Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Begini Caranya Cek DTKS Menggunakan KIS atau NIK!

Begini Caranya Cek Penerima Bansos Menggunakan KIS atau NIK

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau yang disingkat dengan DTKS adalah data yang digunakan oleh pemerintah untuk mendata keluarga yang berhak mendapatkan bantuan sosial (bansos).

Dengan mendaftarkan diri sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) di DTKS, maka kamu mempunyai kesempatan untuk mendapatkan bansos 2021 dan seterusnya.

Akses program bansos dari Kemensos yang bisa kamu dapatkan seperti, Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan program bansos dari kementerian lain seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Seperti dilansir dari Pusdatin Kemensos bahwa masyarakat bisa mendaftarkan diri di DTKS dengan kriteria sebagai masyarakat miskin atau rentan miskin.

Cara Mendaftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

  1. Masyarakat miskin atau rentan miskin mendaftarkan diri ke Kepala Desa atau Lurah dengan membawa KTP dan KK.
  2. Kepala desa atau lurah melaksanakan musyawarah desa atau kelurahan. Data hasil musyawarah desa atau kelurahan disampaikan ke kepala desa atau lurah ke bupati atau walikota melalui camat.
  3. Bupati atau walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi ke menteri melalui gubernur. Bersamaan dengan itu, dinas sosial melakukan verifikasi dan validasi data pendaftaran rumah tangga.
  4. Berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data, tidak semua usulan valid dan masuk ke dalam DTKS. Setelah data diserahkan pada menteri sosial, ia akan menetapkan DTKS.
  5. Kementerian atau lembaga akan memanfaatkan data tersebut untuk penyaluran program bansos dan pemberdayaan.

Cara Mengecek Kepesertaan DTKS

Kamu bisa mengecek kepesertaan bansos secara mandiri melalui website resmi DTKS Kemensos dengan menggunakan NIK KTP atau kartu identitas lainnya. Simak cara mengeceknya di bawah ini :

  • Buka website https://dtks.kemensos.go.id/
  • Pilih kartu identitas yang ingin kamu cek (ada pilihan NIK, ID DTKS/ BDT, Kartu Sembako/ BPNT, dan Nomor Peserta PKH).
  • Lalu masukkan nomor kartu identitas yang kamu pilih.
  • Masukkan nama sesuai dengan yang tertera di kartu identitas yang kamu pilih.
  • Selanjutnya, ketik ulang kode captcha sesuai yang tertera di layar HP atau komputer kamu.
  • Dan nantinya akan muncul di layar apakah kamu penerima bansos atau tidak.
Baca Juga  Paket Nelpon Rumah Telkomsel

Cara lain untuk mengecek kepesertaan DTKS juga bisa kamu lakukan dengan melakukan pengecekan Ruta DTKS. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu ikuti sebagai berikut :

  • Buka website https://dtks.kemensos.go.id/
  • Klik “Daftar Ruta DTKS” yang terletak di pojok kanan atas pada layar komputer kamu.
  • Filter wilayah dengan memasukkan Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Kelurahan atau Desa tempat kamu tinggal.
  • Ketik ulang kode captcha sesuai yang tertera di layar.
  • Terakhir, klik “Cari Rumah Tangga”.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan nama-nama kepala rumah tangga yang mendapatkan bantuan sosial dan bentuk bansos apa yang diterima.
Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *