Sistem Reproduksi Manusia

Sistem Reproduksi Manusia merupakan suatu tatanan dalam kehidupan manusia baik laki-laki atau pria dan juga perempuan atau wanita. Sistem reproduksi manusia sangat erat kaitannya dengan yang di sebut berkembang biak. Untuk lebih jelasnya tentang Sistem reproduksi manusia, kita akan mulai pembahasan kita dari pengertian reporduksi, Sistem reproduksi wanita,organ reproduksi wanita, organ reproduksi pria ,alat reproduksi wanita, alat reproduksi pria, hingga penyakit pada sistem reporduksi manusia.

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan berbagai macam tujuan. Salah satu tujuan Tuhan menciptakan manusia adalah untuk berkembang biak. Karena itu, Tuhan membekali manusia dengan sistem reproduksi yang sempurna. Sistem reproduksi manusia tersebut yang menjadi komponen penting untuk menghasilkan keturunan.

Jika berbicara tentang sistem reproduksi manusia, maka kita akan membahas tentang sistem reproduksi manusia yang terdapat pada pria dan wanita. Sistem reproduksi antara pria dan wanita harus sempurna dan bisa dipastikan sehat karena jika ada satu saja yang tidak sehat maka proses fertilisasi akan mengalami hambatan sehingga proses perkembangbiakan tidak berjalan lancar.

Pengertian Reproduksi

Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup tak terkecuali manusia. Sistem reproduksi merupakan salah satu komponen paling penting di kehidupan manusia yakni dalam hal menghasilkan atau memperbanyak keturunan. Sistem reproduksi baik pada pria ataupun pada wanita mempunyai struktur dan fungsi organ internal dan juga organ ekternalnya masing-masing yang berbeda-beda.

Awal proses reproduksi manusia terjadi ketika sel sperma dari pria bertemu dengan sel telur wanita, umumnya terjadi dalam hubungan seksual. Proses ini dapat berjalan berkat adanya organ-organ reproduksi yang berfungsi dengan baik. Organ reproduksi beserta dengan kelenjar dan hormon membentuk sistem reproduksi yang berperan dalam proses reproduksi manusia. Sistem reproduksi pada pria dan wanita berbeda, serta bekerja spesifik untuk masing-masing jenis kelamin secara genetik.

Selengkapnya tentang sistem reproduksi manusia baik yang terdapat pada pria dan wanita akan kami ulas dalam informasi berikut ini. Lets check these out!

Sistem Reproduksi Manusia

Dalam sistem reproduksi pria dan wanita terdapat suatu sistem organ. Sistem organ tersebut terkategori sebagai organ eksternal dan organ internal. Pada pria, sistem reproduksi tersebut berada di luar tubuh atau dengan kata lain merupakan aturan sistem reproduksi manusia secara eksternal. Sementara pada wanita, sistem organ reproduksinya terdapat didalam tubuh.

Dengan struktur dan sistem organ yang berbeda, hal tersebut menjadikan fungsi reproduksi pada pria dan wanita juga berbeda. Organ reproduksi pria difungsikan untuk produksi, penyimpanan serta bertugas mengantarkan sperma untuk melakukan pembuahan terhadap sel telur.

Sementara sistem reproduksi pada wanita memiliki fungsi untuk memproduksi sel telur yang akan dibuahi oleh sperma dan ketika terjadi pembuahan, sel telur akan berkembang didalam rahim. Nah, kedua fungsi dalam sistem organ tersebut saling melengkapi antara satu dengan yang lain dalam proses reproduksi.

Sistem reproduksi wanita

Dalam sistem reproduksi manusia, reproduksi wanita secara sederhana menjalankan fungsi menghasilkan sel telur, melindungi dan memelihara sel telur agar berkembang ketika dibuahi oleh sperma dan terakhir tentunya menjalankan fungsi melahirkan bayi di usia kandungan 8 atau 9 bulan.

Cara kerja sistem reproduksi pada wanita hanya akan berjalan lancar ketika sperma dapat berkembang secara utuh didalam rahim wanita. Karena itu organ reproduksi wanita harus sehat untuk menjalankan semua fungsi yang diperlukan.

Organ reproduksi wanita

Organ reproduksi wanita merupakan sistem reproduksi manusia yang sangat kompleks. Dibandingkan organ reproduksi pria, organ reproduksi wanita lebih kompleks. Organ reproduksi wanita terdiri atas organ bagian luar dan dalam.

Organ reproduksi wanita bagian luar

Organ reproduksi wanita bagian luar terdiri atas beberapa bagian penting, diantaranya :  

Mons pubis

Bagian organ reproduksi wanita ini merupakan bagian organ terluar yang berbentuk segitiga dan melindungi tulang kemaluan atau simfisis pubis. Pada bagian tersebut akan Anda temukan jaringan lemak, jaringan ikat, jaringan kulit, kelenjar keringat dan juga akar rambut.

Labia mayora

Labia mayora disebut sebagai bibir kemaluan. Bagian ini merupakan suatu lipatan yang menyerupai bibir. Berdasarkan tata letaknya, labia mayora dibedakan menjadi dua jenis yaitu permukaan bagian luar dan permukaan bagian dalam.

Pada bagian luarnya, labia mayora dilapisi oleh sel epitek yang memiliki tanduk serta juga terdapat suatu akar rambut didalamnya. Sementara di bagian dalam, labia mayora tampak sangat licin karena terdapat berbagai macam jaringan lemak dan tidak terdapat folikel rambut serta kelenjar keringat.

Labia minora

Labia minora juga disebut sebagai bibir kecil di bagian kemaluan. Bagian ini terletak di dekat labia mayora dan sebelum miss V pada wanita. Aspek yang membedakan kedua labia yaitu labia mayora dan labia minora adalah bahwa labia minora tidak memiliki akar rambut dan memiliki berbagai macam pembuluh darah.

Klitoris

Klitoris merupakan suatu sistem organ seksual yang berada didalam miss V. Bagian ini memiliki struktur yang sama dengan Mr. P pada organ laki – laki. Keduanya berada di posisi yang sama. Hanya saja yang menjadi pembeda, klitoris tumbuh ke arah dalam sementara Mr. tumbuh ke arah bagian luar.

Selaput dara

Selaput dara merupakan sebuah membran tipis yang menutupi lubang miss V pada wanita. Dipercaya selaput dara merupakan tanda keperawanan wanita walau beberapa persen wanita ada yang hidup tanpa memiliki selaput dara.

Vestibulum

Bagian ini merupakan rongga kemaluan yang terdapat di bagian labia minora dan merupakan sebuah muara dari saluran uretra serta lubang miss V.

organ reproduksi wanita bagian dalam

Sementara organ reproduksi wanita bagian dalam terdiri atas :

Miss V

Miss V merupakan organ seksual bagian dalam wanita yang bentuknya menyerupai tabung. Miss V ini memiliki fungsi dalam berhubungan secara seksual dan menjadi jalan lahir bayi. Miss V sangat berperan penting dalam proses reproduksi mulai dari menjadi tempat masuknya sperma sampai tempat keluarnya bayi.

Uterus atau rahim

Uterus atau rahim merupakan organ penting dalam sistem reproduksi wanita. Rahim atau uterus ini merupakan sistem organ reproduksi yang terhubung dengan leher rahim atau bagian serviks dan tersambung dengan miss V serta tuba fallopi. Selama masa kehamilan berlangsung, keseluruhan proses perkembangan bayi terjadi didalam rahim.

Oviduk atau tuba fallopi

Bagian ini merupakan saluran yang menghubungkan antara ovarium atau sel telur menuju ke rahim. Fungsi lainnya juga sebagai tempat terjadinya fertilisasi oleh sperma dan ovum, sebagai tempat pertumbuhan serta tempat pembelahan embrio sementara sebelum pada akhirnya melekat di bagian endometrium atau di lapisan rahim agar berkembang sempurna disana.

Ovarium

Ovarium merupakan indung telur yang memiliki fungsi sebagai organ penghasil sel kelamin pada wanita. Organ ini jumlahnya dua buah dan terletak di bagian sisi kanan dan sisi kiri rahim. Ovarium merupakan suatu sistem organ yang bentuknya bulat lonjong.

Organ reproduksi pria

Sama halnya dengan organ reproduksi pada wanita yang terdiri atas organ luar dan dalam, organ reproduksi pria juga demikian. Namun organ reproduksi bagian dalam dari pria hanya bersifat sebagai aksesoris saja.

Organ – organ tersebut bermanfaat dalam membantu menjalankan fungsi produksi sperma, menjadi tempat simpan dan keluarnya sperma. Organ dalam dari sistem reproduksi pria terdiri atas vas deferens, epididimis, uretra, vesikula seminalis, kelenjar prostat dan juga kelenjar bulbourethral.

Sementara struktur organ reproduksi bagian luar pada wanita yang berperan sangat penting dalam proses fertilisasi diantaranya :

Penis

Penis merupakan sebuah organ vital pria yang difungsikan sebagai alat untuk berhubungan intim. Ketika mencapai klimaks dalam berhubungan intim, sperma keluar melalui saluran yang ada didalam penis.

Skrotum

Skrotum merupakan kantong kulit yang berbentuk menggantung di bagian pangkal penis. Skrotum merupakan suatu kantong kecil yang memiliki otot dan dapat digunakan untuk melindungi testis, saraf dan juga pembuluh darah.

Testis

Testis merupakan organ terpenting dari sistem reproduksi pria. Letaknya berada didalam skrotum. Testis merupakan kelenjar dimana sperma dan juga testosteron yang berfungsi penting dalam pengaturan hormon dan reproduksi di produksi.

Sistem reproduksi yang memiliki banyak sistem organ harus dijaga kesehatannya karena jika tidak, penyakit yang menyerang sistem reproduksi akan dialami.

Penyakit pada sistem reproduksi manusia

Kesehatan sistem reproduksi manusia harus dijaga karena di organ reproduksi tersebut merupakan tempat yang nyaman bagi berkembangnya kuman dan bakteri. Jika tidak dijaga kesehatannya, tentu penyakit organ akan mudah menyerang.

Pada wanita, penyakit reproduksi yang harus diwaspadai diantaranya :

  • Endometriosis
  • PCOS
  • Miom
  • Kanker reproduksi seperti kanker rahim, kanker ovarium dan kanker vagina
  • Radang pada panggul

Sementara pada pria, penyakit reproduksi yang wajib diwaspadai terdiri atas :

  • Epididimitis
  • Orchitis
  • Gangguan pada prostat
  • Hipogonadisme
  • Kelainan pada penis termasuk disfungsi ereksi dan sebagainya

Itulah penjabaran lengkap tentang sistem reproduksi manusia baik pada wanita atau pun pria. Semoga informasi diatas semakin menambah wawasan semua pihak khususnya Anda yang membutuhkan informasi tersebut.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment