Kartu Memori Tidak Terbaca? Simak cara Mengatasinya!

Kartu memori sangat penting sebagai media penyimpanan pada Hp. Menggunakan kartu memori akan dapat menambah kapasitas pada Hp selain dari memori internal. Namun, tidak jarang kartu memori tidak terbaca pada sistem, padahal isinya yang penting. Tentu, hal tersebut cukup membuat khawatir pengguna.Berikut ada beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Restart Hp

Terkadang yang membuat kartu memori atau SD tidak dapat terbaca, itu karena adanya masalah pada Hp. Hal seperti ini pun, kerap terjadi para penggunanya. Biasanya, ketika Hp di cas semalaman, kemudian dinyalakan pagi harinya kartu memori tidak dapat dibaca.

Apabila mengalami hal ini, jangan panik dulu sebab ada cara untuk mengatasinya yakni dengan restart Hp.Pengguna, dapat mematikan Hp lebih dulu, setelah itu copot kartu memori dari dalam slot. Coba tunggu beberapa saat.

Jika sudah, cobalah untuk memasangkan kartu memori kembali dan aktifkan Hp lagi. Apabila, kartu memori tidak memiliki kerusakan maka akan dapat terbaca kembali.

2. Disable Kartu Memori

Melakukan disable kartu memori sebagai cara untuk mengatasi kartu memori tidak terbaca. Untuk disable kartu memori, merupakan cara untuk mematikan, lalu mengaktifkan kembali fungsi dari kartu memori tersebut. Hal ini, bisa dilakukan lewat PC maupun laptop. Untuk langkahnya bisa ikuti yang dibawah ini:

  • Menyambungkan antara Hp yang terdapat kartu memori dengan Laptop atau PC.
  • Lalu, masuk menu Device Manager di PC. Tekan kanan di USB Mass Storage Device dan tekan Disable. Tunggu proses perbaikan.
  • Jika sudah, tekan kanan pada menu USB Mass Storage yang tadi dan tekan enable. Setelah itu, cek kartu memori di Hp.

3. Membersihkan Badan Kartun

Selain dari sistemnya, badan kartu juga bisa menjadi penyebab kartu memori tidak dapat terbaca. Badan kartu yang kotor, akan membuat lempeng emas sulit dibaca. Biasanya hal tersebut sering terjadi jika kartu memori sering dilepas. Dimana, pengguna sering menyentuh bagian sensitif tersebut.

Baca Juga  Ini Alasan Kenapa Hp Xiaomi Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit, Harus Tahu!

Untuk itu, pengguna dapat membersihkan badan kartun dengan kain bersih atau bisa dengan tisu. Selain itu, juga bisa menggunakan penghapus karet yang berwarna putih untuk angkat kotoran. Jika sudah, dapat cek kembali.

4. Menggunakan MiniTool Partition Wizard

Untuk mengatasi kartu memori tidak terbaca, juga bisa diatasi dengan bantuan aplikasi. Dimana, aplikasi yang dibutuhkan adalah MiniTool Partition Wizard. Aplikasi ini, akan mengecek dan melakukan perbaikan. Adapun caranya adalah berikut.

  • Unduh apk MiniTool Partition Wizard, pada laptop maupun PC.
  • Hubungkan, Hp yang terdapat kartu memorinya dengan komputer yang telah terpasang apk.
  • Lalu, buka dan pilih menu Check file System pada apk. Kemudian, akan muncul jendela, pilih Check and Fix Detected errors. Lalu, tekan start.
  • Tunggu proses pengecekan dan perbaikan. Setelah itu, cek kembali kartu memori.

5. Cek Error di PC atau Laptop

Pengguna juga dapat melakukan cek error pada kartu memori yang tidak dapat terbaca di laptop atau PC. Hal ini, untuk mengetahui masalah apa yang terjadi dan dapat diambil Tindakan selanjutnya. Untuk caranya, simak berikut:

  • Sambungkan Hp yang ada kartu memorinya dengan PC atau laptop.
  • Kemudian, pilih mode mass storage mode ketika awal menghubungkan.
  • Lalu, buka menu Explorer di perangkat PC atau Laptop yang digunakan. Selanjutnya klik kanan di drive kartu memori.
  • Cari dan pilih menu Properties, lalu Tools dan tekan error. Tunggu prosesnya hingga selesai. Eject hubungan Hp dengan komputer. Kemudian, cek kembali kartu memori di hp.

Itulah tadi, beberapa cara mengatasi kartu memori tidak terbaca yang bisa dicoba. Tentunya, kartu memori yang tidak bisa dibaca dengan benar, terdapat beberapa alasan.

Baca Juga  Cara Login WA Tanpa Verifikasi Dengan Tepat Dan Mudah

Dimana, hal itulah yang menjadi dasar untuk melakukan perbaikan. Pengguna, dapat mengeceknya dulu sebelum melakukan Tindakan yang besar seperti pemformatan.

Leave a Comment