Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Cara Memunculkan Voice Typing Di Google Docs Tanpa Ribet

Keberadaan Google Docs tentu tidak asing lagi karena memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Word. Kelebihan dari Google Docs ini fungsi yang lebih fleksibel karena penyimpanannya secara online. Fitur yang sangat terkenal yaitu Voice Typing. Berikut Cara memunculkan voice typing di Google Docs:

Cara Menambahkan Voice Typing di Google Docs Via Laptop

Bagi orang yang merasa malas untuk mengetik dan merasa jari-jari tangan sudah mulai lelah, silahkan manfaatkan kecanggihan teknologi saat ini yaitu Voice Typing yang ada pada Google Docs. Cukup dengan mengeluarkan suara saja, maka tulisan pun akan muncul. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut:

  • Berhubung Google Docs hanya bisa dijalankan secara online, maka laptop pengguna harus terhubung terlebih dahulu dengan sinyal internet. Sambungkan dengan WiFi yang memiliki sinyal lancar.
  • Kemudian, buka terlebih dahulu Google Docs pada laptop yang telah dimiliki. Cara membukanya yaitu dengan membuka Browser, lalu klik titik sembilan yang berbentuk dadu di sebelah kanan atas. Cari aplikasi Google Docs dan klik aplikasi tersebut.
  • Klik Dokumen Baru untuk memulai mengetik menggunakan voice typing.
  • Lihatlah pada bagian menu bar yang posisinya berada di atas. Klik Tools yang posisinya berada pada urutan keenam setelah menu Format.
  • Terdapat beberapa pilihan yang muncul, silahkan pengguna untuk klik Voice Typing. Pilihan ini berada di bagian bawah sehingga pandangannya harus diturunkan terlebih dahulu.
  • Berikutnya akan muncul sebuah pemberitahuan notifikasi yang isinya adalah pemberian izin untuk mengaktifkan microphonenya. Cara memunculkan voice typing di Google Docs yang harus dilakukan adalah klik Allow.
  • Setelah muncul ikon microphone, silahkan klik pilih bahasa yang akan digunakan. Apabila masih kesulitan menggunakan bahasa asing, silahkan pilih bahasa Indonesia.
  • Mulailah mengetik dengan cara mendikte kata per kata agar aplikasi ini mampu mengetik dengan sendirinya. Sekarang, tak butuh bantuan jari lagi untuk membuat suatu tulisan.
Baca Juga  Inilah Cara Internet Gratis Telkomsel Seumur Hidup dengan Mode Pesawat

Manfaat Voice Typing di Google Docs

Banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya Voice Typing ini di dalam Google Docs ini. Memang hal tersebut tak singkal karena terdapat beberapa keuntungan yang bisa dinikmati oleh pemakainya. Apa sajakah keuntungan tersebut? simak informasi yang akan disajikan berikut:

1. Menulis Lebih Cepat

Bagi pengguna yang bekerja sebagai penulis, maka menggunakan suara ini menjadikan menulis menjadi lebih cepat. pengguna pun hanya bermodalkan suara saja dan tulisan akan terketik dengan sendirinya. Penulis pun akan lebih produktif karena hasil tulisan yang diproduksi lebih banyak dibandingkan menulis secara manual.

Tentu seorang penulis pun tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mengetik secara manual. Hal tersebut pun akan membuat jari tangan lebih bisa beristirahat dalam waktu yang lama. Poin yang paling penting adalah kualitas tulisan pun tidak akan mengalami penurunan meskipun menggunakan voice typing.

2. Melatih Bicara

Ketika mengetik menggunakan suara, secara otomatis pengguna akan berbicara mengenai artikulasi dan menggunakan bahasa yang baku. Hal tersebut pun akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari sehingga komunikasi dengan rekan kerja pun terasa lebih formal. Tentu keuntungan ini sangat bermanfaat sekali pada kehidupan kantor.

Itulah beberapa cara memunculkan voice typing di Google Docs beserta dengan keuntungan memanfaatkan fitur tersebut. kecanggihan teknologi yang telah ditawarkan saat ini pun sangat menarik sekali untuk dicoba. Tentu saja berbagai manfaat pun akan didapatkan oleh penggunanya.

Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

5 Cara Merusak Sinyal HP Orang Lain Tanpa Ketahuan…

Tentu menyebalkan jika berkumpul dengan teman-teman tapi semua malah bermain ponsel sendiri. Belum lagi jaringan WiFi semakin lemot karena banyak perangkat yang tersambung. Untuk...
Sulaiman
2 min read

5 Rekomendasi Aplikasi Baterai Tahan 2 Hari Paling Ampuh

Semakin lama usia pemakaian HP tentu saja akan semakin tua dan rentan baterainya. Biasanya baterai menjadi lebih boros dan lama saat diisi dayanya. Kini,...
Sulaiman
1 min read

Cek Penyebab Dan Cara Mengembalikan Sinyal Indosat yang Hilang…

Tidak sedikit jumlah pengguna operator seluler ini di Indonesia. Beberapa daerah bahkan mengandalkan operator seluler ini sebab mampu digunakan dengan sinyal yang kuat. Meskipun...
Sulaiman
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *