tangan

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Kerajinan Tangan

1. Cara Membuat Lampu Hias dari Botol dan Sendok Plastik Bekas

Rumah kamu habis kedatangan banyak tamu lalu banyak botol dan sendok plastik bekas? Eits, jangan langsung dibuang yah, kamu bisa memanfaatkannya jadi lampu hias berbentuk nanas dan pastinya mengurangi limbah plastik lho.

Berikut bahan yang perlu kamu siapkan serta langkah membuatnya:

Alat dan Bahan :

  • Botol bekas
  • Sendok plastik
  • Lampu
  • Tiang untuk penyangga lampu
  • Lem
  • Cat
  • Obeng
  • Pisau
  • Kertas
  • Gunting
  • Kuas

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Potong botol plastik pada bagian leher botol dan bagian dasar botol hingga menyisakan bagian tubuh botol.
  • Potong bagian tangkai sendok plastik.
  • Cat sendok plastik yang telah dipotong sesuai keinginan kamu.
  • Tempelkan sendok plastik yang telah dicat ke botol menggunakan lem mulai dari bawah botol.
  • Pola kertas menjadi lingkaran dengan bagian luar lingkaran bentuk segitiga atau seperti gambar sinar matahari.
  • Tempelkan pola tersebut di bagian atas botol menggunakan lem.
  • Potong botol menjadi seperti daun nanas lalu tempel di atas pola kertas menggunakan lem.
  • Pasang lampu dan tiang penyangga.
  • Lampu hias dari botol dan sendok plastik bekas sudah siap menghiasi rumah kamu.

2. Cara Membuat Keranjang dari Koran Bekas

Daripada koran bekas di rumah kamu hanya berakhir di tempat sampah lebih baik kamu membuat keranjang dari koran bekas. Haahhh? Emangnya bisa? Bisa dongggss, yukk kita simak apa saja alat dan bahan yang diperlukan serta bagaimana proses pembuatannya.

Alat dan Bahan :

  • Koran bekas dalam jumlah yang banyak
  • Lem tembak
  • Gunting

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Potong memanjang koran dengan ukuran yang sama.
  • Pilin memanjang koran bekas.
  • Susun pilinan koran seperti menganyam sampai membentuk keranjang.
  • Agar lebih kuat, kamu bisa merekatkannya dengan menggunakan lem tembak.

3. Cara Membuat Kotak Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Nah bisa banget nih kalau kamu punya kaleng bekas lalu dijadikan kotak alat tulis supaya alat tulis kamu bisa rapi di atas meja belajar dan tidak tercecer dimana-mana. Yuk, kita simak bareng-bareng apa saja yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan :

  • Kaleng bekas
  • Cat
  • Kuas

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Cat kaleng dan kamu bisa menghiasnya sesuka hati kamu agar tampak estetik.
  • Kotak alat tulis sudah siap kamu gunakan.

4. Cara Membuat Rumah-Rumahan dari Stik Es Krim Bekas

Siapa sih yang tidak suka es krim, apalagi pas siang-siang? Pasti semuanya tunjuk gigi deh, ehh bukan..tunjuk tangan maksudnya 😀 Nah, ternyata limbah stik es krim bekas bisa banget lho kamu daur ulang jadi kerajinan tangan, misalnya rumah-rumahan. Cuss, kita simak genks.

Alat dan Bahan :

  • Stik es krim bekas
  • Cat
  • Kuas
  • Papan kayu
  • Lem
  • Cutter atau pisau

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Susun stik es krim di atas papan kayu sebagai dasarnya.
  • Buat kerangka rumah yang terdiri dari tembok dan atapnya.
  • Kamu bisa menghias sesuka hati kamu seperti pagar, tangga, atau meja makan.

5. Cara Membuat Hiasan Karakter pada Toples

Eittts daripada sayang membuang toples bekas kue lebaran, kamu bisa lho menghiasnya sesuai karakter kesukaan kamu; misalnya Doraemon, supaya bisa kamu gunakan lagi di lebaran tahun depan. Selain menjaga bumi, kamu juga bisa menghemat pengeluaran beli toples di kemudian hari. Yuklah, kita buat sama-sama.

Alat dan Bahan :

  • Toples kue bekas
  • Kain flanel
  • Spidol
  • Gunting
  • Lem fox

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Pola kain flanel untuk menutupi tutup toples dan pinggiran toples, lalu tempelkan pola tersebut menggunakan lem fox.
  • Pola karakter yang kamu inginkan pada kain flanel, misalnya Doraemon.
  • Jika pola karakter sudah kamu buat, kamu bisa menempelkannya di bagian tutup toples sesuai dengan karakter favorit kamu.
  • Toples hias sudah siap menemani hari lebaran kamu.

6. Cara Membuat Bingkai Foto dari Stik Es Krim Bekas

Stik es krim bekas bisa menghasilkan banyak kerajinan tangan lainnya genks, sebut saja bingkai foto. Nantinya bingkai foto yang sudah kamu kreasikan bisa memajang foto kamu atau foto kamu bersama orang favorit kamu. Yuk, kita buat sama-sama.

Alat dan Bahan :

  • Stik es krim bekas
  • Gunting atau cutter
  • Lem

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Susun stik es krim menjadi bentuk persegi sebagai dasarnya, lalu tempelkan menggunakan lem.
  • Buat kerangka untuk menyimpan foto, susun stik es krim sesuai dengan ukuran foto yang kamu miliki, lalu tempelkan menggunakan lem.
  • Hias sesuka hati kamu untuk mempercantik bingkai foto kamu.
  • Perkuat bagian belakang kerangka bingkai foto menggunakan beberapa stik es krim.
  • Pasang foto yang hendak kamu pajang.

7. Cara Membuat Pot Tanaman dari Botol Bekas

Limbah plastik di dunia memang sangat banyak genks, apalagi berdampak merusak alam kita sendiri. Untuk itu, kita bisa menanggulanginya dengan mendaur ulang sampah plastik agar tidak merusak alam kita, salah satunya memanfaatkan botol bekas yang digunakan untuk pot tanaman. Seperti apa sih cara buatnya? Yuk mari kita simak.

Alat dan Bahan :

  • Botol bekas
  • Tanaman
  • Pupuk
  • Gunting
  • Manik-manik
  • Pisau

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Potong botol menggunakan pisau sesuka hati kamu.
  • Hias botol plastik sesuai apa yang kamu inginkan.
  • Lubangi bawah botol agar air tidak menggenang di dalam botol.
  • Masukkan tanah dan pupuk ke dalam botol.
  • Masukan tanaman yang ingin kamu tanam ke dalam botol.
  • Pot tanaman sudah siap mempercantik rumah kamu.

8. Cara Membuat Mobil-Mobilan dari Kardus

Sebenarnya banyak barang-barang bekas yang ada di sekitar kita yang bisa kita daur ulang dan gunakan kembali, hanya saja terkadang hal itu luput dari pandangan kita. Kardus, misalnya, biasanya kita langsung membuang kardus bekas belanjaan kita karena dianggap membuat sempit rumah. Sekarang, kamu bisa lho memanfaatkannya dengan membuat mobil-mobilan. Yuk simak cara membuatnya.

Alat dan Bahan :

  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Lem
  • Spidol
  • Kancing

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Pola kardus menyerupai bentuk mobil menggunakan spidol, jangan lupa untuk membuat pola ban mobil.
  • Jika sudah, gunting pola tersebut lalu rekatkan dengan menggunakan lem.
  • Hias body mobil-mobilan menggunakan spidol.
  • Tambahkan kancing sebagai pengganti lampu mobil untuk mempercantik tampilan mobil-mobilan.
  • Terakhir, tempelkan pola ban mobil.

9. Cara Membuat Kotak Penyimpanan Bertingkat dari Kardus Bekas

Ternyata kardus bekas banyak juga manfaatnya, fungsi dari kardus memang sebagai kotak penyimpanan, tapi kali ini kita akan buat yang berbeda dari biasanya. Kamu bisa sesuaikan berapa tingkat yang kamu inginkan untuk kotak penyimpanan kamu nantinya. Berikut cara pembuatan beserta alat dan bahan yang diperlukan.

Alat dan Bahan :

  • Kardus bekas air mineral
  • Gunting
  • Penggaris
  • Spidol
  • Kertas kado
  • Hiasan untuk gagang pintu kotak penyimpanan

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  • Gunting kedua bagian tutup kardus yang ukurannya lebih kecil, lalu tempelkan kertas kado untuk menutupi bagian kardusnya.
  • Tempelkan kertas kado ke seluruh bagian kardus.
  • Letakkan dua bagian tutup kardus sebelumnya di tengah-tengah kardus sehingga membentuk tingkat.
  • Hias bagian pintu kotak dengan semacam kenop pintu untuk mempermanis penampilan.
  • Kotak penyimpanan bertingkat sudah siap kamu gunakan.

10. Cara Membuat Lampu Hias dari Kardus Bekas

Yuhuuu, kita masih punya banyak ide nih yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi limbah, salah satunya kardus bekas. Kalau kita lihat sekilas, tampaknya tak ada yang menarik dari sebuah kardus. Jangan salah genks, di tangan orang yang kreatif, kardus bekas bisa digunakan sebagai lampu hias lho. Gimana caranya? Simak aja yuk di bawah ini.

Alat dan Bahan :

  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Spidol
  • Lem
  • Lampu
  • Kabel

Cara Pembuatan :

  • Siapkan alat dan bahan yang digunakan.
  • Buat pola memanjang dengan ukuran lebar 5cm dan panjang 40cm sebanyak 7 buah, lalu gunting.
  • Bentuk menyerupai segi lima lalu rekatkan dengan lem.
  • Ulangi sampai 7 buah.
  • Susun pola segi lima tersebut secara acak namun tetap rapi agar terlihat estetik.
  • Instalasi lampu dan penyangganya.
  • Lampu hias siap digunakan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Makanan dan Minuman

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Makanan dan Minuman

1. Cara Membuat Nasi Goreng

Siapa sih yang tidak tahu nasi goreng? Bahkan mantan presiden Barack Obama pun suka makanan khas Indonesia yang satu ini lho. Nasi goreng pun banyak dikreasikan dengan bermacam-macam topping pilihan sesuai dengan kesukaan yang mau memakannya atau ketersediaan bahan yang ada di kulkas. Yuk, kita simak cara pembuatan nasi goreng.

Bahan :

  • Nasi putih 500 gram
  • Cabai keriting 10 buah
  • Cabai rawit 3 buah (tambahkan kalau suka pedas)
  • Bawang merah 7 butir
  • Bawang putih 5 butir
  • Tomat 1 buah
  • Terasi 1 bungkus
  • Telur 3 buah
  • Sosis 3 potong (optional)
  • Kecap manis

Cara Pembuatan :

  • Haluskan semua cabai, bawang, tomat, dan terasi bisa diulek atau diblender sesuai selera, lalu sisihkan.
  • Masukkan minyak ke dalam wajan secukupnya.
  • Saat minyak sudah panas, goreng sosis sampai matang, lalu sisihkan.
  • Tumis bumbu halus sampai tercium wangi, kemudian tambahkan telur. Orak-arik telur sampai matang.
  • Setelah telur matang, tambahkan sosis lalu aduk sampai rata.
  • Masukkan nasi lalu aduk sampai rata.
  • Jika nasi sudah tercampur secara merata, masukkan kecap manis, gula, garam, dan penyedap makanan secukupnya, aduk kembali sampai matang dan merata.
  • Koreksi rasa jika dirasa ada yang kurang.
  • Angkat lalu sajikan nasi goreng ke atas piring.

2. Cara Membuat Perkedel Kentang

Tahu kah kamu kepanjangan dari perkedel itu apa? Nah, ternyata perkedel singkatan dari Persatuan Kentang dan Telur lho genks. Makanan ini juga banyak disajikan dalam setiap acara perayaan bersamaan dengan nasi kuning sebagai menu utamanya. Perkedel pun banyak variannya, ada perkedel jagung bahkan perkedel mie, tapi kali ini kita akan bahas cara pembuatan perkedel kentang beserta bahan apa saja yang dibutuhkan.

Bahan :

  • Kentang 5 buah ukuran sedang
  • Bawang merah 7 buah
  • Bawang putih 5 buah
  • Lada putih bubuk 1 bungkus
  • Seledri
  • Telur 1 butir

Cara Pembuatan :

  • Kupas kentang lalu bersihkan menggunakan air.
  • Iris tipis bawang merah dan bawang putih, sisihkan.
  • Iris seledri, lalu sisihkan.
  • Potong kentang yang sudah dibersihkan menjadi 4 bagian, lalu goreng sampai matang, sisihkan.
  • Goreng bawang merah dan bawang putih sampai matang kecokelatan, lalu sisihkan.
  • Tumbuk atau ulek bawang merah dan bawang putih goreng sampai halus.
  • Ulek juga kentang goreng sampai halus, lalu satukan dengan duo bawang yang sudah dihaluskan.
  • Tambahkan seledri, lada putih bubuk, dan penyedap rasa, lalu aduk sampai merata.
  • Koreksi rasa jika ada yang dirasa kurang.
  • Ambil adonan kentang sebanyak 1 sendok makan lalu bentuk adonan menjadi bulat pipih sampai adonan habis.
  • Celupkan perkedel ke dalam telur lalu goreng sampai kecokelatan atau matang.
  • Perkedel siap dihidangkan.

3. Cara Membuat Telur Dadar

Telur dadar merupakan makanan yang sangat sederhana namun tetap bergizi dan tentunya mudah dimasak oleh siapapun. Biasanya telur dadar dihidangkan bersama nasi putih hangat dan kecap manis untuk menambah cita rasa. Cuss, kita langsung aja eksekusi genks.

Bahan :

  • Minyak atau mentega secukupnya
  • Telur 1 butir
  • Garam secukupnya
  • Daun bawang 1 batang (optional)

Cara Pembuatan :

  • Potong daun bawang, sisihkan.
  • Panaskan minyak di dalam wajan dengan api sedang.
  • Masukkan telur, garam, dan daun bawang ke dalam mangkuk.
  • Kocok sampai tercampur merata atau sampai berbuih.
  • Masukkan adonan telur ke dalam wajan lalu masak.
  • Jika bagian bawah telur sudah agak kering, jangan lupa dibalik menggunakan spatula agar telur matang dengan baik.
  • Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan.
  • Telur dadar siap disajikan di atas piring.

4. Cara Membuat Sayur Sop

Menu sayur sop sudah pasti sering terhidang di meja makan orang Indonesia karena dianggap mudah membuatnya dan tidak membutuhkan waktu yang lama saat memasaknya. Tentunya sayur sop tetap mengandung sumber gizi yang diperlukan tubuh ya. Check this out yaah cara membuatnya dan bahan apa saja yang diperlukan.

Bahan :

  • Sayur sop 1 bungkus
  • Cabai rawit 3 buah
  • Bawang merah 5 buah
  • Bawang putih 3 buah
  • Bawang bombay 1 butir
  • Lada putih 1 bungkus
  • Biji pala secukupnya
  • Jahe 1 ruas jari

Cara Pembuatan :

  • Potong sayur sop yang terdiri dari kentang, wortel, daun bawang, daun seledri, dan buncis sesuai selera lalu cuci bersih dan sisihkan.
  • Iris bawang bombay, sisihkan.
  • Ulek cabai rawit, bawang merah, bawang putih sampai halus.
  • Rebus air secukupnya di dalam panci sampai mendidih.
  • Jika air sudah mendidih, masukkan biji pala secukupnya dan jahe yang sudah digeprek, aduk lalu tunggu 5 menit.
  • Masukkan bumbu yang sudah diulek tadi, aduk kembali lalu tunggu 5 menit hingga mendidih.
  • Masukkan kentang dan wortel ke dalam panci lalu masak sampai empuk.
  • Jika kentang dan wortel sudah empuk, masukkan daun bawang, daun seledri, bawang bombay, dan buncis lalu masak kembali sampai matang.
  • Sayur sop sudah siap dihidangkan di meja makan.

5. Cara Membuat Sayur Bayam Jagung

Panganan ini juga sering banget nih dihidangkan di meja makan kita, karena tidak banyak membutuhkan bumbu dapur dan tentunya sangat mudah dan cepat saat dimasak. Yuk, mari kita simak cara pembuatan sayur bayam jagung!

Bahan :

  • Bayam 1 ikat
  • Jagung 1 bonggol
  • Bawang putih 4 buah
  • Temu kunci 1 buah
  • Tomat 1 buah

Cara Pembuatan :

  • Potong bayam dan jagung, cuci bersih, lalu tiriskan.
  • Iris bawang putih dan potong tomat secara melintang, lalu sisihkan.
  • Masukkan air secukupnya di dalam panci lalu rebus sampai mendidih.
  • Masukkan temu kunci lalu aduk sebentar.
  • Masukkan bawang putih dan jagung lalu aduk sampai tercampur merata.
  • Jika jagung sudah mulai empuk, tambahkan tomat, lalu aduk sampai tercampur merata.
  • Tambahkan gula, garam, dan penyedap makanan secukupnya lalu aduk-aduk kembali sampai tercampur merata.
  • Masukkan bayam lalu aduk-aduk lagi.
  • Koreksi rasa jika ada yang kurang pas.
  • Jika bayam sudah agak layu, matikan kompor.
  • Sayur bayam siap menghiasi meja makanmu.

6. Cara Membuat Pancake

Pancake atau panekuk adalah jenis kue dadar yang banyak digemari di seluruh dunia. Panganan yang satu ini dijadikan sebagai sarapan oleh warga Amerika dan Kanada, sedangkan bagi warga Eropa dan sekitarnya dijadikan sebagai hidangan penutup bahkan menu utama. Lalu, apa saja sih yang dibutuhkan untuk membuat pancake dan bagaimana cara membuatnya? Mari kita simak genks.

Bahan :

  • Tepung terigu 150 gram
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Garam sejumput
  • 1 butir telur ayam
  • Susu full cream 100 ml
  • Mentega 30 gram

Cara Pembuatan :

  • Lelehkan mentega, lalu sisihkan.
  • Campur terigu, gula, garam, baking powder, lalu aduk sampai rata.
  • Masukkan telur dan susu full cream, lalu aduk kembali sampai adonan tercampur rata.
  • Tambahkan mentega cair, lalu aduk sampai adonan tercampur rata dan lembut.
  • Oleskan teflon dengan mentega lalu nyalakan kompor.
  • Tuang satu sendok sayur adonan pancake ke dalam teflon.
  • Masak sampai bagian bawah pancake matang atau kecokelatan lalu jangan lupa dibalik pancakenya menggunakan spatula, masak kembali sampai pancake matang sempurna.
  • Ulangi sampai adonan habis.
  • Pancake siap disajikan dengan topping madu, mentega, sirup mapel, dan buah-buahan beri.

7. Cara Membuat Korean Garlic Cheese Bread

Pasti media sosial kamu banyak deh yang update tentang roti kekinian alias Korean garlic cheese bread, baik membuatnya sendiri atau membelinya untuk mencoba roti viral yang satu ini. Kabar baiknya, kamu juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Ikuti resep ini yaa!

Bahan Roti :

  • Tepung terigu protein tinggi 400 gram
  • Mentega tawar 100 gram
  • Susu bubuk 3 sendok makan
  • Susu cair hangat 250 ml
  • Gula pasir 30 gram
  • Ragi instan 8 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Garam sejumput

Bahan Cream Cheese :

  • Cream cheese 400 gram
  • Whipping cream 100 gram
  • Gula halus 60 gram

Bahan Garlic Butter :

  • Bawang putih 8 buah, cincang halus
  • Mentega asin, lelehkan
  • Telur 2 butir, kocok lepas
  • Oregano kering 2 sendok makan

Bahan Korean Garlic Cheese Bread :

  • Parmesan bubuk 3 sendok makan

Cara Pembuatan :

  • Buat adonan roti : Masukkan susu cair, gula pasir, dan ragi, lalu aduk dan diamkan hingga berbuih.
  • Masukkan tepung terigu, susu bubuk, telur, garam, dan susu cair ke dalam mixing bowl, lalu aduk sampai tercampur merata. Tambahkan mentega lalu aduk kembali sampai adonan kalis.
  • Tutup adonan menggunakan kain bersih sampai mengembang dua kali lipat (antara 45 menit sampai 60 menit).
  • Kempiskan adonan, lalu bagi menjadi 8 bagian sama rata, kemudian bulatkan.
  • Susun adonan di atas loyang yang sudah dialasi kertas baking, beri jarak kurang lebih 5 cm agar adonan tidak saling menempel, lalu tutup kembali menggunakan kain bersih selama kurang lebih 30 menit atau sampai mengembang dua kali lipat.
  • Panggang dalam suhu oven 180 C selama 15 sampai 20 menit atau sampai matang. Keluarkan dari oven, lalu dinginkan. Potong roti tapi tidak sampai putus menjadi 8 bagian.
  • Buat adonan cream cheese : Kocok semua bahan sampai tercampur merata dan lembut. Masukkan ke dalam piping bag atau plastik segitiga, lalu sisihkan.
  • Buat adonan garlic butter : Masukkan mentega yang sudah dilelehkan, telur, bawang putih cincang, dan oregano bubuk, lalu aduk sampai merata, sisihkan.
  • Ambil 1 buah roti, lalu semprotkan cream cheese ke dalam setiap sela-sela roti.
  • Celupkan dengan cepat roti ke dalam adonan garlic butter.
  • Susun roti di atas loyang, lalu beri keju parmesan bubuk di atasnya. Panggang dalam oven dengan suhu 180 C selama 20 sampai 25 menit atau hingga matang kecokelatan.
  • Jika sudah matang, keluarkan Korean garlic cheese bread dari oven, lalu hidangkan segera.

8. Cara Membuat Rainbow Cloud Bread

Untuk kamu yang kurang menyukai roti asin seperti Korean garlic cheese bread, kamu bisa lho membuat Rainbow Cloud Bread si roti manis yang tak kalah fenomenal juga. Bagaimana sih cara membuatnya dan apa saja bahan yang dibutuhkan? Mari kita simak sama-sama!

Bahan :

  • Putih telur 4 butir
  • Air lemon 1 sendok teh
  • Gula pasir 6 sendok makan
  • Ekstrak vanilla 1 sendok teh
  • Tepung maizena 3 sendok makan
  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • Pewarna makanan kuning secukupnya
  • Pewarna makanan orange secukupnya
  • Pewarna makanan biru secukupnya
  • Pewarna makanan hijau secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Masukkan putih telur dan air lemon ke dalam mixing bowl lalu kocok menggunakan mixer sampai berbuih.
  • Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sampai adonan mengembang dan kaku.
  • Masukkan tepung maizena dan ekstrak vanila, kocok kembali sampai adonan merata.
  • Bagi adonan menjadi 6 bagian sama rata. Masukkan 1 sampai 2 tetes pewarna makanan di tiap-tiap bagian, lalu aduk sampai merata.
  • Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas baking, tuang setengah bagian adonan warna putih, lalu ratakan.
  • Tambahkan adonan warna merah, kuning, orange, biru, dan hijau di atasnya, lalu ratakan.
  • Terakhir, tutup dengan sisa adonan putih, lalu bentuk adonan menjadi seperti roti bulat menggunakan spatula.
  • Panggang dalam oven dengan suhu 160 C selama 30 menit atau sampai matang kecokelatan.
  • Jika sudah matang, keluarkan dari oven, lalu sajikan.

9. Cara Membuat Chocolate Lava Cake

Kalau mood kamu sedang tidak baik, kamu bisa banget lho mencoba kue cokelat ini yang dijamin lelehan cokelatnya akan mengembalikan mood kamu bahkan meningkatkannya secara drastis. Bahannya pun sangat mudah didapat dan tentunya cara membuatnya pun mudah. Yuk, mari kita eksekusi saja genks!

Bahan :

  • Milo 200 gram
  • Mentega 100 gram
  • Telur ayam 3 butir
  • Tepung terigu 100 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Gula halus 50 gram

Cara Pembuatan :

  • Lelehkan mentega sampai mencair, lalu sisihkan.
  • Masukkan milo dan tepung terigu, lalu aduk sampai rata.
  • Tambahkan gula pasir dan telur lalu aduk kembali sampai adonan tercampur merata.
  • Masukkan mentega yang sudah dilelehkan, lalu aduk lagi sampai adonan lembut dan tercampur.
  • Tuang adonan ke mangkuk ramekin. Kemudian masukkan ke dalam kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya.
  • Kukus selama kurang lebih 6 sampai 7 menit. Jangan mengukusnya terlalu lama karena hasilnya tidak akan ada lelehan cokelat di dalamnya.
  • Jika sudah matang, keluarkan chocolate lava cake dari kukusan dan siap dihidangkan.

10. Cara Membuat Roti Goreng Sosis Keju

Roti goreng sosis keju sangat cocok menemani kamu di kala kamu sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor agar asupan nutrisi tetap terjaga meskipun kamu sedang sibuk-sibuknya. Cara membuatnya yang sederhana serta bahannya mudah ditemukan, menjadikannya sebagai camilan favorit siapapun.

Bahan :

  • Roti tawar 10 lembar
  • Sosis sapi 10 buah
  • Keju slice 10 buah
  • Telur ayam 2 butir
  • Tepung roti 100 gram
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelengkap :

  • Saus sambal secukupnya
  • Saus tomat secukupnya
  • Mayonnaise secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Masukkan sosis sapi ke dalam wajan yang berisi minyak panas, lalu goreng sampai matang, sisihkan.
  • Gilas roti menggunakan rolling pin atau bisa menggunakan botol bekas sirup sampai roti menjadi tipis.
  • Ambil selembar roti yang sudah digilas tadi, lalu tambahkan keju slice dan sosis sapi yang sudah digoreng.
  • Gulung roti lalu rekatkan dibagian ujungnya menggunakan telur agar tidak tercecer.
  • Celupkan roti yang sudah digulung ke dalam telur lalu gulingkan ke dalam tepung roti sampai merata.
  • Goreng roti gulung sampai matang atau kecokelatan.
  • Sajikan saat masih hangat yang ditambah dengan bahan pelengkap agar semakin nikmat.

11. Cara Membuat Ice Dalgona Coffee

Siapa nih yang belum tahu ice dalgona coffee? Pasti sudah tahu semua lah yaa, karena saking fenomenalnya ice dalgona coffee, media sosial kamu selalu dipenuhi hal-hal tentang ice dalgona, entah teman-temanmu membuatnya sendiri atau bahkan teman kamu menjualnya. Nah, kamu juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan yang sederhana dan rasanya dijamin tak kalah dengan coffee shop yang terkenal itu. Cuss, kita eksekusi bersama!

Bahan :

  • Kopi instan nescafe @ 2gram 2 bungkus
  • Air panas 2 sendok makan
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Es batu secukupnya
  • Susu cair full cream 300 ml

Cara Pembuatan :

  • Masukkan kopi instan nescafe, air panas, dan gula pasir lalu kocok menggunakan mixer sampai adonan mengental.
  • Masukkan es batu secukupnya ke dalam gelas, lalu tambahkan susu cair full cram sampai memenuhi 3/4 bagian gelas.
  • Tambahkan adonan dalgona sampai memenuhi gelas.
  • Aduk-aduk ice dalgona coffee sampai tercampur merata dan sudah siap diminum.

12. Cara Membuat Es Krim Oreo Homemade

Es krim merupakan camilan dingin dan manis yang terbuat dari susu dan beberapa bahan pendukung lainnya. Es krim sendiri memiliki banyak penggemar di seluruh dunia dan terdiri dari bermacam-macam varian yang tentunya menggoyang lidah apalagi jika di makan saat matahari sedang terik. Nah, kali ini kita akan mencoba membuat es krim oreo homemade yang tidak kalah juga dari toko es krim di luar sana.

Bahan :

  • Oreo 1 bungkus @137 gram
  • Susu cair full cream 1 Liter
  • Susu kental manis 3 bungkus @40 gram

Cara Pembuatan :

  • Blender oreo sampai halus atau bisa juga dihaluskan secara manual dengan cara memasukkan oreo ke dalam plastik lalu dipukul-pukul menggunakan benda yang keras seperti rolling pin misalnya.
  • Tambahkan susu cair full cream dan susu kental manis lalu blender sampai rata bersamaan dengan oreo yang sudah dihaluskan tadi.
  • Tuang adonan ke dalam kotak wadah lalu simpan di dalam freezer selama 4 sampai 5 jam atau sampai es krim mengeras.
  • Jika adonan es krim oreo sudah mengeras, keluarkan dari kotak wadah lalu blender kembali agar hasil es krim oreo lebih lembut.
  • Jika sudah diblender sebanyak 2 kali, masukkan kembali es krim oreo ke dalam kotak wadah dan simpan di dalam freezer selama 4 sampai 5 jam atau sampai es krim mengeras.
  • Es krim oreo homemade sudah siap disantap.

13. Cara Membuat Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah makanan manis yang terbuat dari tepung beras dengan siraman saus gula merah. Bubur sumsum biasanya dimakan sebagai takjil saat bulan puasa atau disantap sebagai camilan. Jika biasanya kamu membeli bubur sumsum di pasar atau pedagang kaki lima, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, yang pastinya higienitasnya terjamin. Yukk, mari kita buat sama-sama!

Bahan :

  • Tepung beras 3 sendok makan
  • Santan 200 ml
  • Susu cair 200 ml
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam sejumput
  • Gula merah 30 gram

Cara Pembuatan :

  • Masukkan tepung beras, santan, susu cair, daun pandan, dan garam ke dalam panci lalu aduk sampai merata menggunakan whisk.
  • Nyalakan kompor dengan api sedang, lalu masak sampai adonan mengental dan meletup-letup.
  • Buat saus gula: masukkan gula merah dan air secukupnya lalu panaskan panci dengan api sedang, masak sampai gula merah larut.
  • Tuang bubur sumsum ke dalam mangkuk lalu siram dengan saus gula merah.

14. Cara Membuat Donat Kentang

Donat adalah salah satu makanan favorit semua orang yang dimasak dengan cara digoreng. Donat memiliki rasa yang lezat dan juga mengenyangkan. Bentuk paling umum donat biasanya seperti cincin dengan lubang ditengahnya. Varian topping donat pun beragam, mulai dari yang ekonomis sampai yang mahal, tinggal sesuaikan dengan budget yang kita miliki saja. Resep donat kentang juga mudah mendapatkan bahannya serta cara membuatnya. Yukkk, kita eksekusi langsung saja genks!

Bahan :

  • Kentang 200 gram
  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Ekstrak vanilla 1 sendok teh
  • Mentega 100 gram
  • Baking soda 1 sendok teh
  • Ragi instan 1 sendok makan
  • Gula pasir 150 gram
  • Telur ayam 1 butir
  • Susu cair 500 ml

Bahan Topping :

  • Gula halus secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Kukus kentang sampai matang atau lunak, lalu hancurkan menggunakan ulekan sampai halus selagi masih panas. Sisihkan.
  • Masukkan kentang, tepung terigu, ekstrak vanilla, baking soda, ragi, dan gula pasir lalu aduk sampai merata.
  • Tambahkan telur dan susu cair lalu aduk menggunakan mixer sampai tercampur merata. Masukkan mentega lalu aduk kembali sampai adonan kalis.
  • Tutup adonan menggunakan kain lap bersih selama 1 jam.
  • Jika sudah mengembang, kempeskan lalu aduk kembali.
  • Taburi adonan dan alas rolling pin dengan tepung terigu secukupnya agar adoan tidak lengket. Diamkan selama 15 menit.
  • Cetak adonan menggunakan cetakan donat agar lebih mudah, atau bisa secara manual membentuk bulatan donat.
  • Goreng donat sampai matang atau kecokelatan, lalu tiriskan.
  • Taburi dengan gula halus sebagai topping donat, lalu sajikan.

15. Cara Membuat Es Alpukat Kocok Milo

Minuman yang satu ini cocok banget nih diminum saat siang hari karena selain menyegarkan juga lumayan mengeyangkan lho. Dijamin kamu tidak akan menolak manisnya alpukat dengan siraman saus cokelatnya yang akan membombardir lidah kamu. Kamu juga bisa menambahkan varian topping lainnya seperti keju, meses, oreo, biskuit regal, dan lain-lain agar semakin nikmat.

Bahan :

  • Alpukat 1 buah
  • Milo 2 sachet
  • Susu kental manis rasa cokelat 1 bungkus
  • Air panas 3 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Es serut secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Kerok alpukat menggunakan sendok lalu haluskan, sisihkan.
  • Masukkan milo, susu kental manis cokelat, air panas, dan gula pasir lalu aduk sampai merata.
  • Siapkan gelas saji, masukkan alpukat dan es serut lalu siram dengan saus cokelat.
  • Sajikan selagi dingin agar semakin nikmat.

16. Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau merupakan makanan khas Indonesia yang bahan utamanya kacang hijau yang dimasak dengan santan, gula merah, dll. Biasanya bubur kacang hijau dinikmati saat masih hangat, tapi bisa juga disajikan dingin. Nah, mari kita simak sama-sama bagaimana cara membuat bubur kacang hijau dan bahan apa saja yang diperlukan.

Bahan :

  • Kacang hijau 400 gram – rendam selama 4 jam
  • Jahe 3 ruas jari – memarkan
  • Daun pandan 3 lembar – potong-potong
  • Santan 1400 ml
  • Air 1400 ml
  • Gula merah 500 gram – sisir
  • Garam 1 sendok teh

Cara Pembuatan :

  • Masukkan air ke dalam panci lalu masak sampai mendidih.
  • Tambahkan kacang hijau, jahe, dan daun pandan lalu masak sampai kacang hijau lunak.
  • Tambahkan gula merah dan garam kemudian aduk sampai larut.
  • Terakhir, masukkan santan lalu masak sampai matang.
  • Sajikan selagi hangat.

17. Cara Membuat Oreo Chocolate Truffle

Oreo Chocolate truffle atau bola-bola coklat oreo merupakan camilan manis yang cocok banget untuk menaikkan mood kamu di saat mood kamu sedang buruk. Apalagi bagi penggemar cokelat, camilan ini pasti langsung habis dalam sekejap karena rasanya yang sangat enak. Bahan yang digunakan untuk membuat oreo chocolate truffle juga tidak terlalu banyak serta cara membuatnya pun mudah. Yukk, mari kita buat sama-sama!

Bahan :

  • Oreo 1 bungkus
  • Susu kental manis 1 bungkus
  • Cokelat batangan 1 blok – lelehkan

Bahan Topping :

  • Meses secukupnya
  • Sprinkle warna-warni secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Haluskan oreo menggunakan blender, lalu sisihkan.
  • Masukkan oreo dan susu kental manis ke dalam mixing bowl, lalu aduk rata.
  • Bentuk adonan menjadi seperti bola.
  • Celupkan bola ke dalam cokelat yang telah dilelehkan, lalu taburi meses atau sprinkle warna-warni, dinginkan.
  • Oreo chocolate truffle siap disajikan.

18. Cara Membuat Fruit Popsicle

Daripada jajan es lilin di warung yang tidak kita tahu kehigienitasnya, lebih baik kamu buat sendiri es lilin versi kamu yang tentunya selain menyegarkan terdapat kandungan buah-buahan yang bisa melengkapi kebutuhan vitamin yang diperlukan tubuh. Buah-buahannya bisa kamu pilih sesuai selera kamu yaah genks. Nah, sekarang kita eksekusi yuk cara membuat fruit popsicle alias es lilin buah.

Bahan Popsicle:

  • Sirup gula 50 ml
  • Air 150 ml
  • Mangga harum manis 500 gram

Bahan Topping :

  • Strawberry 5 buah
  • Kiwi 1 buah
  • Anggur 5 buah
  • Lemon setengah buah
  • Daun mint secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Masukkan bahan popsicle ke dalam blender, lalu haluskan, sisihkan.
  • Masukkan bahan topping sesuai selera ke dalam cetakan popsicle.
  • Tuang jus mangga ke dalam cetakan popsicle sampai penuh, lalu tancapkan stik es krim di tengahnya.
  • Simpan di dalam freezer minimal 4 jam.
  • Sajikan segera.

19. Cara Membuat Pisang Goreng

Sajian pisang goreng asik banget nih kalau dimakan saat sedang hujan atau cuaca dingin apalagi kalau pisang goreng baru selesai dimasak. Pisang goreng biasanya ditemani dengan kopi hangat atau teh hangat.

Tidak semua jenis pisang cocok lho untuk digoreng. Jadi, kamu harus kenali dulu pisang yang cocok untuk digoreng, seperti pisang uli, pisang kepok, pisang tanduk, pisang nangka. Tentunya jenis pisang yang cocok digoreng itu memiliki cita rasa yang berbeda. Nah, sekarang mari kita buat pisang goreng yang renyah!

Bahan :

  • Pisang tanduk 2 buah, potong menjadi 6 bagian
  • Tepung terigu 150 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Ekstrak vanilla 1 sendok teh
  • Air secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Masukkan tepung terigu, gula pasir, dan ekstrak vanilla lalu aduk sampai merata.
  • Tambahkan air lalu aduk kembali sampai adonan agak mengental.
  • Celupkan pisang ke dalam adonan.
  • Panaskan minyak di dalam wajan, lalu goreng pisang sampai matang kecokelatan.
  • Sajikan selagi panas.

20. Cara Membuat Bakso Ayam

Bakso merupakan makanan dengan bentuk seperti bola yang berisi daging ayam, sapi, ikan, udang, bahkan daging kerbau. Cara penyajian bakso pun beragam, bisa disajikan dengan kuah atau digoreng. Bakso pun juga biasanya ditemani dengan sawi hijau, tauge, bihun, tahu, mie, dan lain-lain. Nah, sekarang mari kita buat bakso ayam homemade yang pastinya sehat dan kebersihannya terjamin!

Bahan :

  • Daging ayam fillet 1/2 kilo
  • Tepung tapioka 2 sendok makan
  • Tepung terigu 1 sendok makan
  • Bawang merah goreng 3 siung
  • Bawang putih goreng 3 siung
  • Putih telur 1 butir
  • Lada putih bubuk 1 bungkus
  • Es batu secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Potong kecil-kecil daging ayam fillet.
  • Masukkan daging ayam, bawang merah goreng, bawang putih goreng, garam, penyedap rasa, putih telur, lada putih bubuk, dan es batu ke dalam blender lalu blender sampai halus.
  • Tambahkan tepung terigu dan tepung tapioka lalu blender kembali sampai tercampur merata.
  • Aduk kembali secara manual menggunakan spatula agar adonan lebih tercampur merata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat-bulat bisa dengan tangan atau menggunakan sendok.
  • Rebus bakso ke dalam air mendidih, lalu angkat jika bakso sudah mengambang.
  • Angkat dan sajikan dengan mie dan sayuran.

Contoh Teks Prosedur Kompleks dalam Mengoperasikan Alat

Contoh Teks Prosedur Kompleks dalam Mengoperasikan Alat

1. Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

Mencuci pakaian bisa dilakukan dengan cara manual maupun menggunakan mesin cuci. Penggunaan mesin cuci pun berbeda-beda tergantung dari jenis mesin cucinya itu sendiri. Jenis mesin cuci terbagi menjadi mesin cuci 2 tabung, mesin cuci 1 tabung Front Load atau bukaan depan, dan mesin cuci 1 tabung Top Load atau bukaan atas. Berikut panduan menggunakan mesin cuci 1 tabung bukaan atas atau top load.

  • Masukkan pakaian kotor yang ingin dicuci.
  • Masukkan detergen dan pewangi pada kotak yang tersedia di dalam mesin cuci.
  • Tekan tombol Power pada mesin cuci lalu tekan tombol Start.
  • Mesin cuci akan otomatis memutar mesinnya dan mulai mencuci pakaian.

2. Cara Menggunakan Blender

Blender adalah barang elektronik yang digunakan untuk melunakkan bahan makanan maupun minuman yang biasanya untuk menghaluskan aneka bumbu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Material blender biasanya terbuat dari besi-besi tajam yang berbentuk seperti baling-baling. Cara menggunakannya cukup sederhana lho genks.

  • Masukkan bagian gelas blender ke dalam mesin blender dan pastikan sudah masuk dengan benar.
  • Tancapkan kabel blender ke stop kontak listrik.
  • Buka tutup blender, lalu masukkan bahan makanan atau minuman yang ingin dihaluskan.
  • Tutup kembali blender dengan benar sampai rapat.
  • Tekan tombol 1 jika kamu ingin menghaluskan buah dan sayur.
  • Tombol 2, 3, 4 untuk menambah kecepatan blender yang tentunya digunakan pada bahan yang lebih keras seperti es batu.
  • Tekan tombol OFF jika sudah selesai menghaluskan bahan makanan atau minuman.
  • Keluarkan dari gelas blender.

3. Cara Menggunakan Mixer

Mixer adalah salah satu elektronik rumah tangga yang digunakan untuk mengaduk suatu adonan. Biasanya mixer digunakan untuk mengaduk adonan kue basah maupun kue kering, adonan roti, atau jenis makanan lainnya. Nah, buat kamu yang belum tahu bagaimana cara mengoperasikan mixer, simak cara berikut yaa.

  • Tancapkan kabel mixer ke dalam stop kontak.
  • Pasangkan jari-jari mixer.
  • Siapkan adonan yang ingin diaduk menggunakan mixer.
  • Tekan tombol ON untuk menyalakan mixer, lalu tekan tombol pengatur kecepatan untuk menyesuaikan kecepatan mengaduk mixer yang diinginkan.
  • Jika sudah selesai, tekan tombol OFF, lalu cabut kembali jari-jari mixer.
  • Jangan lupa untuk cabut juga kabel mixer dari stop kontak.

4. Cara Menggunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner merupakan salah satu elektronik rumah tangga yang difungsikan sebagai penyedot debu atau kotoran pada benda di rumah. Selain di rumah, vacuum cleaner juga digunakan di perkantoran, mobil, tempat ibadah, dll. Berikut cara mengoperasikan vacuum cleaner agar umur vacuum cleaner bisa awet.

  • Tancapkan kabel vacuum cleaner ke dalam stop kontak.
  • Tekan tombol ON pada vacuum cleaner.
  • Dekatkan vacuum cleaner pada area yang ingin dibersihkan.
  • Jika sudah selesai menyedot debu dan kotoran, tekan tombol OFF pada vacuum cleaner dan cabut kabel dari stop kontak.

5. Cara Menggunakan Kompor Listrik

Keamanan dari penggunaan gas elpiji membuat sebagian besar orang mulai beralih menggunakan kompor listrik, karena kompor listrik dianggap minim bahaya seperti gas meledak, gas bocor, dan masalah lainnya yang sering terjadi pada gas elpiji. Penggunaan kompor listrik sama halnya dengan kompor gas yang bisa memasak berbagai macam makanan. Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menggunakan kompor listrik bisa kamu simak cara berikut.

  • Pastikan daya listrik di rumah memadai sebelum menggunakan kompor listrik.
  • Tancapkan kabel kompor listrik pada stop kontak lalu tekan tombol ON pada kompor listrik.
  • Letakkan wajan atau panci yang pastinya bisa digunakan untuk kompor induksi atau kompor listrik lalu mulai masak seperti biasa.
  • Saat kompor listrik sudah menyala, beberapa jenis kompor listrik meminta kamu untuk memilih metode memasak seperti boil untuk merebus, fry untuk menggoreng, atau keep warm hanya untuk menghangatkan makanan.
  • Jika sudah selesai memasak, jangan lupa menekan tombol OFF lalu mencabut kabel kompor listrik dari stop kontak.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Dokumen Penting

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Dokumen Penting

1. Cara Membuat KTP

Dilansir dari wikipedia.com KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pemerintah yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Usia pemohon untuk membuat KTP saat telah mencapai usia 17 tahun.

Jika dulu KTP hanya berlaku setiap 5 tahun sekali, sistem KTP yang sekarang telah dibuat berlaku untuk seumur hidup, jadi kamu tidak perlu repot lagi mengurus KTP setiap 5 tahun sekali. Sejak tahun 2011, KTP mulai berbentuk e-KTP atau KTP elektronik yang dibuatnya secara komputerisasi. Untuk membuat e-KTP simak langkah-langkah berikut ya genks.

  • Siapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang diperlukan seperti; surat pengantar dari RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga), fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran, surat keterangan pindah dari kota asal, jika pindah domisili, dan surat keterangan pindah dari luar negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.
  • Jika persyaratan berkas telah terpenuhi, pergi ke kantor kelurahan lalu ambil nomor antrian. Tunggu sampai nomor antrian kamu dipanggil.
  • Jika nomor antrian sudah dipanggil, serahkan salinan dokumen-dokumen yang dibutuhkan ke petugas kelurahan.
  • Setelah dokumen diserahkan, petugas akan memanggil kamu kembali saat melakukan pas foto dan pengambilan sidik jari.
  • Jika semua proses telah dilaksanakan, kamu akan mendapatkan surat pengantar untuk pengambilan e-KTP apabila nanti telah selesai pencetakan KTP nya. Biasanya KTP sudah bisa diambil dalam waktu 14 hari ke depan.

2. Cara Membuat SIM A

SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah dokumen yang dikeluarkan oleh Kepolisian Indonesia kepada seseorang yang dianggap telah layak mengendarai kendaraan bermotor dan paham aturan lalu lintas. SIM sendiri ada 2 macam, yaitu SIM perseorangan dan umum, yang dibedakan lagi berdasarkan jenis kendaraan yang akan dibawa. SIM A perseorangan ditujukan untuk izin mengemudikan mobil yang berisi penumpang atau barang, sedangkan SIM A umum ditujukan untuk pengemudi taksi.

Jika kamu nekat membawa kendaraan namun belum memiliki SIM, maka bersiaplah untuk ditilang oleh polisi dan menerima konsekuensinya sesuai peraturan pemerintah yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Nah, buat kamu yang ingin membuat SIM A, maka kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Syarat utama membuat SIM yaitu telah berusia 17 tahun dan memiliki KTP.
  • Lengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti; fotokopi KTP, KTP asli, dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.
  • Kamu bisa mendatangi klinik di Satpas untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani, tentunya kamu akan menjalani tes kesehatan dan psikologi.
  • Serahkan semua dokumen ke loket pendaftaran. Jika dokumen sudah lengkap, maka kamu akan mendapatkan formulir yang perlu kamu isi dengan lengkap dan benar.
  • Kamu akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran SIM dan premi asuransi.
  • Masukkan semua dokumen ke dalam 1 map lalu serahkan ke loket penyerahan formulir. Setelahnya, kamu akan mendapatkan bukti yang akan digunakan untuk tes teori dan praktik.
  • Tahap berikutnya yaitu tes teori, yang menguji seberapa paham kah seseorang mengenai aturan lalu lintas. Jika kamu lulus, maka kamu akan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu tes praktik. Dan jika kamu tidak lulus, kamu akan diberi kesempatan mengulang dalam tenggang waktu tertentu.
  • Isi nama dan alamat pada formulir pendaftaran ujian praktik. Di ujian praktik ini kamu akan diuji kemampuan dalam berkendara, seperti; masuk dalam jalan sempit, keluar mundur jalan sempit, parkir paralel, parkir mundur, berkendara zig-zag, melewati tanjakan, dll. Jika kamu gagal dalam ujian praktik, kamu bisa mengulangnya minggu depan lagi.
  • Jika semua tes telah dinyatakan lulus, selanjutnya adalah proses identifikasi dan verifikasi seperti; pengambilan sidik jari, tanda tangan, dan foto.
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu SIM kamu selesai dicetak yang akan dipanggil dari loket pengambilan SIM.

3. Cara Membuat SIM C

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah dokumen yang dikeluarkan dari Kepolisian Indonesia kepada seseorang yang dianggap telah layak mengendarai kendaraan bermotor dan paham aturan lalu lintas. Jika SIM A diperuntukkan sebagai izin mengendarai mobil, maka SIM C diperuntukkan sebagai izin mengendarai sepeda motor.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 77 ayat (2) SIM diklasifikan sebagai berikut: SIM Perseorangan yang terdiri dari SIM A (untuk mengemudi mobil dengan max berat 3500 kg); SIM B1 (untuk mengemudi mobil dengan berat lebih dari 3500 kg); SIM B2 (untuk mengemudi alat berat dan kendaraan penarik); SIM C (untuk mengemudi sepeda motor); dan SIM D (untuk mengemudi kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas). Yang kedua adalah SIM Umum yang terdiri dari SIM A; SIM B1; dan SIM B2. Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan SIM C kamu bisa banget lho mengikuti cara-cara sebagai berikut.

  • Syarat utama membuat SIM yaitu telah berusia 17 tahun dan memiliki KTP.
  • Lengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti; fotokopi KTP, KTP asli, dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.
  • Kamu bisa mendatangi klinik di Satpas untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani, tentunya kamu akan menjalani tes kesehatan dan psikologi.
  • Serahkan semua dokumen ke loket pendaftaran. Jika dokumen sudah lengkap, maka kamu akan mendapatkan formulir yang perlu kamu isi dengan lengkap dan benar.
  • Kamu akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran SIM dan premi asuransi.
  • Masukkan semua dokumen ke dalam 1 map lalu serahkan ke loket penyerahan formulir. Setelahnya, kamu akan mendapatkan bukti yang akan digunakan untuk tes teori dan praktik.
  • Tahap berikutnya yaitu tes teori, yang menguji seberapa paham kah seseorang mengenai aturan lalu lintas. Jika kamu lulus, maka kamu akan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu tes praktik. Dan jika kamu tidak lulus, kamu akan diberi kesempatan mengulang dalam tenggang waktu tertentu.
  • Isi nama dan alamat pada formulir pendaftaran ujian praktik. Di ujian praktik ini kamu akan diuji kemampuan dalam berkendara, seperti; masuk dalam jalan sempit, keluar mundur jalan sempit, parkir mundur, berkendara zig-zag, melewati tanjakan, dll. Jika kamu gagal dalam ujian praktik, kamu bisa mengulangnya minggu depan lagi.
  • Jika semua tes telah dinyatakan lulus, selanjutnya adalah proses identifikasi dan verifikasi seperti; pengambilan sidik jari, tanda tangan, dan foto.
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu SIM kamu selesai dicetak yang akan dipanggil dari loket pengambilan SIM.

4. Cara Membuat Akta Kelahiran

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan jika kamu memiliki anggota baru dalam keluarga maka sesegera mungkin mendaftarkan kelahiran anak kamu selambat-lambatnya 60 hari setelah kelahiran.

Akta kelahiran merupakan bukti yang sah mengenai status seseorang atau anak yang dikeluarkan oleh Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Adapun cara membuat akta kelahiran sebagai berikut:

  • Siapkan berkas-berkas seperti; asli dan fotokopi Kartu Keluarga, asli dan fotokopi KTP orang tua, asli dan fotokopi buku nikah, asli dan fotokopi paspor bagi WNA, dan surat keterangan lahir dari tempat melahirkan (RS, bidan, klinik, dll).
  • Datang ke Disdukcapil domisili lalu serahkan dokumen ke petugas di loket kemudian tunggu petugas mengecek dan memasukkannya ke dalam database.
  • Jika dokumen yang diberikan sudah sesuai, maka Kepala Disdukcapil akan memberi tanda tangan dan akta distempel.
  • Tanda tangani bukti pembuatan akta dan ambil bukti penerimaan berkasnya.
  • Akta kelahiran sudah selesai dibuat, biasanya memakan waktu paling cepat 2 hari.

5. Cara Membuat Kartu Keluarga

Dilansir dari wikipedia.com Kartu Keluarga (KK) adalah dokumen 3 rangkap yang dipegang oleh Kepala keluarga, ketua RT, dan kantor kelurahan yang berisi data tentang susunan, hubungan, dan jumlah anggota keluarga serta wajib dimiliki oleh setiap keluarga.

Jika kamu ingin membuat Kartu Keluarga kamu bisa banget lho mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

  • Lengkapi dokumen yang diperlukan seperti; surat pengantar dari RT dan RW beserta dokumen lainnya.
  • Serahkan dokumen-dokumen tersebut ke petugas kelurahan lalu mengisi formulir permohonan pembuatan KK baru yang tersedia di kantor kelurahan.
  • Jika dokumen sudah lengkap, Lurah akan menandatangani formulir permohonan pembuatan KK baru.
  • Berkas yang sudah kamu dapatkan dari kelurahan selanjutnya kamu teruskan ke kecamatan.

6. Cara Membuat Paspor

Dilansir dari wikipedia.com paspor adalah dokumen resmi yang berisi identitas pemegang meliputi foto, tanda tangan, informasi kebangsaan, dll yang dikeluarkan dari pejabat berwenang dari suatu negara dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Saat ini beberapa negara telah mengeluarkan e-Paspor atau elektronik Paspor yang merupakan pengembangan dari paspor konvensional dengan menanamkan chip yang berisi biodata dan data biometrik pemegangnya. Jika kamu berencana melancong ke luar negeri jangan lupa untuk membuat paspor dulu yaa kalau kamu belum memilikinya. Berikut cara membuat paspor.

  • Download aplikasi Layanan Paspor Online melalui Google Play Store atau App Store dari HP kamu. Jika sudah terdownload, lakukan pendaftaran akun dan ikuti tahap selanjutnya.
  • Pertama, kamu akan diminta untuk memilih lokasi kantor imigrasi yang akan kamu datangi untuk mengurus paspor.
  • Pilih jadwal antrian sesuai dengan keinginan kamu yang tentunya dengan pilihan hari dan jamnya yang tersedia.
  • Jika semua tahap pendaftaran untuk mengambil nomor antrean online sudah selesai, maka kamu akan mendapatkan kode booking atau barcode. Jangan lupa untuk screen shot dan simpan barcodenya yaa.
  • Siapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, ijazah pendidikan terakhir, dan buktri antrean online yang telah kamu simpan lalu datangi kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Tunjukkan nomor antrean online yang kamu miliki ke petugas Customer Service kantor imigrasi.
  • Setelahnya, kamu akan diberikan formulir permohonan pembuatan paspor lalu isi formulir tersebut dengan benar.
  • Tunggu nomor antrian kamu dipanggil kembali untuk melakukan tahap wawancara dan pemotretan foto.
  • Saat di tahap wawancara, jawab semua pertanyaan dari petugas imigrasi dengan sebenar-benarnya. Pertanyaan yang sering keluar biasanya seperti kamu ingin berkunjung ke negara mana dan kapan kamu akan pergi kesana.
  • Setelah pemotretan foto, pengambilan sidik jari, dan tahap wawancara selesai lalu pengajuan permohonan pembuatan Paspor kamu disetujui, kamu akan mendapatkan struk pembayaran.
  • Segera bayar sesuai dengan nominal yang tertera. Tunggu Paspor jadi kamu dalam kurun waktu 4 hari sejak hari pembayaran.
  • Jika kamu menambah biaya pengiriman melalui PT Pos Indonesia, paspor kamu akan dikirim ke rumah.
Penting! Baca selengkapnya tentang Paspor Online

7. Cara Membuat Visa

Saat kamu ingin ke luar negeri, dokumen yang diperlukan adalah paspor dan visa. Beberapa negara membebaskan warga Indonesia dari visa, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan 67 negara lainnya. Pengertian visa adalah izin yang diberikan oleh suatu negara untuk warga negara lainnya agar bisa memasuki negara tersebut.

Jenis visa terbagi menjadi 2 yaitu visa on arrival dan visa pre arrival. Visa on arrival adalah visa yang diperoleh langsung di perbatasan antar negara atau di bandara, sedangkan visa pre arrival adalah visa yang diperoleh dengan mengajukan aplikasi melalui perwakilan duta suatu negara yang berada di negara Indonesia. Nah, kali ini kita akan memberi tahu cara membuat visa pre arrival.

  • Lakukan pendaftaran online melalui website Kedubes negara yang ingin kamu tuju. Isi data diri dan reservasi jadwal verifikasi. Selanjutnya, akan ada email pemberitahuan mengenai kapan dan dimana wawancara atau verifikasi akan dilakukan.
  • Siapkan dokumen yang akan dibutuhkan, seperti KTP, paspor, formulir permohonan, foto (ketentuan foto tiap negara berbeda), surat keterangan sponsor, surat keterangan kerja atau belajar, dokumen keuangan (slip gaji, rekening tabungan), jadwal perjalanan (tiket pesawat), dan surat keterangan sehat. Semua dokumen wajib difotokopi.
  • Datangi kantor kedubes negara (regional atau nasional) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan membawa semua dokumen yang dibutuhkan.
  • Petugas akan mengecek kelengkapan dokumen kamu.
  • Jika sudah lengkap, kamu akan diminta untuk membayar biaya membuat visa.
  • Pengambilan visa bisa kamu ambil paling cepat 4 hari apabila jumlah pemohon tidak terlalu banyak. Kamu akan mendapatkan update mengenai perkembangan proses pengajuan aplikasi kamu melalui SMS atau email.

8. Cara Membuat SKCK

SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang berupa catatan kejahatan seseorang yang dikeluarkan dari Polri. SKCK biasanya digunakan sebagai salah satu syarat melamar kerja baik di perusahaan swasta maupun negeri. Yang kamu butuhkan saat membuat SKCK baru sebagai berikut:

  • Surat pengantar dari kelurahan sesuai domisili pemohon
  • Fotokopi KTP sesuai dengan domisili yang dikeluarkan kelurahan.
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Akta kelahiran
  • Pas foto dengan latar belakang merah terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 10 lembar
  • Uang Rp. 40.000 untuk biaya administrasi dan pengambilan sidik jari.

Jika semua dokumen telah kamu siapkan dengan lengkap, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan :

  • Pergi ke Polres atau Polsek terdekat sesuai dengan domisili.
  • Serahkan semua dokumen ke loket pembuatan SKCK dan petugas akan mengecek kelengkapan dokumen kamu terlebih dahulu.
  • Petugas akan memberikan kamu formulir yang perlu kamu isi dengan benar dan lengkap, lalu serahkan kembali ke petugas.
  • Pindah ke loket pengambilan sidik jari, lalu tunggu petugas memanggil nama kamu, kamu akan diminta membayar Rp. 10.000 sebagai biaya pengecekan sidik jari.
  • Setelah selesai pengambilan sidik jari, kamu akan mendapatkan kartu sidik jari, lalu tunggu di loket pengambilan SKCK untuk mengambil SKCK baru.
  • Jangan lupa untuk membayar biaya administrasi di loket tersebut.
  • Fotokopi sebanyak 10 lembar untuk dilegalisir. Masa berlaku SKCK selama 6 bulan, jadi jangan lupa untuk memperpanjang kembali masa berlaku SKCK kamu apabila masih diperlukan.

9. Cara Memperpanjang STNK

Buat kamu yang memiliki kendaraan bermotor baik mobil atau motor ada kewajiban yang harus kamu lakukan selain merawatnya secara fisik tapi juga memperpanjang STNK tepat waktunya. Masa berlaku pajak STNK ada yang setiap satu tahun sekali dan lima tahun sekali yang tentunya mekanisme perpanjangan STNK berbeda. Adapun syarat yang kamu perlukan untuk perpanjang STNK tahunan sebagai berikut:

  • Asli dan fotokopi KTP
  • Asli dan fotokopi STNK
  • Fotokopi BPKB
  • Siapkan uang sesuai dengan pajak kendaraan bermotor yang perlu dibayar.

Jika semua dokumen telah kamu lengkapi dan gandakan, kamu bisa mengikuti tahapan seperti berikut ini:

  • Ambil formulir perpanjang pajak STNK tahunan di petugas lalu isi dengan benar dan lengkap sesuai data di STNK dan BPKB. Satukan formulir perpanjang pajak STNK tahunan dengan KTP, STNK, dan BPKB lalu di staples.
  • Ambil nomor antrian, lalu tunggu sampai nomor antrian kamu dipanggil.
  • Jika sudah dipanggil, serahkan dokumen tadi ke petugas lalu petugas akan mengecek kelengkapan dokumen kamu.
  • Jika dokumen kamu sudah lengkap, petugas akan memanggil kamu untuk melakukan pembayaran pajak sesuai dengan yang perlu dibayar dan akan memberikan struk pembayaran.
  • Lakukan pembayaran di loket pembayaran.
  • Jika STNK telah selesai dicetak, nama kamu akan dipanggil kembali dan kamu sudah bisa mengambil STNK baru di loket pengambilan.

10. Cara Membuat NPWP

NPWP adalah kartu identitas wajib pajak berupa nomor sebagai sarana administrasi perpajakan kepada seseorang wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Jenis NPWP terbagi menjadi 2 yaitu; NPWP pribadi dan NPWP badan. Setiap individu atau orang yang telah bekerja dan mendapatkan penghasilan wajib memiliki NPWP pribadi, sedangkan NPWP badan untuk perusahaan atau sejenis yang menjalankan usaha dan mendapatkan penghasilan di Indonesia.

Pembuatan NPWP sekarang sudah bisa online lho, jadi kamu tidak perlu repot lagi datang ke kantor pajak. Jadi, gimana sih caranya buat NPWP, mari ikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke laman website resmi https://ereg.pajak.go.id/ melalui browser di laptop atau smartphone kamu.
  • Klik daftar pada halaman beranda website tersebut. Selanjutnya, kamu akan diminta mengisi email serta captcha untuk verifikasi pendaftaran.
  • Cek pesan masuk email kamu apakah sudah ada link tautan yang dikirimkan dari website. Jika sudah ada email, klik link tautan tersebut dan lakukan aktivasi.
  • Kembali lagi ke laman website, pilih kategori wajib pajak yang ingin kamu daftarkan.
  • Pada kategori pertama adalah wajib pajak pusat yang mana diperuntukan bagi individu laki-laki maupun perempuan yang masih berstatus lajang atau belum menikah.
  • Pada kategori kedua yaitu wajib pajak cabang diperuntukkan bagi wanita yang sudah menikah dan ingin membuat NPWP dari cabang NPWP milik suaminya.
  • Selanjutnya, isi semua formulir dengan benar dan lengkap lalu upload scan dokumen yang diperlukan sesuai dengan ketentuan wajib pajak yang kamu pilih.
  • Jika semua formulir dan dokumen sudah benar dan lengkap, klik tombol token. Token tersebut akan dikirimkan ke email kamu sebagai kode verifikasi.
  • Masuk kembali ke akun email kamu dan cek pesan masuk apakah sudah ada kode verifikasinya. Jika sudah, salin kode verifikasi tersebut.
  • Kembali lagi ke laman website, lalu masukkan kode token yang telah kamu terima ke kolom yang disediakan. Terakhir, pilih dan klik tombol kirim permohonan.
  • Jika semua tahap sudah dilakukan, pihak perpajakan akan mengirim kartu NPWP ke rumah kamu.
Penting! Baca selengkapnya tentang NPWP Online

Contoh Teks Prosedur Kompleks dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Teks Prosedur Kompleks dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Cara Membuat Rekening Bank

Rekening bank adalah suatu hal yang diperlukan setiap orang yang ingin menyimpan uangnya di bank. Selain menabung, fungsi dari memiliki rekening bank adalah bisa melakukan transaksi baik itu menerima atau mengirim uang.

Apalagi di era sekarang yang serba digital, jika kamu berbelanja di market place tapi kamu malas bertransaksi di Indomaret atau Alfamart kamu bisa banget lho memanfaatkan rekening bank kamu untuk bertransaksi baik dengan mobile banking, internet banking, maupun via ATM.

Nah, untuk kamu yang ingin membuat rekening bank bisa banget mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan KTP, materei, dan uang untuk setoran awal. Besaran setoran awal di tiap bank bervariasi, tergantung jenis tabungan yang akan dibuat dan ketentuan tiap bank nya.
  • Datang ke bank yang ingin kamu tuju dan jangan lupa bawa semua persyaratan yang dibutuhkan.
  • Begitu sampai di bank, sampaikan keperluan kamu ke satpam karena biasanya satpam yang akan mengambilkan nomor antrian kamu sesuai dengan keperluan nasabah.
  • Tunggu sampai nomor antrian kamu dipanggil oleh Customer Service.
  • Jika nomor antrian kamu sudah dipanggil, pergi ke loket Customer Service lalu isi formulir pembuatan rekening baru dengan benar dan lengkap.
  • Lalu berikan uang setoran awal lalu tunggu beberapa saat sampai buku rekening kamu selesai dicetak. Biasanya hanya memakan waktu paling lama 30 menit.

2. Cara Menggunakan Skin Care Pagi dan Malam

Skin care adalah perawatan tubuh yang biasanya lebih dikhususkan ke perawatan wajah. Jika dulu hanya wanita yang memakai skin care tapi sekarang pria pun mulai merawat kulitnya juga dengan ikut serta memakai skin care. Bahkan beberapa merk produk skin care mulai membuat produk skin care khusus untuk pria.

Fungsi skin care sangat beragam, tergantung masalah kulit kamu apa dan jenis kulit kamu bagaimana. Biasanya, orang banyak mencari produk skin care untuk menghilangkan jerawat, komedo, atau mencerahkan kulit. Lalu, bagaimana sih urutan memakai produk skin care yang benar supaya hasilnya lebih optimal? Simak langkah-langkah berikut yaa!

  • Pertama, kamu harus cuci muka terlebih dahulu sesuai dengan jenis kulit kamu dan permasalahan kulit kamu juga.
  • Keringkan wajah kamu menggunakan handuk kering tapi jangan gunakan handuk yang biasa kamu pakai mandi yaa.
  • Selanjutnya, bersihkan wajah menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan toner secukupnya.
  • Lalu gunakan serum wajah agar kelembaban kulit kamu terjaga dan tentunya kamu bisa menyesuaikan jenis serum yang ingin kamu pakai dengan masalah kulit kamu, tepuk-tepuk lembut area seluruh wajah dan leher yang telah kamu olesi dengan serum.
  • Oleskan krim pagi secukupnya ke wajah dan leher kamu agar kulit kamu terhidrasi dengan baik.
  • Untuk pagi hari, tambahkan produk sunscreen jika kamu beraktivitas di luar ruangan agar kulit kamu terlindung dari sinar UV dari matahari.

3. Cara Membuat Minyak Kemiri

Kemiri merupakan buah yang berasal dari pohon kemiri yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Karena Bentuknya yang mirip kacang Walnut, banyak orang yang menyebutnya sebagai Walnut Indonesia.

Manfaat kemiri sangat banyak, di antaranya menguatkan rambut, menghitamkan rambut, meredakan asma, penyakit pencernaan, menyembuhkan nyeri sendi, luka bakar, luka sayatan, sampai menaikkan imun tubuh.

Semua manfaat kemiri yang dibahas tadi, harus diperoleh dari kemiri yang sudah diolah baik dimasak maupun diambil minyaknya, karena kemiri mengandung racun apabila dikonsumsi mentah. Nah, untuk kamu yang ingin menguatkan dan menghitamkan rambut mari kita buat minyak kemiri di rumah. Ikuti langkah di bawah ini yaa.

  • Sediakan 10 sampai 20 butir kemiri utuh yang sudah lepas dari cangkangnya lalu cuci bersih dan keringkan.
  • Kemiri bisa diolah dengan cara dibakar, disangrai, di oven, atau tanpa pemanasan. Kamu bisa langsung memilih cara di bawah ini; bakar biji kemiri sampai kehitaman; atau sangrai (masak tanpa minyak) biji kemiri sampai kehitaman di atas wajan; atau panaskan biji kemiri di dalam oven selama 15 menit lalu biarkan di suhu ruang; atau parut langsung kemiri.
  • Blender biji kemiri yang sudah diolah atau gunakan cobek untuk mengulek agar minyak biji kemiri keluar.
  • Saring biji kemiri menggunakan kain serbet atau kain kasa untuk memisahkan antara minyak kemiri dan ampasnya.
  • Peras kain serbet atau kain kasa agar minyak yang keluar lebih banyak.
  • Minyak kemiri sudah siap dipakai.

4. Cara Membuat Handsanitizer

Pandemi virus corona yang semakin meluas menyebabkan kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan diri dari virus corona. Salah satu cara pencegahan penularan virus corona dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir. Tapi, tidak semua tempat menyediakan tempat cuci tangan yang memadai, sehingga kita memerlukan handsanitizer sebagai pengganti cuci tangan.

Mengutip dari laman Center for Disease Control and Prevention (CDC) bahwa handsanitizer setidaknya harus mengandung minimal 60% alkohol agar bisa berfungsi menggantikan sabun tangan yang tentunya bekerja secara efektif. Cara membuat handsanitizer cukup mudah dan hanya menggunakan 3 bahan saja. Yuk, kita buat handsanitizer sama-sama! Perlu diingat, bahwa membuat handsanitizer perlu diawasi oleh ahli agar takaran atau cara membuatnya sesuai dan tidak menimbulkan resiko.

Bahan :

  • Alcohol 90%
  • Gel aloe vera
  • Essential oil

Cara Pembuatan :

  • Cuci tangan kamu sampai bersih terlebih dahulu.
  • Cuci juga peralatan yang akan digunakan selama pembuatan handsanitizer.
  • Masukkan alcohol 90% dan gel aloe vera lalu aduk sampai tercampur merata.
  • Teteskan 2 sampai 3 tetes essential oil untuk menambah aroma lalu aduk-aduk kembali.
  • Tuang ke wadah yang akan kamu inginkan.

5. Cara Membuat Sabun Organik

Saat ini orang-orang mulai sadar akan gaya hidup go green yang ramah lingkungan karena tidak merusak alam dengan menggunakan produk-produk organik, mulai dari makanan organik, produk kecantikan, membawa botol minum kemanapun, menggunakan barang olahan bekas pakai, dll. Bagi kamu yang senang produk kecantikan organik, kamu bisa banget membuat sabun organik sendiri di rumah ala Rachel Vennya lho. Let’s check this out genks!

Bahan :

  • Minyak zaitun 320 gram
  • Minyak kelapa sawit 240 gram
  • Minyak kelapa 240 gram
  • Soda api 115 gram
  • Air demineral 250 gram
  • Bubuk kopi secukupnya

Alat :

  • Masker
  • Sarung tangan
  • Timbangan digital
  • Hand blender
  • Cetakan
  • Gelas takar
  • Wadah

Cara Pembuatan :

  • Gunakan masker dan sarung tangan sebagai pelindung diri.
  • Masukkan ke wadah A : air demineral dan soda api lalu aduk sampai tercampur merata. Diamkan sejenak di suhu ruang.
  • Masukkan ke wadah B : minyak zaitun, minyak kelapa sawit, minyak kelapa, bubuk kopi lalu aduk menggunakan hand blender.
  • Tuang wadah A ke wadah B lalu aduk kembali menggunakan hand blender sampai tercampur merata dan tekstur mengental.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan lalu diamkan adonan di suhu ruang selama 24 jam.
  • Setelah adonan sabun membeku, potong-potong sesuai selera kamu.
  • Tunggu lagi selama 3 sampai 4 minggu agar kandungan bahan-bahan alami lebih meresap dan bisa digunakan sebagai sabun mandi.

Demikian 50 contoh teks prosedur kompleks yang telah kami rangkum. Jika kamu punya contoh lainnya bisa banget komen di bawah yaa genks..

Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Leave a Comment