Data Science

Pernah Anda mendengar istilah Data Science? Dewasa ini, istilah Data Science sering berkeliaran di sekitar kita, seiring berkembangnya teknologi internet. Ya, teknologi internet yang semakin canggih memunculkan istilah Internet of Things atau IoT, yaitu kondisi dimana semua barang saling terhubung melalui internet.

Akibat aktivitas yang muncul bekat adanya internet ini, maka akan timbul banyak data yang berjumlah hingga jutaan. Data-data tersebut bisa berasal dari platform media sosial, email, aplikasi streaming video dan hal-hal lain yang berkaitan erat dengan internet. Nah, data-data tersebut perlu diolah sedemikian rupa agar terorganisir dan bisa dijadikan dasar/pedoman akan sebuah tindakan.

Nah, kegiatan mengolah data secara terstruktur di atas agar bisa dimanfaatkan bisa disebut dengan Data Science dan pelakuku/ahlinya dinamakan data scientist. Banyak sekali manfaatkan yang didapatkan dari data science ini, lebih-lebih dewasa ini segala hal sangat bergantung terhadap keakuratan data. Untuk lebih jelasnya tentang Data Science bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Data Science

Data science adalah sebuah ilmu baru yang menggabungkan antara matematika/statistika dengan ilmu komputer untuk menganalisa data dari sekumpulan data baik sampel maupun populasi. Cara ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan algoritma tertentu dengan tujuan untuk menggali data, mendapatkan pola data dan sebagai dasar untuk melakukan prediksi seakurat mungkin.

Dengan ilmu ini, seseorang bisa mendapatkan data yang sebenarnya dengan akurat dari jutaan data lain yang terangkum dalam Big Data. Hal-hal ini sangat dibutuhkan agar pihak berkepentingan bisa mengambil keputusan dengan tepat dengan risiko seminim mungkin. Data Science juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sistem yang cerdas alias Artificial Intelligent (AI)

Artificial Intelligent (AI) bisa belajar dengan mandiri atau machine learning, yang mana telah diaplikasikan dalam beberapa aspek. Hal ini bisa dilihat dari algoritma Facebook yang bisa menampilkan berita/artikel/iklan berdasarkan minat penggunanya. Contoh lainnya adalah Google Translate, yang teknis penerjemhan diambil dari publikasi ilmiah, koleksi pustaka dan lain-lain.

Nah, dari ilmu ini muncul ahlinya, yang mana dibedakan menjadi dua, yaitu Data Scientist dan Data Analyst. Setidaknya dibutuhkan skill matematika dan IT yang mumpuni untuk menjadi seorang profesional dalam Data Science.

Perbedaan Data Scientist Dan Data Analyst

Data Scientist

Seseorang yang disebut sebagai Data Scientis berarti bertanggung jawab untuk membersihkan, memproses sekaligus mengolah data mentah/besar yang telah disiapkan oleh Data Enginer pada sebuah perusahaan. Orang ini sering melakukan percobaan-percobaan untuk membuktikan sebuah teori serta memberikan sebuah saran untuk tumbuh kembang bisnis, organisasi dan perusahaan.

Dalam kesehariannya, seorang Data Scientist sering berjibaku dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan jumlah pengguna yang dimiliki oleh perusahaan. Mereka juga sering berpikir mengenai model tertentu yang bisa digunakan untuk memprediksi kualitas penjualan suatu produk. Intinya, mereka mengolah data secara akurat yang bisa digunakan untuk memajukan bisnis.

Jadi, jika Anda seorang Data Scientist, maka tugas Anda adalah mengolah sekumpulan data besar untuk mendapatkan data akurat sehingga tercipta kesimpulan yang bisa diterima semua pihak. Jangan heran kalau setiap harinya Anda harus berhadapan dengan bahasa pemograman rumit semisal Pyton dan SQL.

Nah, untuk menjadi Data Scientist, skill yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut :

  • IT
  • Bahasa pemograman
  • Matematika dan statistik
  • Data Modelling
  • Ekonomi
  • Komunikasi, dst

Data Analyst

Data Analyst bertugas untuk membersihkan, menganalisa dan memvisualisasi banyak data untuk kemudian dicari insight-nya demi kemajuan bisnis sebuah perusahaan atau organisasi. Nantinya data-data tersebut diserahkan ke Data Engineer lalu diberikan kepada Data Scientist untuk ditindaklanjuti seperti ulasan di atas.

Data Analyst juga berperan untuk menganalisa dan bereksperiman berdasarkan data yang ada demi menghasilkan strategi bisnis yang layak untuk dicoba. Dalam sebuah perusahaan, Data Analyst biasanya akan memvisualisasi kumpulan data ke beberapa tim perusahaan, misalnya saja marketing, strategy, advertising dan lain sebagainya.

Untuk menjadi Data Analyst yang kompeten, setidaknya harus menguasai beberapa hal di bawah ini :

  • Excel
  • Tableau
  • SQL
  • Tool untuk membuat grafik/infografik
  • Istilah-istilah bisnis
  • Data Modelling
  • Matematika dan statistika

Beberapa skill yang harus dikuasai untuk menjadi Data Scientist

Pemograman

Untuk menguasai Data Science, hal pertama yang harus dipelajari adalah pemograman. Di perusahaan mana pun, yang namanya Data Scientist adalah orang yang menguasai bahasa pemograman, setidaknya Phyton, R atau MATLAB. Dengan memahami pemograman, Anda bisa menemukan machine learning dan algoritma yang diterima oleh banyak pihak.

Statistika

Statistika atau matematika juga dua hal yang penting dalam pembelajaran Data Science. Nanti Anda akan sering menghadapi jutaan data yang butuh dipahami dengan menguasai statistika dan matematika. Melalui Statistika ini, seorang Data Scientist akan dimudahkan dalam menentukan algoritma yang akan diaplikasikan sekaligus mengembangkan software machine learning.

Machine Learning

Menguasai machine learning juga sangat dibutuhkan untuk Data Scientis yang bekerja di perusahaan yang menawarkan data driven semisal Gdrive dan Netflix. Meraka memiliki banyak sekali data yang tidak terorganisir yang akan mudah jika ditangani oleh machine learning. Kedepannya, bukan sebuah kemustahilan apabila machine learning yang dikembangkan tersebut menjadi Artificial Intelligent.

Kalkulus dan Aljabar

Meski tidak terlalu urgent, menguasai kalkulus dan aljabar akan memuluskan karir seorang Data Science di perusahaan-perusahaan bonafit. Jadi jika Anda ingin menjadi seorang Data Scientist, jangan lupa untuk mempelajari kalkulus dan aljabar karena dua hal ini termasuk konsep mendasar dalam dunia Data Science.

Komunikasi dan Visualisasi Data

Selain bersifat menemukan masalah yang ada sekaligus solusinya, Data Science juga harus dapat diterima oleh banyak pihak dalam sebuah perusahaan agar bisa dijadikan acuan. Nah, agar kesimpulan yang dihasilkan bisa diterima, seorang Data Scientis harus ahli dalam komunikasi dan visualisasi data agar pihak lain mudah memahaminya.

Tujuan Utama Dari Data Science

Tujuan utama dari Data Science adalah data mining atau menggali data untuk menemukan data yang paling akurat dari jutaan data yang tersedia. Data Science juga bertujuan untuk memberikan informasi yang benar, yang mana dapat dimanfaatkan untuk :

  • Deskripsi, yaitu menampilkan pola data dengan tujuan untuk dianalisa sehingga masalah-masalah yag ada dapat diketahui
  • Prediksi, yaitu untuk memprediksi berdasarkan nilai, probabilitas dan data untuk selanjutnya dijadikan rekomendasi. Rekomendasi tersebut bisa dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat/digunakan otomatis oleh sistem yang digunakan.

Peranan Data Science

Menemukan Permasalahan sekaligus Solusi

Peranan pertama dari Data Science adalah untuk menemukan masalah sekaligus memberikan solusi berdasarkan sekumpulan data yang telah disiapkan. Jadi, seseorang yang menguasai Data Science ini harus memiliki jiwa detektif dan analisa yang tinggi plus kecermatan yang luar biasa ketika menghadapi sekumpulan data.

Memecahkan Teka-teki dari Ustractured Data

Data yang diolah oleh Data Science kebanyakan adalah Unstructured Data atau data yang belum terstruktur, misalnya saja data-data berupa email, review pelanggan, video, post di media sosial dan masih banyak lagi. Nah, data-data semacam ini akan sangat sulit dirapikan dengan komputasi ringan, makanya dibutuhkan Data Science.

Informan Berbasis Data

Di zaman Internet of Things ini, jutaan data bisa diolah dan didapatkan dari berbagai platform, yang mana juga bisa disebut dengan Big Data. Nah, data-data tersebut nantinya akan diolah sedemikian rupa oleh Data Science sehingga dihasilkan sebuah kesimpulan atau algoritma. Nantinya kesimpulan tersebut bisa dijadikan dasar untuk mengambil keputusan sekaligus meminimalisir kesalahan.

Fungsi Data Science

Menganalisa Data

Jelas, fungsi dari Data Science adalah untuk menganalisa data secara tepat dan akurat yang nantinya bisa dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang minim risiko/kesalahan. Analisa data ini bisa dilakukan dengan bantuan tool dan penguasaan bahasa pemograman, misalnya saja query SQL, Excel, tool visualisasi data serta bahasa pemograman R, MATLAB atau Phyton.

Menjaga Kualitas Data

Data Science juga berperan untuk menjaga kualitas data yang dimiliki oleh perusahaan, khususnya perusahaan yang memiliki grafik data yang tinggi. Nantinya data yang ditampilkan akan terstruktur dengan baik serta bisa dipertanggungjawabkan keabsahan dan keakuratannya. Pihak-pihak yang berkepentingan pun akan dimudahkan dalam mengakses dan menganalisa data tersebut.

Meneliti Data

Untuk jasa platfrorm analisis data semisal Google Analytic, Data Science juga berfungsi sebagai peneliti terkait dengan data yang dihasilkan di platform tersebut. Makanya, Data Scientist dalam platform ini harus cakap dalam ilmu matematika, fisika dan statistika. Orang-orang dengan latar belakang tersebut akan mudah diterima dalam platform ini.

Data Science Proses

Proses Data Science sendiri bisa diartikan upaya untuk mendapatkan insight dari data yang berjumlah sangat masif. Data-data tersebut bisa berupa banyak hal, misalnya saja teks, angka, gambar, suara dan masih banyak lagi.

Terus darimana bentuk data-data di atas dikumpulkan? Banyak, contohnya saja software, aplikasi mobile, gadget, remote sensing, geolocation, sensor nirkabel dan lain sebagainya. Sebelum ditangani oleh Data Scientist, data-data di atas disiapkan terlebih dahulu oleh Data Enginer.

Setelah pengumpulan data, data warehouse modelling dan transformasi data siap, maka seorang Data Scientist akan mempelajari kumpulan data tersebut. Jika sudah, yang menjadi output adalah kesimpulan-kesimpulan dan atau algortima yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Belajar Data Science

Jurusan Data Sains

Dewasa ini, menjadi seorang Data Scientist dianggap sebagai profesi yang menjanjikan, lebih-lebih banyaknya industri berbasis digital yang bermunculan. Lowongan pekerjaan sebagai Data Scientist juga sangat banyak, karena profesi ini masih terhitung jarang yang meminatinya. Kabar baiknya, sekarang ini jurusan Data Science sudah tersedia di beberapa kampus ternama di Indonesia.

Data Science ini biasanya tersedia sebagai peminatan dari beberapa program studi semisal Matematika, Statistik, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang hobi menganalisis dan problem solving. Selain bahasa pemograman, statistik, dan data modelling, Anda juga akan belajar tentang komunikasi yang efektif dan visualisasi data.

Setelah mengambil jurusan ini, peluang karir menjanjikan yang bisa Anda pilih di antaranya adalah Data Scientist, Data Analyst hingga Arsitek Big Data. Anda juga akan berkesempatan berkarir di perusahaan berbasis digital semisal Google dan semacamnya. Tidak hanya itu, lulusan Data Science juga sangat diterima di perusahaan konvensional semisal perbankan, manufaktur dan jasa.

Kursus Data Sains

Seperti yang Anda tahu, kebutuhan akan seorang Data Scientist sangat masif, sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan ketersediaan personalnya. Namun jangan khawatir, sepertinya profesi ini masih akan ada bertahun-tahun kemudian, berkat gencarnya digitalisasi. Jadi tidak ada kata terlambat untuk belajar Data Science.

Selain kuliah jurusan Data Sciene, masih ada cara lain untuk menguasai ilmu mutakhir ini, yaitu dengan mengikuti kursus data sains. Tidak perlu susah-susah, sekarang ini banyak bermunculan jasa kursus data sains di internet, gratis maupun berbayar. Jika Anda tidak sempat kuliah dan ingin mempelajari data sains secara intens, maka bisa mengambil salah satu kursus yang tersedia.

Beberapa kursus gratis data sains online yang bisa Anda ikuti adalah :

  • Machine Learning-Andrew Ng di Coursera
  • Fast.ai
  • Statistics and Probability-Khan Academy

Belajar Data Science Otodidak

Untuk Anda yang penasaran, belajar Data Science secara otodidak sangat mungkin dilakukan, meski butuh usaha yang lebih keras karena tidak ada seorang profesional yang mendampingi. Sebanarnya, mempelajari Data Science tidak serumit kedengarannya, yang menjadi tantangan adalah representasi matematika serta metodologi pengoptimalan yang terdapat di Data Science itu sendiri.

Nah, untuk mulai belajar Data Science secara otodidak, maka bisa memulainya dengan belajar di platform kursus online semisal Udemy, EDX dan Corursera. Mengambil kursus online ini juga ditengarai lebih murah dibandingkan kursus secara offline. Keuntungannya lagi, ada beberapa kursus yang bisa diakses gratis, misalnya saja Web Scrapping untuk kompilasi data dari website.

Python For Data Science

Phyton adalah salah satu bahasa pemograman yang paling sering digunakan dan sangat kompatibel dengan Data Science. Selain itu, Phyton juga dikenal sebagai bahasa pemograman yang general-purpose alias cocok untuk semua kebutuhan. Dengan bahasa ini, seorang programmer tidak perlu mengetik baris kode yang banyak untuk menyelesaikan task/tugas.

Selain itu, Phyton juga sangat cepat dan menawarkan banyak library yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh programmer untuk kebutuhan Data Science. Jadi, jika Anda ingin ahli dalam data sains, maka mempelajari dan menguasai Phyton adalah wajib hukumnya. Sifatnya yang open source dan sumber library melimpah memang sangat memudahkan.

Data Sains Indonesia

Data Sains Indonesia atau Data Science Indonesia adalah komunitas yang didirikan pada Mei 2015 oleh Yayasan Data Science. Komunitas ini juga sudah terdaftar secara legal di Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia). Data Sains Indonesia sejauh ini telah membuka cabang di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Palembang dan Yogyakarta.

Misi didirikannya komunitas ini adalah untuk menciptakan ekosistem inovasi berbasis data bersama dengan masyarakat luas dengan tujuan untuk mensejahterkan seluruh lapisan masyarakat. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, komunitas ini bekerja sama dengan swasta dan pemerintah demi menemukan solusi dari setiap masalah dengan pendekatan Data Science.

Dari ulasan panjang lebar di atas, bisa disimpulkan bahwa Data Science memiliki peranan yang sangat penting di dunia digital ini. Melalui ilmu ini, data paling benar dan paling akurat bisa ditemukan untuk kemudian dijadikan sebagai dasar untuk menentukan keputusan yang minim risiko. Profesi Data Scientist juga menjanjikan peluang karir di perusahaan bonafit dengan nominal bayaran tinggi.

Penikmat senja yang hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan

Leave a Comment