Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Inilah 7 Kelebihan USB Type C yang Wajib Diketahui

USB Type C merupakan kabel USB atau kabel data yang mudah didapat. USB Type C ini berfungsi memindahkan data dan mengisi daya pada alat elektronik. Selain itu USB Type C ini banyak digunakan di masyarakat dan tentunya ada kelebihan USB Type C diantaranya yaitu :

1. Lebih Cepat Dalam Pengisian Daya

Kelebihan USB Type C yang pertama adalah pengisian daya yang dilakukannya lebih cepat terisi. Hal ini dikarenakan USB Type C mempunyai rincian daya sebesar 100 watt. USB Type C ini juga dialiri oleh arus listrik yang besar yaitu mencapai 20 volt.

Dikarenakan kecepatannya dalam pengisian daya ini membuat USB Type C sangat laku di pasaran. Selain itu USB Type C ini juga mengalami perkembangan dengan adanya pengisian daya pada perangkat lain seperti printer.

2. Lebih Cepat Dalam Transfer Data

Selain untuk mengisi daya, USB Type C juga berfungsi untuk memindahkan data atau transfer data. Untuk transfer data USB Type C juga terbilang cepat yang kecepatannya hingga 10 Gbps. Kemampuan transfer data yang cepat tentu saja dibutuhkan ketika mengirim file supaya tidak memakan banyak waktu.

Sehingga tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengirim file dengan ukuran yang besar namun takut akan memakan banyak waktu. Kini file berupa film, music, atau aplikasi dapat dipindahkan dengan cepat dan mudah.

3. Harga yang Terjangkau

Harga untuk USB Type C dikatakan terjangkau yang artinya tidak terlalu mahal. Dibandingkan dengan kabel USB yang lainnya, USB Type C masuk dalam kategori kabel data yang terbilang terjangkau. Misalnya kabel lightning khusus Apple seharga Rp. 250.000, sedangkan harga USB Type C seharga Rp. 200.000.

4. Gambar Resolusi Hingga 4K

Hanya dengan satu kabel saja, USB Type C mampu menayangkan gambar dengan resolusi 4K hanya dengan satu kabel. Gambar dan suara dapat ditayangkan pada perangkat yang lebih besar seperti TV maupun komputer.

Jadi tidak perlu khawatir lagi apabila ingin menonton namun ukuran gambarnya kecil. USB Type C mampu membuat resolusi gambar menjadi besar dan suara yang jelas.

5. Mudah Dibawa Kemanapun

Dibandingkan dengan ukuran kabel USB atau kabel data yang lain, ukuran USB Type C lebih kecil. Sehingga USB Type C ini mudah dibawa kemanapun dibandingkan kabel USB lainnya. Selain itu USB Type C memiliki kabel yang sesuai dengan berbagai perangkat, pada ponsel maupun komputer.

6. Bersifat Fleksibel

Tidak hanya untuk mengisi daya dan transfer data, USB Type C juga dapat digunakan untuk hal yang lain. Bahkan USB Type C ini juga mampu menggantikan Jack Headphone 3,5 mm. Mungkin saja kedepannya USB Type C dapat menggantikan fungsi dari kabel data yang lain.

7. Desain yang Reversible

Kelebihan USB Type C yang terakhir yaitu memiliki desain yang reversible. Artinya yaitu kabel USB yang satu ini dapat disambungkan ke perangkat dengan berbagai posisi seperti bolak-balik. Hal ini dikarenakan USB Type C memiliki 24 pin, sehingga praktis untuk digunakan.

Tidak perlu khawatir untuk mengetahui orientasi benar dimana bagian atas dan bawahnya, karena bentuk keduanya terlihat sama. Kelihatannya sederhana namun memiliki dampak yang besar karena sering dalam mengisi daya.

Itulah kelebihan USB Type C yang perlu diketahui. Supaya ketika menggunakan kabel USB tersebut tidak hanya terfokus kepada satu penggunaan saja. Karena nyatanya USB Type C memiliki banyak sekali kelebihan. Sehingga tak perlu khawatir lagi jika ingin menggunakan kabel USB ini.

Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Keberadaan kartu memori menjadi penting saat kapasitas memori internal sudah penuh sesak. Sayangnya banyak orang yang berpikir jika kartu memori rusak harus melakukan format...
Sulaiman
1 min read

Cara Menampilkan Layar HP Ke Laptop Dengan USB, Simak…

Teknologi saat ini mulai mempermudah segala aktivitas manusia. Jika menggunakan layar HP mungkin terbatas, maka beberapa orang melakukan Mirroring. Cara menampilkan layar HP ke...
Sulaiman
1 min read

Cara Menghapus Akun di Google Smart Lock, Khususnya Bagi…

Pembahasan kali ini akan berfokus pada cara menghapus akun di Google Smart Lock. Bagi yang selama ini mencari caranya, artikel ini bisa disimak. Pasalnya...
Sulaiman
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.