Ketahui 5 Cara Mengosongkan Memori Internal dengan Mudah!

Bisa lebih leluasa unduh banyak aplikasi. Tentu masalah memori harus diselesaikan. Apalagi yang sudah mencapai batas maksimum. Harus segera untuk dikosongkan penyimpanannya. Ternyata masih ada yang belum paham bagaimana cara mengosongkan memori internal? Semakin penasaran, lebih baik simak cara yang berikut ini:

1. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Sudah tahu memori hp kurang. Tetap saja pengguna yang ingin download aplikasi baru harus merelakan aplikasi sebelumnya dipindahkan. Ada catatan, aplikasi yang bisa dipindahkan hanya pada aplikasi yang didownload, tidak berlaku pada bawaan.

Namun, semua akan terbayarkan jika memori internal kembali banyak. Caranya hanya dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Syaratnya harus memiliki kartu SD dan terpasang di perangkat. Langkah awalan adalah buka menu pengaturan.

Berikutnya, pilih bagian aplikasi. Tunggu aplikasi urut sesuai besar ukuran penyimpanan. Setelah itu tekan pindahkan ke memori eksternal. Di memori eksternal lalu klik. Cukup menunggu waktu karena proses pemindahan aplikasi ukuran besar lama. Pastikan aplikasi sudah tersimpan di kartu SD.

2. Hapus Cache pada Aplikasi

Apabila ditelusuri lebih lanjut, memori internal bisa dikosongkan dari cache atau sampah yang masih tersimpan. Maka, untuk mengurangi beban memori, sampah yang tidak perlu bisa dihapus secara permanen. Tetap tenang, karena data yang penting masih aman.

Caranya adalah dengan menghapus cache pada aplikasi. Langkahnya, pengguna bisa membuka menu pengaturan. Lalu pilih opsi yang aplikasi. Pilihlah berbagai aplikasi yang akan dihapus cache nya. Namun, harus dibuka satu per satu.

Apabila ditemukan cache klik hapus. Bisa juga dengan cara yang lain. Pengguna membuka file manager. Ketuk penyimpanan internal dan akan terbuka besaran ukuran. Mulai dari gambar, video, dokumen, download, dan berbagai aplikasi yang tersimpan. Klik ikon sampah lalu hapuslah.

Baca Juga  Begini Cara Kerja Internet of Things Beserta Unsurnya

3. Pindahkan File Foto dan Video ke Google Penyedia Sistem Operasi Android

Cara mengosongkan memori internal yang ketiga adalah memindahkan file berupa gambar dan video. Pemindahan itu ditujukan ke layanan google berupa Photos. Opsi cara tersebut berbeda dengan cara sebelumnya yang bisa dipindahkan ke memori eksternal dan sistem penghapusan.

Selain itu, tempat pemindahannya bersifat online yang harus terkoneksi internet. Namun, tidak mengurangi efektivitas dalam mengosongkan memori internalnya. Langkah awalnya adalah mengunduh aplikasi bernama Photos.

Setelah berhasil diunduh, sinkronisasikan dengan akun google pengguna. Apabila telah berhasil terverifikasi maka bukalah galeri. Pilih berbagai foto dan video yang mau dipindahkan. Selanjutnya tempelkan dengan klik simpan di google photos.

4. Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Sebenarnya, memori internal bisa kosong apabila aplikasinya sedikit. Maka, cara mengosongkan memori internal adalah dengan menghapus permanen aplikasi yang tidak penting. Kategori tidak penting adalah apabila aplikasi jarang dilirik apalagi digunakan.

Opsi lain karena aplikasi tidak segera di upgrade sehingga tidak bisa dibuka. Penting untuk mengelola memori internal agar tetap prima dan tidak mengurangi kinerja aplikasi lain. Caranya adalah buka menu setting.

Pilih aplikasi yang akan di hapus di opsi aplikasi. Bukalah sampai ada menu uninstall. Lalu klik saja menu uninstall tersebut. Ikuti perintah berikutnya sampai pada aplikasi yang tidak penting sudah berhasil dihapus.

5. Pindahkan file berupa dokumen ke Laptop

Punya laptop di rumah yang masih banyak ruang penyimpanan. Hal itu bisa dimanfaatkan sebagai tempat pemindahan file berupa dokumen yang ada di memori internal hp. Pasalnya, ingin memori internal bisa dikosongkan.

Cara memindahkannya bisa dengan memanfaatkan kabel usb. Biasanya di hp tersedia kabel bawaan untuk transfer berupa file dokumen. Langkahnya adalah hubungkan perangkat hp dan laptop. Sekedar saran sebelum memindahkan buatkan folder file yang akan dipindah.

Baca Juga  Kenapa Pembayaran Google Play Ditolak Padahal Pulsa Cukup_ Ini Jawabannya

Hal itu untuk memudahkan pengguna menemukan file ketika sudah dipindahkan. Setelah terhubung ijinkan hp bisa diakses lewat laptop. Apabila sudah, buka memori di hp dan tekan folder yang mau dipindah. Lalu klik paste di ruang D pada laptop. Tunggu hingga selesai.

Demikian terkait cara mengosongkan memori internal sudah dijelaskan. Banyak pilihan yang bisa dipilih sehingga ruang penyimpanan menjadi lebih ringan. Di waktu yang mendesak, pengguna bebas mengunduh aplikasi lain yang dibutuhkan.

Leave a Comment