Manajemen Proyek : Apa itu? Apa tujuannya? dan Bagaimana Langkah-Langkahnya?

  • Whatsapp
MANAJEMEN PROYEK
MANAJEMEN PROYEK

Manajemen proyek pada umumnya di lakukan oleh suatu perusahaan dalam melaksanakan usahanya. Seharusnya bagi para pengusaha manajemen proyek sudah tidak asing lagi. Hal ini di karenakan manajemen proyek ini selalu dan juga sudahlah pasti telah banyak digunakan dalam setiap pelaksanaan usaha pada proyek usaha sebelumnya. Namun terkadang kamu bahkan tidak menyadari bahwasanya apa yang sedang kamu lakukan tersebut merupakan manajemen proyek itu sendiri.

Manajemen proyek secara umum dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Tetapi supaya kamu melakukan setiap langkah tersebut dengan baik dan benar, akan lebih baik jika terlebih dahulu kamu memahami lebih mendalam tentang apa itu manajemen proyek beserta tujuan dilakukannya.

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah satu kesatuan seperangkat prinsip yang berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen itu sendiri seperti kegiatan merencanakan atau Planning , mengorganisasikan atau Organizing , mengarahkan atau Actuating , mengawasi atau Controlling, hal ini berkaitan dalam memanfaatkan fungsi tadi guna mengoptimalkan sumber daya fisik, keuangan, manusia dan informasi secara lebih efisien dan juga lebih efektif guna mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Manajemen Proyek

Manajemen proyek dapat diartikan sebagai suatu penerapan di bidang ilmu pengetahuan, keterampilan dan keahlian, cara atau teknis, serta penerapan dan penggunanan sumber daya yang yang jumlahnya terbatas dengan tujuan untuk mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan guna mendapatkan hasil optimal dalam hal ini adalah hasil optimal dari kinerja, waktu, mutu dan keselamatan kerja.

Pengertian lain dari manajemen proyek ialah suatu kegiatan merencanakan atau Planning , mengorganisasikan atau Organizing , mengarahkan atau Actuating , mengawasi atau Controlling, serta dengan mengendalikan sumber daya dari organisasi suatu perusahaan untuk dapat mencapai tujuan yang telah di tetapkan dalam waktu tertentu dengan sumber daya yang ada.

Baca juga : Manajemen : Pengertian, 6 Unsur Di Dalamnya, Serta Berbagai Penggolongan Ilmu Administrasi

Tujuan Dilakukannya Manajemen Proyek

Secara umum ada beberapa tujuan dari dilakukannya hal ini yang perlu kamu ketahui. Lantas apa saja tujuan dari dilakukannya ? Berikut beberapa diantaranya:

  • Mampu Mengelola Kemungkinan Resiko
  • Memaksimalkan Berbagai Variasi Potensi Tim
  • Menciptakan Perencanaan yang Tepat Sasaran
  • Memanfaatkan Berbagai Peluang yang Ada
  • Mengelola Integrasi dari Berbagai Aspek dalam Perusahaan

Langkah-Langkah Manajemen Proyek Dapat Dilakukan

Setelah kamu mengetahui tujuannya, mungkin kini kamu tertarik dalam hal penerapannya bukan? Hal inilah yang kemudian membuat kamu tertarik untuk segera menerapkan manajemen proyek dalam pelaksanaan usaha kamu.

Tentu ada langkah langkah dan juga urutan yang harus anda pahami dari manajemen proyek agar dapat diterapkan dengan benar. Lantas apa saja langkah langkah yang benar tersebut? Berikut penjelasannya!

Pendefinisian Proyek ( Project Definition )

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menerapkan manajemen proyek ialah dengan mendefinisikan apa sebenarnya tujuan dari proyek yang kamu buat itu. Selain itu, agar kamu berhasil dan bisa mencapai kualitas dari tujuan yang diharapkan, kamu juga harus mendefinisikan faktor-faktor apa saja sih yang harus kamu pertimbangkan dalam pelaksanaan proyek tersebut.

Project Initiation (Inisialisasi Proyek)

Tahapan selanjutnya adalah, kamu harus melakukan yang namanya inisialisasi proyek. Inisialisi? apa sih yang dimaksud? Inisialisasi di sini merupakan bentuk dari perencanaan tahap awal terhadap penggunaan sumber daya nantinya. Sebelum proyek dimulai seluruh inisialisasi ini harus diselesaikan.

Project Planning (Perencanaan Proyek)

Jika dirasa tahap diatas sudah kamu lakukan. Selanjutnya kamu bisa melanjutkan ke tahapan penguraian dari perencanaan lengkap proyek. Penguraian ini perlu dilakukan secara jelas untuk mengetahui bagaimana sebuah proyek musti dijalankan kedepannya. Semua informasi dari project planning ini akan terlihat dan disajikan dalam bentuk segitiga manajemen. Disana kamu akan melihat bagaimana waktu, biaya, dan ruang lingkup suatu proyek ini sangat penting peranannya.

Baca juga : Mark up dan Mark Down, Penjelasan, dan Cara Menghitungnya

Project Execution (Pelaksanaan Proyek)

Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan pekerjaan agar proyek yang dimaksud tersebut dapat dengan segera mencapai tujuannya. Ketika memasuki langkah ini, semua perencanaan dari apa yang kamu buat sebelumnya akan kita realisasikan sebaik mungkin guna mencapai tujuan yang telah ditargetkan.

Project Monitoring & Control (Pemantauan dan Pengendalian Proyek)

Tahapan selanjutnya dalam langkah memulai manajemen proyek adalah pemantauan dan juga pengendalian. Ketika melakukan pemantauan dan juga pengendalian, kamu harus memastikan bahwasannya semuaa langkah tersebut diatas telah sesuai dengan apa yang direncanakan. Jika belum sesuai, maka anda bisa melakukan pengambilan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

Project Closure (Penutupan Proyek)

Tahapan terakhir yang bertujuan untuk memastikan keterlaksanaan proyek adalah dengan melakukan penutupan proyek. Akan tetapi penutupan proyek hanya dapat kamu lakukan setelah dirasa menerima hasil akhir dari proyek tersebut. Saat itulah kamu dapat menghentikan seluruh penggunaan sumber daya dan juga proses pengerjaannya.

3 garis besar berlangsungnya suatu proyek

Untuk menciptakan suatu proyek, ada3 (tiga) garis besar yang perlu kamu perhatikan diantaranya adalah:

Perencanaan

Untuk dapat mencapai sebuah tujuan yang diinginkan, di butuhkan suatu perencanaan yang benar-bebar matang. Perencaanaa yang dimaksud adalah dengan meletakkan dasar dari tujuan dan juga sasaran dari suatu proyek serta sekaligus menyiapkan seluruh program teknis dan juga menyiapkan semua administrasi supaya dapat diimplementasikan nantinya.

Tujuannya adalah agar memenuhi persyaratan dan spesifikasi yang telah ditentukan dalam batasan waktu, mutu, biaya serta keselamatan kerja. Perencanaan terhadap suatu proyek dilakukan melalui beberapa tahap seperti studi kelayakan, rekayasa nilai, dan perencanaan area dari manajemen proyek.

Baca juga : Fungsi Pemasaran Pengertian dan Pembahasannya

Penjadwalan

Tahap pendjadwalan adalah implementasi dari proses perencanaan yang sebelumnya, penjadwalan akan memberikan informasi mengenai jadwal rencana proyek dan juga kemajuan proyek yang meliputi sumber daya berupa biaya, tenaga kerja, peralatan, dan material , durasi dan juga progres waktu untuk kita dapat menyelesaikan proyek tersebut.

Proses monitoring dan juga updating ini umunya dilakukan supaya mendapatkan penjadwalan yang realistis agar sesuai dengan tujuan awal proyek tersebut.

Dalam tahap penjadwalan proyek ini terdapat beberapa metode yang wajib kamu ketahui, diantaranya adalah Kurva S atau (hanumm Curve), Barchart, Penjadwalan Linear atau (diagram Vektor), Network Planning serta waktu dan juga durasi kegiatannya. Jika dalam rencana awal terjadi penyimpangan, maka hendaklah lakukan proses evaluasi dan juga tindakan berupa koreksi agar proyek tetap berada pada jalur yang kamu inginkan.

Pengendalian Proyek

Suatu proyek hasil akhrinya sangat dipengaruhi oleh pengendalian. Tujuan utamanya dari pendendalian yaitu agar dapat meminimalisasir semua penyimpangan yang mungkin saja terjadi selama proyek berlangsung.

Tujuan lain dari pengendalian proyek ini adalah agar tercpitanya optimasi kinerja biaya, waktu, mutu dan juga keselamatan kerja yang harus memiliki kriteria sebagai tolak ukur. Dalam proses pengendalian banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan misalnya saja pengawasan, pemeriksaan, dan koreksi yang dilakukan selama proses implementasi proyek.

Baca juga : Ide Bisnis Rumahan Online, Kreatif, dan unik modal kecil

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang Manajemen proyek. Semoga dengan ini, pelaksanaan proyek atau usaha kamu akan lebih dapat terkendali dan juga setiap dari tujuan proyekmu dapat tercapai seperti yang kamu harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *