Apa itu Senat Mahasiswa? Berikut Penjelasan Dari Senat Mahasiswa…..

Halo Everyone!, selamat datang di artikel kali ini yang akan membahas tentang Apa itu Senat Mahasiswa? oke sebelum kita memasuki pembahasan tersebut semoga kalian dapat mengerti isi dari artikel ini yaa dan semoga bisa menambahkan wawasan kalian.

Artikel ini akan menyajikan perngertian dari Senat Mahasiswa, ada juga Fungsi dari Senat Mahasiswa itu apa saja, dan tugas tugas dari Senat Mahasiswa juga banyak ya teman teman, semoga kalian bisa mempelajari artikel ini dengan baik ya. Selamat membaca!

Apa itu Senat Mahasiswa?

Senat Mahasiswa suatu Organisasi Kemahasiswaan yang pembentukan Organisasi ini tercantum pada SK Mendikbud. Organisasi ini juga sama seperti Organisasi lainnya, adapun Senat Mahasiswa juga memiliki wewenang.

Senat Mahasiswa pada tingkat kampus memiliki wewenang untuk melakukan koordinasi dengan setiap SEMA (Senat Mahasiswa) pada tingkat Fakultas dalam ruang lingkup kampus tersebut. Senat juga sangat berhak untuk meminta laporan program kerjanya kepada DEMA (Dewan Mahasiswa) dengan pelaksanaan program kerjanya yang sudah selesai dikerjakan.

Apa Saja Fungsi dari Senat Mahasiswa?

Fungsi dari Senat Mahasiswa itu ada 3 fungsi utama dalam Senat Mahasiswa berikut adalah fungsi-fungsi dari Senat Mahasiswa:

 1. Pengawasan

Pengawasan yaitu fungsi utama dari Senat Mahasiswa. Fungsi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengawasi kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan pada lembaga pelaksana, semisal BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), dan lainnya.

Dalam organisasi ini akan terus melakukan pengawasan dengan bertujuan untuk penilaian kinerja sesama organisasi pelaksana. Dengan adanya pengawasan ini akan mempermudah untuk diketahui apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah disusun dalam program kerja ini.

 2. Legislasi

Legislasi yaitu Fungsi dari Senat Mahasiswa yang berkaitan dengan kewenangannya untuk membuat peraturan yang nantinya digunakan oleh Mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kemahasiswaan lainnya.

Baca Juga  Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah MTS

 3. Anggaran

Sesuai dengan fungsi di atas yaitu Anggaran, dimanapun itu tugas Senat Mahasiswa adalah mengelola dana yang berasal dari kampus yang diberikan kepada lembaga pelaksana untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan.

Senat juga memiliki hak untuk mengetahui rincian biaya dalam setiap penyelenggaraan kegiatan agar tidak ada perselisihan dalam soal anggaran yang sudah diberikan pihak kampus.

Apa Saja Tugas dari Senat Mahasiswa itu?

Sebelumnya sudah di jelaskan dalam perngertian Senat Mahasiswa itu apa, fungsi dari Senat Mahasiswa apa saja, dan terakhir sebelum penutup dari artikel yang sudah saya buat ini mau memberitahu Tugas Tugas dari Senat Mahasiswa itu apa saja, berikut beberapa tugas dari Senat Mahasiswa:

 A. Membentuk mahasiswa agar lebih kritis

Maksud dari membentuk mahasiswa agar lebih kritis yaitu agar memiliki karakter mahasiswa yang berwawasan luas, berpola pikir kreatif dan inovatif di dalam lingkungan kampus saat bertugas dalam senat mahasiswa.

 B. Menjadikan wadah untuk penyalurann minat dan bakat

Bagi mahasiswa yang menginginkan untuk mengembangkan minat dan bakat nya, lingkungan di dalam kampus memiliki Senat Mahasiswa yang bisa untuk menyalurkan minat dan bakat para mahasiswa, seperti Softskill dan hardskill para mahasiswa juga bisa dikembangkan oleh organisasi ini.

 C. Sebagai lembaga perwakilan mahasiswa

Senat Mahasiswa juga memiliki tugas menjadi koordinator dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan tetapi dalam beberapa kegiatan saja, seperti mengeluarkan pendapat dan saran kepada pihak yang sangat berkepentingan di kampus berkaitan juga dengan fungsi dan pencapaian dalam tujuan pendidikan nasional.

 D. Sebagai pembina kekeluargaan antar mahasiswa

Anggota senat juga berasal dari perwakilan mahasiswa dalam berbagai macam fakultas dan jurusan yang dimiliki oleh kampus tersebut. Dengan adanya pembina kekeluargaan antar mahasiswa itu untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan di dalam lingkungan kampus dan bisa membuat kerukuan di dalam kampun juga semakin meningkat.

Baca Juga  Menaksir Pramuka

 E. Menyampaikan aspirasi para mahasiswa

Dari tugas-tugas sebelumnya Senat Mahasiswa juga dapat menyalurkan minat dan bakat para mahasiswa, Senat Mahasiswa bisa untuk menyampaikan kritik dan saran para mahasiswa untuk kepada pihak kampus ataupun pemerintah. Aspirasi yang disampaikan biasa selalu menyangkut kepentingan banyak orang.

Demikian artikel yang berisi informasi mengenai Senat Mahasiswa. Bagi kamu yang merupakan mahasiswa. Jadi Senat Mahasiswa itu salah satu Organisasi di dalam kampus yang sangat bisa untuk anda ikut sertakan. Dengan begitu setidaknya kamu akan menjadi mahasiswa yang aktif dan baik di dalam perkuliahan maupun di luar perkuliahan.

Terimakasih sudah membaca dan memahami artikel diatas, semoga bisa menambahkan wawasan anda semakin luas. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

Leave a Comment