5 Contoh Kegiatan P5 SMP Kurikulum Merdeka 2024 dan Kumpulan Contoh Tema P5 SMP

Halo Everyone!, selamat datang di artikel kali ini yang akan membahas tentang Apa itu P5 dan nanti di akhir juga ada materi dari P5 itu apa saja dan ada beberapa kumpulan tema dari P5.

Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh kegiatan P5 untuk SMP Kurikulum Merdeka 2024 dan sudah terlengkapi pengertian P5, tujuan dari P5, contoh kegiatan P5 itu apa saja, dan ada banyak tema-tema P5 yang relevan. Semoga dapat membantu Teman-teman dan Selamat Membaca Artikel!!

Apa Pengertian P5?

Pengertian dari P5 yaitu Program Penguatan Potensi Peserta Didik di dalam Kurikulum Merdeka suatu projek berbasis kebutuhan di lingkungan masalah masyarakat atau siswa/siswi di sekolah, seperti yang sudah dikutipkan pada panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila di Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek.

Apa Saja Tujuan dari P5 itu?

Tujuan diadakannya P5 yaitu membuat lingkungan belajar yang mengikutsertakan siswa dalam hal apapun dan membuat setiap siswa bisa mencapai potensi terbaik dari masing masing siswa, berikut beberapa tujuan khusus dari P5 didalam Kurikulum Merdeka:

 A. Pencapaian Pembelajaran yang Optimal

Mendorong pencapaian hasil pembelajaran yang optimal bagi setiap siswa sesuai dengan potensi dan kemampuannya masing-masing, tanpa meninggalkan siapapun dari belakang.

B. Peningkatan Ketrampilan Hidup

Mendorong pengembangan keterampilan hidup (life skills) yang dibutuhkan oleh siswa untuk berhasil dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat.

C. Pengembangan Karakter Dalam Hidup

Mendukung pembentukan karakter dan kepribadian siswa yang berkualitas, termasuk aspek moral, etika, kepemimpinan, kerjasama, dan tanggung jawab sosial.

Selanjutnya contoh Tema dari Kegiatan P5 (Program Penguatan
Potensi Peserta Didik) SMP Dalam Kurikulum Merdeka 2024 yaitu:

1. Adanya Demokrasi

Masing masing dari siswa harus tahu dan memahami seberapa pentingnya demokrasi dan seluruh nya akan mengikuti kontribusi dalam hal apapun itu. Contoh: Pemilihan ketua kelas tetapi menggunakan cara dengan demokrasi.

Baca Juga  Pengambilan Seragam Sekolah

2. Bertema Teknologi dan Rekayasa

Dengan adanya tema ini bisa memiliki pola pikir yang berinovasi dengan siswa siswa yang lainnya dengan cara selalu mengembangkan atau menciptakan di dalam teknologi setiap permasalahan yang ada. Contoh: Mengadakan lomba di aplikasi mobile dengan tujuan untuk membantu pembelajaran siswa.

3. Bhinneka Tunggal Ika

Tema ini dibuat untuk siswa yang selalu diharapkan untuk selalu memahami dan menghargai keseluruh keberagaman yang ada di indonesia. Contoh: Diadakan proyek dokumenter yang di isi dengan seluruh tradisi budaya di lingkungan sekolah.

4. Anti-Bullying Lintas etnis

Didalam tema ini hampir semua membahas soal perundungan yang dialami oleh siswa, untuk tindak lanjut kita harus selalu menceritakan kronologi nya atas apa yang kita alami ke orang yang tepat untuk diceritakan hal penting tersebut.

Diadakannya proyek P5 ini nantinya akan menumbuhkan empati sesama manusia dan selalu mempersatukan rasa terhadap persatuan siswa lainnya.

5. Tema Kewirausahaan

Adanya tema kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dan menghadapi setiap masalah yang berada didalam pengembangan potensi ekonomi lokal tersebut. Contoh: Buat produk yang memiliki daya jual sangat meningkat.

Apa si Kesimpulan dari Kegiatan P5 itu?

Untuk pembahasan yang telah di sampaikan tadi, jadi Program Pengembangan Potensi Peserta Didik(P5) yaitu membuat pola pikir yang sangat berharga dalam arti pendidikan di SMP dan sangat berpengaruh besar bagi pendidikan selanjutnya.

Dengan adanya P5 ini membuat seluruh murid bisa berperan aktif, selalu melakukan hal hal lebih positif lainnya dan bisa memperluas wawasan masing masing siswa dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif. Akan tetapi adanya P5 ini juga membentuk pribadi yang sangat berani, bertanggung jawab dan selalu siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang nanti nya.

Baca Juga  Lomba Tingkat Nasional

Sekian dari artikel ini, terimakasih sudah membaca dan menyimak artikel ini dengan baik. Mohon maaf apabila ada penulisan kata yang kurang baik, semoga artikel tersebut bisa menambahkan wawasan anda secara luas!

 

Leave a Comment