Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi di kutip dari situs Wikipedia berbahasa adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.

Pengertian Administrator

Administator secara umum adalah orang / orang-orang yang memliki tugas untuk mengurus hal-hal bersifat administrasi.

Di dalam dunia maya atau Internet, seorang administrator memiliki tugas untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan sistem komputer.

Pengertian Administrasi Dalam Arti Sempit

Administrasi berasal dari bahasa Belanda, “Administratie” yang artinya yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi, 1989).

Pengertian Administrasi Dalam Arti Luas

Administrasi Berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “Administration” (bahasa Inggris). yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973)

Berdasarkan Pengertian diatas, administrasi dapat juga kita artikan sebagai suatu proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Administrasi, baik dalam arti luas maupun arti sempit, di dalam penyelenggaraannya administrasi diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, dan di dukung oleh unsur – unsur penting didalam manajemen.

Jadi secara lebih dalam administrasi adalah penyelenggaraannya, sedangkan manajemen adalah pelaku atau orang yang menyelenggarakannya. Maka kombinasi dari keduanya adalah penyelenggaraan kerja yang dilakukan oleh orang-orang secara bersama-sama atau disebut dengan kerjasama untuk mencapai tujuan yang yang telah ditetapkan.

Pengertian Administasi Menurut Para Ahli

Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman

Menurut Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman Administrasi Sebagai Proses Atau Kegiatan Perumusan-perumusan administrasi sebagai kegiatan yang terdapat dalam kepustakaan Indonesia berbunyi sebagai berikut :

Apabila bicara mengenai ‘administrasi’ maka jelas yang dimaksud adalah penyelenggaraan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan-tujuan poko dari masyarakat dan anggota-anggotanya”(sumber: Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman Theori, Pengembangan dan Filosofi Kepemimpinan Kerja, 1971, pagina 11)

Pengertian Administrasi itu dapat ditinjau dari tiga sudut yaitu :

Pertama Administrasi dalam arti Institutionil, yang mana administrasi dimaksudkan sebagai keseluruhan orang atau kelompok orang-orang yang sebagai suatu kesatuan yang menjalankan proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan awal secara bersama.

Kedua Administrasi dalam arti fungsionil, yang dimaksud dengan fungsionil ialah segala kegiatan atau tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan utama (yang termasuk juga didalamnya tindakan untuk menentukan tujuan itu sendiri) atau dengan kata lain bersifat ke depan atau yang artinya melihat kepada pencapaian tujuan pada masa yang akan datang.

Ketiga Administrasi sebagai proses, sebagai proses administrasi berarti keseluruhan proses yang berupa kegiatan-kegiatan, pemikiran-pemikiran, pengaturan-pengaturan sejak dari penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapainya suatu tujuan.

Leonard D. White

Leonard D. White Dalam bukunya “Introduction to The Study of Public Administration.” Mengartikan adminstrasi sebagai berikut :

Administration is a process common to all group effort, public or private, civil or military, large scale or small scale… etc. (Administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua kelompok negara swasta, sipil atau militer, usaha besar maupun usaha berskala kecil, dan sebagainya).

William H. Newman

William H. Newman Dalam bukunya “Administrative Action”. Mengartikan Adminisitrasi sebagai berikut :

Administration has been defined as the guidance, and leadership and control of the effort of a group of individuals towards some common goal. (Administrasi didefinisikan sebagai pedoman/petunjuk, kepemimpinan, dan pengawasan dari usaha-usaha kelompok individu-individu guna tercapainya tujuan bersama).

H.A. Simon Cs

H.A. Simon Cs. dalam bukunya “Public Administration”. Mengartikan Adminisitrasi sebagai berikut :

Administration as the activities of group cooperating to accomplish common goals.(Administrasi adalah sebagai kegiatan dari pada kelompok yang mengadakan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama).

Ciri – ciri Administrasi

Setelah mengetahui definisi maupun pengertian administrasi maka dapatlah ditentukan ciri-ciri daripada administrasi itu.

Ciri-ciri administrasi digolongkan sebagai berikut:

  1. Adanya kelompok manusia, kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih.
  2. Adanya kerja sama dari kelompok tersebut.
  3. Adanya kegiatan/proses/usaha (aktivitas).
  4. Adanya kepemimpinan, bimbingan/pengarahan, dan pengawasan.
  5. Adanya tujuan Jpng hendak dicapai yang ditentukan sebelumnya.

Kesimpulan

Dengan demikian dapat di simpulkan bahwasannya administrasi dalam arti luas dapat kita tinjau dari 3 (tiga) sudut pandang pengertian, yaitu dari sudut:

  • Proses,
  • Fungsi, atau Tugas,
  • Kepranataan (instution).

Ditinjau dari sudut proses, administrasi merupakan keseluruhan proses yang dimulai dari proses pemikiran, perencanaan, pengaturan, penggerakan/bimbingan, pengawasan sampai dengan proses pencapaian tujuan.

Untuk mencapai suatu tujuan, orang harus memikirkan dulu, kemudian mengatur/menentukan bagaimana caranya untuk mencapai tujuan itu lalu pencapaiannya sendiri sampai tujuan yang dikehendaki. Keseluruhan aktivitas-aktivitas tersebut dirangkum dalam satu pengertian administrasi.

Ditinjau dari sudut fungsi atau tugas, administrasi berarti keseluruhan tindakan (aktivitas) yang mau tidak mau harus dilakukan dengan sadar oleh seseorang atau kelompok organisasi orang yang berkedudukan sebagai “administrator” atau yang menduduki manajemen puncak sesuatu organisasi.

Hal ini dapat diketahui karena di dalam setiap instansi atau organisasi pasti ditemui atau dikenal hal-hal berikut:

  1. Perencana, yaitu orang atau orang-orang yang melakukan tugas merencanakan.
  2. Pemimpin, yaitu orang atau orang-orang yang memimpin atau memberi teladan bagi para bawahannya.
  3. Pembimbing, yaitu orang atau orang-orang yang melakukan tugas memberi bimbingan/pengarahan.
  4. Pengawas/inspektur, yaitu orang atau orang-orang yang melakukan tugas mengawasi pelaksanaan jalannya kegiatan atau melakukan tugas melaksanakan perbaikan atas kesalahan-kesalahan yang terjadi.
  5. Organisator, yaitu orang atau orang-orang yang pekerjaannya mengorganisasi.

Ditinjau dari sudut kepranataan, administrasi dapat dilihat dan diartikan sebagai suatu lembaga, misalnya PN Pembangunan Perumahan (sekarang PT Pembangunan Perumahan).

Dapat dilihat dari orang-orang yang secara tertentu melakukan aktivitas-aktivitas di dalam perusahaan tersebut bukan gedungnya yang dilihat, tetapi orang-orang itulah yang melakukan kegiatan-kegiatan yang secara keseluruhan kita namakan PT Pembangunan Perumahan.

Mereka itu pada umumnya dapat digolongkan menjadi 4 golongan/kelompok orang yaitu sebagai berikut.

  1. Administrator, yaitu orang yang menentukan dan mempertahankan tujuan atau yang menentukanpolicy.
  2. Manajer, yaitu orang yang langsung memimpin kerja ke arah tercapainya hasil-hasil nyata.
  3. Staf ahli (expert), yaitu orang-orang yang membantu manajer. Mereka ini terdiri atas ahli-ahli, seperti keuangan, administrasi, manajemen, teknik, dan sebagainya. Merupakan branstrust (penasehat-penasehat) yang bergerak dalam bidang pemikiran (thinking).
  4. Karyawan/pegawai, yaitu orang-orang yang melaksanakan pekerjaan-pekerjaan atau pelaksana-pelaksana.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah sebagai berikut:

  1. Aktivitas-aktivitas untuk mencapai suatu tujuan atau sebagai proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
  2. Administrasi adalah suatu bentuk daya upaya manusia yang kooperatif, yang mempunyai tingkat rasionalitas yang tinggi.
  3. Administrasi Merupakan suatu ilmu yang mempelajari apa yang dikehendaki manusia dan cara mereka memeperolehnya.
  4. Administrasi mementingkan aspek-aspek konkrit dari metode-metode dan prosedur-prosedur manajemen di mana kerja sama merupakan unsur utama.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment