Waiters dan Waitress

Saat kamu memasuki restoran, bar, ataupun kafe, pasti kamu banyak menemukan beberapa waiters maupun waitress. Tetapi, banyak dari kita belum mengetahui apa sih waiters itu, bagaimana alur pekerjaannya, sampai bagaimana menjadi waiters yang pro.

Waiters

Waiters di dalam dunia restoran dianggap sebagai kata kunci dan tidak bisa dihilangkan begitu saja. Tanpa adanya seorang waiters, restoran yang kecil sekalipun akan kesulitan mendapatkan kepuasan dari tamunya yang akan membuat tamu balik lagi ke restoran mereka.

Selain itu, waiters juga dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dari restoran, karena waiters selalu menjadi sarana komunikasi dari tamu ke chef atau bagian dapur mengenai pemesanan makanan mereka.

Tanggung jawab waiters meliputi segala hal yang menyangkut penyajian makanan, mulai dari menerima pesanan dari tamu sampai meyakinkan tamu secara langsung.

Okeee, sekarang mari kita telusuri lebih dalam ke dunia “perwaiters-an”. Let’s check this out genks!

Pengertian Waiters

Waiters adalah seseorang (laki-laki) yang melayani tamu, menerima pesanan makanan dari tamu, dan menyajikan makanan di meja tamu.

Pengertian waiters yang sederhana itu tidak sebanding dengan tugas dan tanggung jawabnya yang besar. Mereka akan jadi garda terdepan ketika ada tamu yang mengeluhkan pesanan makanan, terlambat dalam pelayanan makanan, terlambat menerima pesanan makanan, dan sebagainya.

Waiters 1

Seorang waiters akan mengambil pesanan makanan dari tamu, lalu memberikan pesanan makanan tersebut ke staf dapur. Ketika, makanan sudah matang, waiters akan menyajikan makanan tersebut ke meja tamu.

Point value dari seorang waiters yang baik selalu tidak ternilai harganya di restoran manapun. Karena 80% kepuasan tamu datang dari waiters yang baik, 10% dari makanannya, dan 10% sisanya lagi dari lingkungan restorannya.

Waiters juga dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu atau pelanggan agar merasa senang dan puas. Jadi, kita jangan anggap pekerjaan waiters sebagai sesuatu yang mudah yaa genks

Pengertian Waitress

Waitress adalah seseorang (wanita) yang melayani tamu, menerima pesanan makanan dari tamu, dan menyajikan makanan di meja tamu.

Tugas dan tanggung jawab antara waitress satu dengan yang lainnya bisa berbeda, tergantung di mana tempat mereka bekerja. Misalnya, waitress yang bekerja di sebuah restoran hotel akan memiliki tugas yang berbeda dengan waitress yang bekerja di restoran.

Waitress

Waitress yang bekerja di restoran hotel tidak bisa menerima pesanan makanan dari tamu. Mereka hanya menjalankan pekerjaannya untuk menyajikan makanan dan menyelesaikan pelayanan dengan baik. Sedangkan waitress yang bekerja di restoran biasa memiliki tugas seperti waitress pada umumnya yang sudah dijelaskan di atas.

Apalagi di era pemberdayaan perempuan seperti sekarang ini,perempuan tidak lagi hidup dalam kegelapan yang artinya derajat antara perempuan dan laki-laki sama. Perempuan mencoba untuk terlibat dalam jenis pekerjaan apapun untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Menjadi bagian dari Food and Beverages di hotel ataupun restoran merupakan suatu pengalaman kerja yang menyenangkan.

Perbedaan antara Waiters dan Waitress

Secara harfiah, waiters dan waitress memiliki tugas dan tanggung jawab yang kurang lebih sama. Letak perbedaannya hanya terletak pada gender atau jenis kelaminnya saja. Kalau waiters adalah pelayan laki-laki sedangkan waitress adalah pelayan perempuan.

Tugas Waiters

Tugas utama dari seorang waiters atau waitress adalah melayani tamu yang akan makan dan minum di restoran. Tapi, apa aja sih kegiatan waiters sehari-harinya? Berikut penjelasannya genks :

  • Menyambut tamu saat pertama kali memasuki restoran.
  • Mempersilakan tamu untuk duduk.
  • Memberikan menu makanan kepada tamu.
  • Mencatat semua pesanan tamu dan memastikan kembali pesanan tamu.
  • Menyajikan minuman terlebih dahulu, kemudian menyajikan makanan.
  • Mengambil gelas dan piring kotor yang ada di meja tamu.
  • Menawarkan makanan penutup atau minuman lainnya.
  • Memberikan tagihan atau bill jika tamu sudah ingin membayar.
  • Mengucapkan terima kasih kepada tamu dan mengharapkan tamu agar datang kembali.
  • Membersihkan bekas makanan yang tersisa di meja makan.

Cara Menjadi Waiters yang Baik

Bekerja sebagai waiters atau waitress bukan pekerjaan yang mudah lho genks. Karena, untuk menjadi waiters yang baik, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu bisa memberikan pelayanan terbaik kepada setiap tamu dimanapun kamu bekerja.

waiter 2

Nah, aku akan membahas bagaimana sih menjadi waiters yang baik agar tamu di restoran tempat kamu bekerja lebih menikmati sajian makanan dan minumannya.

  • Waiters harus menjaga penampilannya agar selalu terlihat rapih. Pastikan seragam yang dikenakan sudah disetrika, dalam keadaan baik dan bebas noda. Jaga kebersihan kuku dan jangan memakai parfum atau cologne terlalu banyak karena khawatir tamu akan merasa tidak nyaman dengan wangi yang terlalu menyengat.
  • Menyambut tamu dengan senyuman dan salam seperti; selamat datang, selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan sebagainya.
  • Persilakan tamu untuk duduk, jika perlu mengarahkan tamu di area yang memiliki spot pemandangan atau tempat dimana tamu ingin duduk.
  • Kuasai menu dengan seksama. Pelajari dan kenali setiap menu untuk menghindari kesalahan dan memperlambat pemesanan.
  • Memberikan menu makanan kepada tamu dan harus terbiasa dengan setiap opsi pada setiap makanan. Misalnya, ketika tamu memesan ayam bakar namun menu tersebut sudah sold out, maka kamu harus segera memberi opsi menu sejenis lainnya seperti ayam panggang atau ayam asap.
  • Waiters atau waitress yang baik, selalu menyarankan tamu untuk pembelian tambahan, seperti makanan pembuka (appetizer), minuman yang lainnya, atau makanan penutup (dessert). Yang perlu diingat saat melakukan hal ini, hindari kesan yang memaksa tamu untuk menambah pesanan yaa.
  • Periksa pesanan makanan dan minuman tamu sebelum membawa ke mejanya, terlebih jika ada permintaan khusus untuk menu tertentu. Jika ada kesalahan atau keterlambatan dari staf dapur maka minta maaflah lalu berikan diskon atau makanan pengganti sebagai kompensasi.
  • Saat waiters menyajikan makanan atau minuman, jangan langsung sembarang menaruhnya. Biasakan untuk selalu ucapkan permisi terlebih dahulu sebelum meletakkan makanan atau minumannya.
  • Waiters harus memiliki kemampuan multitasking, yang artinya harus bekerja secara efektif dan efisien. Misalnya, di meja 1 hendak memesan makanan, di meja 2 hendak meminta bill, dan di meja 3 harus dibersihkan, maka waiters yang baik akan mengerjakannya sekaligus dalam satu perjalanan daripada melakukannya satu-persatu.
  • Seorang waiters atau waitress yang baik harus pintar mengatur waktunya dengan baik. Catat waktu ketika kamu mengambil pesanan dari tamu, lalu beritahu tamu berapa lama mereka harus menunggu pesanannya dihidangkan.
  • Bergeraklah dengan cepat tanpa berlari dan pertahankan kecepatan yang stabil agar menjaga semuanya berjalan lancar.
  • Antisipasi permintaan tamu. Artinya, waiters perlu mengetahui beberapa permintaan yang sering diminta oleh tamu, agar bisa mengantisipasinya lebih awal.
  • Setelah tamu meninggalkan mejanya, waiters yang baik baru akan mengangkat gelas dan piring kotornya. Karena, jika meja dibersihkan sebelum tamu meninggalkan mejanya, terkesan seperti mengusir.
  • Ketika tamu sudah beranjak pergi, jangan lupa selalu ucapkan terima kasih dan mengharapkan tamu agar datang kembali di lain waktu.
  • Ketika restoran sedang sepi, biasakan jangan sibuk dengan urusan sendiri seperti main handphone, mengobrol, dan sebagainya. Isi waktu luang dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti menyapu, mengepel, mengisi ulang saos sambal di botol, dan sebagainya.

Tentunya dengan beberapa cara ini akan membuat kamu bernilai lebih di hadapan atasan kamu. Jadi, tidak hanya tamu yang senang dengan kinerja kamu, tapi atasan kamu juga akan puas dengan kinerja kamu. Dan, kamu bisa memperoleh banyak tips dari tamu serta bonus dari atasan kamu. 🙂

Ketentuan Penampilan Waiters

Sebagai pekerjaan yang bergerak di bidang jasa, waiters dan waitress sangat perlu memperhatikan penampilannya, sehingga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan untuk tamu.

waiter

Nah, jadi apa aia sih yang perlu dipersiapkan untuk memberikan penampilan yang terbaik bagi tamu? Berikut penjelasannya genks :

  1. Kebersihan Badan

Kebersihan badan haruslah menjadi bagian utama yang perlu diperhatikan. Jika, waiters atau waitress kotor akan langsung merusak pelayanan kepada tamu. Sebaiknya, waiters atau waitress mandi minimal 2 kali sehari.

2. Kebersihan Kulit

Selain kebersihan badan, waiters juga perlu menjaga kesehatan dan kesegaran kulitnya lho. Caranya dengan banyak minum, makan buah-buahan, dan cukup tidurnya. Saat waiters mengalami penyakit kulit harus segera diperiksakan ke dokter agar cepat sembuh dan bisa melayani tamu kembali.

3. Kebersihan Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang terutama wanita, sehingga perlu dijaga kebersihan dan kerapiannya. Caranya dengan mencuci rambut dengan shampoo dalam waktu tertentu, hempaskan rambut dari kutu dan ketombe, gunakan minyak rambut lalu sisir dengan rapi, dan jangan memegang rambut atau kepala saat melayani tamu.

4. Kebersihan Kumis dan Jenggot

Memelihara kumis dan jenggot dilarang sama sekali karena akan berdampak pada pelayanan yang diberikan kepada tamu.

5. Kebersihan Tangan dan Kuku

Kebersihan tangan dan kuku harus selalu terjaga demi terjaminnya kebersihan pelayanan yang akan diberikan kepada tamu, sebaiknya tidak memanjangkan kuku karena khawatir kotoran akan mudah masuk ke dalam selaan kuku, selepas merokok atau dari toilet harus mencuci tangan, serta hindari mencat kuku.

6. Kebersihan Mulut dan Gigi

Bagian ini sering dianggap remeh dan disepelekan, padahal kebersihan gigi dan mulut merupakan bagian terpenting, karena waiter atau waitress akan berhadapan langsung dengan beberapa tamu, rekan kerja, maupun atasan. Jadi, perlu menyikat gigi 3 kali sehari serta menggunakan mouthwash untuk kumur-kumur.

7. Kebersihan Kaki, Kaus Kaki, dan Sepatu

Kebersihan kaki, kaus kaki, dan sepatu harus dijaga dengan cermat. Penggunaan kaus kaki yang jarang diganti akan menimbulkan aroma busuk. Jadi, untuk menghindari aroma busuk dari kaki, sebaiknya menggunakan bedak tabur pada telapak kaki agar sepanjang hari kaki tetap segar meskipun banyak berjalan atau berdiri, dan hindari sepatu yang ujungnya lancip karena akan membuat mudah lelah.

8. Emas dan Perhiasan

Waitress dilarang menggunakan perhiasan yang mencolok perhatian saat sedang bekerja, seperti anting-anting atau ear rings.

9. Kebersihan Pakaian Seragam

Perusahaan yang baik akan selalu memperhatikan seragam karyawannya dalam rentang periode tertentu karena dianggap sebagai cerminan kebonafitan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, seragam sebaiknya digunakan hanya saat bekerja, dan dirawat dengan baik agar selalu rapi dan bersih.

10. Tattoo

Tato yang mudah terlihat oleh tamu seperti di bagian betis, lengan, leher, wajah, tidak diperbolehkan. Jadi, kalau kamu ingin menjadi waiter atau waitress jangan menggunakan tato yaa.

11. Make Up

Untuk waitress menggunakan make up adalah hal yang wajib agar menjaga penampilannya selalu terlihat menarik dan fresh. Tapi, tetap tidak boleh menggunakan make up secara berlebihan serta pemilihan warna lipstik harus yang lembut dan tidak menor.

Sikap dan Perilaku Waiters

Sebagai seorang waiters atau waitress harus bisa menjaga sikap dan perilakunya dengan cara selalu bersikap siap siaga, ramah, selalu tersenyum, dan menjaga penampilan selalu rapi.

waiterss

Waiters juga perlu memiliki gaya bicara yang bisa menarik agar lawan bicara mau mendengarkannya. Jika perlu, gunakan mimik wajah dan gerakan tangan.

Saat sedang melakukan percakapan dengan tamu, perlu melakukan sikap badan yang dapat menimbulkan daya tarik lawan bicara agar bisa menghidupkan suasana dan membangun keakraban.

Dan, yang terpenting dari semua hal yang sudah disebutkan di atas adalah sopan santun.

Persiapan Pelayanan Waiters

Ternyata menjadi seorang waiters atau waitress tidak hanya menyiapkan hidangan untuk disajikan aja lho, tapi ada beberapa persiapan besar lainnya yang tidak kalah penting dari pekerjaan utamanya tersebut.

waiterrss

Apa aja sih persiapan yang dilakukan waiters atau waitress agar pelayanannya lancar jaya? Berikut ini pembahasannya.

  1. Persiapan Fisik

Persiapan fisik ini penting dilakukan sebelum waiters atau waitress melakukan pekerjaannya. Persiapan fisik yang dilakukan meliputi; berpakaian rapi; menampilkan wajah yang ceria; sopan dan ramah; dan sehat jasmani.

2. Persiapan Mental

Selain persiapan fisik, waiters dan waitress perlu melakukan persiapan mental agar saat bekerja bisa maksimal, penuh percaya diri, dan konsentrasi. Saat memiliki masalah, waiters dan waitress harus tetap bisa bekerja secara profesional agar perhatian dan konsentrasinya tetap pada pekerjaan.

3. Persiapan Alat Bantu

Sebelum memulai bekerja, persiapkan beberapa alat bantu yang akan digunakan selama bekerja, seperti alat tulis, peralatan makan dan minum, dan peralatan penyajian makanan dan minuman.

Posisi Waiters

Berikut beberapa posisi waiters yang perlu kamu ketahui, di antaranya adalah :

  • Greeter : bertugas untuk menyambut tamu saat pertama kali datang dan mengarahkan tempat duduk yang akan ditempati oleh tamu.
  • Taking order : bertugas untuk menjual aneka makanan dan minuman yang tersedia di menu kepada tamu, mulai dari makanan dan minuman yang promo sampai makanan dan minuman favorit.
  • Food Checker : bertugas untuk menangani captain order yang diserahkan ke dapur lalu mengontrol makanan dan minuman sebelum menyajikannya di atas meja tamu.
  • Runner : bertugas untuk membantu food checker lalu mengantar pesanan makanan dan minuman ke meja tamu.

Demikianlah pembahasan mengenai Waiters dan Waitress. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi waiters atau waitress profesional.

Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Leave a Comment