Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

6 Aplikasi Pengedit Video di Laptop yang Cocok Bagi Pemula

aplikasi pengedit video di laptop

Bagi pengguna laptop yang memiliki kapasitas RAM tidak terlalu besar, aplikasi pengedit video di laptop yang berukuran ringan dapat menjadi pilihan menguntungkan. Seiring perkembangan teknologi, video menjadi semakin banyak digunakan.

Bukan hanya untuk hiburan melainkan juga presentasi sekolah dan pekerjaan, tutorial, berjualan, dan masih banyak lagi. Berikut aplikasi pilihan untuk menyunting video di PC ataupun laptop :

1. HitFilm Express

Software pengedit video ini memiliki sederet fitur yang lengkap dalam pembuatan konten. Apps ini sesuai untuk pemula di bidang edit video. Bagi YouTuber hendak berhemat budget, HitFilm Express menjadi pilihan yang tepat karena aplikasinya gratis.

Beberapa fiturnya seperti voice recorder bawaan, 400 lebih preset serta efek, dan juga soundtrack gratis. Dalam situs resminya juga disediakan banyak tutorial untuk menggunakan software ini. Tampilannya yang sederhana dan ukuran yang relatif kecil yaitu 382 MB menjadikan aplikasinya banyak digemari pemula.

2. Shortcut

Aplikasi bernama Shortcut merupakan aplikasi pengedit video di laptop yang memiliki tampilan sederhana dan disukai pemula karena pemakaiannya mudah. Shortcut mampu mengedit video multiplatform dan bisa memproses berbagai format.

Mulai dari video, suara, serta gambar yang perlu diedit dan dikonversi. Fiturnya bermanfaat dalam mencampur, mengatur resolusi juga frame rate dalam file video.

Pengguna bisa menyesuaikan warna, melakukan pengaturan audio, menambahkan saturasi hingga filter. Apabila ada perubahan yang tidak diinginkan bisa dibatalkan kemudian diulangi hingga berkali-kali, sehingga pengguna tidak perlu mengulangi dari awal apabila ada kesalahan. Shortcut menggunakan memori 4 GB dan 1 GB VRAM untuk grafiknya.

3. Cyberlink PowerDirector

Aplikasi pengedit video di laptop ini terbilang ringan dan penggunaannya mudah untuk pemula. Pengguna bisa menyunting video dengan manual atau memakai fitur bernama Express Project jika ingin mengedit lebih cepat.

Terdapat fitur seperti video editing, penyesuaian warna, dan lain sebagainya yang berperan penting dalam pengeditan konten sederhana. Cyberlink PowerDirector hanya memerlukan RAM sebesar 2GB untuk mengoperasikannya.

4. AVS

Bagi pengguna yang ingin mengedit video namun spesifikasi laptopnya kurang mumpuni, wajib mencoba aplikasi dengan RAM 2 GB ini. AVS dilengkapi tampilan interaktif dan juga pemakaian sederhana sehingga cocok digunakan oleh pemula atau yang tidak memerlukan pengeditan rumit.

Meski ukurannya kecil, fitur dalam aplikasinya cukup lengkap dan mampu bersaing. Kelebihan AVS terletak pada teknologi bernama video cache, yang membuat proses pengeditan menjadi lebih lancar dari biasanya. AVS juga memiliki opsi bernama timeline yang mampu memisahkan pengeditan baik video, teks, suara, maupun efeknya.

5. Avidemux

Avidemux adalah aplikasi pengedit video di laptop. Aplikasinya dirancang dengan tampilan sederhana sehingga ukurannya juga tidak besar yaitu 512 MB sehingga tidak membebani memori laptop. Avidemux bisa melakukan pemotongan video, mengganti filter, meletakkan lagu, dan fungsi mendasar lainnya.

Avidemux mendukung berbagai format file contohnya ASF, AVI, MP4, dan sebagainya. Kelebihan aplikasinya yakni open-source, maka siapapun dapat memodifikasinya.

6. Corel VideoStudio

Aplikasi bernama Corel VideoStudio dapat diunduh dan digunakan di laptop atau PC saja. Corel Video sangat sesuai bagi pengguna yang ingin belajar menyunting video. Tampilan sederhana beserta fitur dasar seperti template intro video, filter, musik, hingga transisi sudah dimiliki oleh aplikasinya.

Demikian pembahasan seputar aplikasi pengedit video di laptop bagi pemula. Skill dalam editing video dapat terus ditingkatkan seiring berjalannya waktu dan latihan. Pengguna laptop dapat menyesuaikan aplikasi mana saja yang paling sesuai dengan kebutuhan serta kapasitas perangkatnya.

Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

7 Aplikasi Edit Video Vlogger Untuk Smartphone Gratis

Maraknya YouTubers sukses membuat banyak orang ikut andil menjadi YouTubers dengan harapan dapat menjadi content creator YouTube yang sukses. Salah satu yang banyak diproduksi...
Sulaiman
1 min read

Kumpulkan Ide Di 7 Aplikasi Mind Mapping Gratis Ini

Mind mapping merupakan metode untuk mencatat ide kreatif hasil brainstorming. Semua ide yang awalnya berantakan di dalam otak, bisa dipetakan ke dalam visualisasi yang...
Sulaiman
1 min read

7 Aplikasi Melacak Hp Hilang Dicuri

Sebagai bentuk antisipasi jika hp hilang dicuri sebaiknya instal aplikasi melacak hp hilang. Aplikasi ini akan sangat membantu untuk menemukan kembali hp yang hilang...
Sulaiman
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.