Tanggung Jawab Kader RDS

Hai, teman-teman! Kali ini kita bakal bahas tentang tugas kader RDS di desa. Jadi, kader RDS itu sebetulnya punya peran yang gak kalah penting lho dalam menyambungin antara pemerintah desa sama warga. Yuk, kita cek apa aja tugas mereka! Let’s go…

Apa Itu Tugas Kader RDS?

Kader RDS (Rukun Dasa Swakarsa) merupakan bagian penting dalam struktur pemerintahan di tingkat desa. Tugas utama kader RDS adalah untuk memfasilitasi koordinasi antara pemerintah desa dengan masyarakat dalam pelaksanaan program-program pembangunan dan pelayanan publik. Mereka juga harus bertindak sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah desa dalam menyampaikan informasi dan menggerakkan partisipasi aktif warga dalam kegiatan kebersihan lingkungan, keamanan, dan sosial kemasyarakatan.

Seperti Apa Tanggung Jawab Kader RDS?

Sebagai seorang Kader Rukun Dasa Swakarsa atau disingkat Kader RDS, mereka memiliki tanggung jawab seperti:

Mengkoordinasikan Program Pembangunan

Kader RDS akan bertugas untuk mengkoordinasikan berbagai program pembangunan yang dilaksanakan di tingkat desa. Mereka juga akan bekerja sama dengan pemerintah desa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi proyek-proyek infrastruktur serta pengembangan ekonomi lokal.

Menyampaikan Informasi Kepada Warga

Sebagai penghubung antara pemerintah desa dan masyarakat, kader RDS berperan dalam menyampaikan informasi terkait kebijakan pemerintah, program-program sosial, serta kegiatan partisipatif yang melibatkan warga desa.

Mendorong Partisipasi Aktif Warga

Salah satu tugas kader RDS adalah untuk mendorong partisipasi aktif warga dalam berbagai kegiatan seperti kebersihan lingkungan, kampanye kesehatan, dan program sosial lainnya. Mereka juga akan memfasilitasi rapat-rapat dan pertemuan untuk merumuskan solusi atas masalah-masalah yang sedang dihadapi masyarakat.

Monitoring dan Pelaporan

Kader RDS juga akan bertanggung jawab untuk memantau pelaksanaan program-program desa serta melakukan pelaporan secara berkala kepada pemerintah desa tentang progres dan capaian yang telah dicapai.

Baca Juga  Kaur Perencanaan

Apa Pentingnya Peran Kader RDS?

Peran kader RDS sangat vital dalam menjaga keharmonisan dan kesejahteraan masyarakat desa. Mereka tidak hanya menjadi penghubung antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga sebagai agen perubahan yang memperjuangkan kepentingan bersama serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam pembangunan lokal.

Jadi, jangan pernah remehkan peran kader RDS, ya! Mereka adalah tulang punggung dalam membangun desa yang lebih baik! Yuk, mari kita dukung mereka. Terimakasih sudah membaca artikel ini, see you guys…

Leave a Comment