Confined Space Adalah : Tips, Bahaya, dan Cara Tetap Aman

Confined Space atau ruang terbatas adalah ruang di mana atmosfer tidak memungkinkan pergerakan udara bebas. Ini bisa berupa ruangan, area tertutup seperti tambang, atau ruang di dalam struktur seperti jembatan.

Confined Space adalah ruang yang tertutup atau tertutup sebagian, dan tidak dimaksudkan atau dirancang untuk tempat tinggal manusia. 

Bekerja di ruang terbatas bisa berbahaya karena risiko terpapar bahan berbahaya, kekurangan oksigen, dan kemungkinan terjebak di ruang terbatas.

Apa itu Confined Space?

Confined Space adalah ruang yang tidak dirancang atau dimaksudkan untuk hunian manusia, memiliki sarana masuk dan keluar yang terbatas atau terbatas, dan tidak dimaksudkan untuk hunian terus menerus.

Ada tiga jenis utama Confined Space:

  • Ruang tertutup – ruang yang benar-benar tertutup, seperti tangki penyimpanan, bejana, dan silo.
  • Ruang tertutup sebagian – ruang yang tertutup sebagian, seperti lubang, kubah, dan terowongan.
  • Penggalian – parit, selokan, dan poros.

Bekerja di ruang tertutup bisa berbahaya. Ruang terbatas seringkali memiliki ventilasi terbatas atau tidak sama sekali, yang dapat menyebabkan penumpukan asap, gas, atau zat berbahaya lainnya. Mereka juga mungkin tidak memiliki cukup ruang bagi pekerja untuk bergerak, yang dapat menyebabkan cedera jika pekerja tidak dapat melarikan diri dari bahaya.

Ada tiga jenis bahaya utama yang mungkin dihadapi pekerja saat bekerja di Confined Space:

  • Bahaya fisik, seperti bahaya tersandung, bahaya listrik, dan bahaya kebakaran
  • Bahaya kimia, seperti asap dan gas berbahaya
  • Bahaya biologis, seperti bakteri dan virus

Pekerja yang memasuki Confined Space dapat terpapar satu atau lebih dari bahaya ini. Penting bagi pekerja untuk menyadari bahaya yang mungkin mereka hadapi dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi diri mereka sendiri.

Ada beberapa tindakan pencegahan yang harus diambil ketika bekerja di Confined Space, termasuk:

  • Memastikan ruangan berventilasi baik.
  • Mengenakan alat pelindung diri, seperti respirator, jika ada risiko paparan bahan berbahaya.
  • Menguji atmosfer ruang untuk mengetahui kadar oksigen dan sifat mudah terbakar sebelum masuk.
  • Memiliki rencana penyelamatan jika terjadi keadaan darurat.
  • Bekerja dalam tim untuk saling memantau dan memberikan bantuan jika diperlukan.
  • Mengenakan baju zirah dan terikat pada tali penyelamat saat bekerja di penggalian.
Baca Juga  Merayakan Ulang Tahun Guru SMK

Bekerja di Confined Space bisa berbahaya, tetapi mengikuti tindakan pencegahan yang tepat dapat membantu memastikan lingkungan kerja yang aman.

Bahaya Confined Space

Ketika kita memikirkan Confined Space, kita sering memikirkan area kecil dan sempit seperti lemari atau ruang merangkak. Namun, ruang terbatas dapat berupa area apa pun yang tidak dimaksudkan untuk hunian terus menerus dan memiliki sarana terbatas atau terbatas untuk masuk atau keluar. Ini dapat mencakup tangki penyimpanan, reaktor, tong, silo, lubang, lubang got, terowongan, saluran pipa, dan banyak lagi.

Bahaya Confined Space sangat banyak, mulai dari bahaya fisik terjebak di ruang kecil hingga risiko paparan bahan berbahaya.

Salah satu bahaya paling signifikan dari ruang terbatas adalah risiko mati lemas. Jika ruangan tidak berventilasi baik, atau jika ada risiko akumulasi gas atau asap beracun, maka penghuni ruangan dapat dengan cepat menemukan diri mereka dalam situasi yang mengancam jiwa.

Bahaya serius lainnya adalah risiko tertimpa atau terjebak jika ruang tersebut runtuh. Ini adalah bahaya khusus dalam pengaturan industri di mana tangki atau kapal besar terlibat.

Ada juga risiko sengatan listrik di ruang tertutup yang berisi peralatan atau kabel listrik. Dan, tentu saja, selalu ada risiko kebakaran atau ledakan jika terdapat bahan yang mudah terbakar.

Meskipun ruang terbatas mungkin tampak tidak berbahaya, sebenarnya bisa sangat berbahaya. Karena titik masuk dan keluarnya yang terbatas, ruang terbatas dapat dengan cepat menjadi berbahaya jika terjadi kesalahan. Jika terjadi kebakaran, misalnya, penghuninya mungkin terjebak di dalam tanpa ada cara untuk melarikan diri. Jika ada tumpahan bahan kimia, penghuni dapat terkena asap berbahaya. Dan jika ruangan tidak berventilasi baik, penghuninya bisa mati lemas.

Ada banyak bahaya lain yang terkait dengan ruang terbatas, oleh karena itu sangat penting untuk berhati-hati saat bekerja di dalam atau di sekitarnya. Jika Anda harus memasuki ruang terbatas, pastikan Anda terlatih dan diperlengkapi dengan baik untuk melakukannya. Kenakan alat pelindung yang tepat, dan waspadai risiko yang terlibat. Dan selalu siapkan rencana darurat jika terjadi kesalahan.

Baca Juga  Fire Alarm Adalah Fungsi, Jenis, Komponen, dan Cara Kerja

Cara Tetap Aman di Confined Space

Bekerja di ruang tertutup bisa berbahaya. Anda mungkin terpapar bahan berbahaya, berisiko tertimpa atau terperangkap, atau mungkin mengalami kesulitan bernapas. Penting untuk mengambil tindakan pencegahan agar tetap aman saat bekerja di ruang tertutup.

Berikut adalah beberapa tips untuk tetap aman di Confined Space:

  • Ketahui bahayanya. Sebelum memasuki ruang tertutup, Anda harus mengetahui potensi bahayanya. Pastikan Anda tahu apa yang Anda hadapi dan lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.
  • Memakai pakaian dan perlengkapan yang tepat. Saat bekerja di ruang tertutup, Anda harus mengenakan pakaian dan perlengkapan yang tepat. Ini mungkin termasuk alat bantu pernapasan mandiri, pakaian pelindung, dan sarung tangan.
  • Gunakan ventilasi yang tepat. Jika memungkinkan, Anda harus memberi ventilasi pada ruang terbatas untuk menghilangkan bahan berbahaya. Jika ventilasi tidak memungkinkan, Anda harus menggunakan respirator.
  • Menyadari lingkungan Anda. Saat bekerja di ruang terbatas, penting untuk menyadari lingkungan sekitar Anda. Waspadai potensi bahaya dan bersiaplah untuk mengambil tindakan jika perlu.
  • Ikuti prosedur keselamatan. Saat bekerja di ruang terbatas, Anda harus selalu mengikuti prosedur keselamatan. Ini termasuk menggunakan peralatan keselamatan yang tepat, mengikuti prosedur yang tepat untuk masuk dan keluar ruangan, dan waspada terhadap lingkungan sekitar Anda.

Dengan mengikuti tip keselamatan ini, Anda dapat membantu memastikan keselamatan Anda saat bekerja di ruang tertutup.

Tips Bekerja di Confined Space

Confined Space adalah setiap ruang yang tidak dimaksudkan untuk hunian manusia dan dibatasi baik untuk masuk maupun keluar. Confined Space meliputi, tangki penyimpanan, bejana proses, tempat sampah, silo, tong, pekerjaan saluran, saluran pipa, selokan, dan lubang got. Menurut Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA), ruang terbatas adalah “ruang yang secara substansial dibatasi dalam bukaan terbatas dan tidak dirancang untuk ditempati karyawan terus menerus.”

Bekerja di Confined Space bisa berbahaya dan bahkan mematikan jika tindakan pencegahan yang tepat tidak dilakukan. Berikut adalah empat tip untuk bekerja dengan aman di ruang terbatas:

Baca Juga  Wrapping adalah : Manfaat dan Keuntungan, Jenis, Cara Kerja, dan Hal yang Harus Diperhatikan dalam Proses Wrapping

1. Pastikan Anda terlatih dan diperlengkapi dengan baik

Bekerja di ruang tertutup membutuhkan pelatihan khusus dan peralatan keselamatan yang tepat. Karyawan harus dilatih cara masuk dan keluar ruang terbatas dengan aman, cara mengidentifikasi bahaya, dan cara menggunakan alat pelindung diri (APD) dengan benar. APD untuk pekerjaan ruang terbatas meliputi respirator, pemurni udara atau respirator pasokan udara, pakaian pelindung, dan pelindung jatuh.

2. Lakukan penilaian bahaya

Sebelum memasuki ruang terbatas, penting untuk melakukan penilaian bahaya untuk mengidentifikasi potensi bahaya. Bahaya di ruang terbatas dapat mencakup bahaya atmosfer, fisik, kimia, dan biologis. Setelah bahaya telah diidentifikasi, langkah-langkah pengendalian yang tepat dapat dilakukan untuk mengurangi risiko.

3. Membangun dan memelihara komunikasi

Komunikasi sangat penting saat bekerja di ruang terbatas. Karyawan harus menjaga komunikasi dengan orang yang ditunjuk yang berada di luar ruang terbatas. “Sistem teman” dapat digunakan di mana satu karyawan memasuki ruangan sementara karyawan lain tetap berada di luar untuk memantau kondisi dan memberikan bantuan jika diperlukan.

4. Pantau kondisi di dalam ruang

Kondisi di ruang terbatas dapat berubah dengan cepat dan tanpa peringatan. Penting untuk terus memantau kondisi di dalam ruang, termasuk kondisi atmosfer, untuk memastikan tetap aman di dalam. Jika kondisi memburuk, karyawan harus segera keluar dari ruangan.

Mengikuti tips ini dapat membantu memastikan lingkungan kerja yang aman bagi karyawan yang harus bekerja di ruang terbatas.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anda Terjebak di Confined Space

Jika Anda berada di Confined Space, penting untuk tetap tenang dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kaji situasi dan tentukan apakah aman untuk tetap tinggal di tempat Anda berada atau jika Anda perlu mengungsi. Jika Anda tidak yakin, berhati-hatilah dan cobalah untuk mengungsi.
  • Jika Anda dapat dengan aman tetap berada di tempat Anda berada, pastikan untuk menutup area tersebut untuk mencegah orang lain masuk.
  • Panggil bantuan dan beri tahu mereka lokasi Anda.
  • Cobalah untuk tetap tenang dan hemat energi Anda. Jika memungkinkan, cari posisi yang nyaman dan tunggu bantuan datang.

Leave a Comment