Kata Pengantar

Kata pengantar mungkin sedang membuatmu bingung saat ini terutama para mahasiswa yang sedang mengerjakan makalah? Dalam pembuatan makalah, jurnal, karya ilmiah, skripsi dll pastinya dibutuhkan kata pengantar bukan? Cara membuatnya dengan benar bisa dikatakan mudah namun sekaligus sulit. Nah, biar bisa membuatnya dengan tepat, kamu mesti tahu dulu seluk beluknya ya.

Pengertian Kata Pengantar

Pengertian kata pengantar itu sendiri mempunyai arti halaman dalam hasil karya tulisan seseorang yang berisi ucapan penulis atas selesainya karya tulis tersebut, entah itu berupa ucapan rasa syukur, terima kasih, tujuan dan manfaat dari penulisan serta berbagai saran dan kritik yang bisa membangun.

Cara Membuat Kata Pengantar

Kata pengantar biasanya diletakkan di bagian awal karya tulis oleh para penulis. Kenapa? Untuk memberitahu para pembaca bahwa selama proses penulisan, para penulis dan tim penyusun mengalami banyak hal dan dibantu juga oleh berbagai pihak.

Lalu bagaimana cara menulis kata pengantar yang baik dan benar? Struktur kata pengantar terbagi menjadi pembukaan, isi, serta penutup dengan fungsi dan ciri khas tersendiri.

Pembukaan

Bagian ini biasanya bisa ditemukan di paragraf pertama hingga kedua kata pengantar yang berisi ucapan syukur dan ucapan terima kasih penulis beserta tim penyusun atas selesainya proses penulisan karya tulis itu. Pada karya tulis Indonesia umumnya ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan yang dianut.

Dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu serta mempunyai andil dalam penulisan karya tulis. Biasanya diurutkan berdasarkan seberapa besar pengaruh pihak tersebut dalam proses penyelesaian karya tulis.

Isi

Bagian ini berisi paparan gambaran sekilas tentang isi karya tulis. Biasanya diawali dengan penyebutan judul karya tulis lalu sedikit pembahasan dan bagaimana penulis menulis isi tersebut dalam karya tulis.

Tapi tidak perlu membahas isi karya tulis secara detail ya, cukup garis besarnya saja biar tidak terlalu panjang. Paling tidak para pembaca bisa dapatkan sedikit gambaran dan pandangan awal akan isi karya tulis yang bakal dibaca.

Penutup

Bagian ini berisi permohonan maaf serta harapan penulis karya tulis. Soalnya bisa saja ditemukan kesalahan dalam karya tulis itu kedepannya, kan para penulis juga manusia yang tidak luput dari kesalahan maupun kekurangan.

Permohonan maaf ini perlu dicantumkan, soalnya penulis tidak bisa bertatap muka dengan para pembaca karya tulisnya. Jadi walau tidak bisa langsung bertemu, penulis masih bisa memohon maaf atas kesalahan maupun kekurangan yang ada dalam karya tulisnya itu.

Sementara harapan yang dicantumkan di bagian ini mencakup potensi atau pandangan lebih lanjut akan topik karya tulis. Soalnya karya tulis kan punya keterbatasan lingkup pembahasan topik, dengan begitu saat mencantumkan harapan, penulis bisa memberikan beberapa bahasan topik menarik buat dibahas di karya tulis lain.

Sesuai dengan namanya, kata pengantar diharapkan bisa mengantarkan pembaca mengenai isi atau uraian topik yang dibahas di dalam karya tulis. Diharapkan dengan membaca kata pengantar, para pembaca semakin tertarik minatnya untuk membaca.

Jadi uraikan kata-kata yang menarik minat dan mendorong rasa penasaran para pembaca agar mau membaca karya tulis kamu ya. Bagaimanapun juga kata pengantar merupakan pintu pembuka yang penting kan?

Nah, bagaimana caranya? Kamu mesti menghindari beberapa hal tentunya.

Pertama-tama jangan menulis kata pengantar terlalu panjang dan bertele-tele. Sebisa mungkin jangan sampai lebih dari dua halaman ya, biar pembaca tidak membuang waktu berlama-lama cuma buat membaca kata pengantar kamu.

Cukup tuliskan gambaran yang singkat mengenai topik yang bakal dibahas di dalam karya tulis. Gunakan juga kata-kata yang enak dibaca susunannya.

Tips kedua adalah usahakan jangan ucapkan terima kasih ke terlalu banyak orang, batasi hanya pihak yang benar-benar berperan penting serta memiliki andil bagi kamu saat menulis. Kamu tidak perlu memasukkan semua nama orang yang kamu kenal.

Selanjutnya ada baiknya jangan melupakan pakai bahasa yang formal. Banyak penulis yang menulis kata pengantar dengan gaya kasual. Walau tidak dilarang namun sebaiknya menghindari saja, terutama kalau untuk penulisan kata pengantar makalah.

Soalnya kan pembaca karya tulis kamu itu bukan cuma guru atau teman serta keluarga, bisa saja dibaca oleh orang lain yang tidak kamu kenal. Apalagi kalau karya tulismu nantinya disimpan di perpustakaan atau bahkan di internet.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Sudah tahu kan kiat-kiat menulis kata pengantar yang baik dan benar? Mau tahu beberapa contoh kata pengantar makalah?

Baca saja contoh di bawah ini.

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya karena rahmat-Nyalah penulis akhirnya bisa menyelesaikan karya ilmiah dengan judul “Peran smartphone dalam menunjang produktivitas seseorang”” ini tepat pada waktunya.

Karya ilmiah ini disusun agar bisa mendapatkan pembaharuan informasi perihal peran smartphone dalam kehidupan. Bahwa tidak selamanya menatap smartphone dalam waktu lama bisa berdampak buruk, namun juga bisa meningkatkan produktivitas.

Meskipun penulis berharap karya ilmiah ini tidak terdapat kekurangan, namun penulis sadar bahwa pengetahuan penulis sangatlah terbatas, sehingga penulis tetap berharap akan adanya masukan serta kritik dan saran yang bisa membangun atas karya ilmiah ini agar tercapainya tujuan memberi pembaharuan informasi kepada para pembaca.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya pada penulis berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Terima kasih juga kami penulis ucapkan juga kepada teman pembaca sekalian yang telah berkontribusi antara lain dengan memberikan ide-ide sehingga makalah ini dapat disusun dengan baik dan rapi.

Penulis harapkan supaya makalah ini bisa menambah ilmu para pembacanya. Namun di luar itu semua, penulis mengerti jika makalah yang dibuat ini masih jauh dari sempurna, sehingga penulis sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.

Contoh Kata Pengantar Makalah Tugas Akhir Kuliah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan penulis kemudahan sehingga dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tanpa pertolongan dari-Nya sudah tentu penulis tak bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat beserta salam semoga terlimpah berkat curah pada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis juga ingin mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, entah itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama yang diberikan judul “Kanker dan Pengobatannya”.

Penulis tentu menyadari kalau makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk hal itu, penulis harapkan saran dan kritik dari pembaca sekalian, supaya makalah ini ke depannya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Kemudian apabila memang ada banyak kesalahan di makalah ini maka penulis mohon maaf yg sebesar-besarnya.

Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Nah, demikianlah beberapa informasi terkait kata pengantar. Semoga bermanfaat dan berguna ya, terutama buat kamu yang memerlukannya

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment