UMPTKIN

UMPTKIN adalah ujian masuk berbagai Universitas Islam yang ada di seluruh Indonesia. Apa saja ya syaratnya agar bisa mengikuti UM-PTKIN?

Kamu punya rencana mau mendaftar ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri? Banyak kok pilihan jalur masuknya, salah satunya adalah UMPTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Pilihan Universitas Islam juga ada banyak lho, tersebar di seluruh nusantara, seperti Universitas Islam Negeri atau disingkat UIN, Institut Agama Islam Negeri atau IAIN, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri atau biasa disingkat STAIN.

Ada dua jalur masuk PTKIN, yaitu SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. SPAN-PTKIN memakai nilai raport serta prestasi akademik, sementara jalur UM-PTKIN mengharuskan kamu mengikuti ujian tertulis.

Siapa penyelenggara UMPTKIN? Jawabannya adalah Panitia pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama Republik Indonesia. Sementara pembiayaan penyelenggaraannya dibebankan ke peserta seleksi dan Kementerian Agama.

Sekilas Tentang UMPTKIN

Seperti yang dikatakan di atas, UM-PTKIN adalah ujian masuk berbagai Universitas Islam yang ada di seluruh Indonesia. Apa saja ya syaratnya agar bisa mengikuti UM-PTKIN?

Pertama-tama kamu mesti termasuk lulusan MA, SMK, MAN, MAK, atau SMA sederajat lainnya.

Jadwal Pelaksanaan UMPTKIN

Bagaimana? Minat buat mendaftar? Cek dulu ya jadwal pelaksanaan UMPTKIN di bawah.

  1. Pendaftaran serta pembayaran dibuka tanggal 1 Mei hingga 30 Juni
  2. Pencetakan kartu peserta ujian tanggal 1 – 9 Juli
  3. Pelaksanaan tes tanggal 15 – 22 Juli
  4. Pengumuman hasil ujian tanggal 28 Juli

Alur pendaftaran UMPTKIN

Lalu bagaimana alur pendaftarannya?

  1. Pertama-tama kamu mesti mendaftar di website https://um-ptkin.ac.id dan mengisi biodata kamu.
  2. Setelah mengisi lengkap biodata, kamu bakal mendapatkan Slip Instruksi Bayar atau SIP dan PIN.
  3. Lakukan pembayaran di Bank BNI seluruh Indonesia, jangan lupa mencantumkan SIP dan PIN kamu ya.
  4. Login ke website lagi dan masukkan kembali SIP beserta PIN.
  5. Pilihlah kelompok ujian, Lokasi, ujian, Program Studi, Tipe ujian antara PBT atau CBT.
  6. Cetak kartu peserta tes masuk kamu.
  7. Datang dan ikuti ujian di tempat, tanggal, dan sesi sesuai pilihan kamu yang tercantum di kartu.
  8. Ingat ya, kamu tidak bisa mengubah tempat, hari, tanggal, serta sesi dengan alasan apapun.

Tipe Ujian UMPTKIN

Tipe ujian UM-PTKIN sendiri ada dua macam, yaitu Paper Based Test atau disingkat PBT dan Computer Based Test (CBT) atau Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Sesuai namanya, untuk PBT kamu mesti menggunakan kertas dan pensil 2B saat mengerjakan soal. Sementara di CBT, kamu bakal menggunakan komputer buat mengerjakan soalnya. Namun, CBT cuma tersedia di beberapa PTKIN dan juga dibatasi ya kapasitas pesertanya.

Kelompok ujian UM-PTKIN sendiri dibagi tiga kelompok berdasar jurusan yang dipilih. Diantaranya adalah kelompok Ujian IPS, IPA, dan IPC.

Untuk materi masing-masing kelompok adalah Tes Kemampuan Dasar atau TKD yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa, Keislaman, serta Tes Kemampuan Bidang IPA dan IPS.

Kamu cukup sediakan uang sebesar Rp. 200.000 buat mendaftar UM-PTKIN. Pembayarannya juga hanya di Bank BNI terdekat ya.

Kamu bakal diterima apabila sudah memenuhi beberapa syarat berikut. Pertama lulus SMA sederajat, lalu lulus seleksi UM-PTKIN, kamu juga mesti sehat jasmani dan rohani.

Selain itu mungkin beberapa PTKIN mengeluarkan persyaratan tambahan lain yang berbeda-beda sesuai kebijakan masing-masing. Setelah kamu dinyatakan lulus seleksi UM-PTKIN, jangan lupa segera melakukan pendaftaran ulang ya di PTKIN terpilih tersebut.

Zona Wilayah Pendaftaran dan Pelaksanaan PTKIN

Berikut 56 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang bisa kamu pilih ya. Ke 56 PTKIN tersebut dibagi menjadi 6 zona wilayah yang tersebar di seluruh nusantara.

  • Zona 1

UIN Sumatera Utara

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

UIN Ar-raniry Banda Aceh

UIN Imam Bonjol Padang

IAIN Malikussaleh Lhokseumawe

IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa

IAIN Padangsidimpuan

IAIN Batusangkar

IAIN Bukittinggi

STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah

STAIN Bengkalis

STAIN Meulaboh

  • Zona II

UIN Raden Fatah Palembang

UIN Raden Intan Bandar Lampung

UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi

IAIN Kerinci Jambi

STAIN Curup

IAIN Bengkulu

IAIN Metro

STAIN SAS Bangka Belitung

  • Zona III

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

IAIN Pontianak

  • Zona IV

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Walisongo Semarang

IAIN Pekalongan

IAIN Surakarta

IAIN Purwokerto

IAIN Salatiga

STAIN kudus

  • Zona V

UIN Sunan Ampel Surabaya

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN Antasari Banjarmasin

UIN Mataram

IAIN Jember

IAIN Madura

IAIN Kediri

IAIN Tulungagung

IAIN Ponorogo

IAIN Samarinda

IAIN Palangkaraya

  • Zona VI

UIN Alauddin Makassar

IAIN Sultan Amai Gorontalo

IAIN Ambon

IAIN Manado

IAIN Dato Karama Palu

IAIN Pare-pare

STAIN Watampone

IAIN Palopo

IAIN Kendari

IAIN Ternate

STAIN Al-fatah Jayapura

STAIN Sorong

STAIN Majene

Selain UM-PTKIN, ada juga jalur masuk Perguruan Tinggi lainnya yang bisa kamu pilih ya.

Seperti SNMPTN atau singkatan dari Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini khusus buat murid kelas 12 yang berprestasi unggul dan masuk peringkat terbaik di sekolah dengan akreditasi A kalau termasuk 50% terbaik di sekolahnya, akreditasi B kalau termasuk 30% terbaik di sekolahnya, akreditasi C kalau termasuk 10% terbaik di sekolahnya, serta yang belum terakreditasi kalau 5% terbaik di sekolahnya.

Kelebihan jalur ini adalah kamu tidak mesti ikut tes ujian masuk lagi, dan juga bebas biaya pendaftaran lho. Tapi sangat sulit buat lolos jalur ini, jadi jangan berharap banyak ya.

Jalur kedua adalah SBMPTN atau singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kalau kamu belum lolos tahun ini, masih bisa mencoba lagi tahun depan kok. Soalnya batasan maksimalnya adalah lulusan dua tahun sebelum tes.

Biaya Pendaftaran UM-PTKIN

Biaya pendaftarannya sebesar Rp. 200.000. Sementara materinya adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik atau TPA, Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi atau TKD Saintek, yaitu Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika, serta Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora atau TKD Soshum, yaitu Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Jalur ketiga adalah SPAN PTKIN atau singkatan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jalur ini khusus buat kamu yang mau masuk PTKIN yang terdiri dari UIN, IAIN, dan STAIN. Jalur masuknya juga mirip SNMPTN, cuma beda perguruan tinggi dan jurusan saja.

Nah, jalur masuk yang terakhir adalah jalur Mandiri, yaitu lewat nilai SBMPTN dan Hasil Tes. PTN yang memberlakukan jalur Mandiri dengan nilai SBMPTN antara lain adalah UNS, UPN VJ, UNAIR, UNY, UNSOED, UNIBRAW dan lainnya.

Sementara yang menggunakan tes tulis antara lain adalah UGM, IPB, UI, UNDIP dan universitas lainnya. Materi di tes Mandiri ini sama ya dengan SBMPTN, hanya saja di tes Mandiri ini ada beberapa PTN mensyaratkan uang pangkal atau uang sumbangan.

Bagaimana? Sudah cukup informasi soal UMPTKIN? Jadi segera beli buku-buku soal tes dan berlatih mengerjakan soalnya ya. Biar bisa lolos UMPTKIN dan diterima di PTKIN pilihan kamu.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment