Fungsi Pemasaran

Pengertian Fungsi Pemasaran

Fungsi Pemasaran, yaitu sekelompok aktivitas yang tergolong pada jenis yang sama berdasarkan sifat maupun pelaksanaannya. Pemasaran yaitu suatu  proses pengantisipasian, pendefinisian,  penciptaan serta pemenuhan suatu kebutuhan serta keinginan seorang konsumen akan produk serta jasa yang kita pasarkan. sebab fungsi juga suatu kebutuhan serta kegunaan dari produk tersebut.

Pemasaran bisa juga diartikan perpaduan dari suatu aktivitas-aktivitas yang begitu saling berhubungan disuatu untuk mengetahui suatu kebutuhan konsumen,  distribusi, serta mengembangkan suatu promosi, pelayanan serta harga supaya suatu kebutuhan  konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada suatu tingkat keuntungan tertentu maupun keuntungan dititik puncak keuntungan.

Pengertian pemasaran menurut para ahli

Philip Kotler dan Amstrong

Menurut Philip Kotler dan Amstrong Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang mampu membuat individu atau kelompok mendapat apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka ingi dapatkan dari penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Philip Kotler

Menurut Philip Kotler Pemasaran adalah aktivitas seoran individu yang diarahkan guna memenuhi kebutuhan keinginan dan keinginan dari proses pertukaran.

W Stanton

Menurut W Stanton Pemasaran ialah merupakan suatu keseluruhan didalam sistem yang dimulai dari aktivitas usaha yang ditujukan untuk merencanakan pemasaran, menentukan harga produk atau jasa, mempromosikannya dan juga sekaligus mendistribusikan barang dan jasa tersebut yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Tujuan Pemasaran

Tujuan Pemasaran yaitu untuk mengetahui dan juga mengartikan konsumen sedemikian rupa sehingga produk dan juga jasa yang akan di jual dapat sesuai dengan kebutuhan konsumen tadi, sehingga produk tersebut dapat terjual dengan sendirinya. Secara umum pemasaran dapat menyebabkan konsumen siap membeli sehingga yang selanjutnya harus di fikirkan oleh produsen ialah bagaimana membuat produk tersebut tersedia.

Tujuan Pemasaran

Berikut adalah 3 Tujuan Pemasaran

1. Tujaun Jangka Pendek

Tujuan pemasaran jangka pendek bagi sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh Laba atau untung secepat mungkin. Dapat juga diartikan untuk menutup semua biaya-biaya produksi yang telah dipakai, dan jika ada kelebihan dari laba cepat tadi, maka itulah yang dikatakan laba atau untung bagi perusahaan dengan tujuan jangka pendek.

2.Tujuan Jangka Menengah

Tujuan pemasaran jangka menengah adalah untuk memaksimalkan atau mencapai titik lunas antara total biaya produksi (Total cost) dan total volume penjualan, serta memperluas cakupan promosi, dan juga berusaha agar dapat lebih memperbesar cakupan jumlah penjualan.

3.Tujuan Jangka Panjang

Tujuan pemasaran jangka panjang bagi suatu perusahaan adalah mempertahankan para konsumen setia supaya tetap loyal dengan produk yang dijual perusahaan tersebut, upaya tersebut juga di didukung dengan inisiatif perusahan antara lain adalah dengan membuat produk yang inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta memberikan diskon atau potongan harga khusus bagi pelanggan.

Fungsi Pemasaran meliputi 7 bagian

Dengan diadaknya pemasaran, konsumen tidak lagi perlu memenuhi kebutuhan pribadinya secara sendiri-sendiri karena dengan melakukan suatu pertukaran antara konsumen dengan pemasar sehingga akan adanya banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai maupun disukai. Ada tujuh Fungsi Pemasaran, yaitu:

Analisis Konsumen

Merupakan pengamatan serta evaluasai kebutuhan, hasrat serta keinginan konsumen. Analisis yang dilakunan terhadap beberapa konsumen akan melibatkan pengadaan survey terhadap seorang konsumen tersebut, dan juga proses analisisan untuk menggali informasi tentang konsumen, pengevaluasian terhadap suatu strategi pemosisian pasar, pengambangan profil konsumen, dan juga meliputi penentuan strategi segmentasi pasar yang sangat optimal.

Penjualan Produk serta Jasa

Penjualan produk dan juga jasa mencakup banyak sekali aktivitas pemasaran, seperti mulai dari iklan guna meningkatkan penjualan, promosi penjualan, manajemen tenaga penjualan, hubungan konsumen, publisitas, penjualan perorangan, serta hubungan diler.

Perencanaan Produk serta Jasa

Dalam perencanaan produk dan juga jasa mencakup banyak aktivitas seperti uji pemasaran, pemosisian produk, serta pemosisian merek atau brand, pemanfaatan garansi penjualan, pengemasan produk, penentuan pilihan produk, fitur produk, gaya produk, kualitas produk, penghapusan produk lama, serta penyediaan layanan konsumen. Karena uji pemasaran merupakan suatu teknik perencanaan suatu produk serta jasa yang dinilai paling efektif karena memungkinkan sebuah organisasi untuk dapat menguji rencana pemasaran alternatif serta meramalkan penjualan produk yang baru.

Penetapan Harga

Karena lima pemangku kepentingan (stakeholder) akan mempengaruhi keputusan penetapan suatu harga (pricing): konsumen,  pemasok, pemerintah, distributor, serta pesaing. tetapi kadang-kadang bisa saja harga itu berubah sebab ada suatu kendala yang lain.

Distribusi

Distribusi juga akan mencakup suatu penggudangan, serta saluran-saluran distribusi, dilokasi tempat ritel,cakupan distribusi,  wilayah penjualan, serta kurir transportasi, serta penjualan grosir, serta ritel, tingkat lokasi persediaan. Distribusi menjadi sangat penting ketika sebuah perusahaan berusaha menerapkan strategi pengembangan pasar maupun integrasi ke depan.

Riset Pemasaran

Riset pemasaran yaitu suatu pengumpulan, pencatatan serta penganalisisan suatu data yang sistematis akan mengenai berbagai persoalan yang terkait dengan suatu pemasaran barang serta jasa.  Dan suatu aktivitas riset pemasaran mendukung semua suatu fungsi bisnis yang pokok dari sebuah organisasi yang ada serta maupun yang didirikan.

Analisis Peluang

Analisis peluang melibatkan penilaian atas biaya, manfaat serta resiko yang terkait dengan keputusan pemasaran. Tiga langkah yang diperlukan untuk membuat analisis biaya-manfaat (cost-benefit analysis):

Tiga langkah yang diperlukan untuk membuat analisis biaya-manfaat

1. menghitung total biaya yang terkait dengan suatu keputusan,

2. memperkirakan total manfaat dari keputusan tersebut serta

3. membandingkan total biaya dengan manfaat. Apabila manfaat yang diharapkan melampaui total biaya, maka peluang itu menjadi lebih menarik.

Fungsi pemasaran dapat dilihat dalam tiga kategori

fungsi pertukaran

Penjual serta pembeli dapat memperoleh suatu produk dari produsen dengan menukar dengan uang maupun pertukaran produk dengan produk yang sering dikatakan (barter) untuk dipakai sendiri maupun untuk dijual kembali dengan tujuan mendapatkan untung maupun malah sebaliknnya.

fungsi distribusi fisik

yaitu suatu produk yang dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan suatu produk. Produk diangkut dari produsen mendekati konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, maupun udara. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk supaya tidak kekurangan saat dibutuhkan.

Fungsi perantara

yaitu dalam memberikan produk dari produsen kepada konsumen, yang dapat dilakukan melalui perantara pemasaran yang juga menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik.

Dan Jika suatu fungsi pemasaran dijalankan dapat diartikan sebagai suatu strategi pemasaran. Tujuannya yaitu memperbesar pengaruh terhadap pasar, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang didasarkan pada riset pasar, penilaian, perencanaan produk, promosi serta perencanaan penjualan, serta distribusi.

Jadi orang yang melakukan suatu pemasaran maupun disebut pemasar, sebaiknya memiliki suatu pengetahuan dalam suatu  konsep serta prinsip akan pemasaran supaya kegiatan suatu pemasaran dapat tercapai sesuai yang diinginkan dengan kebutuhan serta keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment