Kegiatan Jumat Bersih SMK

Hai semua, apa kabar? Pasti sudah tak asing lagi dengan kegiatan rutin setiap Jumat, ya? Iya, Jumat Bersih! Hari di mana semua warga sekolah bergotong-royong membersihkan lingkungan sekolah. Mari simak keseruan dan manfaat yang bisa diperoleh di balik kegiatan ini, Let’s go!

Apa Sih Kegiatan Jumat Bersih Di Sekolah?

Jumat Bersih merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di banyak sekolah untuk membersihkan lingkungan sekolah dan menanamkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan. Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap hari Jumat, di mana semua siswa dan staf sekolah atau warga sekolah berpartisipasi dalam membersihkan area sekolah. Nah, ini dia beberapa kegiatan yang umum dilakukan selama Jumat Bersih di sekolah:

1. Pembersihan Area Sekolah

Para warga sekolah membersihkan halaman sekolah, lorong-lorong, ruang kelas, dan area-area lainnya dari sampah dan kotoran.

2. Penyiraman Tanaman

Jika sekolah memiliki taman atau area hijau, biasanya dilakukan kegiatan penyiraman tanaman untuk menjaga keindahan dan kesehatan tanaman.

3. Pembersihan Toilet

Siswa dan staf juga membersihkan dan merapikan toilet sekolah agar tetap bersih dan pastinya supaya nyaman digunakan.

4. Pengumpulan Sampah Plastik

Ada juga kegiatan pengumpulan sampah plastik, di mana siswa dan staf mengumpulkan sampah plastik yang tersebar di sekitar sekolah untuk didaur ulang atau dibuang dengan benar.

5. Penghijauan

Terkadang, dalam rangka Jumat Bersih, juga dilakukan kegiatan penanaman pohon atau penghijauan area sekolah untuk meningkatkan keindahan lingkungan dan sejuk.

Tujuan Jumat Bersih

Pasti bukan tanpa alasan kenapa di sekolah ada kegiatan Jumat Bersih karena kegiatan Jumat Bersih di sekolah memiliki beberapa tujuan utama yang menjadi landasan bagi pelaksanaannya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai tujuan-tujuan utama dari kegiatan Jumat Bersih:

Baca Juga  Ekstrakurikuler English Club

1. Membangun Lingkungan Sekolah yang Bersih dan Nyaman

Dengan membersihkan lingkungan sekolah secara rutin, diharapkan lingkungan belajar menjadi lebih nyaman bagi siswa dan staf.

2. Membangun Kesadaran Lingkungan

Melalui kegiatan ini, siswa dan staf diajak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar mereka dan menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan dan kenyamanan bersama.

3. Mengajarkan Nilai Tanggung Jawab

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan Jumat Bersih, siswa belajar untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan mereka sendiri dan memahami bahwa setiap individu memiliki peran dalam menjaga kebersihan lingkungan.

4. Membangun Keterampilan Kerjasama

Kegiatan ini juga merupakan kesempatan bagi siswa dan staf untuk belajar bekerja sama dalam sebuah tim untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Jadi, Jumat Bersih bukan hanya soal membersihkan, tapi juga tentang membangun sikap peduli dan tanggung jawab terhadap lingkungan kita. Yuk, jaga kebersihan lingkungan setiap hari, bukan hanya di Jumat saja. Jangan lupa, kebersihan dimulai dari kita sendiri, ya! See you…

Leave a Comment