Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Simak Ulasan Cara Membuka File Cache Di Android Berikut Ini

cara membuka file cache di android

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa file cache itu penting karena mempercepat kinerja aplikasi di ponsel tanpa disadari. Pembuat program membuat file cache untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu membutuhkan informasi dengan cepat.

Tanpa perlu mengetahui cara membuka file cache di android, pemilik ponsel tetap bisa merasakan manfaat adanya file cache. Kenyataan di masyarakat rata-rata pemilik ponsel hanya bisa melihat file cache karena hanya program pembuatannya yang bisa melihatnya.

Ini disebabkan karena format file cache yang tidak seperti format file pada umumnya seperti jpg, pdf, txt, doc atau lainnya. Jumlah cache setiap aplikasi tentu berbeda tidak sama tentu akan mempengaruhi penyimpanan ponsel.

Pembersihan data cache juga bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja ponsel. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan di bawah ini :

Cara Membuka File Cache

Setiap ponsel tentu memiliki manajer file yang berisikan kumpulan dari data-data yang dimiliki baik dalam bentuk audio, gif, jpg, dokumen atau pdf. Menu manajer file bisa menjadi cara membuka file cache di android, dimana keberadaan menu ini memang otomatis di semua jenis ponsel. Berikut ini langkah membuka file cache yaitu :

1. Buka File Manager

Klik menu manajer file, setiap ponsel letak menu ini berbeda-beda tidak sama. Setelah file manager terbuka akan terdapat beberapa menu seperti whatsApp, DCIM, download, dokumen, shareit, music, pictures, backup, movies, android dan recording.

Akan bertambah beberapa menu lagi sesuai dengan aplikasi yang dipasang misalnya memasang pixellab akan ada file pixellab.

2. Pilih Menu Android

Pilih menu Android lalu buka di dalam menu ini juga terdapat menu data, media, obb. Untuk mengetahui cara membuka file cache di android buka data. Pada bagian dalam data berisi kumpulan aplikasi yang didalamnya terdapat cache.

3. Buka Data

Tekan salah satu nama aplikasi yang ingin dibuka cachenya setelah membuka menu data lalu pilih folder cache maka pengguna akan bisa melihat folder cache di aplikasi tersebut.

Pengguna bisa melihat file cache bila beruntung bisa membukanya karena ada beberapa file cache yang bisa dibuka meski tidak semuanya. Cara membuka file cachenya klik salah satu file cache, lalu akan muncul beberapa media untuk melihatnya.

Seperti dokumen, audio, video, gambar lalu coba buka dengan media yang disediakan satu-satu. Memang menyulitkan tapi kalau yang muncul kosong berarti cache hanya bisa dibuka lewat program. Begitu sebaliknya bila terlihat sesuatu di layar baik berupa gambar, teks atau lainnya itu menandakan file cache bisa dibuka tanpa harus melalui program.

Cara Lain Membuka File Cache

Memang file cache dibuat sedemikian rupa oleh pemogramnya sehingga pengguna tidak bisa membukanya tetapi bisa dibuka lewat program. Aplikasi yang digunakan sebagai cara membuka file cache di android yaitu Windows notepad sehingga cache bisa dibuka dalam bentuk teks.

Langkah ini tentu dilakukan setelah membuka programnya baru mencari file cache yang ingin dibuka. Keuntungan dengan terbukanya file cache bisa dijadikan media pembelajaran untuk orang yang sedang mempelajari seluk beluk ponsel atau pemrograman.

Itulah cara membuka file cache di android yang bisa dilakukan pemilik ponsel. Informasi seperti ini harus diketahui pemilik ponsel sehingga bila menemukan file cache tahu harus melakukan apa. Jangan sampai karena ketidaktahuan pemilik ponsel menganggapnya sebagai virus yang menyerang ponsel android.

Biasanya yang mengetahui secara detail cara membuka yaitu para pemrogram ponsel android tapi pengguna bisa mencoba cara yang sudah dijelaskan di atas.

Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *