Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Cara Membuka File PDF yang Dipassword dengan Beberapa Langkah Mudah

cara membuka file pdf yang dipassword

Salah satu manfaat teknologi yang maju adalah semua orang dapat mengurangi penggunaan kertas dan beralih ke dokumen digital salah satunya PDF.

Dokumen yang diisikan data penting ini pun dapat diproteksi layaknya sebuah peti yang digembok. Itu sebabnya pengguna harus mengetahui cara membuka file PDF yang dipassword untuk menggunakan isi file tersebut.

File yang diproteksi memiliki tingkat keamanan tinggi sehingga tidak dapat disalin dan dicetak isinya. Bahkan, ada pula file PDF terproteksi yang sama sekali tidak dapat dilihat isinya.

Meski memiliki tujuan keamanan, jika password yang telah disetting terlupa malah menjadi kesulitan tersendiri. Sebelum panik, simaklah uraian di bawah ini agar masalah PDF dipassword dapat terselesaikan.

Manfaatkan Google Chrome untuk Membuka Gembok pada PDF

Jika pengguna sudah kembali ingat dengan password PDF atau si pemilik file PDF memberitahukan passwordnya, pengguna dapat menggunakan Google Chrome untuk membuka proteksi tersebut.

Peramban ini memiliki fitur “Print” agar password PDF dapat dibuka sekaligus dihapus dengan memasukkan passwordnya terlebih dahulu. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Mulailah dengan membuka mesin pencari Google Chrome lalu masuk ke situs Google Drive dengan mengetikkan https://drive.google.com/drive/.
  • Jika belum pernah masuk ke Google Drive sebelumnya, pengguna akan digiring ke halaman login untuk memasukkan email dan password Google Drive terlebih dahulu. Namun jika pernah mengaksesnya, sistem akan membawa langsung ke laman utama.
  • pada laman yang telah terbuka pengguna bisa memasukkan file PDF yang terkunci dengan dua cara, yakni menyeretnya ke jendela Google Drive dari File Explorer atau menekan tombol “New” yang terletak di ujung kanan atas dan lanjutkan dengan tekan “File Upload” untuk mengambil berkas. Akhiri dengan klik “Ok” dan file akan terunggah.
  • File PDF yang telah masuk akan ditandai dengan munculnya berkas tersebut pada jendela Google Drive. Double klik pada file tersebut untuk membukanya pada jendela lain.
  • Inilah saatnya memasukkan kata sandi yang sudah diperoleh tadi dan tekan “Submit” agar sistem dapat membuka file.
  • Buka layar Print dengan menekan tombol “Ctrl” dan “P” pada keyboard bersamaan lalu tekan “Change” di layar dan sistem akan memunculkan menu lain.
  • Pada menu “Destination” pilih “Save as PDF” untuk menjadikan file tersebut PDF tanpa proteksi.
  • Setelah setting diatur, akhiri dengan menekan “Save” pada bagian bawah dan pengguna akan diminta lokasi untuk menyimpan file tersebut sebelum diunduh.

Menggunakan Situs yang Tersedia untuk Membuka PDF yang Lupa Password

Jika Chrome tadi menawarkan cara membuka file PDF yang dipassword ketika pengguna sudah mengetahui passwordnya, kali ini pengguna tetap dapat membuka file PDF terproteksi tersebut tanpa memasukkan password. Tanpa basa-basi lagi, berikut situs yang dapat digunakan :

1. Buka PDF Terproteksi dengan Unlock-PDF

Situs pertama yang bisa membantu pengguna adalah Unlock-PDF. Pertama, buka mesin pencari dan ketikkan “Unlock-PDF”. Disana pengguna akan menemukan websitenya lalu klik.

Dalam situs yang telah terbuka tekan “Choose File” untuk memilih berkas dan buka proteksinya dengan menekan “Unlock File!”. Maka file akan otomatis diunduh setelah tersedia.

2. Manfaatkan Situs Terkenal SmallPDF

Situs ini cukup digemari banyak orang dengan berbagai fitur yang ada terkait berkas PDF. Untuk menggunakannya, buka situs dan masukkan file dengan menyeretnya ke laman atau dengan menekan “Pilih File”.

Setelah file masuk, pengguna dapat menekan centang pada kotak persetujuan lalu tekan “Buka Kunci PDF”. File yang telah diproses bisa segera diunduh.

Walaupun membutuhkan bantuan pihak lain yakni peramban Google Chrome dan situs, cara membuka file PDF yang dipassword akan sangat terbantu dengan adanya pihak ketiga tersebut. Alih-alih mengetik ulang file PDF terkunci yang tidak bisa copy paste, sebaiknya gunakan cara ini agar tidak membuang waktu.

Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *