SAP

SAP singkatan dari System Application in Product and Data, yang mana merupakan software yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan masa kini untuk produktivitas yang efektif dan efisien. Seiring berkembangnya teknologi, monitoring dan manajemen perusahaan bisa dilakukan secara otomatis. Melalui sistem SAP ini, seluruh aktivitas perusahaan sehari-hari bisa ditingkatkan dengan signifikan.

SAP sendiri memiliki beberapa modul yang memiliki tugas spesifik sesuai dengan perintah yang diberikan. Modul-modul tersebut juga sudah terintegrasi sehingga bisa memberikan data akurat terkait apa saja kepada pengawas. Intinya, sistem ini sangat urgent untuk kemajuan dan kelanggengan organisasi/perusahaan karena segala hal dilakukan dengan mudah dan otomatis.

Penggunaan SAP memang sangat disarankan, lebih-lebih untuk perusahaan yang baru saja berkembang agar produktivitas bisa dimaksimalkan. Bayangkan saja jika masih menggunakan sistem manual, bisa-bisa data tidak akurat dan efisiensi produktivitas akan terganggu. Mengingat betapa pentingnya sistem SAP untuk perusahaan, maka Anda harus menyimak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu SAP

SAP adalah software atau aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) paling besar yang berpusat di Jeman. Jika Anda belum tahu, ERP adalah sistem yang bisa diandalkan untuk mengintegrasikan seluruh kegiatan operasional dalam sebuah bisnis/perusahaan. Melalui aplikasi ini, seluruh bagian di dalam perusahaan akan terintegrasi dan bersinergi  dengan maksimal sehingga misi bisa dicapai.

Jadi sangat tidak mengherankan apabila ERP sangat berperan masif bagi tumbuh kembang dan majunya sebuah perusahaan di seluruh dunia. Aplikasi ERP memang sangat memudahkan karena cara manual sudah ditinggalkan sehingga yang tersisa hanya automasi, sangat cocok untuk zaman digital seperti sekarang ini. Bisa dipastikan, ERP adalah roh yang bisa menyokong perusahaan.

Jangan salah, ERP memiliki banyak aplikasi, namun yang paling populer dan sering digunakan oleh mayoritas perusahaan di seluruh dunia adalah SAP. Kira-kira sudah ada sekitar 80% perusahaan yang telah mengimplementasikan SAP secara global, termasuk perusahaan-perusahaan tanah air. Intinya, memang sepenting dan sebermanfaat itu sistem SAP bagi eksisensi sebuah perusahaan.

Kelebihan SAP

Di atas telah dijelaskan bahwa mayoritas perusahaan global telah menggunakan sisem SAP ERP untuk mendukung kinerja dan produktivitas yang lebih terintegrasi, bersinergi, efektif dan efisien. Sedikit banyak, kelebihan alias keunggulan yang ditawarkan oleh software SAP adalah sebagai berikut :

Modul yang Memudahkan

Salah satu keunggulan utama dari software SAP adalah adanya modul-modul yang bisa mempermudah tracking, monitoring dan manajemen seluruh bagian di dalam organisasi/perusahaan. Modul-modul yang berada di software SAP ini memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang sudah terintegrasi satu sama lain. Intinya kewajiban manajerial bisa menjadi sangat mudah dan otomatis.

Konsisten

Keunggulan sistem SAP berikutnya adalah konsistensi, artinya sistem ini selalu mengedepankan praktik yang konsisten dan tidak berubah-ubah tidak peduli satu divisi maupun beda divisi. Jadi implementasi sistem ini akan seragam menjangkau seluruh divisi-divisi dalam sebuah perusahaan demi kebaikam kolektif yaitu kemajuan perusahaan.

Data Satu Pintu

Semua data yang dimiliki perusahaan sifatnya adalah rahasia, yang pasti tidak bolek diketahui oleh pihak luar lebih-lebih perusahaan kompetitor. Beruntungnya, sistem SAP ini tidak akan menggandakan dan menduplikasi data yang terhimpun. Dengan begini rahasia yang hanya boleh diketahui oleh lingkup perusahaan akan terjaga.

Otomatis dan Fleksibel

Alasan banyak orang yang mengimplementasikan sistem ini adalah sifatnya yang otomatis dan fleksibel. Maksudnya adalah seluruh kegiatan monitoring terhadap proyek yang dilakukan oleh perusahaan terkait bisa dilakukan dengan otomatis. Selain itu, jika di masa depan ada masalah atau kejadian tertentu yang dialami oleh perusahaan maka bisa ditindaklanjuti dengan fleksibel.

Menerapkan Standarisasi

Sistem SAP juga unggul karena bisa menerapkan standarisasi akan segala hal dalam sebuah perusahaan. Dengan begini, segala aktivitas terkait apa saja akan berjalan dan dilaksanakan sesuai standar yang telah diberlakukan. Penerapan standarisasi ini juga sangat mempengaruhi maju tidaknya perusahaan tersebut sekaligus tingkat bersaingnya dengan perusahaan kompetitor.

Menyediakan Otorisasi

Kelebihan dari sistem SAP berikutnya adalah tersedianya otorisasi dari pihak perusahaan yang telah menerapkannya. Penerapan SAP ini juga bermanfaat untuk menyediakan peran dalam pekerjaan yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga menjadi terstruktur dan terorganisir. Dengan begini, karyawan akan dimudahkan dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

Terintegrasi dengan E-Commerce

Software SAP juga sudah terintegrasi dengan E-Commerce alias market virtual, yang mana sangat lazim di era digital ini. Perusahaan memang dituntut untuk beradaptasi dan mengikuti segala teknologi yang berkembang jika ingin terus eksis dan tidak gulung tikar. E-Commerce memang bisa menjangkau lebih banyak calong pelanggan domestik maupun mancanegara.

Penghematan Biaya

Sistem SAP bisa menghilangkan sama sekali cara-cara manual dan kuno dan menggantinya dengan automasi di seluruh aspek perusahaan. Imbasnya, sistem SAP bisa menghemat biaya dengan signifikan karena perusahaan sudah tidak alat tulis dan penyimpanan file. Selain hemat, sistem SAP ini juga antiribet dan segala hal bisa dipantau dengan mudah dan leluasa.

Cara Kerja SAP

Bagaimana sih cara kerja SAP dan implementasinya dalam sebuah perusahaan? Lazimnya, perusahaan mulanya menggunanakan jasa konsultan SAP untuk mengetahui dengan lebih detail program SAP mana yang cocok dan dibutuhkan perusahaan tersebut. Patut Anda tahu, tingkatan SAP berbeda-beda dan semua proses pekerjaan dilakukan dengan GUI (Graphic User Interface).

Nantinya GUI akan menyajijan interface dimana user bisa memasukkan data untuk mendapatkan dan membaca informasi yang berada di dalam database. Ada banyak unsur-unsur di dalam perusahaan yang bisa diautomasi dengan sistem SAP, yang juga biasa disebut dengan modul-modul SAP. Terkait dengan modul-modul SAP akan dibahas lebih lanjut di subjudul selanjutnya.

Modul SAP

Modul Materials Management

Implementasi sistem SAP dalam sebuah perusahaan bisa mendukung multi-task sehingga operasional perusahaan bisa dijalankan dengan efektif dan efisien. Hal ini karena sistem SAP tersusun dari banyak modul, salah satunya adalah Materials Management.

Materials Management atau MM ini dapat membantu pengelolaan bahan/material perusahaan dengan lebih sistematis. Beberapa sub komponen populer dalam modeul MM ini adalah pembelian, inventaris, verifikasi faktur, perencanaan berdasarkan konsumsi, master vendor dan lain sebagainya.

Modul Sales and Distribution

Modul Sales and Management atau SD ini membantu pengelolaan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan, mulai dari permintaan, penawaran, harga dan lain-lain. Modul yang berjasa mengendalikan persediaan dan manajemen ini terdiri dari master, transaksi, konfigurasi dan sistem. Sedangkan sub-komponen SD adalah data master, penjualan, delivery, penagihan dan lain-lain.

Modul Production Planning

Selanjutnya ada modul Production Planning atau PP, yang didesain khusus untuk perencanaan dan produksi. Modul PP ini meliputi master, konfigurasi sistem, serta transaksi yang berguna untuk finalisasi metode perencanaan produksi. Modul ini juga bekerja sama dengan data master, penjualan, perencanaan biaya produk, sumber daya distribusi, operasi dan masih banyak yang lainnya.

Modul Financial Acounting

Modul Financial Accounting ini berjasa dalam membantu karyawan agar bisa mengelola data terkait dengan transaksi keuangan/bisnis dalam sistem yang sudah terpadu. Modul ini juga sudah bersinergi dengan modul lainnya semisal Material Management, Sales and Distribution, Production and Planning dan seterusnya.

Modul Controlling

Modul sistem SAP berikutnya adalah Controlling, yang berguna untuk men-support kinerja perencanaan, pelaporan sekaligus pengawasan operasi bisnis/perusahaan. Controlling di sini juga bisa diartikan sebagai pengelolaan dan konfigurasi data master, yang mana di dalamnya termasuk pusat biaya, elemen biaya, pusat laba, pesanan internal dan lain sebagainya.

Modul Quality Management

Modul Quality Manajemen atau QM ini membantu sebuah perusahaan untuk bisa menjamin kualitas dari produksi dalam perusahaan secara total. Melalui modul ini, perusahaan bisa meningkatkan kinerja bisnis dengan menggunakan metode yang terstruktur dan fungsional. Modul ini biasanya berkolaborasi dengan pengadaan dan penjualan, perencanaan, produksi, kontrol, audit dan lainnya.

Modul Human Capital Management

Terakhir ada modul Human Capital Management atau HCM, yang mana berfungsi untuk meningkatkan proses kerja agar lebih baik sekaligus manajemen data khususnya di departemen SDM dalam perusahaan. Artinya, modul ini memproses hak mempekerjakan karyawan sekaligus mengevaluasi kinerjanya, penggajian, promosi, kompensasi dan masih banyak lagi.

Harga SAP

Sistem SAP memang penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan, jadi mengingat perrmintaannya yang luar biasa harga sistem SAP cenderung mahal. Lazimnya, perusahaan yang menggunakan SAP adalah perusahaan yang sudah mapan, namun begitu banyak juga perusahaan start-up yang telah mengimplementasikan sistem ini.

Sejauh ini, harga SAP bervariasi tergangtung paket dan layanan yang diberikan di dalamnya. Hal ini memberikan peluang kepada perusahaan berkembang untuk bisa menikmati layanan SAP agar maju dan bisa bersaing dengan kompetitor. Untuk paket termurah, SAP dihargai sekitar 2 juta rupiah per bulan, sedangkan yang paling mahal bisa mencapai 185 juta.

Contoh SAP

Sudah banyak contoh SAP dan implementasinya yang berjasa dalam memudahkan perusahaan dalam monitoring dan manajemen seluruh divisi, mulai dari perencanaan hingga pemasaran. Sistem ini akan membuat seluruh bagian dalam perusahaan bekerja secara terpadu, yang mana bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi.

Penerapan sistem SAP yang kompatibel untuk mayoritas perusahaan ini berkat adanya modul-modul yang komplit dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Seluruh modul tersebut bersinergi dan terintegrasi sehingga semua bagian dalam perusahaan bisa dipantau dan dikontrol secara otomatis. Imbasnya, perusahaan akan lebih mudah mencapai misi awal berkat misi visi yang efektif dan efisien.

SAP Indonesia

Sistem SAP sendiri sudah sejak lama diterapkan di Indonesia, tepatnya tahun 90-an oleh perusahaan mayor yaitu PT Astra International, PT Indofood dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Sejak saat itu, mulai bermunculan perusahaan lain yang ikut menggunakan sistem SAP, beberapa di antaranya adalah Bentoel Prima, Telkomsel, Bluebird, United Tractor dan masih banyak lagi.

Perusahaan-perusahaan tersebut di atas menerapkan modul yang berbeda-beda untuk meningkatkan produktivitas, ada yang hanya menerapkan Financial Accounting atau Materials Management saja. Intinya, langkah perusahaan mayor di atas perlu diikuti oleh perusahaan start-up jika masih ingin bertahan di persaingan skala global.

Belajar Sistem SAP

Sistem SAP memang rumit, namun ada reward luar biasa bagi individu yang bisa menguasainya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Ahli SAP selalu dibutuhkan/Lowongan selalu tersedia
  • Penghasilan yang tinggi
  • Jabatan yang strategis dan seterusnya

Dengan berbagai keuntungan dan kesempatan kerja seperti di atas, tentu banyak orang yang ingin belajar sisem SAP. Jangan khawatir, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menguasai sistem SAP, salah satunya adalah belajar secara mandiri melalui sumber yang banyak bertebaran di internet. Selain itu, juga bisa mengikuti kursus sistem SAP online atau training dengan biaya yang terjangkau.

Kesimpulannya, SAP adalah software ERP yang memiliki andil dalam memajukan perusahaan secara menyeluruh. Berkat sistem satu ini, segala aktivitas perusahaan bisa dimonitoring dan dikontrol secara otomatis tanpa ribet. Cara-cara manual pun sudah mulai ditinggalkan sehingga kualitas kinerja segenap karyawan bisa ditingkatkan secara signifikan.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment