Lingkungan Hidup, Pengertian, Unsur, Jenis, Serta Contohnya Di Bumi

  • Whatsapp
Lingkungan Hidup
Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup sekitar kamu sangatlah penting dijaga kelestarian dan kebersihannya. Tapi kamu sudah tahu belum apa sih yang dimaksud itu?

Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan segala sesuatu yang ada di dalamnya termasuk makhluk hidup lain dan manusia serta perilaku mereka yang berpengaruh pada keberlangsungan hidup serta kesejahteraan manusia beserta makhluk hidup lainnya.

Termasuk diantaranya adalah ekosistem, perilaku budaya, sosial, bahkan udara di sekitar kamu. Jadi penting sekali kan buat dijaga?

Pengertian Lingkungan Hidup

Bisa dikatakan yang dimaksud adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia serta berhubungan timbal balik atau tempat dimana manusia, hewan, dan tumbuhan menjadi bagian komponen penyusun yang saling mempengaruhi..

Pengertian Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga menyatakan pemikiran mereka. Berikut beberapa diantaranya.

  • Emil Salim

Suatu kondisi, keadaan, benda, serta pengaruh yang ada dalam ruang yang kamu tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk diantaranya kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Definisi tersebut dibatasi faktor alam, ekonomi, politik, serta sosial.

  • Otto Soemarwoto

Segala sesuatu yang ada dalam makhluk hidup dan organisme, entah itu benda atau kondisi yang ada dalam ruang yang ditempati dan berpengaruh terhadap kehidupan. Secara teori, ruang tersebut jumlahnya tidak terbatas, sementara secara praktis, ruang tersebut dibatasi sesuai kebutuhan.

  • Soedjono

Lingkungan jasmani atau fisik yang ada di alam, diwujudkan sebagai manusia, hewan, serta tumbuh-tumbuhan. Atau bisa juga dibilang segala sesuatu yang mencakup kehidupan.

Baca Juga : Batas Wilayah Indonesia: Darat, Perairan, Serta Udara

  • Sambas Wirakusumah

Semua aspek kondisi eksternal biologis di sekitar manusia, yaitu organisme serta ilmu lingkungan yang dijadikan kajian studi aspek lingkungan keberadaan organisme.

  • Munadjat Danusaputro

Semua daya dan benda serta kondisi termasuk di dalamnya, diantaranya manusia dan perilaku yang ada dalam ruang dimana manusia berada serta mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya dan kesejahteraan manusia. Singkatnya adalah lingkungan fisik dan budaya.

  • Sri Hayati

Satu kesatuan ruang dan semua benda dan juga keadaan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia beserta perilaku demi keberlangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lain dalamnya.

  • Supardi

Jumlah seluruh benda mati dan benda hidup serta semua kondisi dalam lingkungan tempat manusia tinggal yang dibagi menjadi lingkungan fisik dan non fisik.

  • Ahmad

Satu kesatuan sistem kehidupan dimana ada campur tangan manusia di dalamnya.

  • Jonny Purba

Wilayah tempat berbagai kegiatan, seperti interaksi sosial antar kelompok dan pranatanya dan berbagai aktivitas lain yang dipengaruhi nilai serta simbol yang berlaku berlangsung.

  • S. J. McNaughton & Larry L. Wolf

Semua faktor eksternal yang bersifat fisika dan biologis yang secara langsung berpengaruh terhadap kehidupan, pertumbuhan, perkembangan, serta aktivitas reproduksi organisme.

Pengertian Menurut UUD Nomor 32 Tahun 2009

Sementara menurut Undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkung anHidup, lingkungan hidup mempunyai makna suatu kesatuan tidak terpisahkan dalam ruang, termasuk di dalamnya manusia dan kesejahteraannya serta kesejahteraan makhluk hidup lainnya.

Undang-undang tersebut seakan menyiratkan pandangan bahwa lingkungan hidup atau dalam hal ini alam adalah pemberi kehidupan dan penghidupan bagi manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi sudah semestinya manusia memelihara lingkungan hidup beserta isinya.

Jenis-Jenis Lingkungan Hidup

Nah, kalau sudah tahu berbagai pengertian menurut para ahli diatas, selanjutnya kamu mesti tahu dua jenis lingkungan hidup yang ada. Kedua jenis tersebut adalah Alami dan buatan atau binaan.

Lalu apa beda antara keduanya? Yang dimaksud dengan lingkungan hidup alami adalah yang masih alami dimana proses pembentukannya tidak ada campur tangan manusia. Interaksi antara lingkungan tersebut dengan sekitarnya membentuk kesatuan yang disebut ekosistem.

Sementara lingkungan hidup buatan atau binaan adalah lingkungan hidup alami yang terbentuk akibat hasil dominasi manusia demi keberlangsungan hidup mereka.

Selain kedua lingkungan hidup di atas, ada juga lingkungan hidup sosial yang terdiri dari manusia dengan aturan tertentu yang saling berinteraksi membentuk organisasi masyarakat. Contohnya adalah perkotaan dan pedesaan.

Baca Juga : Tujuan Pendidikan Nasional Demi Pembentukan Karakter Yang Berdasar Pada Pancasila

Unsur Penyusun Lingkungan Hidup

Sementara unsur penyusunnya ada tiga unsur, yaitu biotik, abiotik, dan sosial budaya. Yang dimaksud unsur biotik di sini adalah unsur yang tersusun dari berbagai makhluk hidup dalam lingkungan tersebut, seperti misalnya manusia, hewan, tumbuhan, serta mikroorganisme.

Sementara unsur abiotik adalah unsur benda tidak hidup yang mendukung terjadinya lingkungan. Misalnya tanah, udara, sinar matahari, air, gunung, sungai, bebatuan, serta benda mati lainnya.

Keberadaan unsur abiotik penting demi keberlangsungan hidup unsur biotik. Bayangkan saja kalau di lingkungan kamu tidak ada udara, tidak bakal ada yang bisa hidup bukan?

Dan unsur yang terakhir adalah unsur sosial budaya yaitu unsur akibat aktivitas kebudayaan dan sosial manusia hingga membentuk sistem nilai, keyakinan, dan gagasan atas perilaku sebagai makhluk hidup sosial.

Unsur sosial diantaranya adalah adat istiadat, berbagai hasil penemuan, perilaku dan lainnya. Unsur ini bersifat abstrak, seperti misalnya moral, hukum, adat istiadat, kesenian, dan sebagainya.

Unsur satu ini juga tidak kalah pentingnya lho. Soalnya kalau tidak ada unsur sosial, lingkungan tidak bakal teratur ataupun aman buat ditempati. Bukan cuma bisa terjadi perselisihan antar manusia, namun unsur abiotik juga bisa rusak, seperti polusi dan lainnya.

Tanpa adanya unsur sosial, manusia bisa semena-mena dalam berperilaku dan akhirnya merusak serta menyakiti unsur lingkungan hidup lainnya.

Kebayang kan kalau tidak ada moral, manusia bakal berbuat seenaknya, seperti membuang sampah sembarangan, memukul atau bahkan menyakiti makhluk hidup lain tanpa alasan jelas, mencoret-coret pohon atau dinding, dan berbagai perilaku merusak lainnya.

Contoh Lingkungan Hidup Di Bumi

Nah, sudah cukup tahu bukan mengenai beberapa pengertian menurut para ahli, jenis, unsur penyusunnya? Biar bisa mendapat gambaran lebih jelas, mari lihat berbagai contoh yang ada di bumi.

Seperti yang dikatakan di atas, lingkungan hidup terbagi menjadi dua, yaitu Alami dan Buatan atau binaan. Yang Alami juga terbagi lagi menjadi dua jenis ekosistem, yaitu lingkungan laut dan darat.

Dimana contoh lingkungan hidup darat diantaranya adalah hutan, lembah, gunung, bukit, padang rumput, dan lainnya. Sementara contoh lingkungan hidup laut antara lain adalah sungai, laut, danau, rawa, pantai dan lainnya.

Tiap ekosistem memiliki ciri khas tersendiri bagi kehidupan di dalamnya, entah itu berupa makhluk hidup maupun benda mati yang menjadi unsur penyusunnya.

Lingkungan hidup kedua adalah Buatan atau binaan yang memiliki ciri kurang keanekaragaman dan dibuat demi memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya adalah taman, kebun, sawah, waduk, kolam, sekolah, pasar, jalan, kawasan industri dan lainnya.

Semuanya merupakan hasil dari campur tangan manusia yang terbentuk akibat perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Demikianlah berbagai informasi terkait lingkungan hidup yang penting buat diketahui. Tapi yang penting buat diingat adalah manusia mesti dan wajib buat melindungi serta menjaga kelestarian dan keamanannya. Sayang kan kalau kehidupan di sekitar kamu tidak terawat, terbengkalai, serta hancur akibat ulah manusia. Semuanya demi kepentingan kamu juga kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments