Tugas Utama Kepala Sekolah

Hai semuanya! Kalian pernah kepikiran nggak sih, apa sih sebenernya tugas utama kepala sekolah di sekolah kita? Kalian salah jika pekerjaan kepala sekolah hanya duduk saja, tetapi memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga kedisiplinan sekolah. Nah, di artikel ini kita bakal membahas tentang hal itu!

 

Tugas Penting Kepala Sekolah

Selain bertugas untuk bertanggung jawab, mengarahkan atau mengelola seluruh kegiatan di sekolah, berikut ini beberapa tugas lainnya yaitu :

Pengelolaan Administrasi :

Kepala sekolah harus mengurus semua urusan administratif di sekolah, mulai dari pengelolaan dana sekolah, rekrutmen staf, sampai pemeliharaan fasilitas sekolah.

Pembinaan dan Pengembangan Guru:

Mereka juga bertugas memastikan staf pengajar di sekolah terus berkembang dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Ini bisa lewat pelatihan, supervisi, atau pengembangan kurikulum.

Pembinaan Siswa:

Kepala sekolah juga bertanggung jawab untuk memastikan kesejahteraan dan perkembangan siswa di sekolah. Mereka harus menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung pertumbuhan akademik.

Hubungan dengan Stakeholder:

Salah satu tugas penting kepala sekolah adalah menjalin hubungan baik dengan stakeholder, mereka juga harus mengkomunikasikan visi dan misi sekolah.

Manajemen Krisis:

Ketika ada masalah atau krisis di sekolah, kepala sekolah harus siap mengambil tindakan cepat dan tepat untuk menyelesaikannya. Mereka juga harus bisa menjaga ketenangan dan memastikan keamanan.

 

Intinya, tugas seorang kepala sekolah itu banyak banget, tapi mereka nggak cuma jadi bos di sekolah, tapi juga jadi mentor, pemimpin, dan pahlawan bagi seluruh komunitas sekolah. Sekian dari artikel ini, semoga kalian dapat memahami dengan jelas dari tugas kepala sekolah!

Baca Juga  Perbedaan Skk dan Sku

Leave a Comment