Paspor online, Pengertian dan Cara Membuat Paspor Online

  • Whatsapp
Pengertian Paspor
Pengertian Paspor

Pengertian Paspor

Paspor online Atau E-Paspor, adalah pengembangan dari paspor kovensional saat ini di mana pada paspor tersebut telah ditanamkan sebuah chip yang berisikan biodata pemegangnya beserta data biometrik-nya.

Pengertian Paspor, Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Paspor berisi biodata pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual. Adakalanya pula sebuah paspor mencantumkan daftar negara yang tidak boleh dimasuki oleh si pemegang paspor itu. Sebagai contoh, dahulu pemegang paspor Indonesia sempat dilarang berkunjung ke negara Israel dan Taiwan.

Cara Membuat Paspor Online Terbaru 2020 – Paspor merupakan suatu identitas penduduk yang akan melangsungkan perjalanan ke luar negeri atau untuk berwisata ke luar negeri. Paspor sendiri memiliki beberapa jenis tergantung dengan kebutuhan dari orang tersebut selama berada di negeri orang. Membuat paspor di zaman sekarang bisa di lakukan dengan menggunakan sistem online.

Namun perlu kamu garis bawahi, meskipun mendaftar secara online tidak lantas paspor tersebut berbentuk file pdf atau scan QR. Tetap bentuknya seperti paspor pada umumnya. Hanya di permudah cara membuatnya melalui sistem online. Bagi kamu yang masih kebingungan bagaimana Cara Membuat Paspor Online Terbaru 2020, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Paspor

Ketika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke luar negeri, atau punya niatan bekerja di luar negeri, dokumen terpenting yang terlebih dahulu harus kamu miliki adalah paspor. Mengapa paspor menjadi dokumen terpenting ketika kamu ke luar negeri? Karena paspor merupakan identitas resmi yang di keluarkan oleh negara pembuat bagi warganya yang sedang berada di negara asing.

Peran paspor bagi turis atau orang yang ingin berlibur ke luar negeri menjadi sangatlah penting. Tanpa adanya paspor kamu tidak akan bisa menerobos bagian imigrasi di bandara pemberangkatan. Dengan kata lain, kamu tidak bakal bisa naik pesawat tujuan mu tersebut. Karena penting, maka kamu harus membuatnya jika ingin pergi ke luar negeri.

Membuat paspor bisa kamu lakukan dengan mendatangi kantor imigrasi terdekat di daerah domisili kamu tinggal. Prosesnya biasanya memakan waktu yang lumayan lama. Belum lagi dengan antrian yang terkadang semakin membuat lama dan menjenuhkan. Agar terhindar dari antrian panjang, kamu bisa datang ke kantor imigrasi terdekat pada pukul 6 pagi. Semakin awal kamu datang maka akan semakin cepat kamu membuat paspor.

Tapi itu dulu. Sekarang tentu lain lagi. Jika dahulu kamu harus datang ke kantor imigrasi untuk membuat paspor, sekarang kamu boleh saja tidak datang. Karena sekarang paspor bisa kamu buat dengan sistem online. Hal ini akan jauh lebih memudahkan dan proses pembuatan paspor secara online juga lebih cepat serta praktis.

Sistem online ini tidak hanya di peruntukan bagi yang ingin membuat paspor. Bagi kamu yang ingin memperpanjang masa aktif dari paspor yang kamu miliki juga bisa dilakukan secara online. Masa berlaku paspor umumnya adalah 5 tahun. Dan sekitar 6 bulan sebelum masa berlaku paspor itu habis kamu bisa langsung memperpanjang dengan sistem online. Untuk melakukan perpanjangan paspor dengan sistem online kamu hanya perlu memakan waktu sekitar 5 menit saja.

Syarat Membuat Paspor Secara Online

Ada beberapa syarat-syarat yang harus terpenuhi jika kamu ingin membuat paspor. Sebelum saat ini, dulunya ketika awal-awal pembuatan paspor secara online kamu perlu menscan dokumen-dokumen syarat dan menguploadnya ke website imigrasi.

Namun sekarang tak perlu begitu. Yang harus kamu lakukan adalah memasukan data dari dokumen tersebut. Nantinya, ketika proses verifikasi berkas kamu bisa datang ke kantor imigrasi dan membawa serta dokumen-dokumen penting tersebut.

Ada dua klasifikasi syarat membuat paspor secara online. Pertama adalah orang dewasa dan yang kedua adalah anak-anak. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

 WNI Dewasa :

  • Kartu tanda penduduk
  • Kartu keluarga
  • Akte kelahiran atau surat baptis
  • Akte perkawinan, buku nikah dan ijazah
  • Paspor lama (jika ingin memperpanjang)

WNI Anak-anak :

  • Kartu tanda penduduk kedua orang tua
  • Kartu keluarga
  • Akte kelahiran anak atau surat baptis
  • Akte perkawinan, buku nikah dari kedua orang tua
  • Paspor lama (jika ingin memperpanjang)

Cara Membuat Paspor Secara Online

Papor online

Ada dua sistem yang bisa kamu coba gunakan untuk Cara Membuat Paspor Online Terbaru 2020. Pertama kamu bisa membuat paspor melalui aplikasi dan kedua kamu bisa membuat paspor melalui laman website. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ulasan lengkap membuat paspor secara online.

Melalui Aplikasi :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload dan instal aplikasi Antrian Paspor di platform google playstore. Untuk saat ini aplikasi Antrian Paspor hanya tersedia untuk pengguna perangkat android saja.
  2. Setelah aplikasi Antrian Paspor terinstal di ponsel android mu, berikutnya kamu buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Kemudian kamu klik login dan isi data-data atau identitas yang di lampirkan pada kolom yang di sediakan dari aplikasi Antrian Paspor tersebut.
  4. Setelah semua data dan identitas kamu isi secara lengkap dan sesuai, langkah selanjutnya adalah kamu memilih jadwal pembuatan paspor mulai dari tempat dan waktu pembuatan.
  5. Ketika kamu memilih membuat paspor di lokasi A, namun ternyata kuota untuk hari itu penuh, maka kamu harus memilih tempat yang lain.
  6. Kemudian kamu bisa langsung datang ke kantor migrasi dengan membawa serta dokumen-dokumen yang di perlukan.
  7. Di kantor migrasi nantinya kamu akan di wawancara dan dilakukan pemotretan untuk paspor tersebut.
  8. Setelah semua tahapan kamu lakukan, berikutnya adalah kamu membayar biaya pembuatan paspor tersebut melalui transfer bank dengan nominal sesuai harga pembuatan paspor.
  9. Kurang lebih setelah 4 hari kerja, paspor yang kamu buat sudah jadi dan siap digunakan.

Melalui Website :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke laman website pembuatan paspor online yaitu https://antrian.imigrasi.go.id/.
  2. Jika kamu sudah punya akun, kamu bisa langsung masuk. Namun jika belum punya kamu bisa langsung tautkan dengan akun google maupun facebook.
  3. Setelah menautkan dengan akun google atau facebook, berikutnya kamu isikan data-data yang di perlukan pada form pengisian yang tersedia di laman website tersebut.
  4. Setelah itu kamu pilih waktu dan tempat pembuatan paspor.
  5. Untuk tahapan selanjutnya tak jauh beda dengan pembuatan paspor melalui aplikasi.

Biaya Pembuatan Paspor

Paspor sendiri ada bermacam-macam jenis dan halamannya. Kami akan memberikan beberapa contoh harga paspor berdasarkan halaman dari paspor tersebut.

Jenis pertama adalah paspor biasa dengan jumlah halaman 48 halaman dan di bandrol dengan biaya sebesar 300 ribu rupiah. Sedangkan yang lain adalah e-paspor dengan 48 halaman dan harganya adalah 600 ribu rupiah.

Contoh lain adalah untuk paspor biasa dengan 24 halaman. Paspor tersebut di bandrol dengan biaya pembuatan sebesar 100 ribu rupiah. Sedangkan untuk e-paspor dengan 24 halaman di bandrol dengan biaya pembuatan sebesar 350 ribu rupiah.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai cara membuat paspor secara online dengan mudah dan praktis. Kamu bisa mencoba membuatnya baik melalui laman website maupun melalui aplikasi. Kemudahan yang di sediakan harus bisa kamu manfaatkan dengan sebaiknya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *