Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi – Salah satu negara yang menjalankan pemerintahan dengan sistem demokrasi adalah Indonesia. Lantas, apa sebenarnya pengertian demokrasi itu sendiri?

Sebelum kita membahas tentang pengertian demokrasi, kita akan membahas dulu tentang asal kata dari demokrasi. Jadi, istilah demokrasi berawal dari bahasa Yunani yaitu demokratia. Kata ini terbentuk dari dua unsur kata yaitu demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya kekuasaan.

Pengertian Demokrasi Secara Umum

Jadi, pengertian demokrasi secara umum adalah kekuasaan yang dijalankan dengan sumber kekuatan berada di tangan rakyat. Sebagian besar ahli juga mengartikan bahwa demokrasi artinya pemerintahan yang dijalankan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sehingga sistem pemerintahan yang semacam ini mengizinkan seluruh warga negara untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemerintahan yang dijalankan.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pembahasan tentang pengertian demokrasi menurut para ahli akan kita jabarkan dalam ulasan berikut ini, diantaranya :

Abraham Lincoln

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln adalah sistem pemerintahan yang dirancang dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Pendapat Abraham Lincoln tentang demokrasi ini menjadi pendapat yang paling banyak digunakan sebagai pengertian demokrasi secara umum.

Charles Costello

Menurut Charles Costello, demokrasi adalah sistem sosial dan politik dari suatu negara yang membatasi kekuasaan pemerintah demi penegakan hukum dan dalam rangka melindungi hak seluruh warga negara yang tinggal di negara tersebut.

Demokrasi memiliki dua pengertian. Pengertian pertama bahwa demokrasi adalah suatu bentuk sistem pemerintahan yang dijalankan dimana seluruh rakyatnya ikut serta memerintah melalui perantara wakil rakyat yang terpilih.


Sementara pengertian kedua bahwa demokrasi adalah sebuah gagasan atau pandangan hidup yang lebih mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta memberikan perlakuan yang sama bagi seluruh warga negaranya tanpa memihak dan membedakan satu dengan lainnya.

Prinsip Demokrasi

Terdapat setidaknya 7 butir prinsip demokrasi, diantaranya meliputi :

Jaminan terhadap HAM (Hak Asasi Manusia)

Pada negara demokrasi, hak asasi manusia dijamin karena hak asasi manusia merupakan hak dasar yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Karena itu negara harus memberikan jaminan terhadap warga negaranya dan berani bertindak tegas terhadap siapapun yang melanggar batasan HAM yang sudah diatur.

Peradilan yang bebas dan tidak memihak

Pada negara demokrasi, sistem pemerintahan menganut sistem peradilan bebas sehingga pemerintah tidak boleh campur tangan dalam peradilan. Pun begitu bagi para penegak hukum harus menjalankan prinsip peradilan yang bebas dan tidak bisa memihak terhadap siapapun.

Siapa yang salah harus dihukum tidak peduli berasal dari golongan mana dan siapa yang benar harus dibebaskan tidak peduli status dan jabatannya seperti apa, karena di mata hukum semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Kedudukan yang sama bagi setiap rakyat di mata hukum

Masih berkaitan dengan point sebelumnya, penerapan hukum pada suatu negara demokrasi tidak boleh dipandang sebelah mata. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan hal tersebut sudah dijamin didalam UUD, sehingga jika memang ada pelanggaran hukum maka siapapun harus ditindak secara tegas dan tidak memihak.

Kebebasan dalam berpendapat dan berserikat

Masing – masing warga negara bebas dalam membentuk sebuah organisasi atau berserikat sekaligus tidak akan membatasi haknya untuk mengeluarkan pendapat. Akan tetapi pendapat tersebut harus disampaikan dengan cara yang baik dan secara bijak.

Menganut sistem kebebasan pers

Dalam negara demokrasi, pers tidak boleh dikuasai salah satu lini. Pers adalah penyeimbang. Pers menjadi suatu media penyaluran aspirasi bagi masing – masing warga negara sehingga pada akhirnya dapat memberikan suatu kritik dan saran kepada pemerintah sebagai pihak pembuat kebijakan publik.

Selain itu, fungsi lain dari pers adalah sebagai sarana sosialisasi bagi segala macam program pemerintah sehingga pada akhirnya akan terjalin komunikasi dua arah antara rakyat dan pemerintah.

Dalam negara demokrasi, landasan negara dan pembatasan kekuasaan negara adalah konstitusi

Konstitusi menjadi pembatas bagi setiap tingkah laku dan apa yang menjadi kewenangan pemerintah. Dengan adanya konstitusi pemerintah tidak boleh berlaku sewenang – wenang terhadap rakyatnya. Prinsip pembatasan melalui konstitusi ini sejalan dengan Undang – Undang Dasar yang telah ditetapkan.

Pergantian pemerintahan dilakukan secara berkala

Dalam negara demokrasi, tidak ada kekuasaan seumur hidup bagi penguasa negara. Pergantian pemerintah dilakukan secara berkala. Hal ini juga menjadi suatu cara untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kolusi, korupsi dan nepotisme.

Ketika tiba waktunya pergantian kekuasaan, dilakukan pemilihan umum yang diselenggarakan dengan prosedur yang jujur, langsung, bebas, dan adil. Rakyat memilih penguasa selanjutnya dan akan diputuskan melalui suara rakyat terbanyak.

Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia

Berbicara soal pelaksanaan demokrasi di Indonesia, sejak Indonesia merdeka sampai sekarang terjadi tiga kali perombakan sistem demokrasi. Tiga macam perombakan sistem demokrasi tersebut yaitu demokrasi liberal, demokrasi terpimpin dan demokrasi pancasila.

Demokrasi liberal di Indonesia terjadi di tahun 1950 sampai 1959. Selanjutnya pada tahun 1959 sampai 1966, demokrasi di Indonesia yang berlaku adalah demokrasi terpimpin. Dalam sistem demokrasi terpimpin, seluruh keputusan dan pemikiran berpusat pada pemimpin negara saja.

Setelah itu sejak 1966 sampai sekarang ini ketika demokrasi terpimpin dinilai tidak relevan, kemudian berlangsung sistem demokrasi pancasila. Demokrasi pancasila ini merupakan sistem demokrasi yang ideal dimana dalam demokrasi pancasila, tak ada yang bersikap otoriter dalam kekuasaan. Seluruh warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Contoh Demokrasi di Indonesia

Jika membahas tentang contoh demokrasi di Indonesia, kita akan membahas tentang pola demokrasi dalam lingkungan terkecil sampai terbesar yaitu dalam lingkungan keluarga, sampai masyarakat.

Contoh penerapan demokrasi di lingkungan keluarga adalah merundingkan masalah keluarga bersama – sama dan setiap anggota keluarga diberi kebebasan untuk berpendapat dan memberi solusi. Solusi yang dinilai paling cocok yang nantinya akan dipakai dan pihak yang solusinya tidak dipakai tidak boleh mengeluh atau marah.

Contoh penerapan demokrasi di lingkungan sekolah adalah pemilihan OSIS dan perangkat kelas yang dilakukan dengan cara voting.

Contoh penerapan demokrasi di lingkungan masyarakat salah satunya adalah memiliki rasa saling menghormati dan tenggang rasa antar sesama warga masyarakat walau pun berbeda ras, suku dan agama.

FAQ

Jelaskan pengertian demokrasi dalam arti umum ?

kekuasaan yang dijalankan dengan sumber kekuatan berada di tangan rakyat.

Jelaskan pengertian demokrasi terpimpin ?

Di kutip dari kompas.com & buku Islam dan Politik: Teori Belah Bambu, Masa Demokrasi Rerpimpin

Demokrasi Terpimpin adalah demokrasi yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan sesuai dengan UUD 1945.

Sedangkan Soekarno menjelaskan Demokrasi Terpimpin adalah demokrasi kekeluargaan, tanpa anarkinya liberalisme, tanpa otokrasinya diktator.

Mengapa pengertian demokrasi berbeda beda ?

Karena atas dasar pemikiran, waktu, situasi dan lingkungan personal yang berbeda – beda. Yang menyebabkan banyak pendapat yang berbeda – beda tetapi memiliki arti dan tujuan yang sama.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment