Contoh Rpp Kurikulum 2013

Pernah merasa bingung saat harus bikin RPP Kurikulum 2013? Tenang, kita bahas tuntas bareng-bareng supaya nggak pusing lagi!

Pendahuluan RPP Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 (K-13) merupakan penyempurnaan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya di Indonesia. Kurikulum ini dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dan menghasilkan peserta didik yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas tetapi juga keterampilan dan sikap yang baik. Sebagai bagian dari implementasi kurikulum ini, guru diwajibkan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai panduan dalam mengajar.

Komponen Utama dalam RPP Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013 harus memuat beberapa komponen penting, yaitu:

  • Identitas Sekolah: Meliputi nama satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, dan tahun pelajaran.
  • Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD): KI mencakup sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. KD adalah turunan dari KI yang diharapkan dikuasai siswa.
  • Indikator Pencapaian Kompetensi: Kriteria yang harus dipenuhi oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.
  • Tujuan Pembelajaran: Merumuskan apa yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran.
  • Materi Pembelajaran: Substansi yang akan dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan KD.
  • Metode Pembelajaran: Strategi atau cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran.
  • Media, Alat, dan Sumber Belajar: Segala sesuatu yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran.
  • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: Tahapan atau proses pembelajaran yang dilakukan dalam setiap pertemuan.
  • Penilaian: Teknik dan instrumen yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.

Langkah-langkah Penyusunan RPP Kurikulum 2013

Penyusunan RPP Kurikulum 2013 dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Analisis Kompetensi Dasar: Identifikasi kompetensi yang harus dicapai peserta didik.
  2. Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi: Menentukan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar.
  3. Pengembangan Materi Pembelajaran: Mengembangkan materi yang relevan dan menarik.
  4. Perencanaan Metode Pembelajaran: Memilih metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Pemilihan Media dan Sumber Belajar: Menentukan media dan sumber yang sesuai.
  6. Penyusunan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran: Merancang langkah-langkah pembelajaran yang sistematis.
  7. Penilaian Pembelajaran: Menyusun instrumen penilaian yang sesuai.
Baca Juga  Les Mata Pelajaran SMP

Contoh RPP Kurikulum 2013

Berikut adalah contoh RPP Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X:

Identitas Sekolah: SMK Negeri 1 Jakarta, Bahasa Indonesia, Kelas X/1, Cerpen, 3 x 45 menit, 2024/2025.

Kompetensi Inti:

  • Sikap Spiritual: Menghargai dan menghayati ajaran agama.
  • Sikap Sosial: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan santun.
  • Pengetahuan: Memahami konsep, fakta, prosedur, dan metakognisi.
  • Keterampilan: Menerapkan pengetahuan dalam tugas-tugas yang bersifat konkret.

Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen.

Indikator Pencapaian Kompetensi: Siswa dapat mengidentifikasi tema, tokoh, alur, latar, dan amanat cerpen.

Tujuan Pembelajaran: Setelah pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen dengan benar.

Materi Pembelajaran: Cerpen berjudul “Sang Pemimpi” karya Andrea Hirata.

Metode Pembelajaran: Diskusi dan presentasi.

Media, Alat, dan Sumber Belajar: Buku “Sang Pemimpi”, whiteboard, spidol.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

  • Kegiatan Pendahuluan: Apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran.
  • Kegiatan Inti: Diskusi kelompok tentang unsur-unsur cerpen.
  • Kegiatan Penutup: Siswa mempresentasikan hasil diskusi.

Penilaian: Keterlibatan siswa dalam diskusi dan presentasi, lembar kerja siswa.

Kesimpulan

Dengan penyusunan RPP yang baik dan sistematis, proses pembelajaran akan lebih terarah dan efektif. Guru dan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih mudah. Mari kita terapkan RPP Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sehari-hari untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih bermakna dan inspiratif.

Leave a Comment