Ekonomi Pembangunan : Pengertian, Perbedaannya Istilah Dalam Ekonomi

  • Whatsapp
EKONOMI PEMBANGUNAN
EKONOMI PEMBANGUNAN

Ekonomi Pembangunan Taukah kamu apa itu ? Semacam istilah untuk pengukuran pertumbuhan ekonomi atau berhubungan dengan arsitektur? atau munkgin kamu berifikir itu berhubungan dengan hal lainnya?Mungkin saat ini kamu sedang mencari tahunya bukan. Oleh karenanya simaklah penjelasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Bagi mahasiswa yang kuliah di Faklultas Ekonomi dan Bisnis, mereka akan belajar tentang ilmu perekonomian yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi suatu negara. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan ekonomi pembangunan?

Baca juga : Ilmu Ekonomi: Pengertian, Sejarah, Metodologi Hingga Aspek Di Dalamnya

Pengertian Ekonomi Pembangunan

Dalam pengertian secara umum yakni dilihat dari sudut pandang mahasiswa biasanya diartikan sebagai “Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang permasalahan-permasalahan di negara berkembang serta mencari penyelesaiaan berupa kebijakan-kebijikan dari masalah-masalah tersebut”.

Arti lain adalah suatu rangkaian ilmu dan kegiatan yang dilakukan oleh sebuah negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi serta sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Didalamnya disusun berbagai macam kebijakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan ekonomi yang lebih baik ke depannya dengan penerapan ilmu ekonomi itu sendiri.

Pengertian Ekonomi

Sementara pengertian ekonomi itu sendiri merupakan suatu kegiatan manusia yang ada kaitannya dengan kegiatan produksi, distribusi sampai dengan konsumsi.

Jadi pengertian ekonomi yang lainnya adalah sebagai pengukur tingkat kemajuan dari suatu negara. Semakin tertata ekonomi dan pembangunan ekonomi suatu negara, maka bisa dikatakan bahwa suatu negara tersebut adalah negara yang sejahtera.

Ekonomi juga sangat berkaitan dengan sumber daya material seseorang, masyarakat serta negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh elemen masyarakatnya.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Dalam dunia pengetahuan ekonomi, kita mengenal istilah ilmu ekonomi. Kegiatan ekonomi tak akan berkembang tanpa adanya ilmu ekonomi. Karena itu ilmu ekonomi sangat penting dalam dunia ekonomi.

Pengertian ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang segala aspek yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang berkaitan dengan tujuan mendapatkan dan mengelola sumber daya ekonomi secara terbatas untuk menghasilkan barang atau jasa agar mendapatkan hasil akhir berupa uang.

Baca juga : Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli dan Ciri-Ciri Administrasi

Ilmu ekonomi juga bisa diartikan secara lebih sederhana sebagai suatu usaha dalam membuat alternatif barang atau jasa agar dapat memuaskan kebutuhan hidup manusia secara tidak terbatas.

Jika bicara tentang ilmu ekonomi, ilmu ekonomi terbagi ke dalam dua segi yaitu ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang berbagai macam variabel dalam lingkup ekonomi yang cakupannya kecil. Elemen ekonomi mikro yang dipelajari diantaranya seperti perilaku konsumen, permintaan, penawaran, produksi, perusahaan sampai harga.

Sementara pengertian ekonomi makro adalah suatu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari secara lebih menyeluruh tentang jumlah uang yang beredar, pendapatan nasional, inflasi sampai dengan kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi.

Dalam ilmu ekonomi, keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam mengukur serta menganalisa tingkat pertumbuhan ekonomi di ruang yang lebih kecil dan lebih luas. Karena itu baik ekonomi mikro atau ekonomi makro, keduanya memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

Akan tetapi walau masih saling terkait, antara ekonomi makro dan ekonomi mikro dalam ilmu ekonomi masih memiliki beberapa perbedaan seperti :

  • Ruang lingkup ekonomi mikro dan makro
  • Ekonomi mikro mencakup elemen produksi, distribusi sampai harga. Sementara ekonomi makro mencakup kebijakan fiskal dan kebijakan moneter.
  • Ekonomi mikro memiliki manfaat dalam menentukan suatu produk. Sementara ekonomi makro mengutamakan segi keseimbangan dalam penyelesaian berbagai masalah di sektor ekonomi.

Jadi cakupan ekonomi sangat luas karena itu cabang – cabang ilmu ekonomi juga sangat luas. Namun pada prinsipnya, antara ekonomi mikro dan makro terkait dan tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Baca juga : Fungsi Pemasaran Pengertian dan Pembahasannya

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Jika ekonomi pembangunan merupakan keterkaitan antara ilmu dan proses untuk mengembangkan ekonomi suatu negara, maka pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang dilakukan negara agar pendapatan perkapita penduduk mengalami peningkatan sesuai target yang ditentukan dalam kurun waktu tertentu.

Prinsip ekonomi suatu negara bisa dikatakan telah mengalami perkembangan atau tidak bisa diukur dari angka kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita penduduk. Cara menghitungnya pun dapat dilakukan dengan penambahan penduduk serta sekaligus perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara.

Pembangunan ekonomi pada suatu negara tentu tidak terlepas kaitannya dengan dampak positif dan negatif.

Dampak positif dari pembangunan ekonomi suatu negara diantaranya :

  • Kegiatan perekonomian lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi
  • Pembangunan di sektor ekonomi memungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan masyarakat sehingga akan berdampak pada pengurangan jumlah pengangguran.
  • Tercipta lapangan kerja dari pembangunan ekonomi secara langsung guna memperbaiki tingkat pendapatan nasional
  • Terjadinya perubahan struktur ekonomi
  • Memungkinkan adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan teknologi

Namun tidak semua pembangunan ekonomi memberikan dampak positif. Dampak negatif dari pembangunan ekonomi juga ada, meliputi :

  • Pembangunan menjadi tidak terencana sehingga akan mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup
  • Industrialisasi yang mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian
  • Tersingkirnya atau hilangnya sebagian kecil atau besar habitat alam baik alam hayati atau hewani
  • Terjadinya pencemaran udara, air, dan tanah dari ketidakdisiplinan manusia

Baca juga : Manajemen : Pengertian, 6 Unsur Di Dalamnya, Serta Berbagai Penggolongan Ilmu Administrasi

Perbedaan Mendasar Ekonomi Pembangunan dan Pembangunan Ekonomi

Antara ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi, keduanya merupakan dua kata yang memiliki susunan hampir sama namun memiliki perbedaan mendasar. Apakah perbedaan mendasar ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi?

Jadi, apa yang disebut sebagai ekonomi pembangunan merupakan suatu pembelajaran dalam ilmu ekonomi yang didalamnya mempelajari tentang berbagai masalah ekonomi di negara berkembang disertai dengan berbagai kebijakan yang perlu dilakukan dalam mewujudkan pembangunan ekonomi suatu negara.

Sementara pembangunan ekonomi adalah suatu usaha didalam perekonomian negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi sehingga infrastruktur meningkat dan pertumbuhan ekonomi bisa semakin pesat. Keduanya memiliki perbedaan dan sekaligus keterkaitan satu sama lain.

Itulah berbagai aspek yang perlu Anda tahu tentang ekonomi pembangunan. Semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment