BPJS Kesehatan, Pembahasan Lengkap dan Cara Daftar Online Terbaru 2020

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Online

Pengertian BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah salah satu cara yang di lakukan pemerintah untuk menjamin kesehatan dari rakyat Indonesia. Memang sudah menjadi kewajiban suatu negara untuk melindungi dan menjamin kesehatan rakyatnya. Karena, hukum tertinggi dari demokrasi ada di tangan rakyatnya, bukan wakil rakyat. BPJS sendiri dari tahun ke tahun kadang mengalami permasalahan-permasalahan teknis mulai dari anggaran dan minimnya partisipasi warga negara.

Namun setidaknya BPJS Kesehatan menjadi program unggulan pemerintah yang layak untuk kamu ikuti. Bagi kamu yang belum memiliki kartu BPJS dan ingin mendaftar, sekarang semua sudah di permudah dengan sistem online. Berikut ini akan kami jelaskan skema dan cara mendaftar BPJS Kesehatan online.

Baca Juga : NPWP Online, Penjelasan Lengkap, dan Cara Daftar dan Bayar NPWP Online

Sekilas Tentang BPJS Kesehatan

Prosedur BPJS Kesehatan
Prosedur BPJS Kesehatan

BPJS merupakan program dari pemerintah republik Indonesia untuk memberi jaminan kepada segenap rakyat Indonesia dari sektor kesehatan jasmani. Peranan BPJS sendiri sedikit banyak membantu ketika rakyat sakit dan membutuhkan biaya untuk berobat. BPJS menggunakan sistem iuran, yang itu artinya bersumber dari rakyat guna nantinya di kembalikan lagi kepada rakyat.

BPJS ini turut disandingkan dengan Kartu Indonesia Sehat atau KIS yang di peruntukan bagi masyarakat kelas bawah yang kesulitan dari segi ekonomi. Sehingga rakyat yang memang benar-benar kurang mampu tidak di bebankan dengan biaya iuran BPJS tersebut.

Lain hal dengan masyarakat Indonesia yang memiliki kemampuan, mereka tetap di haruskan untuk membayar iuran. Iuran dari BPJS Kesehatan sendiri dibangi menjadi tiga kelas. Kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 merupakan pembagian iuran yang masing-masing berbeda jumlah iurannya.

Iuran BPJS Kesehatan dibayar setiap satu bulan sekali dengan jumlah pembayaran sesuai dengan kelas masing-masing. Adapun untuk nominal di setiap kelas iuran BPJS Kesehatan antara lain adalah kelas 1 membayar iuran BPJS Ke sehatan sebesar 80 ribu rupiah, kelas 2 membayar iuran BPJS Ke sehatan sebesar 51 ribu rupiah dan kelas 3 membayar iuran sebesar 25.500 ribu rupiah.

Tentu dari masing-masing kelas tersebut jika di telisik kembali dari segi pelayanan rumah sakit, kelas 1 menjadi kelas dengan pelayanan yang terbaik. Dan tentu juga kelas 3 menjadi kelas dengan layanan rumah sakit yang standar. Dan mungkin juga malah tidak memenuhi standar dan kurang baik dalam pelayanan. Sebeb, orang miskin itu dilarang sakit.

Jika orang ingin naik kelas ke yang lebih tinggi, bisa saja dilakukan bila memang ingin mendapatkan pelayanan rumah sakit yang mumpuni dan terbaik. Namun semua itu balik lagi kepada kemampuan masing-masing orang. Yang paling penting adalah bayar iuran dari BPJS Kesehatan tepat waktu agar tidak mendapatkan masalah-masalah yang tidak di inginkan.

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan

Syarat Mendaftar BPJS kesehatan
Syarat Mendaftar BPJS kesehatan

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk dapat Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Online. Syarat ini berupa kelengkapan beberapa dokumen sebagai penunjang untuk pendaftaran BPJS Kesehatan. Adapun syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk dapat mendaftar BPJS Kesehatan antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Syarat pertama adalah kamu siapkan kartu tanda penduduk atau KTP dan beberapa kartu identitas lain yang kamu miliki semisal Sim dan juga paspor jika kamu mempunyai.
  2. Syarat berikutnya bagi pendaftar BPJS Ke sehatan adalah orang tersebut harus terdata di sebuah kartu keluarga atau kk. Dengan kata lain, kamu harus mempersiapkan dokumen kartu keluarga atau kk yang terbaru.
  3. Syarat ketiga adalah di tunjukan bagi pendaftar BPJS Ke sehatan yang telah menikah, baik itu berstatus sebagai suami atau istri. Maka dari itu, bagi pendaftar BPJS Ke sehatan yang sudah menikah maka kamu harus menyiapkan dokumen surat nikah atau buku nikah.
  4. Syarat empat yang harus kamu siapkan untuk mendaftar BPJS Ke sehatan adalah buku rekening tabungan sebagai bukti kesanggupan kamu membayar iuran BPJS Ke sehatan.
  5. Syarat kelima yang harus kamu siapkan untuk mendaftar BPJS Ke sehatan adalah berupa pas foto dengan ukuran 3×4 dan foto tersebut berjumlah 2 lembar.

Nah itulah lima syarat yang harus kamu siapkan berupa dokumen-dokumen sebagai bahan kelengkapan dari pendaftar BPJS Kesehatan.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Registrasi BPJS Kesehatan Online
Registrasi BPJS Kesehatan Online

Setelah kamu mengetahui beberapa syarat yang harus kamu penuhi diatas, berikutnya akan kami jelaskan bagaimana cara mendaftar BPJS Ke sehatan online. Mendaftar BPJS Ke sehatan secara online bisa di lakukan dengan cepat. Karena kamu tidak perlu mengantri ketika mengajukan pendaftaran.

Cara ini sangat mudah sekali untuk dilakukan. Hanya menyiapkan perangkat seluler maupun komputer dan juga jaringan internet, kamu sudah bisa mendaftar BPJS Kesehatan dengan cepat dan tanpa perlu mengantri dengan menunggu lama di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengajukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online. Simak step by step lengkapnya pada artikel di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke web browser semisal google chrome di perangkat ponsel android maupun perangkat laptop atau pc.
  2. Kamu masuk ke laman website resmi untuk pendaftaran BPJS Kesehatan yaitu https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/.
  3. Pada halaman beranda dari website pendaftaran BPJS Ke sehatan kamu pilih dan klik menu Layanan.Kemudian kamu pilih dan klik juga pada menu Pendaftaran Peserta.
  4. Akan muncul pop up berupa keterangan lengkap mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran BPJS Ke sehatan. Kamu bisa baca terlebih dahulu agar paham.
  5. Setelah kamu membaca, kamu bisa langsung scroll/gulir ke bawah dan klik centang pada tulisan yang menyatakan bahwa kamu menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan pendaftaran BPJS Ke sehatan tersebut.
  6. Kemudian kamu klik pendaftaran.
  7. Ada dua pilihan kategori BPJS Ke sehatan, yang pertama pekerja bukan penerima upah dan yang lain adalah bukan pekerja. Pekerja bukan penerima upah di tujukan bagi anggota keluarga dan bukan pekerja bagi Investor dan semacamnya.
  8. Berikutnya kamu klik keterangan pernyataan dan masukan nomer kartu keluarga dan juga klik tombol captcha.
  9. Jika nomer kk tersebut sesuai, maka akan muncul tombol INQUERY KARTU KELUARGA dan kamu klik tombol tersebut.
  10. Akan muncul keterangan lengkap mengenai data kartu keluarga dan kamu klik Selanjutnya jika dirasa tidak ada yang salah.
  11. Kemudian kamu klik menu pencarian dan isi alamat mu secara lengkap.
  12. Berikutnya kamu pilih fakses tingkat 1 untuk rumah sakit rujukan terdekat di daerah mu.
  13. Upload foto diri mu dengan ukuran maksimal 50kb dan klik selanjutnya.
  14. Langkah berikutnya kamu mengisi formulir dan alamat email serta kode captcha.
  15. Sistem BPJS Ke sehatan akan mengirimkan kamu email dan kamu buka email tersebut untuk melakukan aktivisi.
  16. Kamu akan mendapat nomer virtual account untuk pembayaran iuran bpjs ke sehatan setiap bulannya. Kamu bisa langsung membayar iuran tersebut sesuai dengan kelas yang kamu pilih.
  17. Langkah berikutnya adalah kamu cetak e-ID dan datangi kantor BPJS Ke sehatan terdekat guna mencetak kartu tersebut.

Nah itulah ulasan lengkap tentang cara mendaftar BPJS Kesehatan secara online. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *