Begini Cara Hemat Baterai iPhone Termudah Dan Dijamin Ampuh

Ada beberapa cara hemat baterai iPhone yang bisa pengguna lakukan. iPhone memang tidak memiliki kapasitas baterai yang begitu besar bila dibandingkan dengan merek lain. Banyak pengguna yang mengeluhkan mengenai borosnya baterai iPhone sehingga diperlukan cara menghematnya. Berikut adalah sejumlah caranya.

1. Gunakan Charger Original

Untuk mempertahankan daya baterai agar tidak cepat habis, pengguna bisa menggunakan charger original saat mengecas. Hal ini dikarenakan charger original dirancang sesuai kemampuan dari baterai itu sendiri. Sedangkan jika pengguna tidak memakai cas asli, maka kapasitas yang dimiliki kemungkinan berbeda.

Nah kalau rancangan daya nya itu nggak sesuai nantinya bakal merusak baterai ponselmu. Menggunakan cas abal-abal membuat baterai ponsel semakin rusak dan durasi pemakaian pun jadi lebih singkat. Maka dari itu, sebisa mungkin pengguna untuk menggunakan charger original dari iPhone.

2. Aktifkan Kecerahan Otomatis

Dengan mengaktifkan fitur untuk membuat kecerahan otomatis juga bisa membuat daya baterai lebih hemat. Fitur tersebut akan mengatur dan menyesuaikan kondisi layar ponsel sesuai dengan kecerahan lingkungan sekitar. Jadi, saat mengaktifkan fitur ini, kecerahan ponselmu akan berubah-ubah sesuai tempat.

Adanya penyesuaian tingkat kecerahan layar akan membuat daya ponsel makin hemat. Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa akses menu aksesibilitas yang ada di bagian setting. Pilih layar dan ukuran teks, geser ke bawah sampai menemukan fitur kecerahan otomatis. Geser sampai warna hijau.

3. Perbarui Perangkat Secara Rutin

Cara hemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan mengupdate sistem operasi ke versi terbaru. Saat mengupdate ke versi terbaru, pengguna akan mendapat fitur-fitur yang akan mempercanggih ponselmu. Salah satu fiturnya yakni terkait kesehatan baterai yang memungkinkan daya ponsel jadi lebih hemat.

Misalnya pada update terbaru yakni sistem operasi IOS 13 yang membawa banyak fitur-fitur baru. Pengembang membawakan fitur yang bisa membuat ponsel berhenti untuk mengisi daya saat mencapai angka 80 persen. Pengisian sampai 80 persen direkomendasikan karena lebih menghemat waktu pemakaian.

4. Hindari Paparan Suhu Ekstrim

Iphone dirancang untuk digunakan pada suhu kisaran 16 sampai 20 derajat saja. Jadi penggunanya perlu menghindari penggunaan ponsel di suhu ekstrem. Jika terus digunakan pada suhu ekstrem, maka kesehatan baterai menurun dan akan berakibat pada waktu pemakaian yang cepat habis.

Iphone kini telah melakukan update yang memungkinkan menghentikan pengisian baterai. Jadi saat daya ponsel sudah mencapai 80 persen yang menyebabkan suhu perangkat panas, otomatis pengisian akan terhenti. Dengan begitu, suhu perangkat pun akan terjaga dan terhindar dari kerusakan daya baterai.

5. Gunakan Fitur Daya Rendah

Saat pengguna mengaktifkan mode daya rendah maka konsumsi baterai ponsel tidak akan menurun drastis. Waktu pemakaian pun dapat lebih banyak dibandingkan saat tak mengaktifkan fitur daya rendah. Dengan begitu, pengguna bisa memakai ponsel lebih lama dan tak perlu buru-buru mengecas.

Untuk mengaktifkan mode daya rendah, pertama masuk ke menu setting. Didalamnya terdapat banyak menu pilihan, ketuk baterai. Setelahnya pengguna akan menjumpai fitur mode rendah, geser sampai warna hijau. Maka fitur tersebut telah diaktifkan.

6. Mematikan Peringatan Notifikasi

Saat mendapati banyak notifikasi, iPhone yang semula dalam kondisi layar terkunci akan menyala. Karena terus menerus terbangun akibat notifikasi, daya baterai pun jadi lebih cepat habis. Maka pengguna harus mematikan notifikasi untuk lebih menghemat konsumsi baterai.

Mematikan peringatan dilakukan dengan membuka menu setting kemudian pilih opsi pemberitahuan. Muncul banyak aplikasi, pilih yang kurang penting dan akan dimatikan notifikasinya. Matikan notif dengan menggeser sampai warna berubah ke abu-abu.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas maka akan membantu ponsel menjaga kesehatan baterai. Saat kondisi baterai terjaga, maka pengguna bisa lebih nyaman menggunakan iPhone tanpa harus sering-sering mengecasnya. Enam cara hemat baterai iphone bisa membantumu mengatasi daya ponsel yang menurun drastis.

You May Also Like

About the Author: Sulaiman

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *