Front of House : Perbedaan Front of House dan Back Of House, Tugas, Bagian, dan Hal yang Perlu diperhatikan.

Front of House (FOH) adalah area di dalam sebuah tempat usaha seperti restoran, hotel, atau tempat hiburan yang bertujuan untuk melayani pelanggan. Area ini seringkali berada di depan atau di depan pintu masuk, dan berhubungan langsung dengan pelanggan.

Front of House mencakup berbagai area, seperti meja dan kursi untuk tamu, bar, ruang penyimpanan dan penerimaan barang, tempat parkir mobil atau sepeda, dan kamar mandi umum. FOH juga mencakup staf yang bertugas melayani pelanggan seperti pelayan, bartender, resepsionis, atau petugas kebersihan.

Front of House menjadi area yang sangat penting bagi sebuah usaha karena menjadi tempat pertama yang dilihat oleh pelanggan dan berperan dalam memberikan kesan awal bagi pelanggan tentang kualitas dan layanan dari sebuah usaha. Oleh karena itu, perusahaan biasanya sangat memperhatikan FOH untuk memberikan pengalaman yang memuaskan dan membangun kepercayaan dengan pelanggan.

Perbedaan Front of House(FOH) dan Back Of House(BOH)

Front of House(FOH) dan Back Of House(BOH) merupakan singkatan yang sering digunakan dalam industri perhotelan dan restoran. FOH atau Front of House merujuk pada area yang terlihat oleh tamu dan tempat pelanggan menerima layanan, sedangkan BOH atau Back of House adalah area yang tidak terlihat oleh tamu dan biasanya berfungsi sebagai dapur atau ruang penyimpanan.

Perbedaan antara Front of House dan Back Of House adalah sebagai berikut :

Area yang terlihat

Front of House adalah area yang terlihat oleh tamu dan berfungsi untuk memberikan pengalaman layanan yang baik bagi pelanggan. Back Of House, di sisi lain, adalah area yang tidak terlihat oleh tamu dan berfungsi untuk mendukung operasional bisnis seperti dapur, gudang, dan ruang penyimpanan.

Pekerjaan yang berbeda

Karyawan yang bekerja di Front of House bertanggung jawab untuk memberikan layanan langsung kepada pelanggan, seperti melayani makanan dan minuman, memberikan rekomendasi, atau menjawab pertanyaan. Karyawan Back Of House, di sisi lain, biasanya bertanggung jawab untuk mempersiapkan makanan dan minuman, membersihkan peralatan dapur, dan mengelola persediaan.

Interaksi dengan tamu

Karyawan Front of House berinteraksi langsung dengan tamu dan berfungsi sebagai wakil perusahaan. Oleh karena itu, karyawan Front of House perlu memiliki keterampilan komunikasi dan pelayanan pelanggan yang baik. Karyawan Back Of House, di sisi lain, biasanya tidak berinteraksi langsung dengan tamu dan lebih fokus pada tugas-tugas yang terkait dengan operasional bisnis.

Baca Juga  Deep Cleaning : Manfaat, Alat dan Bahan, Proses, Tips dan Trik Deep Cleaning

Posisi dan tanggung jawab

Posisi yang tersedia di Front of House dan Back Of House berbeda-beda dan memiliki tanggung jawab yang berbeda. Di Front of House, posisi yang tersedia dapat meliputi manajer restoran, pelayan, bartender, dan resepsionis. Di Back Of House, posisi yang tersedia dapat meliputi koki, staf dapur, dan staf gudang.

Dalam bisnis perhotelan dan restoran, Front of House dan Back Of House memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pengalaman layanan yang baik bagi pelanggan dan menjalankan operasional bisnis yang efektif. Kedua area ini saling mendukung untuk mencapai tujuan bisnis yang sama.

Tugas Front of House

Tugas Front of House (FOH) di dalam industri perhotelan dan restoran meliputi:

  • Menyambut tamu : Front of House bertanggung jawab untuk menyambut tamu dengan ramah dan mengarahkan mereka ke meja yang tersedia.
  • Melayani tamu : Karyawan Front of House bertanggung jawab untuk melayani tamu dengan ramah dan membantu memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini termasuk mengambil pesanan makanan dan minuman, memberikan rekomendasi, dan menjawab pertanyaan tamu.
  • Memastikan kenyamanan tamu : Front of House bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tamu merasa nyaman selama berada di restoran atau hotel. Hal ini termasuk menjaga suhu ruangan yang nyaman, menyediakan perlengkapan seperti handuk basah atau selimut, dan memperhatikan kebutuhan khusus tamu seperti alergi makanan atau kebutuhan khusus lainnya.
  • Membuat reservasi : Front of House juga bertanggung jawab untuk mengatur reservasi tamu dan memastikan bahwa meja tersedia dan siap saat tamu tiba.
  • Menjaga kebersihan dan kerapian : Front of House juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapian area Front of House termasuk meja makan, lantai, dan kamar mandi umum.
  • Merancang dan mengatur dekorasi : Front of House memainkan peran penting dalam merancang dan mengatur dekorasi restoran atau ruang acara untuk menciptakan pengalaman tamu yang menyenangkan.
  • Mengelola pembayaran : Karyawan Front of House biasanya bertanggung jawab untuk mengelola pembayaran dan menyelesaikan transaksi dengan tamu. Mereka juga memastikan bahwa meja dan area makan bersih dan siap untuk tamu berikutnya.
  • Memastikan ketersediaan persediaan : Front of House memastikan bahwa persediaan termasuk makanan, minuman, dan perlengkapan restoran seperti peralatan makan dan piring selalu tersedia dan siap digunakan.
  • Menjaga kebersihan : Front of House juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area Front of House termasuk meja makan, lantai, dan kamar mandi umum.
  • Menjaga hubungan dengan tamu : Front of House juga harus menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan mengatasi keluhan atau masalah yang mungkin timbul selama pengalaman makan mereka.
  • Melatih karyawan baru : Front of House juga terkadang bertanggung jawab untuk melatih karyawan baru dalam tugas dan tanggung jawab mereka. Hal ini mencakup pelatihan dalam pelayanan pelanggan, manajemen reservasi, dan penggunaan sistem pembayaran.
  • Meningkatkan citra perusahaan : Front of House juga harus mempromosikan citra perusahaan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu dan menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan dan mengesankan.
Baca Juga  Mopping Adalah : Manfaat, Alat dan Bahan, Cara, Teknik, dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Tugas-tugas Front of House sangat penting dalam menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan dan mengesankan bagi tamu. Front of House harus selalu siap untuk memberikan layanan yang ramah, cepat, dan efektif untuk menjaga kepuasan pelanggan dan mempromosikan citra positif perusahaan.

Siapa Saja yang Terlibat di Bagian Front of House

Banyak orang yang terlibat di bagian Front of House (FOH), tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan. Berikut adalah beberapa posisi umum yang mungkin ada di Front of House:

  • Resepsionis : Mereka yang bertanggung jawab untuk menerima tamu dan mengatur reservasi.
  • Waiter/Waitress : Mereka yang bertanggung jawab untuk melayani tamu di meja makan.
  • Bartender : Mereka yang bertanggung jawab untuk melayani minuman dan mengelola bar.
  • Kasir : Mereka yang bertanggung jawab untuk mengelola pembayaran tamu dan mengatur transaksi.
  • Pengantar makanan : Mereka yang bertanggung jawab untuk membawa makanan dari dapur ke meja tamu.
  • Manajer Front of House : Mereka yang bertanggung jawab untuk mengelola staf Front of House dan memastikan bahwa semua operasi berjalan dengan lancar.
  • Pembawa acara : Mereka yang bertanggung jawab untuk menghibur tamu di tempat makan atau hotel.
  • Staf kebersihan : Mereka yang bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapian Front of House.
  • Staf teknologi : Mereka yang bertanggung jawab untuk mengelola peralatan teknologi seperti sistem pembayaran dan reservasi online.
  • Staf pemasaran : Mereka yang bertanggung jawab untuk mempromosikan bisnis dan menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan dan mengesankan bagi tamu.

Setiap posisi dalam Front of House memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman makan yang memuaskan bagi tamu. Ketika semua staf bekerja sama dengan baik, mereka dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan mengesankan bagi tamu, serta mempromosikan citra positif bisnis.

Baca Juga  Wrapping adalah : Manfaat dan Keuntungan, Jenis, Cara Kerja, dan Hal yang Harus Diperhatikan dalam Proses Wrapping

Hal yang Harus Ditekankan pada Front of House

Ada beberapa hal yang Harus Ditekankan pada Front of House (FOH) untuk menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan dan mengesankan bagi tamu, antara lain:

  • Tampilan dan kerapian : Front of House harus selalu terlihat bersih, rapi, dan menarik. Ini termasuk meja, kursi, peralatan makan, dan dekorasi. Semua staf Front of House juga harus memiliki penampilan yang sopan, rapi, dan profesional.
  • Pelayanan pelanggan : Staf Front of House harus ramah, sopan, dan membantu. Mereka harus siap memberikan saran, menjawab pertanyaan, dan menangani keluhan tamu dengan baik.
  • Ketersediaan dan kualitas makanan : Makanan harus tersedia dengan cepat dan selalu segar. Front of House harus memastikan bahwa pesanan tamu benar dan sesuai dengan permintaan.
  • Pengelolaan reservasi : Front of House harus mampu mengelola reservasi dengan baik, termasuk mengatur jadwal, menegaskan reservasi, dan mengatur ulang jika diperlukan.
  • Pengaturan pembayaran : Front of House harus memberikan informasi yang jelas tentang harga, pajak, dan layanan tambahan. Staf harus mampu mengelola pembayaran dengan cepat, akurat, dan sopan.
  • Pengelolaan keluhan : Front of House harus mampu menangani keluhan tamu dengan cepat dan efektif. Staf harus bersedia mendengarkan keluhan, meminta maaf, dan memberikan solusi yang memuaskan.
  • Pemeliharaan keamanan : Front of House harus memastikan keamanan tamu dan staf, termasuk memastikan bahwa bangunan dan peralatan aman dan terawat dengan baik.
  • Pengelolaan waktu : Front of House harus mampu mengelola waktu dengan baik, termasuk memastikan bahwa pesanan tamu diproses dengan cepat, reservasi diatur dengan benar, dan pembayaran diselesaikan dengan cepat.
  • Pelatihan staf : Front of House harus memberikan pelatihan yang memadai kepada staf untuk memastikan bahwa mereka siap dan mampu melaksanakan tugas mereka dengan baik.

Semua hal ini harus diperhatikan oleh Front of House untuk menciptakan pengalaman makan yang mengesankan dan menyenangkan bagi tamu dan memastikan bahwa bisnis dapat berjalan dengan sukses.

Leave a Comment