Kegiatan Perjusa SD

Hai Readers!

Siapa yang belum tau apa itu perjusa SD? Terus kegiatan apa saja sih yang biasanya dilakukan dalam perjusa SD? Kalau belum tau dan kamu penasaran, stay tunned ya! Karena disini kita bahas dengan santai saja tapi pastinya bermanfaat. Let’s go!

 

Apa itu Perjusa SD?

Perjusa adalah singkatan dari Perkemahan Jumat Sabtu. Ini merupakan salah satu kegiatan dari ekstrakulikuler di mana siswa-siswa Sekolah Dasar (SD) mengadakan perkemahan biasanya dilakukan di tempat-tempat terbuka seperti lapangan atau hutan, dan perjusa ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti belajar kegiatan alam, olahraga, permainan, dan kegiatan lainnya yang pastinya untuk mengembangkan rasa berani, kemandirian, dan kerjasama antar siswa.

 

Kegiatan yang dilakukan Dalam Perjusa SD

Di dalam perjusa SD, berbagai kegiatan yang seru yang dilakukan biasanya  untuk memberikan pengalaman yang beragam dan pastinya menyenangkan kepada siswa. Nah, ini beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan dalam perjusa SD.

1. Permainan dan Aktivitas Outbound

Kegiatan ini termasuk permainan kelompok, permainan rintangan, dan aktivitas lainnya yang dirancang untuk membangun atau melatih kerjasama antar siswa dan kepercayaan diri mereka.

2. Pendakian atau Hiking

Mengajak siswa untuk menjelajahi alam sekitar dengan berjalan-jalan di alam terbuka untuk melihat alam yang ada dan berguna untuk meningkatkan keterampilan bertahan hidup.

3. Pembelajaran Alam

Menggunakan lingkungan sekitar sebagai sarana untuk pembelajaran, khususnya untuk mengenali flora dan fauna, dan memahami pentingnya menjaga lingkungan.

4. Kegiatan Seni dan Kerajinan

Kegiatan menciptakan karya seni dari bahan-bahan alam, membuat siswa menjadi lebih kreatif lagi dengan memanfaatkan daun, batu, atau kayu.

5. Pertunjukan Bakat

Memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki bakat dan mereka bisa tampil dengan bakat mereka seperti bernyanyi, menari, atau berakting, dan kegiatan ini berguna untuk membangun kepercayaan diri mereka.

Baca Juga  Kegiatan Penanaman Pohon Di Sekolah

6. Pendidikan Lingkungan

Melakukan kegiatan menjaga alam seperti penanaman pohon, pembersihan sungai, atau kegiatan lain yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan.

8. Kegiatan Malam

Ini merupakan salah satu kegiatan seru dari perjusa di mana para siswa akan membuat api unggun sambil membuat acara hiburan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kegembiraan.

 

Setelah penjelasan diatas readers bisa melihat, perjusa di Sekolah Dasar (SD) memberikan pengalaman belajar yang berharga dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu, perjusa juga memberikan dan menciptakan kenangan berharga untuk selalu di kenang.

Jadi readers, perjusa bukan hanya cuma kegiatan rekreasi, tetapi juga merupakan bagian dalam pembentukan karakter dan perkembangan siswa. Bye, readers!

Leave a Comment