Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Rekomendasi Aplikasi Terbaik Cek data BST

Rekomendasi Aplikasi Terbaik

Pemerintah kembali memutuskan untuk melanjutkan beberapa program bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di tahun 2021 ini, salah satunya adalah Bantuan Sosial Tunai (BST).

Tujuan diberikannya bansos tidak lain merupakan salah satu program perlindungan sosial demi membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akibat badai Covid-19 yang melanda Indonesia.

Bantuan Sosial Tunai (BST) diberikan selama 4 bulan, terhitung mulai bulan Januari hingga April 2021 mendatang. Besaran total dana bansos yang akan didapatkan oleh setiap KK sebanyak Rp. 1,2 juta.

Kementerian Sosial telah menyiapkan website serta aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk mengecek apakah dirinya menjadi penerima bantuan sosial atau tidak.

Tujuan membuka data daftar penerima bansos merupakan jalan untuk menuju transparasi penyaluran agar masyarakat pun bisa saling mengawasi.

Jika misalnya ditemukan penerima bantuan sosial yang tidak sesuai, mereka bisa langsung protes dan melaporkannya ke aparat setempat.

Cara Mengecek sebagai Calon Penerima Bansos

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah nama kamu tertera sebagai calon penerima bansos atau tidak :

1. Melalui Aplikasi

Cara yang kedua dengan menggunakan aplikasi SIKS-Dataku.

Dilansir dari https://pusdatin.kemensos.go.id/, Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) merupakan sistem informasi yang terdiri dari beberapa komponen, mulai dari pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan penyimpanan data kesejahteraan sosial yang dilakukan secara tersusun dan berkesinambungan.

Melalui aplikasi ini, diharapkan beragam program bantuan sosial tepat sasaran sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), data kemiskinan yang telah divalidasi dan diverifikasi oleh Kemensos bersama aparat berwenang.

Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk menghasilkan rangkuman data (resume) seperti rekapitulasi. Tampilan aplikasi ini bisa menampilkan data hasil perbaikan atau pengusulan yang dilakukan oleh operator di aplikasi berfundamen offline dan memprosesnya lebih lanjut sampai menghasilkan data yang telah diperbaiki (generate) Surat Pengesahan Dinas Sosial setempat langsung di sistem aplikasi.

Lebih lanjut, hasil update setiap daerah bisa langsung diunduh file-nya setelah selesai tahap finalisasi untuk masing-masing periode. Selain itu, pemindahan rumah tangga antar wilayah dalam satu kabupaten atau kota juga bisa dilakukan.

Aplikasi ini bisa kamu unduh di Playstore dengan mengetik “SIKS-Dataku” lalu klik “Install atau Pasang”.

Adapun langkah-langkah yang perlu kamu ikuti sebagai berikut :

  • Buka aplikasi SIKS-Dataku yang telah kamu download sebelumnya di Playstore.
b
  • Selanjutnya klik kolom “Cek Bansos”.
  • Pilih identitas yang kamu miliki, misalnya NIK KTP, ID DTKS/ BDT, Kartu Sembako/ BPNT, atau Nomor Peserta PKH).
  • Selanjutnya masukkan nomor kartu identitas yang kamu pilih.
  • Klik kotak “Saya Bukan Robot” hingga muncul simbol ceklis.
c
Sulaiman Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *