Vitamin Kucing

Hello guys, jangan bosen yaah baca artikel aku tentang kucing. Sebagai pawrents pasti dong kita mau ngasih yang terbaik buat kucing tersayang? Bahkan nggak jarang juga pawrents yang rela berhemat asal kebutuhan si mpuss terpenuhi dengan baik.

Pasti juga sulit buat kita memutuskan apa lagi sih yang diperlukan buat si meong selain kebutuhan dasarnya. Pasti kamu bertanya-tanya vitamin dan suplemen apa yang bagus buat kucing, terus jenisnya apa yang paling dibutuhkan sama kucing kita.

Vitamin kucing

Kali ini aku mau ngebahas tentang apa aja vitamin buat kucing, vitamin apa yang aman buat kucing, dan akhirnya kamu bisa menentukan pilihan vitamin yang bagus untuk kucing kamu.

Kalau kamu sudah memberikan makanan yang seimbang buat si kucing, kecil kemungkinannya si mpuss mengalami defisiensi vitamin. Tapi lain cerita kalau si mpuss punya masalah kesehatan, dengan pemberian vitamin maka akan memperpanjang umurnya dan si mpuss pasti akan lebih bahagia.

So, aku nggak mau berlama-lama lagi jadiii marii kita baca pembahasan tentang serba-serbi vitamin kucing.

Apakah Kucing Kamu Butuh Vitamin?

Jika kucing kamu sudah memenuhi standar kebutuhan nutrisi AAFCO, maka kecil kemungkinannya kucing kamu mengalami defisiensi vitamin.

vitamin kucing 1

Vitamin dan suplemen hanya dibutuhkan untuk kucing yang memiliki masalah defisiensi vitamin atau gangguan penyerapan karena penyakit, kehamilan, alergi, atau diet yang buruk. Tes darah bisa melihat kucing kamu defisiensi vitamin apa sehingga bisa lebih tepat dalam memberikan suplemen bagi si kucing tersayang.

Kalau kamu belum melakukan tes darah buat si kucing, sebaiknya berikan vitamin yang larut dalam air dan suplemen vitamin yang tidak akan membuat bahaya kucing kamu jika overdosis.

Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Kucing

Perlu kita garisbawahi bersama bahwa dalam keadaan ideal semua kebutuhan vitamin bagi si kucing sudah ada di dalam komposisi makanan sehatnya atau disintesis oleh tubuh kucing sendiri.

1. Vitamin yang Larut dalam Air

Jenis vitamin yang larut dalam air jika diberikan pada kucing maka tetap bisa dikeluarkan oleh tubuh kucing melalui urinnya, sehingga vitamin ini aman dan kecil kemungkinannya bisa membuat si mpuss overdosis.

Bagusnya, vitamin ini bisa memperbaiki defisiensi vitamin dan meningkatkan kesehatan kucing kamu. Tapi dari segi negatifnya, kita seperti buang-buang uang ke dalam litter box si mpuss.. 😀

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terbagi menjadi 8 jenis vitamin yang memiliki fungsi yang sedikit berbeda dalam tubuh, tetapi semua vitamin B kompleks membantu mengubah makanan menjadi energi.

Defisiensi atau kekurangan vitamin B kompleks bisa mengakibatkan nafsu makan menurun, energi berkurang, gatal-gatal, kerontokan bulu, yang terparah bisa menyebabkan hilangnya kontrol motorik sampai kejang-kejang, hingga kemungkinan kematian.

Vitamin B kompleks terdiri dari :

  • Vitamin B1 (thiamine)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacinamide)
  • Vitamin B5 (asam pantotenat)
  • Vitamin B6 (pyridoxine)
  • Vitamin B7 (biotin atau vitamin H)
  • Vitamin B9 (asam folat atau vitamin M)
  • Vitamin B12 (cyanocobalamin atau methylcobalamin)

Kucing yang Membutuhkan Vitamin B Kompleks

Kucing yang memiliki gangguan pada ginjal dan jantung lebih membutuhkan vitamin B kompleks daripada kucing sehat. Kalau kucing kamu menderita gagal ginjal kronis, umumnya dokter hewan pasti akan merekomendasikan vitamin B kompleks sebagai bagian penting dalam pengobatan.

Vitamin C

Sebenarnya kucing tidak memerlukan vitamin C dalam makanan sehari-hari mereka, karena di dalam tubuh kucing itu sendiri sudah mensintesis vitamin C.

Menurut Jae Kennedy, co-owner dari the Two Crazy Cat Ladies dan lini produk kesehatan kucing bahwa sebagian besar fungsi liver kucing tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga vitamin C tetap diperlukan bagi si kucing.

Kucing yang Membutuhkan Vitamin C

Vitamin C mungkin dibutuhkan pada kondisi kucing yang mengalami disfungsi liver. Jika kucing sehat diberikan vitamin C maka akan berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, metabolisme zat besi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena sifat vitamin C adalah asam maka vitamin C bisa sedikit mengasamkan urin yang membantu mengurangi pembentukan kristal struvit, tetapi tidak disarankan bagi kucing yang rentan terhadap kristal kalsium oksalat.

2. Vitamin yang Larut dalam Lemak

Vitamin yang larut dalam lemak tidak bisa “dikeluarkan” oleh si mpuss ke litter box jika si mpuss mengalami overdosis, tetapi akan menumpuk di dalam tubuh kucing kamu dan bisa menyebabkan masalah serius.

Vitamin D

Vitamin D berfungsi sebagai pengatur keseimbangan antara kalsium dan fosfor di dalam tubuh si kucing serta memelihara kalsium. Pada proses ini terjadi pembentukan tulang yang sehat serta kontrol saraf dan otot.

Sesuatu yang berlebih pasti nggak ada yang baik kan? Nah, begitupula sama vitamin D ini. Kelebihan vitamin D di dalam tubuh bisa membuat penumpukan di dalam lemak dan liver yang mengakibatkan penyakit serius.

Kucing yang Membutuhkan Vitamin D

Jaraaang banget kucing yang membutuhkan asupan vitamin D. Kalau kucing kamu sudah makan makanan yang seimbang maka kamu ga perlu worry kucing kamu akan defisiensi vitamin D karena sudah ada kandungan vitamin D di dalam makanannya itu.

Vitamin A

Kalau hewan omnivora dan herbivora mensintesis vitamin A dari kandungan beta karoten dari tumbuhan, sedangkan kucing membutuhkan vitamin A dari hewani. Hati atau liver hewan mengandung vitamin A yang paling banyak.

Vitamin A sangat penting untuk penglihatan, kulit dan bulu kucing, dan juga antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kelebihan vitamin A juga nggak baik nih pawrents bagi tubuh si kucing. Si kucing bisa sakit dengan gejala seperti lesu sampai peradangan kulit. Tetapi, jarang sekali terjadi overdosis vitamin A pada kucing dan juga pemberian dosis tinggi vitamin A dalam jangka waktu lama pada kucing.

Kucing yang Membutuhkan Vitamin A

Kasus defisiensi vitamin A pada kucing jarang terjadi. Biasanya kucing hanya memerlukan suplemen vitamin A saja.

Vitamin E

Vitamin E secara alami dapat ditemukan di lemak nabati, liver, serta jaringan lemak hewan. Fungsi dari vitamin E adalah untuk metabolisme lemak, respirasi sel, dan pembentukan membran sel.

Kekurangan vitamin E juga tidak baik bagi si mpuss karena bisa menyebabkan kerusakan sel di seluruh tubuhnya.

Kucing yang Membutuhkan Vitamin E

Vitamin E juga berfungsi membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing kamu. Beberapa ahli juga merekomendasikan vitamin E sebagai suplemen bagi kucing pada musim dingin untuk mencegah kulit kering.

Vitamin K

Vitamin K berfungsi sebagai pendukung yang membuat darah kucing menjadi sehat, terutama pada proses pembekuan darah.

Kekurangan vitamin K pada kucing jarang terjadi karena masalah diet. Kekurangan vitamin K disebabkan karena toksikosis warfarin yang terjadi jika kucing kamu memakan racun tikus. Defisiensi vitamin K juga dapat menyebabkan pendarahan internal, anemia, bahkan kematian.

Kucing yang Membutuhkan Vitamin K

Kucing yang memakan racun tikus atau karena defisiensi vitamin K biasanya akan mendapatkan terapi vitamin K selama seminggu atau lebih.

3. Vitamin Bulu Kucing

vitamin bulu kucing

Bulu pada kucing ras umumnya memiliki bulu yang panjang dan lebat. Oleh karena itu, kucing jadi sering mengalami masalah kerontokan.

Kerontokan bulu bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, misalnya karena kucing kesayangan kamu kekurangan vitamin di dalam tubuhnya.

Cara pemberian vitamin bulu kucing biasanya diberikan bersamaan dengan makanan atau minumannya sebanyak 1 kali setiap harinya.

Dosis pemberian vitamin juga disesuaikan dengan berat badan kucing kamu, atau kamu juga bisa menanyakan langsung ke dokter hewan langganan kamu lho genks.

Jadi, kamu bisa menghindari pemberian vitamin yang berlebihan.

4. Vitamin Menggemukkan Kucing

vitamin penggemuk kucing

Pastinya kamu mau dong kucing kamu terlihat lebih sehat dan gemuk. Keinginan kamu yang ini bisa terwujud dengan pemberian vitamin menggemukkan kucing yang tentunya sesuai dengan dosis yang benar yaah genks.

Vitamin ini ditujukan untuk menaikkan berat badan kucing kamu supaya lebih embul, biasanya vitamin ini merupakan kombinasi beberapa macam vitamin lainnya seperti vitamin A, B, C, E, dan tentunya dilengkapi dengan minyak ikan.

Jangan lupa yaah tetap konsultasikan dengan dokter hewan kamu supaya pemberian vitamin menggemukkan kucing tepat sasaran.

5. Vitamin Kucing Hamil

vitamin kucing hamil

Seperti yang kita ketahui bahwa kucing yang sedang hamil memerlukan vitamin tambahan untuk menambah daya tahan tubuhnya dan juga sebagai suplemen bagi anak kucing yang sedang dikandungnya agar bayi kucing terlahir selamat dan tentunya sehat.

Vitamin untuk kucing hamil diperuntukkan untuk menambah tenaga si mama kucing.

Pemberian vitamin A, D, dan E pada mama kucing berfungsi untuk menjaga kesehatan kucing hamil serta menjaga kesehatan bayi kucing yang sedang dikandung mama kucing sehingga proses melahirkannya nanti akan lebih mudah.

6. Vitamin Anak Kucing

vitamin anak kucing

Anak kucing yang telah memasuki usia 7 minggu maka ia sudah siap untuk proses sapih dari mama kucing dan mulai diberikan makanan padat.

Di tahap ini, vitamin untuk anak kucing sangat dibutuhkan untuk membantu proses tumbuh kembang si anak kucing dengan baik dan juga meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Pemberian vitamin saja tidak cukup untuk anak kucing, oleh karena itu kamu tetap memberikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang juga.

Kamu juga bisa lho menambahkan minyak ikan ke dalam makanan atau minuman sehari-harinya supaya anak kucing jadi tambah nafsu makan.

Rekomendasi Merk Vitamin Kucing Terbaik

Berikut aku akan membahas merk-merk vitamin kucing terbaik yang bisa kamu berikan ke anabul kamu..

1. Vetoquinol Care Felovite II

Multivitamin ini termasuk top rated dan mudah diberikan ke kucing tersayang dan juga memiliki berbagai kandungan vitamin, antioksidan, probiotik, omega-3, dan asam lemak omega-6.

Produk ini berbentuk gel yang terbuat dari sirup jagung, sirup malt, minyak kedelai, dan pelarut ikan sebagai sumber rasa. Karena produk ini banyak kandungan gulanya, maka tidak direkomendasikan bagi kucing yang menderita diabetes.

Kelebihan Vetoquinol Care Felovite II

  • Ratingnya tinggi dan juga direkomendasikan oleh dokter hewan.
  • Mengandung probiotik yang bagus untuk kesehatan menyeluruh.
  • Komposisinya lengkap ada vitamin, mineral, dan taurine.
  • Sangat enak bagi kucing.

Kekurangan Vetoquinol Care Felovite II

  • Harganya mahal.
  • Banyak kandungan gulanya.

Harga Vitamin Kucing Vetoquinol Care Felovite II

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 256.5002.5 oz (70.9 gram)
LazadaRp. 446.5002.5 oz (70.9 gram)
BukalapakRp. 298.0002.5 oz (70.9 gram)

2. Pro Plan Veterinary Diets Fortiflora

Vitamin ini juga termasuk best seller dan juga direkomendasikan oleh dokter hewan serta pastinya disukai juga sama kucing.

Vitamin ini dibuat dengan “bahan alami” yaitu dari jaringan hewan terhidrolisis. Setiap 1 sachet produk ini mengandung 100 juta mikroorganisme hidup serta dilengkapi dengan beberapa vitamin dan mineral.

Pro Plan Fortiflora ini tidak hanya bagus sebagai vitamin kucing yang sakit tetapi juga bagus buat kucing yang sehat. Vitamin ini populer di kalangan kucing yang menderita IBD (Internal Bowel Disease) atau masalah pencernaan lainnya serta membantu kucing yang sakit ginjal menjadi lebih baik.

Kelebihan Pro Plan Veterinary Diets Fortiflora

  • Ratingnya tinggi dan juga direkomendasikan oleh dokter hewan.
  • Mengandung probiotik yang bagus untuk kesehatan.
  • Terdiri dari vitamin, mineral, dan taurine.
  • Rasanya sangat enak bagi kucing.

Kekurangan Pro Plan Veterinary Diets Fortiflora

  • Harganya mahal.
  • Hanya mengandung 1 jenis bakteri saja dan relatif rendah CFUnya (Colony Forming Unit).

Harga Vitamin Pro Plan Veterinary Diets Fortiflora

TokoHargaKeterangan
ShopeeRp. 71.000Sachet @30gram

3. The Missing Link the Original Superfood Supplement

Merk vitamin kucing yang bagus lainnya adalah the Missing Link – the Original Superfood Supplement yang mana cocok untuk segala jenis kucing peliharaan kamu. Vitamin ini mengandung protein, omega 3 & 6, serta taurine yang bagus untuk menjaga kesehatan si kucing.

Vitamin ini juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan sistem pencernaannya, meningkatkan kesehatan soft tissue yang terdiri dari otot, ligamen, tendon, sampai membuat bulu si kucing terlihat lebih glowing 😉

Bentuk vitamin ini ialah serbuk yang bisa dengan mudahnya kamu campurkan ke dalam makanan si mpuss 1 sendok makan per hari, kamu juga bisa menambahkan vitamin ini sebanyak 2 sendok makan per hari jika kucing kamu sedang sakit yaa.

Kelebihan The Missing Link the Original Superfood Supplement

  • Cocok untuk jenis kucing apapun.
  • Kandungan vitamin cukup lengkap.
  • Bentuknya bubuk jadi lebih mudah dicampur bersama makanan kucing.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh kucing, sehingga baik untuk kucing yang sedang sakit.

Kekurangan The Missing Link the Original Superfood Supplement

  • Harganya relatif mahal.

Harga Vitamin The Missing Link – the Original Superfood Supplement

TokoHargaKeterangan
iHerbRp. 246.563170gram
TokopediaRp. 425.000170gram

4. VetriScience NuCat Multivitamin

Vitamin yang terkenal bagus lainnya yaitu VetriScience NuCat Multivitamin. Vitamin dengan rasa ikan ini mengandung asam amino, vitamin, mineral, serta EPA dan DHA dari minyak ikan.

Merk VetriScience terkenal dengan reputasi baiknya di keamanan dan kualitas produknya, jadi kamu tidak perlu khawatir akan nutrisi tambahan kucing kamu.

Bentuk multivitamin yang satu ini ialah tablet kunyah jadi kamu bisa langsung mencampurnya di makanan kucing atau kamu juga bisa menggunakan alat untuk menelan obat.

Setiap 1 tablet kunyah vitamin ini mengandung 0.67 vitamin B1 (lebih dari kebutuhan harian untuk kesehatan), 5mg vitamin C, 500 IU vitamin A, serta kandungan vitamin lainnya.

Kelebihan VetriScience NuCat Multivitamin

  • Formula terbukti secara klinis.
  • Sebagian besar kucing menyukai rasanya.
  • Mengandung banyak campuran antioksidan, vitamin B kompleks, dan asam lemak esensial.

Kekurangan VetriScience NuCat Multivitamin

  • Sulit ditemukan karena produk impor.

Harga VetriScience NuCat Multivitamin

TokoHargaKeterangan
eBay$ 11.9830 tablet

5. Virbac Nutri-Plus Gel

Multivitamin asal Filipina satu ini baik untuk meningkatkan nafsu makan karena kandungan vitaminnya yang lengkap. Bagi kucing yang sedang sakit, pasca operasi, maupun kehilangan nafsu makan bisa diberikan suplemen tambahan ini.

Nutri-Plus mengandung ekstrak hati yang membuat rasanya lebih enak bagi kucing. Bentuk vitamin ini berupa gel yang bisa langsung diberikan dari tube nya maupun dicampurkan ke dalam makanannya.

Vitamin ini bisa diberikan untuk kucing betina yang sedang hamil sampai menyusui untuk menambah asupan mama kucing dan tentunya ke bayi kucing juga.

Kelebihan Virbac Nutri-Plus Gel

  • Kandungan vitamin lengkap.
  • Tersedia kemasan refill sehingga lebih hemat.
  • Bisa mengembalikan nafsu makan kucing yang hilang.
  • Menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.

Kekurangan Virbac Nutri-Plus Gel

  • Kurang cocok untuk kucing domestik.
  • Harga cukup mahal.

Harga Virbac Nutri-Plus Gel

TokoHargaKeterangan
ShopeeRp. 110.000120 gram
TokopediaRp. 120.000120 gram
LazadaRp. 126.000120 gram

6. NUPRO Health Nuggets for Cats

Dari namanya saja mungkin kamu sudah tahu kalau bentuk vitamin ini berupa nugget yang mirip dengan makanan kucing kamu jadi akan memudahkan kamu ketika kamu ingin memberikan vitamin ini ke si kucing.

Kamu juga bisa lho mencapurkan ke dalam makanan basah maupun makanan kering si kucing atau kamu bisa membuat pasta lezat dari campuran nugget yang dilarutkan ke air maupun kaldu karena nugget ini mudah hancur genks.

Kandungan NUPRO Health Nuggets for Cats terdiri dari vitamin, mineral, enzim, asam amino, dan asam lemak omega.

Kelebihan NUPRO Health Nuggets for Cats

  • Bentuknya nugget sehingga mudah diberikan ke kucing secara langsung.
  • Bisa meningkatkan nafsu makan kucing.
  • Meningkatkan sistem imun kucing sehingga kucing bisa terhindar dari penyakit.
  • Kandungan vitamin B nya baik sehingga membantu mencegah kerontokan bulu kucing dan tentunya bulu si kucing jadi semakin glowing.

Kekurangan NUPRO Health Nuggets for Cats

  • Harga relatif mahal.
  • Sulit ditemukan karena produk impor.

Harga NUPRO Health Nuggets for Cats

TokoHargaKeterangan
BukalapakRp. 405.000454 gram
Nuprosupplements$ 17.99454 gram

7. Vetoquinol Care Select Antioxidant

Merk Vetoquinol punya beberapa varian vitamin yang bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi kucing kamu, salah satunya varian Select Antioxidant. Fungsi antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga kucing kamu bisa terhindar dari penyakit.

Kandungan vitamin ini terdiri dari inosotol dan kolin yang membantu membran sel dan berperan dalam konduksi saraf, Vitamin A, E, C, kolin, asam folat, dan biotin yang dikombinasikan untuk menjaga kesehatan menyeluruh si kucing.

Kelebihan Vetoquinol Select Antioxidant

  • Mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kucing.
  • Bisa diberikan untuk anjing juga.
  • Rasa lebih enak dibandingkan tablet lainnya.

Kekurangan Vetoquinol Select Antioxidant

  • Mengandung perasa buatan.

Harga Vetoquinol Select Antioxidant

TokoHargaKeterangan
BukalapakRp. 792.00060 tablet (90 gram)

8. Dinovite for Cats

Multivitamin asal Amerika ini cocok untuk segala jenis makanan kucing, baik yang basah, kering, maupun buatan rumah sekalipun. Kandungannya pun cukup lengkap yakni asam amino, asam lemak, zink, vitamin, dan mineral yang dikombinasikan untuk meningkatkan daya tahan serta fungsi tubuh kucing.

Untuk awal pemberian vitamin ini, kamu bisa memberikan 1/4 sendok takar yang diletakkan di bawah wadah makanan kucing dan jangan mencampurnya. Jika kucing sudah terbiasa dengan rasanya 1 hingga 2 minggu kamu bisa menaikkan dosisnya menjadi 1/2, 3/4, hingga 1 sendok takar sehari.

Kamu juga bisa lho menambahkan dinovite ini menjadi 2 sendok takar sehari kalau kucing kamu sakit supaya kucing kamu bisa cepat penyembuhannya.

Kelebihan Dinovite for Cats

  • Komposisinya lengkap untuk nutrisi kucing.
  • Bisa menaikkan berat badan dan tentunya membuat kulit dan bulu kucing menjadi glowing.
  • Cocok untuk segala jenis kucing dan segala usia.
  • Mudah diberikan ke kucing kamu, tinggal dicampurkan saja ke makanannya.

Kekurangan Denovite for Cats

  • Produk sulit ditemukan di Indonesia.
  • Harganya mahal.
  • Rasanya kurang enak sehingga kucing perlu penyesuaian di awal pemberiannya.

Harga Denovite for Cats

TokoHargaKeterangan
Denovite.com$ 29.99800 gram

9. Rx Vitamins for Pets Amino B-Plex

Suplemen ini mengandung vitamin B, asam amino, dan kalium yang fungsinya bisa menggemukkan kucing lho. Selain itu vitamin ini juga menjaga kesehatan dan stamina kucing juga.

Rx vitamin juga bagus buat kucing yang sakit, seperti penyakit ginjal kronis, diare, virus leukimia kucing, dan pankreatitis untuk meningkatkan nafsu makan dan menambah energi kucing.

Setiap 2ml pemberian vitamin ini terkandung 3.34 mg potasium, 1 mg vitamin B1, B2, dan B6, dan 2 mcg vitamin b12. Sesuai untuk kucing lanjut usia dan kucing yang lagi sakit.

Kelebihan Rx Vitamins for Pets Amino B-Plex

  • Rasa sangat enak bagi kucing.
  • Bagus untuk menaikkan berat badan kucing karena bisa menambah nafsu makan kucing.
  • Bisa untuk segala jenis kucing dan segala rentang usia kucing.
  • Bisa mempercepat penyembuhan kucing yang sedang sakit.
  • Direkomendasikan oleh dokter hewan.

Kekurangan Rx Vitamins for Pets Amino B-Plex

  • Harga relatif mahal.
  • Sulit ditemukan di Indonesia karena produk impor.

Harga Rx Vitamins for Pets Amino B-Plex

TokoHargaKeterangan
vetrxdirect.com$ 14.28120ml
chewy.com$ 30.55236ml

10. Kitzyme Conditional Tablets with B Complex Vitamins

Kitzyme conditioning tablets berfungsi untuk menjaga kesehatan dan vitalitas kucing. Kandungannya terdiri dari vitamin B kompleks dan vitamin lainnya yang juga bisa menjaga sistem imun tubuh kucing agar terhindar dari penyakit serta membuat bulu dan kulit menjadi sehat dan glowing.

Vitamin ini cocok untuk kucing dan anak kucing, terutama pada kondisi kucing sedang sakit, kucing hamil, bahkan kucing yang sedang stres.

Bentuk vitamin kitzyme berupa tablet, jadi kamu bisa langsung mencampurkannya ke makanan kucing atau kamu juga bisa berikan langsung ke si kucing.

Kelebihan Kitzyme Conditional Tablets with B Complex Vitamins

  • Mudah ditemukan karena banyak dijual di toko online Indonesia.
  • Bisa menambah nafsu makan kucing sehingga kucing bisa lebih gemuk.
  • Cocok untuk segala jenis kucing.
  • Bisa mengatasi kerontokan bulu kucing.

Kekurangan Kitzyme Conditional Tablets with B Complex Vitamins

  • Kurang cocok untuk jenis kucing yang memiliki riwayat alergi tertentu.

Harga Kitzyme Conditional Tablets with B Complex Vitamins

TokoHargaKeterangan
ShopeeRp. 158.900100 tablet
BukalapakRp. 117.000100 tablet
LazadaRp. 175.000100 tablet

11. Tomlyn Nutri-Cal High Calorie Nutritional Gel for Cat

Kalau kamu ingin menaikkan berat badan kucing kamu secara cepat kamu bisa lho mengunakan vitamin tambahan dari Tomlyn ini. Selain untuk menggemukkan kucing, vitamin tomlyn juga bisa untuk menambah nafsu makan kucing yang sedang sakit sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Suplemen tomlyn berbentuk gel, kamu bisa langsung memberikannya ke kucing kamu dari tubenya atau menggunakan 1 sendok teh. Kandungan dosis suplemen Tomlyn per 1 sendok teh yaitu vitamin B dosis tinggi, vitamin A, asam lemak omega-3, taurine, dll.

Untuk anak kucing dengan berat badan rendah, vitamin ini bisa mencukupi kebutuhan hariannya karena mengandung kalori sebanyak 25% sedangkan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan harian di atas 10%.

Kelebihan Tomlyn Nutri-Cal High Calorie Nutritional Gel for Cat

  • Direkomendasikan oleh dokter hewan.
  • Komposisinya cukup lengkap terdiri dari asam amino, asam lemak, dan vitamin.
  • Rasanya enak bagi kucing.

Kekurangan Tomlyn Nutri-Cal High Calorie Nutritional Gel for Cat

  • Kandungan gulanya tinggi.
  • Tidak cocok untuk kucing penderita diabetes.

Harga Tomlyn Nutri-Cal High Calorie Nutritional Gel for Cat

TokoHargaKeterangan
Chewy$ 7.0820.5 gram
Walmart$ 7.0820.5 gram

12. Kala Health Dermatrix for Dogs & Cats

Dermatrix merupakan multivitamin dalam bentuk tablet kunyah yang bisa kamu berikan langsung ke si kucing maupun dicampur ke makanannya.

Suplemen ini mengandung vitamin lengkap yang terdiri dari omega 3, 6, 9 asam lemak esensial dari sumber nabati dan ikan yang diformulasikan dengan minyak kering.

Vitamin ini menggunakan campuran bahan-bahan alami yang tentunya dengan kualitas baik sehingga bisa memastikan kucing kamu memiliki bulu dan kulit yang sehat dan lembut serta tidak mudah rontok.

Kelebihan Kala Health Dermatrix for Dogs & Cats

  • Vitamin ini tidak hanya bisa diberikan untuk kucing tetapi juga buat anjing dengan dosis yang tentunya berbeda.
  • Tidak menimbulkan ketergantungan.
  • Bentuknya yang tablet kunyah sehingga memudahkan kucing untuk memakan vitamin ini.
  • Mudah ditemukan di petshop maupun toko online.

Kekurangan Kala Health Dermatrix for Dogs & Cats

  • Harga cukup mahal.

Harga Kala Health Dermatrix for Dogs & Cats

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 220.00030 tablet
ShopeeRp. 220.00030 tablet
BukalapakRp. 308.00030 tablet

13. Neovitamax Dog & Cat Stimulant

Vitamin ini bisa menambah nafsu makan kucing kamu lho genks supaya kucing kamu menggendats tentunya. Selain itu neovitamax juga bisa meningkatkan sistem imun kucing, mempertebal bulu kucing dan tentunya membuat bulu kucing glowing.

Kamu bisa memberikan 1/2 atau 1 tutup botol Neovitamax lalu dicampur dengan 1/2 liter air minum si kucing sesuai usia kucing kamu. Vitamin ini bisa diberikan untuk kucing yang sedang hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mama kucing juga.

Kelebihan Neovitamax Dog & Cat Stimulant

  • Bisa untuk segala jenis kucing dan segala usia.
  • Bisa menambah berat badan kucing karena berfungsi menaikkan nafsu makan kucing.
  • Bisa meningkatkan daya tahan tubuh kucing sehingga terhindar dari penyakit.
  • Mudah ditemukan di Indonesia dan harganya murah.

Kekurangan Neovitamax Dog & Cat Stimulant

  • Agak repot penyajiannya karena harus dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu.

Harga Neovitamax Dog & Cat Stimulant

TokoHargaKeterangan
LazadaRp. 25.000250 mL
ShopeeRp. 30.000250 mL
BukalapakRp. 46.800250 mL

14. Nutri+Gen

Vitamin asal Korea Selatan ini punya 12 varian yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kucing kamu genks. Variannya ada basic yang terdiri dari multivitamin, mineral, dan nutrisi esensial untuk kucing kamu dan pastinya sudah sesuai standar dari AAFCO.

Varian lainnya yaitu vitamin powder yang komposisinya 2 kali lipat dari varian basic dan terdapat asam amino sehingga bagus untuk anak kucing yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Varian calcium bagus untuk menjaga kesehatan tulang, varian collagen baik sebagai nutrisi kesehatan kulit, varian biotin agar bulu si kucing jadi bagus dan tentunya sehat, varian ginseng merah baik untuk mempercepat penyembuhan kucing yang sakit.

Varian omega-3 baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular kucing, varian glucosamine bagus untuk menjaga kesehatan sendi, varian chitosan baik untuk diet kucing yang overweight (kelebihan berat badan),  varian probiotik bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan kucing.

Varian taurine baik untuk menambah energi kucing dan juga menjaga kesehatan mata, dan terakhir varian hairball baik untuk menghilangkan hairball kucing.

Kelebihan Nutri+Gen

  • Sediaanya berupa gel sehingga memudahkan kamu untuk memberikan vitamin nutri+gen melalui tubenya.
  • Banyak pilihan variannya, sehingga kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kucing kamu.

Kekurangan Nutri+Gen

  • Di Indonesia varian Nutri+Gen kurang lengkap.
  • Vitamin tidak all-in-one artinya jika kamu ingin si kucing nafsu makannya bertambah dan memiliki bulu yang bagus maka kamu perlu membeli 2 varian sehingga cukup menguras kantong kamu.

Harga Nutri+Gen

TokoHargaKeterangan
BukalapakRp. 125.000Varian Probiotik (120 gram)
ShopeeRp. 123.975120 gram
BukalapakRp. 105.000Varian Chitosan (120 gram)

15. Exotic-M Dog & Cat Stimulant

Multivitamin ini bisa lho kamu gunakan untuk menambah nafsu makan kucing dan tentunya akan menyeimbangkan kebutuhan nutrisi seimbang kucing kamu juga genks. Komposisi exotic-m cukup lengkap, terdiri dari multivitamin, mineral, asam amino, asam folat, dan dilengkapi pula dengan natural astaxanthin.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing, vitamin ini bisa juga mempertebal, menghaluskan, dan mengkilapkan bulu kucing kamu. Kucing yang sedang hamil atau menyusui bisa kamu berikan suplemen ini yaah genks agar menambah stamina mama kucing.

Cara memberikan vitamin ini dengan melarutkan 1/2 sampai 1 tutup botol ke dalam 1/2 liter air.

Kelebihan Exotic-M Dog & Cat Stimulant

  • Kandungan vitamin cukup lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing.
  • Vitamin ini bisa digunakan sebagai booster daya tahan tubuh kucing agar tidak mudah terkena penyakit.
  • Bisa menjaga kesehatan pencernaan dan menambah darah

Kekurangan Exotic-M Dog & Cat Stimulant

  • Cara pemberian vitamin lumayan repot karena harus dilarutkan dengan air terlebih dahulu.

Harga Exotic-M Dog & Cat Stimulant

TokoHargaKeterangan
BukalapakRp. 26.500250 mL
ShopeeRp. 17.850125 mL
LazadaRp. 25.999125 mL
Mang-duRp. 28.000250 mL

16. Pet Ultimates Probiotics for Cats

Suplemen ini berbentuk bubuk probiotik yang mengandung 5 miliar CFU dari 20 jenis bakteri probiotik pendukung kesehatan yang berbeda dalam satu sendoknya. Suplemen asal Amerika ini tentunya bisa menjaga kesehatan pencernaan agar teratur, kulit yang sehat, dan pembaharuan vitalitas yang lebih sehat.

Bakteri probiotik di dalam Pet Ultimates menjaga usus kucing dari peradangan dan infeksi mukosa yang disebabkan oleh ragi, bakteri beracun, dan mikroorganisme oportunistik (virus, bakteri, jamur, parasit).

Selain itu, suplemen ini punya manfaat lain seperti mengurangi kerontokan, feses lebih padat (bagus untuk kucing yang sedang diare), mengurangi bau kotoran kucing, serta mengurangi gejala alergi (gatal, menggaruk).

Cara pemberian suplemen ini cukup dengan 1/8 sendok lalu dicampurkan ke makanan kucing kamu.

Kelebihan Pet Ultimates Probiotics for Cats

  • Kandungan bakteri probiotiknya cukup tinggi yakni 5 miliar CFU dari 20 jenis bakteri.
  • Bentuknya serbuk sehingga mudah diberikan ke kucing kamu hanya dengan mencampurkannya ke dalam makanan kucing.
  • Bisa digunakan untuk kucing yang sedang diare karena bermanfaat untuk mengeraskan feses.
  • Bisa mengurangi kerontokan dan tentunya membuat kulit dan bulu kucing lebih sehat.

Kekurangan Pet Ultimates Probiotics for Cats

  • Sulit ditemukan di Indonesia karena merupakan produk impor.
  • Harga relatif mahal.

Harga Pet Ultimates Probiotics for Cats

TokoHargaKeterangan
Pet Ultimates$ 32.9744 gram

17. De Grow Stimulan Kucing

Suplemen ini lokal punya lho genks, yupp betulll dari Indonesia. Suplemen ini termasuk all-in-one yaah genks artinya tidak hanya meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh kucing saja lho, tetapi juga bisa digunakan untuk mengurangi stres pada kucing, mengobati cacingan pada kucing, mempertebal dan meperhalus bulu kucing, mempercepat birahi pada kucing betina, serta memperbanyak air susu pada mama kucing menyusui.

Cara pemberian vitamin ini ialah dengan mencampurkan 5 mL lalu dilarutkan ke dalam 1 liter air atau bisa juga dicampurkan ke makanan kucing.

Kelebihan De Grow Stimulan Kucing

  • Manfaatnya cukup banyak, sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran kamu untuk membeli suplemen kucing.
  • Bisa mengobati dan mencegah cacingan pada kucing.
  • Bisa menaikkan berat badan, karena berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

Kekurangan De Grow Stimulan Kucing

  • Agak repot penyajiannya karena harus melarutkannya dengan air.
  • Perlu peralatan yang terukur untuk melarutkannya agar dosisnya tepat.

Harga De Grow Stimulan Kucing

TokoHargaKeterangan
BukalapakRp. 65.000300 mL
KaskusRp. 100.0001 Liter

18. Virbac Megaderm

Ada 1 lagi suplemen kucing dari Virbac yang juga bagus nih genks, namanya Virbac Megaderm. Suplemen ini mengandung asam lemak esensial yakni omega 3 dan 6, vitamin A dan E. Vitamin ini bagus untuk merangsang pertumbuhan bulu pada kucing. Selain itu juga bisa menebalkan, menghaluskan, dan mengkilapkan bulu kucing.

Cara pemberiannya cukup mudah yaitu 0.3 sampai 0.5 mL per kilo berat badan kucing kamu kemudian dicampurkan ke makanan kucing atau kamu juga bisa memberikannya secara langsung. Jika kamu kesulitan menghitung dosis yang tepat untuk kucing, kamu bisa mengunjungi dokter hewan langganan kamu yaah genks.

Kelebihan Virbac Megaderm

  • Bisa dengan cepat menumbuhkan bulu kucing.
  • Bisa menyembuhkan kerontokan pada bulu kucing.
  • Bisa menjaga kelembaban kulit, mengkilapkan bulu, serta menebalkan bulu kucing.
  • Bisa meningkatkan kekebalan imun tubuh, kulit, dan bulu dari berbagai penyakit.

Kekurangan Virbac Megaderm

  • Harga relatif mahal.

Harga Virbac Megaderm

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 379.50024 sachet @ 4 mL
ShopeeRp. 653.544250 mL
LazadaRp. 540.000250 mL
BukalapakRp. 435.000250 mL

19. Stimulo Penambah Nafsu Makan

Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu dong kalau suplemen ini bisa menambah nafsu makan kucing kamu, eittss tapi tidak hanya itu lho genks Stimulo juga bisa memperkuat daya tahan tubuh dan juga untuk mempercepat proses penyembuhan kucing yang sedang sakit.

Kandungan vitamin ini terdiri dari lysine, vitamin B kompleks, mineral, dan temulawak. Cara pemberiannya juga mudah genks, kamu bisa langsung meneteskan 2 – 6 tetes ke dalam mulut kucing sesuai dengan usia kucing. Dosis untuk anak kucing 2 – 3 tetes, kucing sedang 4 tetes, dan kucing dewasa 6 tetes.

Kelebihan Stimulo Penambah Nafsu Makan

  • Harganya murah dan tentunya mudah ditemukan di banyak toko online.
  • Bisa meningkatkan daya tahan tubuh kucing sehingga terhindar dari penyakit.
  • Bisa menambah nafsu makan supaya kucing kamu berat badannya bertambah.
  • Bisa digunakan untuk kucing yang sedang sakit agar cepat proses penyembuhannya.

Kekurangan Stimulo Penambah Nafsu Makan

  • Tidak bisa menebalkan, menghaluskan, dan mengkilapkan bulu kucing.
  • Cara pemberian hanya bisa diteteskan saja, tidak bisa dicampurkan ke dalam makanan kucing.

Harga Stimulo Penambah Nafsu Makan

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 17.00030 mL
ShopeeRp. 14.50030 mL
LazadaRp. 17.50030 mL
BukalapakRp. 24.00030 mL

20. Pfizer FaVor

Suplemen merk FaVor memiliki kandungan multivitamin lengkap dan seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh kucing, yakni vitamin A, D, E, B kompleks, dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu terdapat juga protein, lemak, dan serat yang membantu produksi energi dan metabolisme nutrisi lainnya.

Kandungan lainnya yaitu taurine dan asam amino yang biasanya hanya tersedia secara alami dari daging. Suplemen ini berbentuk tablet kunyah, jadi kamu bisa memberikan langsung ke kucing kamu, dengan bantuan alat pelontar obat, maupun dicampur dengan makanan kucing.

Dosis suplemen ini cukup 1 tablet sehari maka kebutuhan nutrisi hariannya akan terpenuhi dan tentunya membuat kucing kamu menjadi lebih sehat.

Kelebihan Pfizer FaVor

  • Kandungan suplemen cukup lengkap, terdapat multivitamin, mineral, asam amino, taurine, kolin, dll.
  • Banyaknya komposisi suplemen FaVor, kamu tidak perlu khawatir akan kesehatan kucing kamu.
  • Tablet mudah dikunyah.

Kekurangan Pfizer FaVor

  • Sulit diberikan untuk anak kucing, karena ukuran tablet cukup besar.
  • Sulit ditemukan di Indonesia karena produk impor.

Harga Pfizer FaVor

TokoHargaKeterangan
Vetrxdirect.com$ 11.2960 tablet

21. Vita-Gel

Suplemen Vita-Gel ini mengandung vitamin, mineral, dan energi yang baik untuk meningkatkan stamina, nafsu makan, serta juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak kucing lho genks.

Cara pemberiannya pun tergolong mudah, kamu bisa mengoleskan 1 – 3 cm ke jari kamu sebanyak 2 – 3 kali sehari yaah genks. Selain cara itu kamu juga bisa kok menyuapi langsung dari tube-nya ke mulut kucing, mengolesi suplemen ini di area mulutnya, atau mencampurkannya ke makanan kucing kamu.

Kelebihan Vita-Gel

  • Bisa menambah nafsu makan kucing sehingga kucing kamu akan meningkat berat badannya.
  • Bisa diberikan untuk anak kucing agar tumbuh kembangnya sempurna.
  • Cara pemberiannya tergolong mudah.
  • Harganya murah dan mudah juga ditemukan di toko online.
  • Kandungannya cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

Kekurangan Vita-Gel

  • Tidak ada kemasan repack.

Harga Vita-Gel

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 40.00050 gram
BukalapakRp. 31.50050 gram
ShopeeRp. 60.00050 gram

22. Pussy Drop Vitamin Khusus untuk Kucing

Pasti kamu sudah tahu kan kalau suplemen yang 1 ini berbentuk drop atau obat tetes. Kandungan di dalam vitamin ini terdiri dari vitamin B kompleks yang tentunya bagus untuk meningkatkan nafsu makan kucing kamu genks.

Kelebihan Pussy Drop Vitamin Khusus untuk Kucing

  • Harganya murah dan mudah ditemukan di Indonesia karena banyak dijual di toko online.
  • Cocok untuk segala jenis kucing.
  • Bisa menjaga daya tahan tubuh kucing sehingga terhindar dari penyakit.
  • Dapat meningkatkan nafsu makan sehingga berat badan kucing ikut meningkat.

Kekurangan Pussy Drop Vitamin Khusus untuk Kucing

  • Kandungan suplemen ini hanya vitamin B kompleks.

Harga Pussy Drop Vitamin Khusus untuk Kucing

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 16.00015 mL
BukalapakRp. 25.00015 mL
ShopeeRp. 15.00015 mL
LazadaRp. 23.00015 mL

23. Ketwol Drops

Vitamin ini cocok banget lho buat kamu yang lagi mencari vitamin untuk bulu kucing kamu. Dari kemasannya saja pasti kamu langsung sadar bahwa vitamin ini lebih mengutamakan pertumbuhan bulu kucing.

Selain itu, manfaat Ketwol Drops bisa juga mempercepat pertumbuhan bulu, melebatkan, menghaluskan, dan mengkilapkan bulu kucing, serta mencegah kerontokan pada bulu.

Cara pemberian suplemen ini tergolong mudah, kamu tinggal meneteskan saja ke dalam mulut kucing kamu sebanyak 2 – 3 tetes setiap hari.

Kelebihan Ketwol Drops

  • Bentuknya obat tetes sehingga memudahkan kamu kalau kamu ingin memberikannya ke kucing kamu.
  • Bisa merangsang pertumbuhan bulu kucing dengan cepat.
  • Bisa mencegah kerontokan pada bulu kucing.

Kekurangan Ketwol Drops

  • Vitamin ini hanya terfokus pada pertumbuhan bulu kucing saja, tidak bisa untuk menggemukkan kucing atau menaikkan daya tahan tubuh kucing.

Harga Ketwol Drops

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 16.00015 mL
BukalapakRp. 27.00015 mL
ShopeeRp. 15.00015 mL
LazadaRp. 25.50015 mL

24. Derma Cat

Vitamin Derma Cat berbentuk soft gel yang cara pemberiannya bisa kamu langsung campurkan ke kotak makanan kucing kamu sebanyak 1 soft gel (anak kucing) sampai 2 soft gel (kucing dewasa) setiap hari. Jika kucing kamu kesulitan menelan vitamin ini, kamu bisa menggunakan pelontar obat yaah genks.

Kandungan Derma Cat terdiri dari omega 3, 6, dan 9, asam lemak esensial yang bersumber dari nabati dan ikan, MSM, vitamin, dan mineral. Manfaat dari kandungan lengkap ini bisa untuk menjaga kesehatan kulit, bulu mengkilap, dan mengurangi kerontokan bulu kucing.

Kelebihan Derma Cat

  • Bisa menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.
  • Bisa mencegah bulu yang rontok.
  • Harganya murah.
  • Mudah ditemukan di Indonesia karena banyak dijual di toko online.
  • Cara pemberiannya cukup mudah.

Kekurangan Derma Cat

  • Vitamin ini hanya mengutamakan kesehatan kulit dan bulu kucing.

Harga Derma Cat

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 23.50030 Soft Gel
BukalapakRp. 33.00030 Soft Gel
ShopeeRp. 25.00030 Soft Gel

25. Excel Brewers Yeast Skin & Coat Supplement

Suplemen ini sebenarnya diperuntukkan anjing, tetapi juga bisa lho genks buat kucing kamu. Kandungan di dalam suplemen ini terdapat vitamin B kompleks, biotin, mineral, protein, asam lemak omega 3.

Manfaat suplemen Excel adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing, mengontrol kerontokan bulu, serta dan membuat bulu kucing glowing. Vitamin ini berbentuk tablet, jadi kamu bisa langsung memberikan secara langsung ke kucing kamu.

Kelebihan Excel Brewers Yeast Skin & Coat Supplement

  • Suplemen berbentuk tablet sehingga memudahkan kamu jika hendak memberikannya ke kucing kamu.
  • Bisa mencegah kerontokan bulu kucing.
  • Bisa menebalkan, menghaluskan, dan mengkilapkan bulu kucing.

Kekurangan Excel Brewers Yeast Skin & Coat Supplement

  • Hanya terfokus pada menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing saja.
  • Suplemen ini tidak all-in-one, artinya kamu perlu membeli suplemen lainnya jika kamu ingin menambah berat badan kucing kamu sehingga memakan banyak uang kamu.

Harga Excel Brewers Yeast Skin & Coat Supplement

TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 75.000140 tablet
BukalapakRp. 79.800140 tablet
ShopeeRp. 51.500140 tablet

26. Ovula-C Vitamin Birahi dan Penyubur

Suplemen Ovula-C memiliki 2 sediaan yaitu capsul maupun obat tetes. Jadi, kamu bisa memilih mana yang bagi kamu lebih mudah yaah genks. Suplemen ini khusus diperuntukkan untuk meningkatkan birahi kucing betina, menyuburkan kandungan kucing betina, dan menambah stamina kucing jantan.

Cara pemberiannya tergolong mudah, kamu tinggal memberikan 1 capsul setiap hari selama 1 minggu atau meneteskan sebanyak 3 – 4 tetes selama 1 minggu. Jika kucing betina sudah mulai birahi, kamu bisa memberikan suplemen ini ke kucing jantan.

Kelebihan Ovula-C Vitamin Birahi dan Penyubur

  • Harga tergolong mudah.
  • Banyak ditemukan di toko online Indonesia.
  • Tersedia dalam 2 bentuk sediaan, jadi kamu bisa memilih vitamin dalam bentuk soft gel atau obat tetes.
  • Cara pemberiannya juga tergolong mudah, kamu bisa sesuaikan dengan pilihan bentuk vitamin kamu.

Kekurangan Ovula-C Vitamin Birahi dan Penyubur

  • Hanya diperuntukkan sebagai vitamin birahi dan penyubur saja, tidak bisa digunakan untuk misalnya menambah nafsu makan.

Harga Ovula-C Vitamin Birahi dan Penyubur

  • Ovula-C Drops
TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 22.00030 mL
BukalapakRp. 20.00030 mL
ShopeeRp. 18.75030 mL
  • Ovula-C Soft Gel
TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 44.00010 Soft Gel
BukalapakRp. 62.00010 Soft Gel
ShopeeRp. 48.00010 Soft Gel
LazadaRp. 48.50010 Soft Gel
BlibliRp. 78.50010 Soft Gel

Menentukan Vitamin yang Terbaik bagi Kucing

Vitamin dan suplemen makanan bagi si kucing sifatnya personal. Vitamin merk A mungkin bagus buat kucing yang lain, tapi bisa juga vitamin merk tersebut jadi racun buat kucing kamu.

Dosis, lama pemberian vitamin, dan juga jenis vitamin yang akan kamu berikan ke si mpuss akan tergantung pada kepribadian unik si kucing, status kesehatan, dan latar belakang makannya.

Seandainya makanan yang kamu berikan tidak mencukupi kebutuhan vitaminnya, lalu kamu mau memberikan lebih ke kucing tersayang, pilihan terbaiknya adalah memilih vitamin yang aman dan larut dalam air seperti vitamin B kompleks dan vitamin C.

Vitamin yang bagus buat kucing adalah vitamin yang dikombinasikan dengan bahan bagus lainnya, seperti asam lemak esensial, probiotik, dan zat gizi lainnya.

Kalau kamu merasa kucing kamu mengalami defisiensi vitamin atau masalah kesehatan lainnya, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan memeriksakan kucing kesayangan kamu ke dokter hewan dan mengonfirmasinya melalui tes darah. Jadi, kamu nggak bakal buang-buang uang dan jadi pembeli yang cerdas.

Sebelum membeli produk vitamin kucing, kamu juga harus melakukan riset terlebih dahulu, cari produk yang memang sudah teruji secara klinis, dan juga efektif buat si kucing.

Vitamin buat kucing memang bisa menjadi pelengkap yang sempurna bagi kucing tersayang kamu dan juga bisa memperpanjang masa kehidupan kucing kamu, tetapi alangkah baiknya sebelum membeli suatu produk kita harus hati-hati dan mempertimbangkan kebutuhan si kucing tersayang.

Pecinta makanan pedas yang ingin berbagi apa yang di ketahui

Leave a Comment