Keunggulan Jurusan Perkantoran

Siapa di sini yang punya jiwa kepemimpinan, dan punya ketertarikan dalam dunia administrasi? Kalau iya, berarti kalian mungkin cocok banget untuk masuk jurusan perkantoran.

Dalam artikel ini, kita bakal membahas segala keunggulan dan manfaat dari memilih jurusan perkantoran dan akan menyiapkan jawaban dari pertanyaan kalian tentang jurusan ini, sehingga bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk masa depan karirmu. Jadi, mari simak berikut ini!

 

Apa Saja Tugas Tugas Jurusan Perkantoran ?

Memiliki banyak tugas yang bermanfaat dari jurusan perkantoran, yaitu :

Administrasi dan Pengelolaan Dokumen :

Di sini kita bakal jadi master dalam mengurus segala dokumen dan administrasi kantor. Mulai dari mengelola surat-menyurat, membuat laporan, sampai mengatur jadwal rapat, semuanya bakal jadi tugas kita. Jadi, bisa dipastikan, kantor bakal jalan dengan lancar berkat keahlian kita!

Kemampuan Komunikasi dan Pelayanan :

Jurusan perkantoran juga melatih kita untuk jadi ahli dalam komunikasi dan pelayanan. Kita bakal belajar cara berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari atasan, rekan kerja, sampai dengan klien atau tamu yang datang ke kantor. Ini penting banget buat membangun hubungan yang baik dan profesional.

Keterampilan Teknologi dan Perangkat :

Di era digital kayak sekarang, kemampuan teknologi jadi sangat penting. Kita bakal belajar tentang penggunaan software kantor, seperti Microsoft Office, dan mungkin juga sistem manajemen dokumen yang lebih canggih. Jadi, siap-siap jadi ahli dalam mengoperasikan perangkat-perangkat kantor!

Perencanaan Acara dan Rapat :

Salah satu tugas seru dari jurusan perkantoran adalah merencanakan dan mengkoordinasikan acara-acara kantor dan rapat. Mulai dari merancang agenda, mengurus logistik, sampai menyiapkan ruangan, semuanya bakal jadi tanggung jawab kita. Bayangkan betapa keren dan berwarnanya hidup kita dengan banyaknya event.

Baca Juga  Perbedaan Staf dan Staff

Manajemen Waktu dan Prioritas :

Last but not least, jurusan perkantoran juga melatih kita dalam manajemen waktu dan prioritas. Dengan jadwal yang padat dan banyaknya tugas yang harus diselesaikan, kita bakal jadi ahli dalam mengatur waktu dan memprioritaskan pekerjaan. Jadi, nggak bakal kewalahan lagi deh!

 

Apa Keunggulan dari Jurusan Perkantoran ?

Berikut adalah keunggulan atau manfaat dari jurusan perkantoran, yaitu :

Kunci Kesuksesan Kantor :

Kita itu kayak mesin penggerak di balik kesuksesan kantor, gengs! Dengan mengatur administrasi, dokumentasi, dan berbagai urusan kantor lainnya dengan rapi, kita jadi pahlawan yang bikin segalanya berjalan lancar.

Kemampuan Multitasking :

Di jurusan perkantoran, kita belajar jadi master dalam multitasking. Bisa ngurus surat, bikin laporan, dan sambil melayani tamu sekaligus? No problem, kita bisa handle semuanya dengan tenang dan efisien!

Kemahiran Komunikasi dan Pelayanan :

Dalam jurusan perkantoran, kita nggak cuma belajar tentang administrasi, tapi juga tentang komunikasi yang efektif dan pelayanan yang ramah. Kita jadi ahli dalam berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari atasan, rekan kerja, sampai dengan klien.

Jadi Ahli Teknologi Kantor :

Kita nggak cuma jago dalam hal administrasi, tapi juga dalam mengoperasikan perangkat dan software kantor. Dengan kemampuan ini, kita bisa menjadi yang paling diandalkan dalam menghadapi berbagai tugas teknologi di kantor.

Pilihan Karir yang Luas :

Dengan keahlian dan pengalaman yang kita dapatkan dari jurusan perkantoran, pintu-pintu karir terbuka lebar untuk kita. Mulai dari menjadi asisten eksekutif, manajer administrasi, atau bahkan membuka usaha sendiri, semuanya bisa kita raih!

 

Di Tempat Perusahaan Seperti Apa untuk Juruan Perkantoran ?

Lulusan jurusan perkantoran memiliki peluang kerja yang luas di berbagai jenis perusahaan, yaitu :

Baca Juga  Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Perusahaan Multinasional :

Perusahaan multinasional biasanya memiliki struktur administrasi yang kompleks dan memerlukan banyak tenaga administrasi untuk menjalankan berbagai fungsi, seperti administrasi umum, keuangan, dan sumber daya manusia. Contoh perusahaan seperti Microsoft, Google, atau Procter & Gamble.

Perusahaan Skala Menengah :

Perusahaan-perusahaan skala menengah, baik itu perusahaan manufaktur, ritel, atau jasa, juga membutuhkan staf administrasi untuk menjalankan operasi sehari-hari. Biasanya, di perusahaan skala menengah, staf administrasi akan memiliki tanggung jawab yang lebih beragam dan fleksibel.

Perusahaan Startup :

Startup-startup yang sedang berkembang pesat juga sering mencari staf administrasi untuk membantu mengelola berbagai aspek operasional mereka, seperti administrasi umum, keuangan, atau sumber daya manusia. Ini bisa menjadi peluang yang menarik untuk lulusan jurusan perkantoran.

Lembaga Pemerintah dan Non-Profit :

Lembaga pemerintah dan organisasi non-profit juga membutuhkan tenaga administrasi untuk membantu mengelola berbagai kegiatan dan program mereka. Tugas-tugas administrasi di sini bisa meliputi penyusunan dokumen, pengelolaan anggaran, atau koordinasi acara.

Perusahaan Jasa Profesional :

Perusahaan-perusahaan jasa profesional, seperti firma hukum, konsultan manajemen, atau agen real estat, juga memerlukan staf administrasi untuk membantu mengelola operasi sehari-hari mereka dan memberikan dukungan administratif kepada tim profesional mereka.

 

Setelah lulusan jurusan perkantoran, bisa memiliki fleksibilitas untuk bekerja di berbagai jenis perusahaan dan industri, karena setiap perusahaan membutuhkan fungsi administrasi yang kuat untuk menjalankan operasinya.

Jadi, itu dia beberapa tugas dari jurusan perkantoran. Dengan kemampuan tersebut, kita dapat bersaing di dunia kerja dan menjadi asset berharga untuk perusahaan manapun!

Leave a Comment