Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas F4

Kertas merupakan salah satu benda wajib yang harus selalu ada baik itu di sekolah maupun di perkantoran serta memiliki segudang manfaat bagi penggunanya.

Kertas F4 cukup populer di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Kebanyakan kertas F4 digunakan untuk mencetak dokumen, bisnis photocopy, maupun mengetik. Kertas F4 sering juga disebut dengan kertas Folio.

Beberapa ukuran kertas memiliki standar ISO untuk mengatur ukuran lembaran kertas yang digunakan sebagai alat tulis, kertas untuk menulis, kartu, dan beberapa pencetak dokumen (Wikipedia).

Ukuran kertas internasional yang memiliki standar ISO seperti kertas A, B, C, dan R beserta turunannya seperti ukuran kertas A0, A1, A2, A3, A4, dan seterusnya.

Namun, ukuran kertas F4 tidak memiliki standar ISO seperti ukuran kertas lainnya. Hal inilah yang membuat kertas F4 sering menjadi masalah dalam dunia percetakan dan pengetikan karena ukurannya yang tidak ada dalam sistem Microsoft Office, Corel Draw, maupun Photoshop.

Jadi, kamu jangan heran saat ingin mencetak di kertas F4 tapi tidak ada pilihan ukurannya di dalam Microsoft Office. Permasalahan ini bukan berarti akhir dari segalanya genks. Kamu tetap bisa mencetak dokumen di kertas F4 dengan cara mengaturnya secara manual.

Lalu bagaimana cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Office? Simak terus sampai selesai yaa genks!

Ukuran Kertas F4 dalam Berbagai Satuan

Ukuran kertas F4 tersedia dalam beberapa satuan ukuran. Biasanya satuan ukuran yang digunakan adalah milimeter (mm). Beda lagi dalam Microsoft Office satuan ukuran yang digunakan adalah centimeter (cm) dan inch.

Ada beberapa produsen kertas F4 seperti PaperOne yang menggunakan ukuran 21.6 cm x 33 cm. Perbedaan ukuran ini tidak terlalu signifikan, hanya selisih 0.5 sampai 0.6 cm saja, sehingga tidak akan menjadi masalah.

Dengan beragamnya produsen kertas, tentu akan memiliki standar pengukuran yang berbeda-beda. Tapi, tetap tidak mengurangi standar ukuran kertas F4 yaitu 21.6 cm x 33 cm dan jika ada selisih hanya sedikit saja.

ukuran kertas f4
ukuran kertas f4
Jenis KertasSatuan CMSatuan MMSatuan InchiSatuan Pixel
F421.5 x 33215 x 3308.5 x 132539 x 3898

Dalam satuan pixel akan sangat dipengaruhi pada besaran DPI yang akan kamu gunakan. Semakin besar DPI yang akan kamu gunakan, maka semakin besar pula satuan pixel-nya dan begitupun sebaliknya.

Cara Mengatur Kertas F4

Setiap jenis kertas pastinya memiliki ukuran yang berbeda-beda, sehingga kamu perlu mengaturnya terlebih dahulu agar proses mulai dari mengetik hingga mencetak tidak berantakan dan membuang-buang waktu kamu.

Jika di dalam aplikasi Microsoft Office kamu (Word atau Excel) belum tersedia ukuran kertas F4, kamu perlu mengaturnya secara manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

  1. Buka Microsoft Word atau file yang ingin kamu edit.
  2. Klik Menu Page Layout lalu kemudian klik Size.
  3. Selanjutnya akan muncul pop up pilihan baru, kamu tinggal klik More Paper Sizes.
Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

4. Lalu akan muncul pop up pilihan menu lagi, klik Paper lalu pada bagian Paper Size pilih Custom size dan isi width sesuai ukuran kertas F4 yaitu 21.5 cm dan Height-nya 33 cm.

Cara Mengatur Kertas F4 di Microsoft Word

5. Jika kamu ingin mengaplikasikan ukuran kertas F4 pada seluruh kertas dalam file kamu, maka kamu pilih Whole document.

6. Terakhir, kamu tinggal klik OK.

7. Voilaaa, ukuran kertas F4 sudah bisa digunakan.

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel

Cara mengatur ukuran kertas F4 di Microsoft Excel sedikit lebih berbeda dari Microsoft Word. Pengaturan ukuran kertas F4 di Microsoft Excel bisa saja berbeda tergantung dari versi berapanya Microsoft Office yang terinstall di laptop atau PC kamu.

Hal kedua yang perlu diperhatikan selain versi Microsoft Office, pastikan bahwa laptop atau PC kamu sudah terkoneksi dengan Printer, sehingga kamu bisa mengubah ukuran kertas F4 dari Printer.

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti jika Microsoft Office kamu versi 2019 :

  1. Buka Microsoft Excel atau file yang ingin kamu edit.
  2. Klik Page Layout lalu kemudian klik Size.
  3. Selanjutnya akan muncul pop up pilihan baru, kamu tinggal klik More Paper Sizes.
Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel

4. Ketika muncul pop up menu baru, klik Page.

5. Pada bagian Paper size, scroll sampai kamu menemukan Folio.

6. Lalu Klik OK.

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Excel

7. Dan voilaaa, kamu sudah bisa mengetik atau mencetak dokumen di kertas folio atau F4 deh.

Namun, jika di Paper Size kamu tidak menemukan ukuran kertas Folio, kamu tidak perlu khawatir. Kamu hanya perlu melanjutkan beberapa langkah seperti ini.

  1. Setelah mengikuti beberapa langkah yang di atas, klik Options..
Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel 1

2. Ketika muncul Pop Up Menu baru, klik Paper lalu di bagian Original Size scroll ke paling bawah sampai kamu menemukan Edit.

3. Akan muncul Pop Up Menu baru (Custom Paper Size Settings).

4. Lalu isi bagian Width 215 mm dan Height 330 mm. Jangan lupa juga untuk mengisi F4 di bagian Custom Name.

5. Terakhir, klik OK.. dan voilaaaa jadi deh ukuran kertas F4 di Microsoft Excel kamu.

Jenis Kertas F4

Secara umum kertas F4 atau kertas folio ada 2 jenis, yaitu kertas folio polos dan kertas folio bergaris.

  1. Kertas Folio Polos

Kertas folio polos banyak digunakan untuk keperluan surat-menyurat, mencetak dokumen, atau fotokopi.

2. Kertas Folio Bergaris

Sedangkan kertas folio bergaris banyak digunakan untuk siswa mengerjakan tugas dari guru atau menulis surat lamaran pekerjaan yang ditulis tangan.

Fungsi Kertas F4

Kertas F4 sangat banyak digunakan baik dalam dunia percetakan, dunia pendidikan, maupun dunia pekerjaan. Mulai dari mengetik dokumen menggunakan kertas F4 sampai mencetak dokumen tersebut.

Banyak kegiatan yang memerlukan kertas F4 sebagai bahan untuk mengerjakan laporan kegiatan kerja, lembar kerja, formulir kegiatan, dll.

Karena ukuran kertas F4 yang cukup besar, tak jarang banyak guru-guru yang memberikan tugas kepada muridnya dengan menggunakan kertas F4 atau kertas folio sehingga bisa memuat lebih banyak tulisan daripada mengerjakannya di buku tulis biasa.

Tips Memilih Kertas F4 Terbaik

Saat kamu lebih sering menggunakan kertas F4 sebagai alat tulis kamu, sebaiknya pilihlah yang memiliki kualitas yang bagus sehingga dapat digunakan secara maksimal dan nyaman digunakan dalam berbagai hal.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin memilih kertas F4 :

  • Merk Kertas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah survei beberapa merk kertas ternama dan memiliki kualitas yang bagus di pasaran.

Pastinya, setiap merk yang ditawarkan akan beragam juga variasi harganya sesuai dengan bahan yang digunakan untuk membuat kertas, biaya produksi, dan pengiriman.

  • Gramasi Kertas

Berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dari segi gramasi atau disebut juga GSM. Terdapat beberapa ukuran gramasi yang ada di pasaran dan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Biasanya GSM kertas yang banyak digunakan toko adalah 70 GSM, tetapi ada juga yang menggunakan 60 GSM atau 80 GSM.

Gramasi kertas 60 sampai 70 GSM umumnya digunakan untuk fotokopi, sedangkan gramasi kertas 80 GSM digunakan untuk mencetak dokumen.

  • Warna dan Bahan

Kertas F4 memiliki beragam varian warna, seperti hijau, kuning, merah muda, biru, dan putih. Biasanya kertas F4 yang sering digunakan adalah warna putih karena relatif lebih murah dibandingkan kertas F4 berwarna lainnya.

Perbedaan Ukuran Kertas F4 dengan Kertas Legal

Banyak orang yang menyamakan antara kertas F4 dengan kertas legal. Padahal kenyataannya terdapat perbedaan dari sisi panjang kertas keduanya.

Walaupun perbedaan ukuran kertas F4 dan kertas legal tidak jauh berbeda, tapi akan jadi masalah ketika kamu mengatur kertas dokumen keinginan kamu pada kertas F4 sedangkan pengaturan di Microsoft Office kamu memilih kertas legal.

Hasilnya pasti saat kamu mengetik dokumen maupun kamu mencetak dokumen tersebut akan berantakan jika kamu tidak mengatur ukuran kertas sebelumnya.

Dalam Microsoft Office, ukuran kertas legal adalah 21.59 cm x 35.56 cm dan memiliki selisih sekitar 2.54 cm dengan ukuran kertas F4 yang artinya kertas legal lebih panjang daripada kertas F4.

Perbedaan Kertas F4 dengan Kertas Legal

Oleh karena itu, perlu ketelitian saat akan menggunakan kertas F4 agar tidak membuang-buang waktu serta energi karena beberapa percetakan juga masih awam dengan jenis kertas F4.

Demikianlah pembahasan mengenai Ukuran Kertas F4. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yaah genks!

Dira Lee Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.