Ilmu Ekonomi: Pengertian, Sejarah, Metodologi Hingga Aspek Di Dalamnya

  • Whatsapp
ILMU EKONOMI
ILMU EKONOMI

Ilmu Ekonomi Istilah tersebut pastilah sudah sangat sering kamu dengar bukan? Tapi itu bukan sebatas pada ilmu Ekonomi yang kamu dapatkan di pendidikan formal saja lho.

Pengertian Ekonomi Secara Umum

Lalu apa sih pengertian ekonomi secara umum?

Ada dua definisi umum yakni

Pertama, ialah Cabang ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas, dengan sumber saya yang terbatas.

Sedangkan yang kedua adalah

Ilmu Ekonomi bisa diartikan sebagai cabang ilmu yang mempelajari perilaku manusia seperti distribusi, produksi maupun konsumsi demi menciptakan kemakmuran.

Menurut KBBI

Pengertian ekonomi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah sebagai cabang ilmu merujuk pada berbagai asas distribusi, produksi, serta pemakaian kekayaan atau barang. Yang dimaksud dengan kekayaan antara lain adalah perindustrian, kegiatan perdagangan dan tentu saja uang. Dan selain itu mencakup juga berbagai hal tentang pemanfaatan tenaga, waktu, yang, dan hal lain yang berharga.

KBBI juga mengaitkan ilmu ekonomi dengan tata kehidupan perekonomian negara, yang mencakup segala tindakan seperti cara maupun aturan untuk menjalankan usaha berekonomi yaitu perindustrian dan perdagangan.

Selengkapnya KBBI mendefinisikan ekonomi sebagai:

  • Ilmu yang mengemukakan asas distribusi, produksi, serta pemakaian kekayaan atau barang seperti misalnya perindustrian, perdagangan, dan juga keuangan.
  • Urusan keuangan organisasi, rumah tangga, dan juga negara.
  • Pemanfaatan uang, waktu, tenaga, dan segala hal yang berharga.
  • Tatanan hidup perekonomian negara.

Baca Juga : Perjanjian Internasional: Pengertian dan Berbagai Istilahnya

Pengertian Ekonomi Menurut Ahli

Sementara pengertian ekonomi menurut ahli adalah sebagai berikut:

Aristoteles

Cabang kajian ilmu yang digunakan dengan cara memakai semua hal yang mendekati kemungkinan buat dipakai dan memakai semua hal yang kemungkinan bisa ditukar dengan barang. Pengertian inilah yang memunculkan istilah nilai pemakaian dan pertukaran..

Abraham Maslow

Bidang ilmu yang berguna buat menyelesaikan masalah kehidupan manusia yang melibatkan masalah perekonomian yaitu menerapkan sumber perekonomian sesuai teori dan prinsip yang efisien dan efektif..

Adam Smith

Ilmu yang mempelajari seluk beluk perilaku manusia secara sistematis yang merujuk pada usaha mengalokasikan sumber daya terbatas dan tidak terbatas demi mencapai tujuan.

John Stuart Mill

Cabang ilmu praktis yang mempelajari seluk beluk pengeluaran dan penagihan, dan juga merupakan kegiatan distribusi dan produksi kekayaan.

Paul Anthony Samuelson

Ilmu yang mempelajari berbagai cara yang dipakai masyarakat demi mengoptimalkan pemanfaatan sumber-sumber terbatas yang bakal menghasilkan banyak komoditi dan produk yang nantinya dipasarkan dengan didistribusikan ke seluruh lapisan masyarakat.

Singkatnya ilmu ekonomi merupakan studi mengenai manusia di keseharian dalam rangka mendapat serta menikmati kehidupan.

Louis Cantori

Masalah yang menjamin berputarnya nilai harta milik manusia yang dipakai buat mencapai falah atau kesejahteraan di dunia maupun akhirat..

Gregory Mankiw

Cabang atau studi ilmu pengetahuan yang menjelaskan cara masyarakat mengelola sumber daya langka.

Penson

Ilmu yang mengkaji kesejahteraan material dalam diri manusia, yang berupa produk maupun jasa.

Khursid Ahmad

Segala hal yang berhubungan dengan upaya memahami permasalahan ekonomi dengan perilaku manusia

M. Manullang

Ilmu pengetahuan yang mempelajari segala hal dalam masyarakat guna mencapai kemakmuran yaitu keadaan dimana tiap orang bisa memenuhi kebutuhan hidup berupa jasa dan barang..

Suherman Rosyidi

Salah satu cabang studi  yang berupaya memberikan pengetahuan yang berhubungan dengan gejala yang muncul dalam masyarakat akibat perbuatan manusia yang berupa usaha demi memenuhi kebutuhan  hidup dan mencapai kemakmuran.

Amwal

Cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari cara menentukan keputusan yang efektif guna mengelola sumber daya yang ada demi memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

Hermawan Kertajaya

Wadah berbagai sektor industri yang melekat di atasnya.

Kalau begitu apa saja yang termasuk dalam ruang lingkup ilmu ekonomi? Ruang lingkupnya terbagi dua yaitu ekonomi mikro dan makro.

Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro

Dimana ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian kecil ekonomi mulai dari aspek individu sampai keseluruhan kegiatan dalam perekonomian. Inti ekonomi mikro adalah permasalahan harga, karena itulah ekonomi mikro biasa disebut dengan teori harga. Dalam ekonomi mikro yang dianalisa adalah perilaku konsumen serta perilaku produsen secara individual.

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Ekonomi Makro

Ekonomi makro memiliki pengertian cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme kerja perekonomian yang dianggap sebagai keseluruhan yang saling terkait dengan penggunaan faktor produksi yang ada secara efisien agar bisa mewujudkan kemakmuran masyarakat dengan lebih maksimal.

Inti ekonomi makro adalah menganalisa tingkat kegiatan perekonomian yang bisa dinilai dari tingkat pendapatan. Karena itulah ekonomi makro disebut dengan teori pendapatan.

Sejarah perkembangan ilmu ekonomi diawali oleh Adam Smith di abad 18 dengan memperkenalkan aliran klasik adanya invisible hand yang mengatur berbagai pembagian sumber daya yang mengakibatkan peran pemerintah sangatlah dibatasi.

Kemudian tahun 1930 aliran di atas mengalami kegagalan yang disempurnakan oleh J. M. Keynes dengan mengatakan bahwa pasar tidaklah selalu bisa menciptakan keseimbangan sehingga diperlukan adanya intervensi pemerintah agar bisa mengatur pola distribusi sumber daya hingga sesuai sasaran.

Tokoh-tokoh lainnya setelah itu antara lain adalah Alfred Marshall, Karl Marx, Friedrich Engels Thorstein Veblen, Douglass C. North, dan Edmund Phelps yang meraih Nobel bidang ekonomi tahun 2006.

Metodologi dalam ilmu ekonomi mempelajari metode terkait ekonomi termasuk di dalamnya prinsip mengenai pertimbangan ekonomi atau singkatnya merupakan cara mendapat kebijakan ekonomi.

Ada empat metodologi ekonomi

  • Metode Induktif

Metode pengambilan keputusan atau kesimpulan dilakukan dengan mengumpulkan berbagai data informasi yang ada dan terkait dengan peristiwa ekonomi

  • Metode Deduktif

Metode menetapkan solusi yang tepat dari masalah ekonomi sesuai dengan hukum, prinsip, dan ketentuan ilmu ekonomi.

  • Metode Statistik

Metode memecahkan masalah perekonomian dengan mengumpulkan, menyajikan, serta menafsirkan data secara statistik.

  • Metode Matematika

Metode memecahkan masalah perekonomian secara matematis.

Baca Juga : Surat Kuasa: Pengertian, Unsur, Jenis, Cara Membuat Serta Berbagai Contohnya!

Jenis Ilmu Ekonomi

Sementara jenis-jenis ilmu ekonomi terdiri dari tiga jenis yaitu ekonomi teori, ekonomi deskriptif, serta ekonomi terapan.

Dalam ekonomi teori dilakukan analisis hubungan antar tiap variabel ekonomi seperti misalnya pengaruh kenaikan upah pegawai terhadap pola konsumsi. Jenis ilmu ekonomi ini terbagi dua lagi, yaitu ekonomi mikro dan makro.

Jenis ilmu ekonomi kedua, ekonomi deskriptif, memaparkan kehidupan ekonomi suatu wilayah secara apa adanya dalam jangka waktu tertentu seperti misalnya hasil produksi udang di Jawa Timur tahun 2006.

Ekonomi terapan khusus membahas penerapan berbagai teori ekonomi rumah tangga produksi seperti misalnya ekonomi pertanian atau ekonomi perusahaan.

Pelaku Ekonomi

Lalu siapa saja yang bisa disebut sebagai pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia? Berikut pembahasannya ya.

Rumah tangga konsumsi atau RTK

Merupakan unit ekonomi terkecil yang merupakan pemilik sekaligus penyedia jasa berbagai faktor produksi yang dipakai perusahaan demi menghasilkan jasa dan barang.

Perusahaan atau Rumah tangga produksi atau RTP

Merupakan organisasi yang didirikan satu atau lebih orang demi menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Perannya dalam perekonomian adalah sebagai produsen  yang menghasilkan barang dan jasa, agen yang membantu pemerintah menjalankan kegiatan pembangunan, serta juga sebagai pengguna faktor produksi.

Pemerintah

Meliputi semua lembaga serta badan pemerintahan yang berwenang dan bertugas mengatur kegiatan perekonomian. Pemerintah berperan sebagai pengatur perekonomian agar tercipta kestabilan perekonomian, serta menjadi konsumen merangkap produsen yang bisa menghasilkan jasa dan barang lewat BUMD dan BUMN, dan juga menjadi regulator pencipta pengaturan dan kebijakan.

Masyarakat Luar Negeri

Perannya dalam kegiatan perekonomian terkait dengan pertukaran tenaga kerja, pemberian bantuan dan pinjaman, serta dengan adanya berbagai kegiatan perdagangan.

Sementara aspek-aspek penentu dalam ekonomi berbeda antara ekonomi mikro dan makro. Dalam ekonomi makro aspeknya terbagi dua, yaitu kritik atas pandangan ahli ekonomi klasik soal faktor penentu tingkat kegiatan ekonomi negara dan pengeluaran agregat atau pembelanjaan. Jasa dan barang masyarakat yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi negara.

Sementara aspek ilmu ekonomi mikro adalah interaksi di pasar barang, perilaku penjual serta pembeli, dan juga interaksi di pasar faktor produksi.

Sektor Ekonomi

Sektor ekonomi sendiri terdiri dari lima sektor yang dipakai guna memenuhi kebutuhan manusia, yaitu:

Sektor primer

Termasuk sektor ekonomi tradisional, yang mengutamakan pemanfaatan alam demi memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dalam negara. Seperti misalnya hasil perhutanan, pertanian, pertambangan, perikanan, dan lainnya.

Sektor sekunder

Produksi atau pengolahan bahan mentah dari sektor primer menjadi produk akhir yang bisa dimanfaatkan atau dikonsumsi konsumen atau masyarakat. Misalnya usaha konstruksi yang mengolah produk menjadi industri ringan maupun berat.

Sektor tersier

Sektor ini lebih mengutamakan ilmu pengetahuan dan keahlian pelaku ekonomi yang diharapkan bisa memajukan dan meningkatkan kinerja sektor lain yang sudah memanfaatkannya. Misalnya semua jasa, sumber daya manusia, layanan, servis, dan lainnya.

Sektor quartener

Kegiatan lebih fokus pada aktivitas intelektual. Misalnya kependidikan, kebudayaan, informasi, riset ilmiah, pemerintah, dan lainnya.

Sektor quiner

Bertindak sebagai pengambil keputusan utama, hingga bersama dengan sektor kuartener sangatlah berpengaruh buat masyarakat.

Baca Juga : Tabel Periodik Unsur Logam Dan Non Logam

Bentuk analisa tentang ilmu ekonomi terbagi menjadi 4 bentuk, yaitu teori ekonomi yang membahas perilaku manusia terkait ilmu ekonomi serta meliputi kondisi dan peristiwa yang mempengaruhi, ekonomi deskriptif yang berperan sebagai penyediaan dan pengumpul informasi dengan cara nyata dan relevan demi menyelesaikan permasalahan ekonomi, ekonomi terapan yang merujuk pada kebijakan ekonomi yang merupakan uji coba dari teori ekonomi, serta sebagai pekerjaan .

Demikianlah ulasan singkat mengenai ilmu ekonomi, semoga bisa menyegarkan kembali semua ilmu yang sudah didapat saat sekolah dulu ya.