Kegiatan Jumat Bersih Di Sekolah

Hallo teman – teman, mau suasana sekolah kamu jauh lebih asik dan bersih? Nah, kegiatan Jumat Bersih jawabannya! Yuk, ikuti serunya kita bareng-bareng bersihin sekolah setiap Jumat. Selain bikin lingkungan jadi nyaman, juga bikin kita makin kompak!

Awali dengan Semangat Pagi

Setiap Jumat pagi dimulai dengan apel singkat di halaman sekolah. Di sana, guru dan siswa berkumpul untuk mendengarkan sebuah arahan dari kepala sekolah atau guru piket. Semangat dan semangat dipompa ke semua orang untuk berpartisipasi dengan penuh semangat. Setelah apel, tugas dibagikan kepada kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk membersihkan area tertentu, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien.

Membersihkan Ruang Kelas dan Lingkungan Sekolah

Kelompok-kelompok yang bertugas untuk membersihkan ruang kelas bertanggung jawab untuk membersihkan meja, mengelap lantai, dan merapikan buku-buku di rak. Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah lingkungan belajar yang tetap nyaman bagi semua siswa. Di luar ruang kelas, ada kelompok yang sibuk dengan menyapu halaman sekolah, mengumpulkan sampah, dan merapikan area-area umum seperti lorong-lorong dan perpustakaan. Taman-taman sekolah juga nggak terlewatkan, dengan tanaman-tanaman dirapikan, air diberikan, dan rumput liar dicabut. Semua bekerja bersama-sama untuk mencapai hasil yang maksimal.

Menjaga Kebersihan Toilet dan Fasilitas Umum

Penting untuk menjaga kebersihan fasilitas umum seperti toilet. Kelompok yang bertanggung jawab untuk membersihkan toilet bekerja keras untuk membersihkan lantai, dinding, dan kloset agar selalu bersih dan berbau segar. Fasilitas umum lainnya seperti musholla, kantin, dan perpustakaan juga mendapatkan perhatian khusus. Semua tempat di sekolah menjadi bersih dan nyaman untuk digunakan oleh semua siswa dan staf.

Menanam Pohon dan Bunga

Selain kegiatan membersihkan, sering kali juga diadakan berbagai kegiatan penanaman pohon dan bunga di sekolah. Ini bertujuan untuk meningkatkan kehijauan lingkungan sekolah. Setiap kelas biasanya memiliki area kecil untuk menanam tanaman. Selain membuat sekolah lebih hijau dan sejuk, kegiatan ini juga sangat mengajarkan kepada siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar mereka.

Baca Juga  Contoh Kegiatan Matsama

Edukasi dan Kampanye Kebersihan

Jumat Bersih nggak hanya cuma tentang membersihkan, tetapi juga tentang pendidikan dan kampanye kebersihan. Guru sering memberikan penjelasan mengenai berapa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kepada semua siswa. Kadang-kadang, siswa juga membuat poster atau pamflet tentang kebersihan yang dipasang di mading sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan semua orang tentang berapa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dan di rumah.

Kompetisi Kebersihan Antar Kelas

Untuk menambah semangat dan keceriaan, sekolah sering mengadakan beberapa kompetisi kebersihan antar kelas. Kelas yang paling bersih dan tertata dengan rapi akan mendapatkan penghargaan di akhir bulan atau semester. Kompetisi ini nggak hanya cuma meningkatkan semangat bersih-bersih di antara siswa, tetapi juga mengajarkan mereka tentang tanggung jawab dan kerja sama dalam sebuah tim.

Menciptakan Kebiasaan Positif

Dengan adanya kegiatan Jumat Bersih secara rutin, siswa dan staf sekolah secara bertahap membentuk kebiasaan positif dalam menjaga kebersihan. Kebiasaan ini nggak hanya cuma berlaku di sekolah, tetapi juga membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari mereka. Membuat kebersihan sebagai bagian dari gaya hidup akan membawa manfaat jangka panjang yang besar.

Nah, itu dia serunya Jumat Bersih di sekolah kita! Dari ngumpulin sampah sampe ngerapikan kelas, semua bikin sekolah jadi tempat yang lebih oke buat kita semua dan nyaman. Jadi, jangan lupa, setiap Jumat siap-siap buat bersih-bersih bareng ya! Kita jaga kebersihan, kita ciptain lingkungan sekolah yang nyaman buat belajar dan main.

Leave a Comment