Bagian-bagian Pressure Gauge

Hallo teman-teman! Pernah kepikiran gak sih, gimana caranya kita bisa ngukur tekanan udara atau cairan dalam sistem? Nah, salah satu alat yang sering dipakai buat itu adalah pressure gauge. Kali ini kita bakal bahas detail tentang bagian-bagian pressure gauge dan gimana alat ini bekerja. Jadi, simak terus ya! Let’s go…

Pressure Gauge Itu Apa Sih?

Pressure gauge adalah perangkat yang digunakan untuk menentukan tekanan fluida (baik cairan maupun gas) dalam suatu sistem. Alat ini sangat penting dalam berbagai aplikasi industri dan domestik, mulai dari sistem pemanas dan pendingin hingga proses manufaktur dan pengolahan kimia.

Apa Saja Bagian-bagian Pressure Gauge?

Pressure gauge terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja sama untuk memberikan pengukuran tekanan yang akurat. Berikut adalah bagian-bagian penting dari pressure gauge:

Bourdon Tube

Bourdon tube adalah bagian utama dari pressure gauge yang berfungsi sebagai elemen penginderaan tekanan. Tabung ini biasanya berbentuk seperti huruf C atau spiral dan terbuat dari logam yang elastis. Ketika tekanan fluida meningkat, tabung ini yang akan melengkung dan bergerak, yang kemudian diterjemahkan menjadi gerakan mekanis yang hanya bisa dibaca pada dial.

Linkage and Movement

Sistem linkage dan movement menghubungkan Bourdon tube dengan jarum penunjuk (pointer). Gerakan Bourdon tube akibat perubahan tekanan diteruskan melalui linkage dan movement ini, yang kemudian menggerakkan pointer pada dial untuk menunjukkan nilai tekanan.

Dial

Dial adalah permukaan berbentuk lingkaran yang memiliki skala pengukuran tekanan. Skala ini biasanya ditandai dalam satuan tekanan seperti psi (pounds per square inch), bar, atau pascal. Dial yang akan memudahkan pengguna untuk membaca nilai tekanan dengan melihat posisi pointer.

Baca Juga  Fungsi Control Valve Hidrolik

Pointer

Pointer atau jarum penunjuk adalah bagian yang bergerak di atas dial untuk menunjukkan nilai tekanan yang diukur. Gerakan pointer dihasilkan dari perubahan bentuk Bourdon tube dan diteruskan melalui linkage and movement.

Case

Case adalah rumah atau pelindung dari pressure gauge yang melindungi komponen internal dari kerusakan mekanis, debu, dan kelembaban. Case biasanya terbuat dari logam atau plastik yang tahan lama dan dilengkapi dengan kaca atau plastik transparan pada bagian depan untuk memungkinkan pembacaan dial.

Socket

Socket adalah bagian di mana pressure gauge terhubung ke sistem atau proses yang diukur tekanannya. Socket ini biasanya dilengkapi dengan ulir atau fitting yang memungkinkan gauge untuk dipasang dengan aman pada sistem.

Blowout Back or Relief Valve

Blowout back atau relief valve adalah fitur keselamatan yang terdapat pada beberapa pressure gauge. Fitur ini dirancang untuk mengurangi risiko ledakan jika terjadi kegagalan pada Bourdon tube dengan melepaskan tekanan berlebih dari bagian belakang gauge.

Jadi, itulah bagian-bagian utama dari pressure gauge. Mulai dari Bourdon tube yang sensitif terhadap tekanan hingga pointer yang menunjukkan nilai tekanan, setiap komponen memiliki peran penting untuk memberikan pengukuran yang akurat. Semoga penjelasan ini bisa bikin kalian lebih paham tentang teknologi di balik pressure gauge. Tetap curious dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Comment